Bahan Alami Ampuh Usir Komedo

Oleh : Dirk/Okezone | Minggu, 14 Januari 2018 | 07:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Sudah banyak produk kecantikan yang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah komedo seperti ini, namun kita juga perlu mempertimbangkan resiko efek samping dari penggunaan bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam produk kecantikan tersebut, belum lagi harga yang terkadang tidak murah.

Namun Sobat tidak perlu khawatir, komedo dapat diatasi hanya dengan masker alami yang ada di sekitar kita. Selain lebih murah, penggunaan bahan-bahan alami tentunya juga lebih aman bagi kesehatan kulit kita.

Madu dan kayu manis

Madu adalah antibiotik alami dan dapat membersihkan pori-pori yang terbuka. Campurkan satu sendok makan madu dan setengah sendok teh kayu manis, lalu oleskan pada kulit wajah berkomedo sambil dilakukan pijatan secara perlahan selama kurang lebih 5 menit, setelah itu bersihkan dengan air hangat. Untuk mengetahui lebih lengkap manfaat luar biasa madu bagi kesehatan kita.

Pasta gigi dan garam

Masker yang dibuat dari campuran pasta gigi dan garam dapat membantu Sobat mengatasi masalah komedo yang timbul di kulit wajah. Kandungan yodium pada garam mampu membantu proses pengelupasan (eksfoliasi) sehingga membuat komedo berkurang dari kulit wajah. Selain itu, kandungan nutrisi pada garam juga dipercaya dapat mencerahkan dan melembutkan kulit. Sedangkan untuk pasta gigi, para ahli kecantikan percaya bahwa zat yang terkandung di dalam pasta gigi dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu menghilangkan komedo. Cara membuat masker pasta gigi dan garam ini sangatlah mudah, Sobat hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam halus dan satu sendok teh pasta gigi. Aduk hingga merata lalu oleskan pada bagian yang terdapat komedo. Lakukan pijatan perlahan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Selain untuk mengatasi komedo, garam juga dapat menjadi bahan terapi dengan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan .

Baking Soda

Campurkan satu sendok makan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta, gunakan sebagai masker pada hidung atau bagian yang terdapat komedo dan biarkan hingga agak mengering. Setelah agak mengering lakukan pijatan memutar (pelling) hingga baking soda rontok dari kulit. Bilas dengan air hangat yang bersih. Sebelum melakukan treatment ini Sobat bisa mengompres kulit dengan air hangat agar pori-pori lebih terbuka dan kulit menjadi lembab sehingga komedo lebih mudah keluar. Baking soda dapat membuat kulit lebih halus dan dapat mengangkat komedo pada kulit wajah sehingga wajah terlihat lebih bersih.

 

Gula dan minyak zaitun

Masker yang dibuat dari campuran gula dan minyak zaituan dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Caranya campurkan 110 gram brown sugar (atau biasa disebut gula tebu) dengan 50cc minyak zaitun. Sebelum pengaplikasian, basuh wajah terlebih dahulu dengan air hangat. Oleskan masker gula tersebut ke kulit berkomedo, lalukan pijatan memutar. Basuh kembali wajah dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih. Langkah terakhir oleskan wajah dengan pelembab dengan oil free (bebas minyak). Catatan, jika Sobat tidak memiliki minyak zaitun dapat diganti dengan madu.

Putih telur

Masker alami untuk mengatasi komedo pada kulit wajah berikutnya adalah putih telur. Caranya siapkan satu buah telur, lalu pisahkan antara putih telur dengan kuning telur (ambil putih telunya saja). Aduk-aduk putih telur tersebut lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama kurang lebih 20 menit hingga putih telur sedikit mengering lalu bilas menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk bersih. Setelah itu olesi wajah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun berfungsi untuk membuat wajah semakin halus dan menjaga kelembaban kulit setelah melakukan treatment putih telur.

Itulah masker dari bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah komedo pada kulit wajah. Penggunaan bahan alami selain mudah didapat juga relatif lebih aman bagi kulit kita. Mungkin manfaat dari treatment-treatment di atas bisa saja tidak langsung terasa sejak pemakaian pertama, namun dengan pemakaian secara rutin niscaya komedo akan hilang dan kulit akan terlihat lebih bersih dan bersinar.


loading...


Fokus : Komedo


#Komedo
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Tekhnologi - 7 jam yang lalu

Dampak Radiasi Smartphone pada Kesehatan

Wartakesehatan.com - Smartphone sekarang telah menjadi bagian dalam hidup, bahkan ketika tidur pun kotak kecil canggih ini..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ingin Gigi Sehat? Coba Asupan ini!

Wartakesehatan - Untuk menjaga gigi dan mulut agar tetap sehat salah satunya yaitu dengan cara teratur menyikat gigi. Tapi..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

5 Kebiasaan Sederhana Ini bisa Lawan Kanker

Wartakesehatan.com - Sebagai salah satu penyakit kronis yang mematikan dan sulit disembuhkan, kanker adalah penyakit yang..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Ketahui, 4 Manfaat Push Up bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak adanya ketersediaan waktu atau pun alat penunjang yang memadai, menjadi alasan klasik banyak..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

5 Gaya Hidup Sehat bisa Cegah Hipertensi

Wartakesehatan - Hingga saat ini masalah hipertensi masih menjadi momok dalam gangguan kesehatan utama di Indonesia...
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Wow, Orang Sabar Berumur Lebih Panjang

Wartakesehatan.com - Setiap manusia pasti akan mendapatkan cobaan , cobaan yang diberikan yaitu untuk menguji kesabaran..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Manfaat Make Up bagi Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri wanita tak bisa dipisahkan dari yang namanya make up. Sebagian perempuan mengaku merasa..
Mamin - 14 jam yang lalu

Jaga Kondisi Jantung dengan 7 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Berbagai cara dapat Anda tempuh demi menjaga kesehatan jantung sebelum bahaya penyakit jantung..
Liputan Khusus - 14 jam yang lalu

Pemberdayaan Perawat Jakarta Utara Ditingkatkan, Kesejahteraannya Jadi Perhatian

Wartakesehatan.com - Pelantikan Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Jakarta Utara periode..
Ibu & Anak - 15 jam yang lalu

Cara Mengatasi Stres pada Anak

Wartakesehatan.com - Tanpa disadari, anak-anak juga bisa merasakan stres. Ada berbagai macam penyebab yang menjadi..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Jangan Abaikan 4 Gejala Kanker Hati

Wartakesehatan - Sampai saat ini peningkatan jumlah penderita kanker hati terus terjadi setiap tahun. Gejala kanker hati..
Mamin - 18 jam yang lalu

Daging Panggang picu Diabetes Tipe 2

Wartakesehatan.com - Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa memasak dengan cara digoreng atau dipanggang tersebut..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

5 Cara atasi Kulit Gatal

Wartakesehatan.com - Kulit yang gatal dengan tanda lecet, kulit memerah, mengelupas, hingga bengkak, merupakan gejala..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Efek Negatif dari Pemanis Buatan

Wartakesehatan.com - Meskipun dapat membantu mengurangi kalori dan menghilangkan obesitas, pemanis buatan ternyata..
Mamin - 21 jam yang lalu

5 Manfaat lain jika Konsumsi Ikan Salmon

Wartakesehatan.com - Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 dan protein yang mudah dicerna oleh tubuh. Selain..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Segudang Manfaat Sehat Buah Leci

Wartakesehatan.com - Leci memiliki bau yang wangi serta rasa yang manis. Leci mengandung banyak nutrisi dan vitamin..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, Kurang Tidur picu Gagal Ginjal

Wartakesehatan.com - Seorang ahli masalah tidur menyebutkan bahwa orang yang hanya tidur 5 jam sehari semalam akan..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Ketua DPD PPNI Jakarta Utara Lantik Pengurus Periode 2017-2022

Wartakesehatan.com - Berbagai perjuangan perlu ditegakkan untuk menghidupkan suatu organisasi profesi. Denga adanya visi dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kondisi Jantung Dipengaruhi oleh Gaya Hidup

Wartakesehatan.com - Penyebab utama kematian di negara kita masih dipegang oleh penyakit kardiovaskular. Bahkan, usia..
Mamin - 1 hari yang lalu

Manfaat Sehat Minum Jus Jeruk Setiap Hari

Wartakesehatan.com - Setiap harinya, Anda disarankan untuk mengonsumsi jus jeruk tanpa gula. Jeruk dikenal kaya vitamin C..
Mamin - 1 hari yang lalu

Buah Delima bisa Lawan Kanker

Wartakesehatan.com - Kebanyakan orang tahu tentang cara-cara untuk mencegah penyakit jantung. Misalnya mengonsumsi makanan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tak Diduga, 5 Hal ini Penyebab Kanker

Wartakesehatan - Penyakit kanker sampai saat ini masih manjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Sebelum terjadi,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Sayuran Hijau baik bagi Kesehatan Pria

Wartakesehatan.com - Sudah menjadi kebiasaan kalau pria itu malas dan kurang peduli terhadap kesehatan tubuh. Untuk..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Ikan Kakap Tingkatkan Kecerdasan Otak

Wartakesehatan.com - Beberapa jenis ikan memiliki kandungan Omega 3 tinggi yang baik untuk kecerdasan dan perkembangan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Hindari Penuaan Dini ini Tipsnya!

Warkesehatan.com - Masalah penuaan dini nggak semata-mata karena usia, melainkan kekurangan vitamin C dalam kadar yang..
Ibu & Anak - 1 hari yang lalu

5 Manfaat Hebat Pisang bagi Kesehatan Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Buah pisang adalah buah yang sering kita jumpai di lingkungan kita dan lingkungan sekitar masyarakat...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

3 Manfaat Menakjubkan dari Senyum

Wartakesehatan.com - Memberikan senyuman tak perlu menunggu rasa senang di hati. Tersenyum, bahkan jika dipaksa..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Cegah Resiko Darah Tinggi dengan Yoghurt

Wartakesehatan.com - Rasanya yang cenderung asam, akan membuat yoghurt lebih segar dibandingkan produk susu lainnya. Tak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, 5 Jenis Kanker yang Tak Timbulkan Gejala

Wartakesehatan.com -  Penyakit ini menyerang sistem imun dan membunuh jaringan, menghambat pertumbuhan sel serta..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Cara Sehat Mengontrol Diabetes

Wartakesehatan.com - Banyak sekali makanan yang menjadi pemicu munculnya diabetes. Selan itu, kurangnya olahraga juga..

+Indeks