Rambut Rontok ini penyebabnya!

Oleh : Dirk/kompas | Jumat, 13 Mei 2016 | 20:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Rambut rontok adalah masalah tersendiri yang mengganggu kepercayaan diri saat beraktivitas. Rambut rondok sangat dimusuhin oleh sebagian besar orang apalagi kaum hawa. Biasanya hal ini terlihat saat mandi pagi, saat menggunakan mesin pengering rambut, atau ketika bersisir. Jangan khawatir, itu normal.

"Rata-rata, kita kehilangan lima puluh sampai seratus rambut sehari," kata Francesca Fusco, MD, dermatolog di New York City yang mengkhususkan diri dalam rambut rontok. "Dan akan ada rambut baru yang akan tumbuh menggantinya."

Tapi rambut rontok mungkin juga merupakan gejala kondisi medis yang lebih serius yang perlu evaluasi oleh dokter kulit dan mungkin menjalani pengobatan. Berikut sembilan penyebab rambut rontok dan bagaimana menanganinya.

1. Hypothyroidism

Jutaan orang, kebanyakan dari mereka perempuan, menderita penyakit tiroid. Ketika tubuh Anda menghasilkan hormon tiroid terlalu sedikit, Anda dikatakan memiliki hipotiroidisme, atau tiroid kurang aktif. Kondisi ini akan memengaruhi metabolisme, denyut jantung, dan suasana hati.

Jika tubuh Anda membuat terlalu banyak hormon, Anda dikatakan memiliki hipertiroidisme, atau tiroid yang terlalu aktif. Ketika Anda tidak memiliki jumlah hormon yang tepat, Anda mungkin melihat perubahan dalam fungsi tubuh. Salah satunya mengalami kerontokan rambut.

Apa yang dapat Anda lakukan: Periksakan diri pada dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk membuat hormon tiroid kembali normal.

2. Keturunan

Rambut rontok yang diturunkan secara genetik dikenal sebagai androgenetic alopecia. Menurut American Academy of Dermatology, ini adalah penyebab paling umum.

Gen ini diwariskan dari sisi ibu atau ayah, Anda lebih mungkin untuk mengalami kerontokan rambut jika kedua orang tua Anda memiliki masalah kerontokan rambut.

Apa yang dapat Anda lakukan: Memperlambat rambut rontok dengan memakai minoxidil (Rogaine) ke kulit kepala sebanyak dua kali sehari.

Obat tersebut dapat digunakan pada perempuan maupun pria, khusus untuk perempuan ada baiknya untuk menggunakan formula ini dalam takaran rendah demi mencegah efek samping.

Perempuan tidak diperbolehkan menggunakan minoxidil jika sedang hamil atau menyusui. Selain itu, pada pria juga dapat diobati dengan obat minum, finasteride (Propecia).

3. Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun kronis, sebuah kondisi sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat. Kondisi ini dialami sekitar 1,5 juta orang dan cenderung menyerang perempuan.

Apa yang dapat Anda lakukan: Periksakan kesehatan jika rambut rontok disertai nyeri sendi, kelelahan, dan gejala lain dari lupus. Dapat diobati dengan obat oral seperti prednisone. Jika Anda juga memiliki ruam pada kulit kepala, Anda perlu melihat dokter kulit, yang kemungkinan akan meresepkan krim topikal.

4. Anemia

Wanita yang mengalami siklus menstruasi hebat atau tidak cukup mengonsum makanan kaya zat besi mungkin rentan terhadap kekurangan zat besi, sehingga darah tidak memiliki cukup sel darah merah. Sel darah merah mengangkut oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh, memberikan energi yang Anda butuhkan.

Apa yang dapat Anda lakukan: Makan makanan kaya zat besi seperti daging sapi, daging babi, ikan, sayuran hijau, sereal, dan kacang-kacangan, juga makanan yang kaya vitamin C yang akan meningkatkan penyerapan zat besi.

Wanita membutuhkan 18 mg zat besi per hari, 8 mg setelah menopause; minta dokter Anda meresepkan suplemen zat besi. "Anda juga dapat menggunakan suplemen khusus untuk rambut rontok," kata Dr. Fusco.

5. Sindrom ovarium polikistik

Sebanyak lima juta wanita di Amerika Serikat menderita sindrom ovarium polikistik. Kondisi ini dapat dimulai sejak usia 11, disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di mana ovarium memproduksi terlalu banyak hormon laki-laki. Kondisi ini sering menyebabkan kemandulan.

Apa yang dapat Anda lakukan: Sebagian besar kasus PCOS diperlakukan dengan pil KB yang ampuh menghalangi testosteron.

Jika Anda tidak dapat menggunakan pil KB, dokter mungkin meresepkan spironolactone (aldactone), yang juga akan menghalangi hormon laki-laki. Kehilangan berat badan juga dapat membantu mengurangi efek dari hormon laki-laki.

6. Kondisi kulit kepala

Kulit kepala yang tidak sehat dapat menyebabkan peradangan yang menyulitkan rambut untuk tumbuh. Kondisi kulit yang menyebabkan rambut rontok diantaranya dermatitis seboroik (ketombe), psoriasis, dan infeksi jamur seperti kurap.

Apa yang dapat Anda lakukan: Setiap kondisi membutuhkan resep dokter. Biasanya menggunakan shampoo obat untuk dermatitis seboroik, obat atau terapi cahaya untuk psoriasis, dan antijamur oral untuk kurap.


loading...


Fokus : Rambut Rontok


#Rambut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 10 jam yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 2 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
2 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
2 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
2 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
2 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
2 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
3 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
3 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
3 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 3 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 3 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
4 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..

+Indeks