Serat bisa atasi Batu Ginjal dan Empedu

Oleh : Dirk/viva | Rabu, 15 Nopember 2017 | 14:35 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Berbicara tentang serat, ada banyak jenis makanan yang mengandung serat. Dan semua makanan yang mengandung serat biasanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, makanan berserat mampu membantu proses metabolisme tubuh, terutama melancarkan pergerakan makanan yang ada di dalam usus. Usus membutuhkan serat untuk mengangkut makanan lain dan menghasilkan tinja. Jika kekurangan serat makanan, maka pencernaan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Bahkan bisa memicu timbulnya berbagai macam masalah kesehatan.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari makanan yang berserat, sebagian diantaranya telah dijelaskan di atas. Selain itu, ada juga manfaat lain dari makanan berserat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat makanan berserat untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu tubuh mendapatkan energi

Tubuh kita membutuhkan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas setiap hari. Nah, untuk mendapatkan pasokan energi, anda bisa rutin mengkonsumsi makanan berserat. Serat adalah salah satu jenis karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh dan organ pencernaan. Dengan mengkonsumsi serat secara teratur akan membantu meningkatkan penyerapan energi dengan lebih ringan.

2. Melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit

Memang bukan rahasia lagi bahwa makanan yang mengandung serat mampu melancarkan sistem pencernaan. Jika anda tidak ingin memiliki masalah gangguan pencernaan seperti sembelit dan lain sebagainya, konsumsilah makanan berserat secara rutin. Asupan serat yang terpenuhi dengan baik akan membantu menghindarkan anda dari gangguan masalah pencernaan.

3. Menurunkan berat badan

Mungkin banyak yang belum mengetahui akan hal ini, bahwa makanan berserat ternyata mampu menurunkan berat badan. Makanan berserat mengandung nutrisi yang lengkap dan baik untuk membantu menurunkan berat badan anda. Karena mengkonsumsi makanan berserat akan membantu anda kenyang lebih lama, sehingga menghindarkan anda dari rasa ingin ngemil.
4. Membantu pergerakan usus

Makanan berserat juga dapat membantu pergerakan usus menjadi lebih baik. Banyak mengkonsumsi makanan berserat akan meningkatkan sistem gerakan usus dalam mengolah makanan yang masuk ke saluran pencernaan. Bukan hanya itu, serat dalam makana juga dapat membantu fases menjadi lebih lembut, sehingga usus bisa bekerja lebih normal dan tidak terkendala keras. Hal ini sangat baik untuk menghindari gangguan wasir, diare, atau sebagainya.

5. Mencegah batu ginjal dan batu empedu

Kadar gula darah yang tidak terkontrol dengan baik bisa memicu meningkatnya risiko batu ginjal dan batu empedu. Untuk mencegahnya, anda bisa rutin mengkonsumsi makanan berserat. Serat mampu mengatur kadar gula darah dengan cara mencegah insulin agar tidak masuk ke aliran darah selama proses pencernaan. Hal ini tentu berdampak baik karena tidak terbentuknya empedu dan batu ginjal.
6. Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit sangat penting untuk kita jaga. Salah satu caranya yaitu dengan rutin mengkonsumsi makanan berserat. Anda bisa dengan mudah mendapatkan serat, yaitu dari buah-buahan maupun sayuran. Serat mampu memindahkan berbagai jenis racun, bakteri, dan jamur yang berasal dari makan dan masuk ke sistem pencernaan. Jika racun, bakteri, dan jamur bisa teratasi, tentu kulit anda akan terhindar dari jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya.

7. Menurunkan kadar koletserol

Berbeda dengan makanan lainnya, makanan yang mengandung serat mampu menurunkan kadar koletserol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang didapatkan dari berbagai makanan berlemak akan meningkatkaan kolesterol dalam darah. Tentu saja hal ini bisa memicu risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan sebagainya. Untuk mengatasi dan mencegahnya, anda perlu mengkonsumsi makanan berserat secara rutin. Dengan demikian, kadar kolesterol akan lebih terjaga.

8. Membantu mengatur kadar gula darah

Kadar gula darah dalam tubuh kita memang perlu diperhatikan. Kadar gula darah ini didapatkan dari proses pemecahan karbohidrat yang dilakukan oleh sel-sel dalam darah. Jika mengkonsumsi makanan berserat secara teratur, maka akan dapat membantu proses penyerapan zat makanan oleh organ tubuh dan sel-sel darah menjadi lebih baik. Dengan demikian, makan tidak akan ada lagi pengumpulan gula dalam darah. Maka, kosnumsilah makanan berserat secara rutin untuk menjaga kadar gula darah dengan baik.

9. Mencegah diabetes

Penyakit diabetes memang perlu diberikan penanganan khusus dalam mengatasinya. Penanganan khusus terserbut yaitu dengan mengkonsumsi makanan berserat secara rutin. Makanan berserat mampu mengatur kadar gula darah dengan baik, itulah kunci dari penyakit tersebut. Jika kadar gula darah bisa diatur dengan baik, maka diabetes akan teratasi. Maka, konsumsilah makanan berserat secara teratur, agar penyerapan kadar gula dalam darah bisa diperlambat.

10. Menyehatkan jantung

Kesehatan jantung sangat penting untuk kita perhatikan. Salah satu cara memperhatikannya adalah mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatannya, termasuk mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, yang tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan jantung. Karena kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab datangnya penyakit jantung.

11. Mencegah stroke

Selain menyehatkan jantung, makanan berserat juga dapat membantu mencegah penyakit stroke. Berdasarkan study yang telah dilakukan, bahwa serat dalam diet mampu menurunkan risiko stroke. Memenuhi kebutuhan serat setiap harinya minimal 25 gram akan membantu menghindarkan anda dari stroke. Maka konsumsilah makanan berserat seperti buah-buahan dan sayur.

12. Mencegah penyakit kanker

Salah satu penyakit mematikan yang tidak boleh dibiarkan begitu saja, yaitu penyakit kanker. Memang terkadang kita tidak tahu kapan sel-sel kanker akan tumbuh dan berkembang. Oleh sebab itu kita haru waspada dan melakukan pencegahan. Makanan berserat mampu membantu mencegah penyakit kanker. Penelitian mengungkapkan bahwa serat mampu meningkatkan kecepatan makanan dalam melewati saluran pencernaan. Dengan demikian, serat mampu mencegah penyakit kanker usus besar, rahim, ovarium, dan lain sebagainya.


loading...


Fokus : Serat


#Batu Ginjal #Empedu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






19 menit yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
1 jam yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
2 jam yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 22 jam yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 23 jam yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 1 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 3 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 3 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
3 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
3 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
4 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
4 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
4 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
4 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
4 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
4 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..

+Indeks