Diabetes Picu Risiko Gigi Busuk

Oleh : Dirk/alo | Sabtu, 17 Juni 2017 | 21:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan - Seluruh anggota tubuh, termasuk gigi dan mulut, tentu akan lebih berisiko mengalami gangguan akibat tingginya kadar gula darah pada pengidap diabetes. Salah satunya adalah risiko gigi busuk.

Makin tinggi kadar gula darah, maka risiko gigi busuk pun makin tinggi. Tingginya kadar gula darah akan meningkatkan kadar pati dan gula dari makanan yang dikonsumsi, kemudian berinteraksi dengan berbagai jenis bakteri yang sudah ada secara alami di dalam mulut. Kadar asam pada plak gigi juga berisiko merusak permukaan terluar gigi, yaitu dentin dan enamel, sehingga berisiko menyebabkan lubang pada gigi.

Plak yang tidak dibersihkan secara teratur akan mengeras dan menyebabkan iritasi pada gingiva atau gusi di sekitar gigi sehingga memicu gingivitis. Pada kondisi ini, gusi menjadi mudah berdarah dan bengkak yang pada tahap tertentu jika tidak ditangani dapat menimbulkan periodontitis yang akan menghancurkan tulang dan jaringan lunak.

Penderita Diabetes VS Infeksi
Tubuh seorang pengidap diabetes, yang kemampuan tubuhnya nya untuk memerangi infeksi berkurang, menyebabkan periodontitis dapat berkembang menjadi sangat parah sehingga lebih berisiko untuk mengalami gigi busuk dan gangguan mulut lain. Hal ini karena infeksi yang mereka alami tidak dapat sembuh dengan mudah.
Selain itu, air liur pengidap diabetes juga dapat mengandung lebih banyak glukosa dan memiliki mulut yang lebih kering sehingga lebih berisiko memicu gigi berlubang akibat penumpukan plak. Pada perkembangannya, mulut kering dan kandungan glukosa tinggi juga memudahkan kemunculan kandidiasis atau infeksi jamur mulut. Kondisi ini ditandai dengan adanya bercak kemerahan atau putih pada kulit di sekitar mulut.

Tidak hanya itu, sakit gusi pada pengidap diabetes akan membutuhkan waktu lebih lama untuk ditangani dan bisa bersifat lebih parah. Sebaliknya, sakit gusi juga dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi makin susah untuk dikontrol.

Pengidap Diabetes Perlu Lebih Menjaga Kebersihan Gigi
Kabar baiknya, ada cara-cara yang dapat dilakukan pengidap diabetes untuk mencegah risiko gigi busuk dan gangguan mulut lainnya. Pastikan dokter gigi Anda tahu bahwa Anda mengidap diabetes agar mendapat penanganan dan langkah pencegahan yang tepat. Berikut beberapa cara lain yang dapat coba dilakukan.

Kadar gula darah yang selalu terpantau dan terkendali membuat risiko gigi busuk menjadi makin berkurang. Selalu pantau dan kendalikan kadar gula darah dengan mengikuti panduan dokter.

  • Sikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu pagi dan menjelang tidur. Lebih baik lagi jika gigi juga dibersihkan setelah makan.
  • Gunakan sikat gigi bersikat halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menggosok gigi secara teratur. Ganti sikat gigi tiap tiga bulan sekali.
  • Hindari menyikat gigi dengan keras karena dapat mengiritasi gusi.
  • Gunakan dental floss untuk menghilangkan plak di sela-sela gigi.
  • Waspadai gejala awal gigi busuk dan gangguan gusi seperti perdarahan, kemerahan, bengkak, keluarnya cairan dari gusi, muncul aroma tidak sedap, gigi longgar, agar mendapat penanganan segera.
  • Kurangi risiko mulut kering dengan mengonsumsi cukup cairan dan mengunyah permen bebas gula untuk merangsang produksi air ludah.

Dengan menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan lebih saksama, risiko gigi busuk dapat terhindarkan dan pengidap diabetes dapat hidup lebih sehat. Bagi Anda yang perokok, lebih baik untuk menghentikan kebiasaan buruk ini sebagaimana dapat meningkatkan risiko mengalami komplikasi diabetes.


loading...


Fokus : Diabetes


#Gigi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 8 menit yang lalu

Ini Dia Tanda Tubuhmu Sebenarnya Tidak Sehat

Wartakesehatan.com - Jika kamu tak memiliki tubuh yang sehat, maka kamu tak bisa melakukan aktivitas penting di hidupmu,..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Olahraga Sederhana yang Bisa Anda Lakukan

Wartakesehatan.com - Membuat tubuh agar tetap sehat dan bugar tidak didapatkan begitu saja, melainkan butuh komitmen dan..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Tepung Kanji Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Tepung kanji memiliki nama lain yaitu tepung tapioka. Tepung yang terbuat dari tanaman singkong ini..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Batuk Merupakan Salah Satu Gejala Penyakit

Wartakesehatan.com - Masih banyak yang menganggap batuk sebagai penyakit biasa dan bisa sembuh dengan sendirinya meski tak..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Makanan yang Tepat Dikonsumsi Perut Kosong

Wartakesehatan.com - Jika makan apa saja saat perut kosong, Anda bisa terkena penyakit pencernaan yang cukup merepotkan. Jadi..
Mamin - 12 jam yang lalu

Wow, Konsumsi Udang bisa Cegah Pembekuan Darah

Wartakesehatan.com - Udang sering kali dijadikan makanan yang lezat yang banyak di sukai oleh masyarakat luas. Karena..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Jangan Anggap Kunyit sepele, ini Manfaatnya!

Wartakesehatan.com - Di Indonesia, kunyit sering dijadikan bumbu masakan dan bahan untuk membuat jamu. Tentu saja, kunyit..
Mamin - 14 jam yang lalu

Kopi dan Teh bisa Sehatkan Usus

Wartakesehatan.com - Para ahli sebelumnya menyebutkan jika kandungan kafein di dalam teh maupun kopi bisa membuat pikiran..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Pameran Profesional Kedokteran Gigi Tingkat Internasional Segera Digelar di Indonesia

Wartakesehatan.com, Jakarta - Indonesia merupakan market besar jika dilihat dari sisi bisnis. Jumlah warga negaranya yang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Ketahui, 4 Manfaat Push Up bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak adanya ketersediaan waktu atau pun alat penunjang yang memadai, menjadi alasan klasik banyak..
Mamin - 16 jam yang lalu

Tingkatkan Aktifitas Otak dengan Cokelat

Wartakesehatan.com - Dilansir dari Lifehack, baru-baru ini penelitian Universitas Syracuse mengatakan memakan cokelat..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Waspada, Makanan Pemicu Kanker lebih Fatal dari Rokok

Wartakesehatan.com - Kanker biasanya diakibatkan karena konsumsi makanan tidak sehat yang membuat sel kanker berkembang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Turunkan Berat Badan dengan Cara ini!

Wartakesehatan.com - Kelebihan lemak yang mengganggu penampilan dan mengancam kesehatan? Untuk menyingkirkan itu semua..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Studi: Kebanyakan Duduk tidak Baik bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Mengutip dari zeenews, sebuah studi baru mengungkapkan bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu duduk..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Olahraga Sangat Penting Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Agar tidak sakit ditengah padatnya aktivitas, penting untuk tetap imbangi gaya hidup sehat...
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Tubuh Ideal dengan Konsumsi Jahe Lemon

Wartakesehatan.com -  Tidak semua orang bisa memiliki bentuk tubuh ideal. Pola hidup yang buruk, pola makan yang buruk dan..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Jahe Dapat Menjaga Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com -  Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membantu merangsang fungsi pankreas dan sistem..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Serat Dalam Oatmeal Bantu Mencegah Sembelit

Wartakesehatan.com - Oatmeal adalah makanan sehat untuk dikonsumsi dan menyehatkan baik tubuh, kulit dan rambut.Ada orang yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Seberapa Seringkah Kamu Menangis?

Wartakesehatan.com - Sebenarnya, menangis tidak menunggu waktu yang tepat. Kamu bisa menangis kapan pun kamu mau. Itulah yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pisang Tak Baik Dijadikan Sarapan

Wartakesehatan.com - Meskipun pisang menawarkan serat, potassium dan magnesium yang sehat, ada beberapa alasan untuk..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Mencegah Masuknya Polusi Kedalam Tubuh

Wartakesehatan.com - Ahli paru  Dr dr Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FAPSR dari Rumah Sakit Persahabatan Jakarta menjelaskan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Karaoke Memiliki Manfaat untuk Kinerja Anda Di Kantor

Wartakesehatan.com - Menurut DuitPintar.com, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat dari karaoke...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Panduan Mengikuti Diet dengan Buah Pisang

Wartakesehatan.com - Diet menggunakan buah pisang cukup mudah dan nyaman untuk dijalankan. Namun yang perlu diperhatikan adalah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Tempe Mengurangi Risiko Kanker

Wartakesehatan.com - Tempe diolah dengan proses fermentasi, sehingga membuatnya baik bagi saluran pencernaan. Tapi bukan itu..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Apa Itu Penyakit Dead Butt Syndrome?

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama bisa berdampak pada kesehatan dan struktur tubuh. Kebanyakan dari kita mungkin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

'Pisang' Buah yang Kaya akan Nutrisi

Wartakesehatan.com - Pisang adalah buah kaya nutrisi. Buah ini sangat disukai oleh kebanyakan orang. Selain karena rasanya..
Mamin - 1 hari yang lalu

5 Minuman yang Sangat baik Dikonsumsi sebelum Tidur

Wartakesehatan.com - Apa minuman jelang tidur favorit Anda? Segelas wine, secangkir Kopi, Minuman Soda, atau segelas air..
Mamin - 1 hari yang lalu

Makan Petai bisa Lawan Depresi

Wartakesehatan.com - Petai adalah makanan yang sering jadi pro kontra, ada yang sangat suka makan petai ada juga yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Cegah Risiko Penyakit Kanker dengan Asparagus

Wartakesehatan.com - Asparagus juga merupakan salah satu sayuran yang digemari karena memiliki segudang manfaat buat..
Ibu & Anak - 1 hari yang lalu

Ingin Anak tetap Sehat Coba Kebiasaan-kebiasaan ini!

Wartakesehatan.com - Kebiasaan yang diterapkan sejak dini akan membuatnya terus menerapkan kebiasaan tersebut hingga besar..

+Indeks