Blacklist PT Kharisma Purnawira Nugraha dari Lelang Alkes

Oleh : icha Abdillah | Rabu, 07 Oktober 2015 | 06:14 WIB



Wartakesehatan.com - Inspektorat Provinsi Banten belum menindaklanjuti rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait temuan pada kegiatan pengadaan alat kedokteran RSUD Banten berupa sarana penunjang pelayanan radiologi, andrologi, dan bedah thorax senilai Rp22.586.315.400 tahun anggaran 2014.

Salah satu rekomendasi yang belum dilaksanakan yaitu perintah kepada Inspektur Provinsi Banten untuk segera membuat usulan daftar hitam (blacklist) terhadap PT Kharisma Purnawira Nugraha (PT KPN) selaku pihak ketiga yang melaksanakan pekerjaan tersebut.


Dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Banten tahun anggaran 2014, BPK RI menemukan pengadaan alat kedokteran pada RSUD Banten tidak sesuai ketentuan senilai Rp22.586.315.400. Pengadaan alat kedokteran RSUD Banten berupa sarana penunjang pelayanan radiologi, andrologi, dan bedah Thorax senilai Rp22.586.315.400 diadakan dalam tahun anggaran 2014. Pengadaan tersebut didasarkan pada Surat Perjanjian (kontrak kerja) pengadaan barang antara RSUD Banten dengan PT KPN No.900/2536099/KKPB/PU/RSUD/2014 tanggal 17 Oktober 2014 senilai Rp22.586.315.400. Jangka waktu pelaksanaan 60 hari kalendar terhitung mulai 17 Oktober-15 Desember 2014.


Namun jangka waktu pelaksanaan perjanjian tersebut diubah dalam addendum perjanjian No.900/2536099/ADD- KKPB/PU/RSUD/2014 tanggal 8 Desember 2014 menjadi 110 hari kalender atau berakhir pada tanggal 3 Februari 2015. Pembayaran kepada PT KPN dilakukan berdasarkan SP2D tanggal 30 Desember 2014 senilai Rp9.035.538.600. Pada tanggal 4 Februari 2015 dilakukan pemutusan kontrak karena RSUD menganggap PT KPN tidak sanggup menyelesaikan pemenuhan barang berupa CT Scan 128 slice sampai saat akhir kontrak.


Pihak RSUD Banten melakukan pemutusan kontrak dengan PT KPN selaku rekanan karena pihak rekanan dianggap melakukan wan prestasi, yaitu tidak dapat menghadirkan barang yang dibutuhkan berupa CT Scan merek Philips dalam jangka waktu sesuai kontrak. Pemutusan kontrak tersebut dilakukan berdasarkan surat PPK kepada PT KPN No.900/2536099/Pem-KKPB/PU/RSUD/2015 tanggal 4 Februari 2015. Atas pemutusan kontrak tersebut, pihak RSUD Banten mengenakan tiga sanksi kepada rekanan, yaitu (1) pencairan jaminan pelaksanaan, (2) penyedia barang/jasa membayar denda, (3) penyedia barang/jasa dimasukkan dalam daftar hitam.


Berdasarkan berita acara serah terima (BAST) pekerjaan diketahui bahwa rekanan (PT KPN) telah menyelesaikan 40% dari total pekerjaan atau senilai Rp9.035.538.600. Dan atas pekerjaan yang telah dilaksanakan tersebut, RSUD sudah membayar rekanan senilai Rp9.035.538.600 pada 30 Desember 2014. Berdasarkan dokumen kontrak yang diberikan PPTK, diketahui bahwa cara pembayaran kontrak adalah sekaligus, sedangkan cara pembayaran kontrak yang tertulis dalam summary report dokumen lelang tertulis lumpsum. Dengan demikian pembayaran RSUD Banten kepada PT KPN atas pekerjaan yang telah diselesaikan sebesar 40% tidak sesuai dengan cara pembayaran yang ditetapkan dalam kontrak.


Hasil pemeriksaan lebih lanjut, PPTK belum mencairkan jaminan pelaksanaan senilai Rp677.538.840 karena jaminan pelaksanaan tersebut sudah kedaluwarsa. Masa berlakunya jaminan pelaksanaan berakhir pada 3 Februari 2015 atau sama dengan batas waktu berakhirnya addendum kontrak. Hal ini tidak sesuai dengan Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010 sebagaimana terakhir diubah dengan Peraturan Presiden No. 70 Tahun 2012 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pasal 70 ayat (5) yang menyatakan antara lain bahwa jaminan pelaksanaan berlaku sejak tanggal kontrak sampai serah terima barang. BPK juga tidak mendapatkan dokumentasi berupa kajian dari manajemen tentang kelebihan dan kekurangan serta fungsi dari peralatan masing-masing merek/type yang dilelangkan


Atas temuan tersebut, BPK RI merekomendasikan Gubernur Banten agar memerintahkan Direktur RSUD Banten dan Kepala Biro Ekbang untuk menginstruksikan kepada PPK, PPTK, Koordinator PPTK dan ULP agar mengevaluasi kelayakan atas peralatan yang akan diadakan serta memiliki pemahaman yang memadai terhadap peralatan tersebut. Menginstruksikan Direktur RSUD Banten untuk memberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku kepada PPK yang telah melakukan pembayaran tidak sesuai kontrak lump sum. Memerintahkan Direktur RSUD Banten untuk memperbaiki prosedur penentuan HPS untuk meminimalkan kontak langsung antara distributor dan dokter untuk menghindari penyalahgunaan wewenang.


Memerintahkan kepada Direktur RSUD Banten untuk menginstruksikan PPK dan PPTK untuk senantiasa mendapatkan dan mendokumentasikan kajian tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing peralatan yang diajukan dalam pengadaan. Memerintahkan Direktur RSUD Banten untuk menginstruksikan kepada PPK untuk mencairkan jaminan pelaksanaan atau menagihkan ke rekanan pelaksana sesuai nilai yang tercantum dalam jaminan pelaksanaan serta menyetorkannya ke Kas Daerah. Memerintahkan Inspektur Provinsi Banten untuk segera membuat usulan daftar hitam PT KPN dari PPK dan menyampaikan hasilnya kepada Direktur RSUD Banten. Memerintahkan Direktur RSUD Banten untuk menindaklanjuti rekomendasi Inspektur Provinsi Banten sesuai ketentuan yang berlaku.


Berdasarkan pantauan cadasbanten.com hingga saat ini nama PT Kharisma Purnawira Nugraha belum muncul di kolom daftar hitam portal Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Provinsi Banten. Ketua LPSE Banten, Ardius Prihantono mengatakan, semua perusahaan yang di-blacklist di Provinsi Banten pasti ditayangkan di portal LPSE Banten.


Kepala Inspektorat Provinsi Banten, Takro Jaka Roseno ditemui di kantornya Selasa, 6 Oktober 2015 mengakui, pihaknya belum membuat usulan daftar hitam untuk PT KPN. Jaka malah mengatakan pihaknya menunggu usulan dari RSUD Banten.


“Yang berwenang mengusulkan (blacklist, red) itu SKPD terkait, yaitu RSUD. Inspektorat sifatnya menindaklanjuti. Nanti kita cek lagi, tapi prinsipnya (usulan blacklist) itu harusnya dari RSUD,” kata Jaka.
Jaka menjelaskan, untuk rekomendasi BPK lainnya yaitu pencairan jaminan pelaksanaan sebesar Rp677.538.840 dari pihak rekanan sudah direalisasikan 100% dan uangnya sudah disetorkan ke kas daerah.
“Kalau yang itu (pencairan jaminan pelaksanaan, red) saya tahu persis, sudah direalisasikan 100 persen,” katanya

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 51 menit yang lalu

Wow, Secangkir Kopi Bisa Cegah Peradangan Tubuh

Wartakesehatan - Banyak sekali masyarakat Indonesia yang mengonsumsi kopi. Namun apakah hal ini baik bagi kesehatan?..
Mamin - 1 jam yang lalu

Kurangi Makan Junk Food dengan Cara ini

Wartakesehatan.com - Bagi Anda yang terbiasa makan sehat, jujur saja pasti Anda sulit melawan godaan kelezatan kue..
Obat & Penyakit - 2 jam yang lalu

Wah, 4 Hal ini bisa Hilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Minyak Goreng miliki Banyak Lemak Jahat

Wartakesehatan.com - Kita pasti tahu bahwa banyak sekali jenis-jenis minyak goreng di luar sana, ada minyak goreng dari kelapa,..
Mamin - 5 jam yang lalu

Depresi, Hindari Sejumlah Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Studi yang dilakukan di Tiongkok pada periode 1980 hingga 2015 menemukan bahwa salah satu penyebab..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Tempe Sehat Karena Tinggi Gizi

Wartakesehatan.com - Tempe merupakan salah satu produk olahan dari kacang kedelai tetapi kandungan nutrisinya jauh lebih..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

5 Efek Positif Olahraga Pagi

Wartakesehatan.com - Untuk beberapa orang olahraga dipagi hari masih dianggap sepele bahkan ada yang menganggap semua itu..
Mamin - 9 jam yang lalu

4 Manfaat Konsumsi Beras Merah

Wartakesehatan.com - Beras merah juga sangat efektif untuk mengatasi beberapa keluhan diantaranya obesitas, diabetes,..
Obat & Penyakit - 10 jam yang lalu

Kurang Tidur Berhubungan Dengan Tekanan Darah Tinggi

Wartakesehatan.com - Dalam pertemuan tahunan Radiological Society of North America, para peneliti Jerman memaparkan adanya..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Lama Duduk Pekerja Kantoran Rentan Sakit Punggung, Leher hingga Kram

Wartakesehatan - Seharian duduk dikursi demi mengerjakan suatu pekerjaan hal ini sudah menjadi kebiasaan dari para pekerja..
Mamin - 19 jam yang lalu

Cegah Kram Otot dengan Minum Air Putih sebelum Tidur

Wartakesehatan.com - Selain untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita, anjuran meminum air putih delapan gelas per..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Waspada, 5 Kebiasaan ini Berdampak pada Kerusakan Jantung

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung merupakan penyakit yang paling berbahaya di seluruh dunia, dan bahkan saat ini..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Waspada, Tangan Gemetar jangan Dianggap Remeh

Wartakesehatan - Pada usia berapa pun setiap orang bisa saja mengalami tangan gemetar, tergantung pula kepada aktivitas..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Waspada, Fungsi Memori Otak bisa Rusak karena Ngemil Malam

Wartakesehatan - Pasti Anda pernah merasakan lapar dan ingin ngemil di tengah malam karena tidak bisa tidur atau..
Liputan Khusus - 23 jam yang lalu

World COPD Day 2017, Pentingnya Sosialisasi PPOK & Hentikan Merokok

Wartakesehatan.com -  Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyakit agar dapat diantisipasi sebelum membahayakan pada..
Herbal - 1 hari yang lalu

Redakan Flu Dalam 3 Jam dengan Bawang Putih

Wartakesehatan - Ketika mulai memasuki musim penghujan, sering diidentikan dengan munculnya berbagai macam penyakit..
Tekhnologi - 1 hari yang lalu

Hilangkan Stres dengan Mendengarkan Musik

Wartakesehatan.com - Mendengarkan musik yang disukai ternyata dapat merubah suasana hati dan mampu membuat suasanya lebih..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Saat Stres, ini yang Terjadi pada Otak

Wartakesehatan.com - Hingga saat ini sebenarnya masih belum teruraikan sepenuhnya dampak buruk yang terjadi pada otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

7 Bahaya Mengancam Jika Terlalu Banyak Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa betapa ruginya saat seseorang kekurangan tidur. Kekurangan tidur..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Ngemil Kuaci bisa Turunkan Kolesterol

Wartakesehatan.com - Banyak dari kita tidak menyadari bahwa kuaci baik untuk kesehatan. Hal ini karena kuaci ternyata..
Mamin - 1 hari yang lalu

Pare bisa Cegah Penyakit Jantung

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Putihkan Gigi dengan Konsumsi Stroberi

Wartakesehatan.com - Stroberi memiliki kandungan vitamin, khususnya vitamin C, buah asal Chili, Amerika ini juga kaya..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Cara Mencegah Penyakit Berbahaya Diusia Senja

Wartakesehatan.com - Pertambahan usia memungkinan munculnya penyakit degeneratif, seperti diabetes, penyakit jantung,..
Mamin - 1 hari yang lalu

3 Efek Buruk jika Tidak Sarapan dengan Asupan yang Bergizi

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri walaupun sering diabaikan tetapi sesungguhnya setiap tubuh manusia butuh sarapan dipagi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

7 Langkah Terhindar dari Kanker Paru-paru

Wartakesehatan.com - Kanker paru-paru dapat disebabkan oleh banyak hal, polusi udara atau gaya hidup tidak sehat, seperti..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ubah Pola Tidur Anda jika ingin Cepat Langsing

Wartakesehatan.com - Jika Anda sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan tanpa menyakitkan, cukup dengan tidur..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tidur Tengkurap picu Gangguan Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur tengkurap yang tidak dilakukan setiap hari masih bisa ditoleransi sebagai reaksi biasa dari..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

7 Faktor Penyebab Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Tingginya konsumsi kafein seringkali dianggap sebagai pemicu insomnia. Padahal, ada beberapa faktor..

+Indeks