Serat bisa atasi Batu Ginjal dan Empedu

Oleh : Dirk/viva | Rabu, 15 Nopember 2017 | 14:35 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Berbicara tentang serat, ada banyak jenis makanan yang mengandung serat. Dan semua makanan yang mengandung serat biasanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, makanan berserat mampu membantu proses metabolisme tubuh, terutama melancarkan pergerakan makanan yang ada di dalam usus. Usus membutuhkan serat untuk mengangkut makanan lain dan menghasilkan tinja. Jika kekurangan serat makanan, maka pencernaan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Bahkan bisa memicu timbulnya berbagai macam masalah kesehatan.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari makanan yang berserat, sebagian diantaranya telah dijelaskan di atas. Selain itu, ada juga manfaat lain dari makanan berserat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat makanan berserat untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu tubuh mendapatkan energi

Tubuh kita membutuhkan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas setiap hari. Nah, untuk mendapatkan pasokan energi, anda bisa rutin mengkonsumsi makanan berserat. Serat adalah salah satu jenis karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh dan organ pencernaan. Dengan mengkonsumsi serat secara teratur akan membantu meningkatkan penyerapan energi dengan lebih ringan.

2. Melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit

Memang bukan rahasia lagi bahwa makanan yang mengandung serat mampu melancarkan sistem pencernaan. Jika anda tidak ingin memiliki masalah gangguan pencernaan seperti sembelit dan lain sebagainya, konsumsilah makanan berserat secara rutin. Asupan serat yang terpenuhi dengan baik akan membantu menghindarkan anda dari gangguan masalah pencernaan.

3. Menurunkan berat badan

Mungkin banyak yang belum mengetahui akan hal ini, bahwa makanan berserat ternyata mampu menurunkan berat badan. Makanan berserat mengandung nutrisi yang lengkap dan baik untuk membantu menurunkan berat badan anda. Karena mengkonsumsi makanan berserat akan membantu anda kenyang lebih lama, sehingga menghindarkan anda dari rasa ingin ngemil.
4. Membantu pergerakan usus

Makanan berserat juga dapat membantu pergerakan usus menjadi lebih baik. Banyak mengkonsumsi makanan berserat akan meningkatkan sistem gerakan usus dalam mengolah makanan yang masuk ke saluran pencernaan. Bukan hanya itu, serat dalam makana juga dapat membantu fases menjadi lebih lembut, sehingga usus bisa bekerja lebih normal dan tidak terkendala keras. Hal ini sangat baik untuk menghindari gangguan wasir, diare, atau sebagainya.

5. Mencegah batu ginjal dan batu empedu

Kadar gula darah yang tidak terkontrol dengan baik bisa memicu meningkatnya risiko batu ginjal dan batu empedu. Untuk mencegahnya, anda bisa rutin mengkonsumsi makanan berserat. Serat mampu mengatur kadar gula darah dengan cara mencegah insulin agar tidak masuk ke aliran darah selama proses pencernaan. Hal ini tentu berdampak baik karena tidak terbentuknya empedu dan batu ginjal.
6. Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit sangat penting untuk kita jaga. Salah satu caranya yaitu dengan rutin mengkonsumsi makanan berserat. Anda bisa dengan mudah mendapatkan serat, yaitu dari buah-buahan maupun sayuran. Serat mampu memindahkan berbagai jenis racun, bakteri, dan jamur yang berasal dari makan dan masuk ke sistem pencernaan. Jika racun, bakteri, dan jamur bisa teratasi, tentu kulit anda akan terhindar dari jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya.

7. Menurunkan kadar koletserol

Berbeda dengan makanan lainnya, makanan yang mengandung serat mampu menurunkan kadar koletserol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang didapatkan dari berbagai makanan berlemak akan meningkatkaan kolesterol dalam darah. Tentu saja hal ini bisa memicu risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan sebagainya. Untuk mengatasi dan mencegahnya, anda perlu mengkonsumsi makanan berserat secara rutin. Dengan demikian, kadar kolesterol akan lebih terjaga.

8. Membantu mengatur kadar gula darah

Kadar gula darah dalam tubuh kita memang perlu diperhatikan. Kadar gula darah ini didapatkan dari proses pemecahan karbohidrat yang dilakukan oleh sel-sel dalam darah. Jika mengkonsumsi makanan berserat secara teratur, maka akan dapat membantu proses penyerapan zat makanan oleh organ tubuh dan sel-sel darah menjadi lebih baik. Dengan demikian, makan tidak akan ada lagi pengumpulan gula dalam darah. Maka, kosnumsilah makanan berserat secara rutin untuk menjaga kadar gula darah dengan baik.

9. Mencegah diabetes

Penyakit diabetes memang perlu diberikan penanganan khusus dalam mengatasinya. Penanganan khusus terserbut yaitu dengan mengkonsumsi makanan berserat secara rutin. Makanan berserat mampu mengatur kadar gula darah dengan baik, itulah kunci dari penyakit tersebut. Jika kadar gula darah bisa diatur dengan baik, maka diabetes akan teratasi. Maka, konsumsilah makanan berserat secara teratur, agar penyerapan kadar gula dalam darah bisa diperlambat.

10. Menyehatkan jantung

Kesehatan jantung sangat penting untuk kita perhatikan. Salah satu cara memperhatikannya adalah mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatannya, termasuk mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, yang tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan jantung. Karena kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab datangnya penyakit jantung.

11. Mencegah stroke

Selain menyehatkan jantung, makanan berserat juga dapat membantu mencegah penyakit stroke. Berdasarkan study yang telah dilakukan, bahwa serat dalam diet mampu menurunkan risiko stroke. Memenuhi kebutuhan serat setiap harinya minimal 25 gram akan membantu menghindarkan anda dari stroke. Maka konsumsilah makanan berserat seperti buah-buahan dan sayur.

12. Mencegah penyakit kanker

Salah satu penyakit mematikan yang tidak boleh dibiarkan begitu saja, yaitu penyakit kanker. Memang terkadang kita tidak tahu kapan sel-sel kanker akan tumbuh dan berkembang. Oleh sebab itu kita haru waspada dan melakukan pencegahan. Makanan berserat mampu membantu mencegah penyakit kanker. Penelitian mengungkapkan bahwa serat mampu meningkatkan kecepatan makanan dalam melewati saluran pencernaan. Dengan demikian, serat mampu mencegah penyakit kanker usus besar, rahim, ovarium, dan lain sebagainya.


loading...


Fokus : Serat


#Batu Ginjal #Empedu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 9 jam yang lalu

5 Makanan Ampuh Lawan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Ada sejumlah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melawan kolesterol jahat. Apa saja? 1...
Mamin - 10 jam yang lalu

4 Makanan ini bisa Bikin Tidur jadi Nyenyak

Wartakesehatan.com - Ada beberapa makanan yang tergolong memiliki gizi tinggi. Tak hanya sehat, beberapa jenis makanan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Wow, Apel Cegah Kolesterol dan Diabetes

Wartakesehatan.com - Apel mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang mampu memberikan kontribusi terbaik terhadap..
Mamin - 12 jam yang lalu

Konsumsi 4 Makanan Ini bisa Cegah Kanker Kulit

Wartakesehatan - Kesehatan kulit bisa saja mengalami masalah apabila terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara..
Mamin - 13 jam yang lalu

Konsumsi Kerang bisa Cegah Anemia

Wartakesehatan.com - Banyaknya menu makanan, makanan laut memiliki ragam manfaat bagi kesehatan. Contonya, kerang yang bisa..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Konsumsi Bawang Merah Mentah bisa Cegah Asma

Wartakesehatan.com - Diketahui, bawang merah mampu melindungi gigi dari kerusakan hingga mencegah serangan asma. Tak..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Cegah Sakit Maag dengan Yogurt

Wartakesehatan.com - Maag dapat bersifat kronis atau akut, tergantung dari kondisi dan berapa lama maag itu terjadi. Maag..
Mamin - 16 jam yang lalu

Jus Wortel dan Kunyit Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Khasiat jus wortel dan kunyit sebagai obat kanker usus sudah dibuktikan oleh penulis buku anak-anak..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Apel dan Anggur Buah yang bisa Mengobati Penyakit Jantung

Wartakesehatan.com - Jantung menjadi organ yang terpenting di dalam tubuh karena memiliki peran yang sangat penting...
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

Kebiasaan ini Bikin Gigi Menderita

Wartakesehatan.com - Ada sejumlah kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat mengakibatkan sakit gigi, bahkan dalam jangka..
Mamin - 19 jam yang lalu

Makanan Ini Ampuh Kurangi Risiko Perdarahan

Wartakesehatan - Nutrisi merupakan suatu bagian penting yang juga tak boleh dilewatkan selain penanganan dan pengobatan..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Waspada, Kecap picu Kanker Payudara

Wartakesehatan.com – Kecap merupakan salah satu bumbu yang paling sering digunakan. Selain sebagai bahan tambahan..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

CISC Edukasi Masyarakat Kenali Kanker Organ Reproduksi Wanita

Wartakesehatan.com – Kanker merupakan penyakit yang cukup member ketakutan bagi masyarakat. Tidak sedikit, masyarakat..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Es Krim Di Pagi Hari, Bermanfaat!!

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan Yoshihiko Koga, profesor dari Kyorin Universitas, Tokyo, menemukan manfaat..
Mamin - 1 hari yang lalu

4 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Minum air putih selain baik untuk kesehatan tubuh juga dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Manfaat Mandi di Malam Hari

Wartakesehatan - Ternyata kebiasaan orang melakukan mandi malam setelah beraktivitas selama seharian adalah hal yang baik..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Berendam di Air Panas Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com -  Berdasarkan penelitian yang dilakukan Loughborough University, berendam air panas membakar kalori..
Mamin - 1 hari yang lalu

Makan Berlebihan di Malam Hari miliki 4 Efek Buruk

Wartakesehatan.com - Makan adalah salah satu kebutuhan pokok dari manusia selain minum. Biasanya manusia melakukan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

8 Manfaat Ketela bagi Tubuh

Wartakesehatan.com -  Siapa sangka, ketela rambat yang sekilas terkesan sederhana ternyata mampu membawa banyak..
Mamin - 1 hari yang lalu

3 Minuman ini Ampuh Kurangi Berat Badan

Wartakesehatan.com - Para ahli diet mengatakan bahwa air tersebut tidak akan membantu Anda menghilangkan beberapa kilogram..
Mamin - 1 hari yang lalu

Wow, Buah Leci bisa Kurangi Penuaan Dini

Wartakesehatan.com - Buah leci merupakan buah sarat akan asam lemak tak jenuh yang membantu dalam penyerapan beta karoten..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Stres bikin Badan Tambah Gemuk

Wartakesehatan.com - Stres sendiri merupakan salah satu perasaan yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya..
Ibu & Anak - 1 hari yang lalu

Anak alami Cacingan, sebaiknya Anda Waspada!

Wartakesehatan.com - Praktisi kesehatan dr Cindhe Puspito mengatakan cacingan pada anak kerap kali tidak disarari oleh..
Mamin - 1 hari yang lalu

5 Makanan yang Baik bagi Kesehatan Hati

Wartakesehatan.com - Mengutip dari boldsky, hati merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Jika hati gagal..
Mamin - 1 hari yang lalu

Minum 6 Minuman ini jika Ingin Sehat

Wartakesehatan.com - Ada orang yang berusaha makan sehat dalam kesehariannya. Tetapi, itu akan menjadi ‘rusak’..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Cegah Penyakit Kanker dengan Gooseberry

Wartakesehatan.com - Bluberry, tomat, brokoli dan makanan lainnya sudah terbukti dapat mencegah kanker.​ M​uncul satu..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui 7 Manfaat Sehat Alpukat

Wartakesehatan.com - Orang justru cenderung menghindari makan alpukat karena dianggap mengandung lemak. Namun, para..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Kecing sambil Duduk ini 3 Manfaatnya!

Wartakesehatan - Hampir semua pria lebih memilih posisi berdiri saat buang air kecil atau kencing, hal ini karena telah menjadi..
Mamin - 1 hari yang lalu

Serat Sangat Bermanfaat bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Serat adalah nutrisi yang sangat baik buat tubuh karena ia memiliki banyak manfaat sehat. Serat..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kurang Tidur picu Gaya Hidup Tak Sehat

Wartaksehatan.com - Bukan hanya menyebabkan daya tahan tubuh menurun, tapi kurang tidur juga dapat memicu seseorang..

+Indeks