Apa Saja Makanan yang Baik untuk Tulang Kuat?

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 16 Juni 2017 | 19:03 WIB


(ilustrasi)

Wartakesehatan.com - Untuk membentuk tulang yang kuat, ada dua nutrisi penting yang wajib untuk dipenuhi, kalsium dan vitamin D. Susu memiliki keduanya.

Sementara kalsium dalam susu mendukung kepadatan dan kekuatan tulang, vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium, dan pertumbuhan tulang. Selain susu, berikut adalah daftar makanan yang baik untuk tulang.

Apa saja makanan yang baik untuk tulang kuat?

1. Sayuran

Kalsium juga terdapat dalam banyak sayuran. Sayuran berdaun gelap, seperti kale, arugula, selada air, dan sayuran collard adalah sumber kalsium non-susu terbaik. Satu cangkir sayuran lobak yang dimasak mengandung sekitar 200 miligram kalsium, yang bisa mencukupi 20% dari kebutuhan harian Anda.

2. Almond Butter

Dibandingkan dengan semua kacang, almond memiliki jumlah kalsium tertinggi per porsinya. Anda juga bisa mendapatkan manfaat kalsium yang sama dalam bentuk mentega. Selain itu, almond butter tidak mengandung kolesterol dan lebih rendah lemak dibandingkan selai kacang biasa. Ditambah lagi, almond mengandung potassium (240 miligram dalam 2 sendok makan) serta protein dan nutrisi lainnya yang memiliki peran pendukung dalam membentuk kekuatan tulang.

3. Yogurt

Yogurt mengandung lebih banyak kalsium daripada susu murni karena menjalani proses pembuatan yang lebih kompleks. Semangkuk 8 ons yogurt rendah lemak bisa mencukupi hingga 42% dari kebutuhan kalsium harian Anda.

4. Telur

Telur mengandung vitamin D dalam jumlah besar. Namun, vitamin D hanya terdapat dalam kuning telur, jadi jika Anda lebih memilih untuk makan dadar dari putih telurnya, Anda harus mendapatkan vitamin D dari sumber lainnya

5. Jus jeruk

Segelas jus jeruk segar secara alami tidak mengandung kalsium ataupun vitamin D, tetapi jus ini sering diperkaya dalam proses produksinya untuk mengandung kedua nutrisi tersebut. Penelitian membuktikan bahwa asam askorbat dalam jus jeruk dapat mendukung penyerapan kalsium.

6. Protein vegetarian

Contoh protein nabati adalah tahu yang merupakan andalan dalam masakan Indonesia. Setengah cangkir tahu mengandung lebih dari 400 miligram kalsium. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kandungan isoflavone dalam kedelai bermanfaat dalam menangkal penyakit tulang pada wanita setelah menopause.

7. Sirup tebu

Tidak seperti gula putih yang halus, sirup tebu adalah sumber kalsium. Hanya dari 1 sendok makan sirup tebu untuk pengganti gula, Anda bisa mendapatkan 41 miligram kalsium. Cobalah untuk menggunakan sirup tebu daripada madu di atas yogurt Anda atau mencampurkannya ke dalam smoothie.

8. Ubi manis

Selain kalsium dan vitamin D, magnesium dan potassium juga mendukung kesehatan tulang. Jika kekurangan magnesium, Anda bisa mengalami masalah pada keseimbangan vitamin D dalam tubuh, yang dapat memengaruhi kekuatan tulang Anda. Potassium menetralkan asam dalam tubuh yang menyedot kalsium dari tulang. Satu cara lezat untuk mendapatkan kedua nutrisi ini adalah dengan makan ubi manis yang dipanggang tanpa garam, yang mengandung 31 miligram magnesium dan 542 miligram potassium.

9. Buah ara

Buah ara adalah makanan yang baik untuk tulang kuat. Lima buah ara segar mengandung sekitar 90 miligram kalsium dan nutrisi pendukung tulang lainnya, seperti potassium dan magnesium. Versi keringnya pun akan sama baiknya dengan buah-buahan segar, setengah cangkir buah ara kering mengandung 120 miligram kalsium.

Penelitan telah menemukan bahwa mengonsumsi buah ara setiap hari, bersama dengan suplemen kalsium dan vitamin D, dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dengan memperlambat pengeroposan tulang.


loading...


#Tulang
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 4 jam yang lalu

Makan Sisa Nasi ada Manfaatnya!

Wartakesehatan.com - Pasalnya, sisa nasi yang tak nikmat dikonsumsi, bisa digunakan kembali dan memiliki banyak manfaat..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

5 Dampak Buruk Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari aktivitas tidur. Salah satunya yakni tubuh akan lebih bugar..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Berlebihan Makan Nasi, ini Dampak Buruknya!

Wartakesehatan.com - Makan tanpa nasi seakan masih merasa belum makan. Namun ada hal yang harus diperhatikan ketika makan..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Sikat Gigi Sebelum Tidur bisa Lindungi Jantung

Wartakesehatan - Banyak orang yang masih menganggap sepele tentang menggosok gigi sebelum tidur. Padahal rajin menyikat gigi..
Ibu & Anak - 8 jam yang lalu

Nurtrisi Penting bagi Kecerdasan Anak

Wartakesehatan.com - Bagi setiap orang tua yang menginginkan buah hatinya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Santan bisa Turunkan Kolesterol dan Atur Gula Darah

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi santan dalam jumlah sedang dapat berdampak besar pada kesehatan. Namun asupan terlalu..
Obat & Penyakit - 10 jam yang lalu

Tanda Diabetes Tidur Siang Lebih dari 1 Jam

Wartakesehatan.com - Tidur siang lebih dari satu jam kemungkinan merupakan tanda awal dari diabetes tipe-2. Temuan dalam..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

4 Cara Mudah Lancarkan Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Tubuh terasa sehat berarti sirkulasi darah Anda lancar. Sirkulasi darah yang lancar itu dapat menjaga..
12 jam yang lalu

Tips yang Bisa Dilakukan Agar Bayi Mau Menyusu

Wartakesehatan.com - Terkafang bayi tak mau Menyusu langsung pada payudara ibu. Hal ini bisa terjadi karena bayi sudah merasa..
13 jam yang lalu

Amankah Gula Dari Buah untuk Kesehatan ?

Wartakesehatan.com - Buah mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Sehingga sangat baik dipilih sebagai..
14 jam yang lalu

Inilah Cara Mencegah Mimisan yang Perlu Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Umumnya orang yang mimisan memang mengeluarkan darah dari lubang hidung bagian depan. Tapi, ada juga..
15 jam yang lalu

Manfaat yang Kamu Dapat Dari Yoga

Wartakesehatan.com - Yoga yang banyak dilakukan kaum perempuan ini ternyata juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk..
16 jam yang lalu

Penyebab Jerawat Batu dan Cara Menghilangkannya

Wartakesehatan.com - Anda jangan menganggap remeh jerawat batu ini karena keberadaannya sangat mengganggu wajah anda. Apalagi..
17 jam yang lalu

Rambut Jagung Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Apakah Anda pernah makan rambut jagung? Untuk apa rambut jagung dimakan? Terdengar tidak lazim..
18 jam yang lalu

Ini Dia Cara Mengolah Tempe yang Jauh Lebih Baik

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada cara mengolah tempe lainnya yang jauh lebih sehat dibandingkan..
19 jam yang lalu

Vitamin Penting untuk Miliki Rambut Sehat dan Kuat

Wartakesehatan.com - Tidak jarang kebiasaan dan pola hidup Anda sehari-hari ganggu kesehatan rambut. Sehingga muncul berbagai..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Efektif Atasi Ketombe dengan 5 Cara ini!

Wartakesehatan - Saat mengalamin masalah rambut berketombe, tentunya akan menimbulkan rasa kurang percaya diri. Pasalnya,..
Mamin - 1 hari yang lalu

Konsumsi Yoghurt Turunkan Risiko Hipertensi

Wartakesehatan - Sampai saat ini yoghurt yang merupakan satu produk olahan susu telah terbukti baik bagi kesehatan,..
Tekhnologi - 1 hari yang lalu

Manfaat Musik bisa Redakan Rasa Sakit

Wartakesehatan - Tak sedikit orang yang mungkin gemar sekali mendengarkan musik, mulai dari pop, jazz, rock, R&B, dan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kenali, Perbedaan antara Malaria dan DBD

Wartakesehatan - Hanya dengan sekali gigit, nyamuk bisa dengan mudah menyebarkan penyakit berbahaya masuk ke dalam tubuh..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Faktor Ini picu Pikun Dini

Wartakesehatan - Seiring bertambahnya usia, setiap tentu bisa saja akan mengalami demensia atau yang biasa dikenal dengan..
Ibu & Anak - 1 hari yang lalu

Gangguan pada Tiroid bisa jadi Penyebab Keguguran

Wartakesehatan - Masalah keguguran pada wanita hamil telah tercatat sekitar 10-15 persen. Peneliti pun mencari tahu..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Apel bisa Turunkan Berat Badan

Wartakesehatan - Rutin mengonsumsi buah apel telah dikatakan mampu turunkan berat badan. Di dalam apel, mengandung..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Perbedaan Kista Dan Miom yang Harus Diketahui Wanita

Wartakesehatan - Tak sedikit dari para perempuan yang kerap kali bingung dalam membedakan kista dan miom. Keduanya memang..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Duduk Lebih dari 10 Jam picu Serangan Jantung

Wartakesehatan - Aktivitas rutin yang dilakukan kebanyakan orang sehari-hari saat bekerja di kantor pada umumnya adalah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jalan Macet dan Bising Tingkatkan Risiko Demensia

Wartakesehatan - Para peneliti dari Kanada telah melakukan sebuah studi barunya dan menemukan hasil yang menunjukkan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

3 Gerakan Ini bisa bikin Tubuh Seksi

Wartakesehatan - Memiliki tubuh seksi tentunya akan menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi setiap orang, terlebih lagi..
1 hari yang lalu

Mengapa Disebut Dengan Teh Putih ?

Wartakesehatan.com - Teh putih berasal dari Cina. Seiring pergantian dinasti di Cina, pengolahan teh putih jadi lebih modern...
1 hari yang lalu

Kebiasaan Ini Membuat Anda Terlihat Tua

Wartakesehatan.com - Terlihat “boros” alias lebih tua dari usia Anda adalah satu hal yang bisa dicegah. Tidak..
1 hari yang lalu

Minum Air Jeruk Bisa Mengeluarkan Racun Di Tubuh

Wartakesehatan.com - Jika bahan kimia yang masuk ke tubuh terlalu banyak, tentu dapat menyebabkan dampak negatif pada..

+Indeks