DPD RI - PPNI Bersinergi Perjuangkan Nasib Perawat

Oleh : ibrahim romending | Selasa, 05 September 2017 | 23:30 WIB


Suasana acara Paparan PPNI Pada RDPU DPD RI, Senayan Jakarta, Selasa (05/09/2017). (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com - Perjuangan pengurus dalam memperjuangan nasib anggotanya sudah tidak ragukan lagi. Peranan perawat yang telah dirasakan oleh masyarakat di layanan kesehatan menjadikan bukti nyata pengabdiannya. Dengan berbagai upaya sebelumya, perawat telah melakukan usaha untuk selalu diperhatikan nasibnya. Usaha bersamapun telah ditempuh untuk mendapatkan pengakuan secara komprehensif dari pemerintah. Sehingga perawat dapat meningkatkan SDM dan berperan aktif dalam program pemerintah serta mendapatkan perhatian masalah kesejahteraannya.

Untuk mewujudkan keinginan bersama insan perawat, maka Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menyambangi Dewan Perwakilan Daerah - Republik Indonesia (DPD-RI) khususnya anggota Komite III,  untuk memberikan pemaparan dan melakukan dialog berkaitan dengan nasib perawat di Indonesia. Melalui silahturahmi ini diharapkan DPD RI dapat menindaklanjuti usulan PPNI kepada pemerintah dalam mengatasi problema perawat pada saat ini.

“Begitu banyak hal hal yang terkait dengan perawat yang hari ini diungkapkan dengan jelas oleh PPNI. Pertama, Kita melaksanakan pertemuan ini dalam rangka pengawasan UU Keperawatan. Salah satu hal yang penting sampai hari ini adalah tidak adanya peraturan pelaksana dari UU Keperawatan yang telah dibuat oleh pemerintah maupun pihak terkait untuk kepentingan masyarakat. Peraturan pemerintah tentang council perawat, Peraturan Menkes tentang tanggung jawab perawat, dsbnya. Kedua, Begitu banyak perawat yang tidak memperoleh peluang kerja, yang akhirnya banyak perawat mengganggur. Status pegawai yang masih banyak sukarela, honor. Ada juga yang mereka tidak diperkenankan menuntut gaji sebelum mereka bekerja di fasilitas kesehatan, itu hal yang tidak manusiawi karena sudah menggunakan jasanya tetapi tidak membayar jasanya secara wajar,” ungkap dr. Delis Julkarson Hehi, MARS kepada wartakesehatan setelah acara Paparan PPNI Pada RDPU DPD RI di Gedung DPD RI Senayan Jakarta, Indonesia, Selasa (05/09/2017).

Anggota Komite III DPD RI ini mengatakan adanya masalah perawat perlu dicarikan solusinya agar dapat meningkatkan peranannya lagi di masyarakat termasuk juga membantu program pemerintah di bidang kesehatan. Pihak DPD RI berusaha akan memanggil pihak terkait yang berkaitan dengan kesejahteraan perawat.

 “Ada isu utama perawat. Pertama, kepastian hukum. Kedua, kesempatan kerja. Ketiga, kesejahteraan perawat. Perlu kami perjuangkan, karena peranan perawat yang ujungnya bagaimana meningkatkan kesehatan masyarakat.  Tentunya sejalan dengan program presiden Jokowi-JK nawa cita bidang kesehatan. Adanya usulan program perawat desa dalam pertemuan tadi adalah usulan brilian,” tuturnya.

“Kami akan memanggil kementerian yang terkait seperti Kemenkes, Kemenaker dan Kemendikti untuk menyelesaikan masalah perawat ini diantaranya, Standarisasi mutu sekolah perawat, kesempatan kerja dan bagaimana meningkatkan peranan perawat agar SDMnya dapat bersaing di luar negeri. Perlukah nantinya penggunaan alokasi dana desa untuk mengatasi peranan dan masalah  perawat di pedesaan. Ada di beberapa kabupaten telah memberikan contoh di bidang kesehatan yang dapat didanai APBD,” harap Delis, Senator asal Sulawesi Tengah ini. 

Dalam acara pemaparan, dialog dan tanya jawab secara intensif di gedung wakil rakyat ini dipimpin oleh Fahira Idris, SE, MH Ketua Komite III DPD RI sedangkan Harif Fadhillah. S.Kp, SH, M.Kep Ketua Umum DPP PPNI yang memberikan pemaparan didampingi Dr. Mustikasari, S.Kp, MARS Sekjen DPP PPNI, Anggota Pengurus DPP PPNI dan Perwakilan Ketua DPW di Indonesia.

Pada kesempatan ini pula para Senator DPD RI yang hadir dari perwakilan daerah mengapresiasi pertemuan ini dan saling membantu dan memperjuangkan nasib perawat selanjutnya.

  

Ada beberapa usulan PPNI Kepada DPD RI dalam RDPU diantaranya :

1. Mendesak pemerintah (Presiden dan Menteri Menteri) segera melaksanakan UU Keperawatan dengan menerbitkan peraturan pelaksanaan UU no.38 tahun 2014 tentang Keperawatan, yang sangat prioritas di tahun ini.

a. Perpres tentang Konsil Keperawatan sesuai dengan UU 38/2014.

b. PMK tentang izin, tugas dan wewenang perawat .

c. PP Tentang pendayagunaan dan praktik perawat WNA.

d. Kemenristekdikti tentang Standar Nasional Pendidikan Keperawatan, Dll.

2. Mendesak Pemerintah untuk memprioritaskan pengangkatan perawat honor yang nyata-nyata telah lama mengabdi di institusi pelayanan milik pemerintah dan tidak membuka kesempatan untuk perawat diperkerjakan sebagai tenaga sukarela.

3. Mendesak Pemerintah agar menutup pendidikan keperawatan yang nyata-nyata tidak berkualitas.

4. Mendesak pemerintah agar memberikan tunjangan profesi perawat perawat yang berdasarkan : sifat kerja, beban kerja dan resiko kerja yang tinggi tanpa melihat status pegawai perawat.

5. Mendesak pemerintah melakukan pengawasan dan sanksi pada sektor swasta yang memberikan imbalan jasa/gaji yang tidak layak pada perawat.

6. Mendesak pemerintah untuk membuat kebijakan pemberian insentif/imbalan jasa/jasa pelayanan yang adil dan wajar sesuai dengan beban kerja dalam sistem JKN dan BPJS dan memasukkan pelayanan keperawatan dalam skema JKN.

7. Mendesak pemerintah untuk membuka kesempatan kerja baru perawat: Program perawat desa dan beberapa kementerian : Kemsos, Kemhub, dll.

Berkas pemaparan dan usulan PPNI langsung diberikan kepada Ketua Komite III DPD RI untuk ditindaklanjuti. Adapun pertemuam selanjutnya, DPD RI akan mengundang Kemenkes dan Pengurus PPNI untuk membicarakan nasib perawat di Indonesia pada 18 September 2017.

Sebelum mengkhiri acara ditandatangani bersama berkas kesimpulan dan kesepakatan bersama Komite III DPD RI dengan PPNI.


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 16 jam yang lalu

Kampanye Greek Yogurt Pertama di Indonesia

Wartakesehatan.com – Produsen makanan dan minuman berbasis yogurt resmi meluncurkan kampanye Heavenly Blush Greek Secret..
Liputan Khusus - 16 jam yang lalu

Usia 39 UBL Sasar Kesehatan Masyarakat Sekitar Kampus

Wartakesehatan.com – Kadang seseorangmenganggap remeh arti sehat pada dirinya. Mereka akan menilai kesehatan menjadi amat..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

4 Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Untuk dapat tidur dengan nyenyak tentunya kita harus menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Posisi..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Dampak Buruk Menahan Bersin bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang memilih untuk menahan bersin saat berada di dekat orang banyak demi kesopanan dan..
2 hari yang lalu

Jaga Metabolisme Tubuh dengan Kacang Kedelei

Wartakesehatan.com - Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia..
2 hari yang lalu

Biji Semangka Meningkatkan Kesuburan Pria

Wartakesehatan.com - Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi yang penuh nutrisi dan antioksidan. Biji..
2 hari yang lalu

Bijih Nangka Dapat Mencegah Anemia

Wartakesehatan.com - biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi...
2 hari yang lalu

Kandungan Buah Anggur yang Tak Kalah Penting

Wartakesehatan.com- Setiap jenis anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi buah anggur..
2 hari yang lalu

Coklat Dapat Mengurangi Resiko Hipertensi

Wartakesehatan.com - Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi..
2 hari yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
2 hari yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
2 hari yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 3 hari yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 3 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 6 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
6 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..

+Indeks