Blacklist PT Kharisma Purnawira Nugraha dari Lelang Alkes

Oleh : icha Abdillah | Rabu, 07 Oktober 2015 | 06:14 WIB



Wartakesehatan.com - Inspektorat Provinsi Banten belum menindaklanjuti rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait temuan pada kegiatan pengadaan alat kedokteran RSUD Banten berupa sarana penunjang pelayanan radiologi, andrologi, dan bedah thorax senilai Rp22.586.315.400 tahun anggaran 2014.

Salah satu rekomendasi yang belum dilaksanakan yaitu perintah kepada Inspektur Provinsi Banten untuk segera membuat usulan daftar hitam (blacklist) terhadap PT Kharisma Purnawira Nugraha (PT KPN) selaku pihak ketiga yang melaksanakan pekerjaan tersebut.


Dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Banten tahun anggaran 2014, BPK RI menemukan pengadaan alat kedokteran pada RSUD Banten tidak sesuai ketentuan senilai Rp22.586.315.400. Pengadaan alat kedokteran RSUD Banten berupa sarana penunjang pelayanan radiologi, andrologi, dan bedah Thorax senilai Rp22.586.315.400 diadakan dalam tahun anggaran 2014. Pengadaan tersebut didasarkan pada Surat Perjanjian (kontrak kerja) pengadaan barang antara RSUD Banten dengan PT KPN No.900/2536099/KKPB/PU/RSUD/2014 tanggal 17 Oktober 2014 senilai Rp22.586.315.400. Jangka waktu pelaksanaan 60 hari kalendar terhitung mulai 17 Oktober-15 Desember 2014.


Namun jangka waktu pelaksanaan perjanjian tersebut diubah dalam addendum perjanjian No.900/2536099/ADD- KKPB/PU/RSUD/2014 tanggal 8 Desember 2014 menjadi 110 hari kalender atau berakhir pada tanggal 3 Februari 2015. Pembayaran kepada PT KPN dilakukan berdasarkan SP2D tanggal 30 Desember 2014 senilai Rp9.035.538.600. Pada tanggal 4 Februari 2015 dilakukan pemutusan kontrak karena RSUD menganggap PT KPN tidak sanggup menyelesaikan pemenuhan barang berupa CT Scan 128 slice sampai saat akhir kontrak.


Pihak RSUD Banten melakukan pemutusan kontrak dengan PT KPN selaku rekanan karena pihak rekanan dianggap melakukan wan prestasi, yaitu tidak dapat menghadirkan barang yang dibutuhkan berupa CT Scan merek Philips dalam jangka waktu sesuai kontrak. Pemutusan kontrak tersebut dilakukan berdasarkan surat PPK kepada PT KPN No.900/2536099/Pem-KKPB/PU/RSUD/2015 tanggal 4 Februari 2015. Atas pemutusan kontrak tersebut, pihak RSUD Banten mengenakan tiga sanksi kepada rekanan, yaitu (1) pencairan jaminan pelaksanaan, (2) penyedia barang/jasa membayar denda, (3) penyedia barang/jasa dimasukkan dalam daftar hitam.


Berdasarkan berita acara serah terima (BAST) pekerjaan diketahui bahwa rekanan (PT KPN) telah menyelesaikan 40% dari total pekerjaan atau senilai Rp9.035.538.600. Dan atas pekerjaan yang telah dilaksanakan tersebut, RSUD sudah membayar rekanan senilai Rp9.035.538.600 pada 30 Desember 2014. Berdasarkan dokumen kontrak yang diberikan PPTK, diketahui bahwa cara pembayaran kontrak adalah sekaligus, sedangkan cara pembayaran kontrak yang tertulis dalam summary report dokumen lelang tertulis lumpsum. Dengan demikian pembayaran RSUD Banten kepada PT KPN atas pekerjaan yang telah diselesaikan sebesar 40% tidak sesuai dengan cara pembayaran yang ditetapkan dalam kontrak.


Hasil pemeriksaan lebih lanjut, PPTK belum mencairkan jaminan pelaksanaan senilai Rp677.538.840 karena jaminan pelaksanaan tersebut sudah kedaluwarsa. Masa berlakunya jaminan pelaksanaan berakhir pada 3 Februari 2015 atau sama dengan batas waktu berakhirnya addendum kontrak. Hal ini tidak sesuai dengan Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010 sebagaimana terakhir diubah dengan Peraturan Presiden No. 70 Tahun 2012 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pasal 70 ayat (5) yang menyatakan antara lain bahwa jaminan pelaksanaan berlaku sejak tanggal kontrak sampai serah terima barang. BPK juga tidak mendapatkan dokumentasi berupa kajian dari manajemen tentang kelebihan dan kekurangan serta fungsi dari peralatan masing-masing merek/type yang dilelangkan


Atas temuan tersebut, BPK RI merekomendasikan Gubernur Banten agar memerintahkan Direktur RSUD Banten dan Kepala Biro Ekbang untuk menginstruksikan kepada PPK, PPTK, Koordinator PPTK dan ULP agar mengevaluasi kelayakan atas peralatan yang akan diadakan serta memiliki pemahaman yang memadai terhadap peralatan tersebut. Menginstruksikan Direktur RSUD Banten untuk memberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku kepada PPK yang telah melakukan pembayaran tidak sesuai kontrak lump sum. Memerintahkan Direktur RSUD Banten untuk memperbaiki prosedur penentuan HPS untuk meminimalkan kontak langsung antara distributor dan dokter untuk menghindari penyalahgunaan wewenang.


Memerintahkan kepada Direktur RSUD Banten untuk menginstruksikan PPK dan PPTK untuk senantiasa mendapatkan dan mendokumentasikan kajian tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing peralatan yang diajukan dalam pengadaan. Memerintahkan Direktur RSUD Banten untuk menginstruksikan kepada PPK untuk mencairkan jaminan pelaksanaan atau menagihkan ke rekanan pelaksana sesuai nilai yang tercantum dalam jaminan pelaksanaan serta menyetorkannya ke Kas Daerah. Memerintahkan Inspektur Provinsi Banten untuk segera membuat usulan daftar hitam PT KPN dari PPK dan menyampaikan hasilnya kepada Direktur RSUD Banten. Memerintahkan Direktur RSUD Banten untuk menindaklanjuti rekomendasi Inspektur Provinsi Banten sesuai ketentuan yang berlaku.


Berdasarkan pantauan cadasbanten.com hingga saat ini nama PT Kharisma Purnawira Nugraha belum muncul di kolom daftar hitam portal Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Provinsi Banten. Ketua LPSE Banten, Ardius Prihantono mengatakan, semua perusahaan yang di-blacklist di Provinsi Banten pasti ditayangkan di portal LPSE Banten.


Kepala Inspektorat Provinsi Banten, Takro Jaka Roseno ditemui di kantornya Selasa, 6 Oktober 2015 mengakui, pihaknya belum membuat usulan daftar hitam untuk PT KPN. Jaka malah mengatakan pihaknya menunggu usulan dari RSUD Banten.


“Yang berwenang mengusulkan (blacklist, red) itu SKPD terkait, yaitu RSUD. Inspektorat sifatnya menindaklanjuti. Nanti kita cek lagi, tapi prinsipnya (usulan blacklist) itu harusnya dari RSUD,” kata Jaka.
Jaka menjelaskan, untuk rekomendasi BPK lainnya yaitu pencairan jaminan pelaksanaan sebesar Rp677.538.840 dari pihak rekanan sudah direalisasikan 100% dan uangnya sudah disetorkan ke kas daerah.
“Kalau yang itu (pencairan jaminan pelaksanaan, red) saya tahu persis, sudah direalisasikan 100 persen,” katanya

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 23 jam yang lalu

4 Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Untuk dapat tidur dengan nyenyak tentunya kita harus menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Posisi..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Menahan Bersin bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang memilih untuk menahan bersin saat berada di dekat orang banyak demi kesopanan dan..
1 hari yang lalu

Jaga Metabolisme Tubuh dengan Kacang Kedelei

Wartakesehatan.com - Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia..
1 hari yang lalu

Biji Semangka Meningkatkan Kesuburan Pria

Wartakesehatan.com - Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi yang penuh nutrisi dan antioksidan. Biji..
1 hari yang lalu

Bijih Nangka Dapat Mencegah Anemia

Wartakesehatan.com - biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi...
1 hari yang lalu

Kandungan Buah Anggur yang Tak Kalah Penting

Wartakesehatan.com- Setiap jenis anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi buah anggur..
1 hari yang lalu

Coklat Dapat Mengurangi Resiko Hipertensi

Wartakesehatan.com - Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi..
1 hari yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
1 hari yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
1 hari yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 2 hari yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 2 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 5 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
5 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
5 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..

+Indeks