Kolaborasi 5 Akper Gelar Seminar Internasional, Upaya Tingkatkan Kompetensi Perawat

Oleh : ibrahim romending | Rabu, 13 September 2017 | 19:00 WIB


Seminar Keperawatan Internasional di Balai Komando Cijantung Jakarta, Rabu, 13 September 2017. (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com  - Berbagai upaya dilakukan institusi pendidikan kesehatan untuk mengembangkan kemampuan perawat maupun siswanya dalam membentuk pribadi tenaga kesehatan yang handal dan profesional. Dengan memperhatikan keadaan geografis wilayah indonesia yang memungkinkan terjadi bencana.  Sehingga diperlukan tenaga kesehatan khususnya perawat untuk berperan aktif dan peka terhadap situasi gawat darurat. Selain itu pula tenaga perawat dapat memberikan asuhan keperawatan perlu ditingkatkan lagi. Peran perawat juga penting dalam turut serta mewujudkan visi Indonesia Sehat 2015 dan program Millenium Development Goals (MDG's).

Keperawatan sebagai bagian dari sistem pelayanan kesehatan memegang peranan penting dalam mewujudkan masyarakat sehat melalui berbagai pendekatan dalam pemberian asuhan keperawatan kepada klien, keluarga dan masyarakat. Sehingga tidak hanya pengetahuan tentang kegawatdaruratan bencana namun perlu juga kegawatdaruratan dari berbagai tahap usia mulai dari fase neonatus hingga dewasa salah satunya tentang syok sepsis neonatus dan haemodialysis treatment.

Hemodialisis merupakan suatu cara untuk mengeluarkan produk sisa metabolisme berupa zat terlarut (solut) dan air yang berada dalam darah melalui membran semipermeabel atau yang disebut dialyzer. Dimana proses dialisis tergantung pada prinsip fisiologis, yaitu difusi dan ultrafiltrasi. Adapun tujuan utama dari hemodialisa adalah mengendalikan uremia, kelebihan cairan dan ketidakseimbangan elektrolit yang terjadi pada klien penyakit ginjal kronik.

Hemodialisis terbukti efektif mengeluarkan cairan, elektrolit dan sisa metabolisme tubuh dan pada pasien penyakit ginjal tahap akhir membantu kelangsungan hidup pasien dengan menggantikan fungsi ginjal. Jika tidak dilakukan terapi pengganti ginjal maka klien akan meninggal.

Dengan demikian sangatlah penting kompetensi yang dimiliki perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Setiap perawat wajib melakukan credentiali alam menjamin peningkatan profesional dan keselamatan pasien oleh karena itu, peran organisasi profesi khususnya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) memberikan pengakuan sertifikasi sehingga perawat mempunyai lisensi kewenangan dan konsumen akan senang mendapatkan pelayanan dari perawat yang memiliki kewenangan.

Selain kegawatdaruratan pada anak atau neonatus yaitu penanganan syok sepsis neonatorum. Kondisi syok yang dapat dialami pada neonatus yaitu syok sepsis neonatorum. Sepsis merupakan penyebab kematian.

Untuk mewujudkan kemampuan perawat menangani masalah tersebut, maka diperlukan edukasi dan pengalaman. Sehingga beberapa institusi pendidikan diantaranya Akademi Keperawatan Manggala Husada, Yaspen Jakarta, RSP TNI AU, Assyafiiyah, dan RumkitPolPus R S Sukanto (Indonesia) bekerjasama dengan Universitas Lincoln (Malaysia) dan Universitas Kasem Bundit (Thailand). Dengan cara mengadakan Seminar Keperawatan Internasioanal dengan tema Nursing Emergency Update.

“Hari ini adalah acara seminar international merupakan lanjutan dari  MOU dengan Universitas Lincoln dan Kasem Bundit. Kami dari 5 institusi yang pernah pergi ke Malaysia. Dengan tema  Nursing Emergency  Update, dikarenakan wilayah di Indonesia adalah rawan bencana, jadi kami semua di keperawatan peduli terhadap bencana yang ada," ucap Ns. Suryani Hartati, M.Kep, Sp.Kep.Mat Ketua Panitia Penyelenggara Seminar Internasional kepada wartakesehatan di Balai Komando Cijantung Jakarta, Indonesia. Rabu (13/09/2017).

Direktur Akper Manggala Husada ini mengatakan antusiasnya peserta dengan jumlah 1.060 orang dari siswa maupun umum yang mengikuti acara seminar ini. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah kemampuan perawat untuk membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

“Peserta dari Akper Polri 271 orang, Akper Manggala Husada 244 orang, Akper Assafiíyah 145 orang, Akper Yaspen 171 orang, Akper RS TNI AU 154 orang dan umum 75 orang. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menambah ilmu dan wawasan mahasiswa keperawatan guna meningkatkan kompetensi mereka dalam membantu bencana di Indonesia. Rencananya dengan adanya kerjasama dan MoU dengan Thailand & Malaysia. Kita akan melanjutkan kegiatan kegiatan seminar seperti ini atau kompetensi  lainnya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa," harapnya.

Tamu undangan yang hadir Rohman Azzam, M.Kep. Sp.KMB, S.Pd. (DPP PPNI), Silvana Evi Linda, S.Kp, M.Kep (Organisasi Akademi Keperawatan), Dr. T. Syahrul Reza, SE, MM (Mandala Internasional).

Adapun pembicara dalam seminar internasional diantaranya Masfuri, S.Kp, MN menyampaikan materi Credentialing in Nursing Emergency. Disaster Management Update oleh Amelia Kurniati, S.Kp, MN. (Ketua HIBGABI/Indonesia) materi Disaster Management Update. Ms. Patcharin Yottiem (Thailand) materi Management of Septic Shock in Neonates dan materi Monitoring hemodinamic Principles and targets patient with hemodialysis treatment  disampaikan Prof. Dr. HJH. Bibi Florina Abdullah (Malaysia).

Pada kesempatan ini pula diadakan penandatanganan MoU baru antara Kasem Bundit University dengan lima institusi pendidikan yang ditandatangani oleh Ns. Suryani Hartati, M.Kep, Sp.Kep.Mat (Direktur Akper Manggala Husada), Sulastri, S.Kp, M.Kep (Direktur Akper Yaspen Jakarta), Martini, S.Kp, M.Kes (Direktur Akper RSP TNI AU), Ns. Agus Sumarno, S.Kep, M.Pd (Direktur Akper Assyafi’iyah) dan Yuyun Kurniasih, S.Kp, SAP, M.Kep (Direktur Rumkitpolpus RS Sukanto).

Acara berlangsung dengan baik yang dipandu oleh Ns. Sestramita, S.Kep sebagai moderator sedangkan Ns. Harwina Widya Astuti, M.Kep dan Ns. Feni Amelia Puapitasari, M.Kep, Sp.Kep.An dipercaya sebagai MC.


loading...


Fokus : Seminar internasional


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui 7 Manfaat Sehat Alpukat

Wartakesehatan.com - Orang justru cenderung menghindari makan alpukat karena dianggap mengandung lemak. Namun, para..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Manfaat Kecing sambil Duduk ini 3 Manfaatnya!

Wartakesehatan - Hampir semua pria lebih memilih posisi berdiri saat buang air kecil atau kencing, hal ini karena telah menjadi..
Mamin - 4 jam yang lalu

Serat Sangat Bermanfaat bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Serat adalah nutrisi yang sangat baik buat tubuh karena ia memiliki banyak manfaat sehat. Serat..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Kurang Tidur picu Gaya Hidup Tak Sehat

Wartaksehatan.com - Bukan hanya menyebabkan daya tahan tubuh menurun, tapi kurang tidur juga dapat memicu seseorang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Bahan Alami Ampuh Usir Komedo

Wartakesehatan.com - Sudah banyak produk kecantikan yang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah komedo seperti ini,..
Herbal - 15 jam yang lalu

Daun Sirsak Obat Herbal Penyakit Jantung

Wartakesehatan.com - Jantung sendiri merupakan organ dalam yang memiliki peranan sangat penting terutama untuk memompa dan..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Atasi Sulit Tidur dengan 5 Tips ini!

Wartakesehatan.com - Tidak jarang kita tidak merasa mengantuk sama sekali dan merasa baik-baik saja. Padahal, kondisi fisik..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Lawan Radikal Bebas dengan Bawang Putih

Wartakesehatan.com - Rasanya yang kuat disinyalir ampuh menambah cita rasa. Oleh karena itu tak heran hampir semua jenis..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Manfaat Sehat Talas bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Konon, tanaman talas berasal dari India dan Asia Tenggara, tapi kini sudah banyak ditemukan di daerah..
Obat & Penyakit - 19 jam yang lalu

Beberapa Asupan Penyebab Sakit Kepala

Wartakesehatan - Stres, kelelahan, dehidrasi dan paparan suara kencang memang telah dipastikan bisa jadi penyebab sakit..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

7 Bahaya jika Berlebihan Minum Kopi

Wartakesehatan - Kopi adalah salah satu minuman terpopuler di muka bumi karena selain memiliki varian rasa yang bermacam-macam,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Makanan ini Picu Masalah pada Jantung

Wartakesehatan - Sangatlah penting bagi setiap orang untuk menjaga kondisi jantung agar tetap sehat. Rutin berolahraga dan..
Ibu & Anak - 22 jam yang lalu

Waspadai, Tanda-tanda Anak alami Autisme

Wartakesehatan.com - Bagi Anda yang baru menjadi orangtua atau ibu yang sedang mengandung, autisme menjadi gangguan tumbuh..
Mamin - 23 jam yang lalu

Manfaat Cabai Hijau untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Cabai adalah salah satu bahan yang membuat makanan menjadi terasa lezat dan menantang. Mengutip dari..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, Kebiasaan Ini Pengaruhi Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com - Tulang yang kuat dan sehat sangat diperlukan tubuh terutama di usia yang semakin beranjak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspadai, 5 Gejala Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Kita sering kali mengabaikan berbagai keluhan kesehatan yang kita rasakan. Kita juga tidak terlalu..
Mamin - 1 hari yang lalu

Wow, 3 Cangkir Kopi Sehari Bikin Sehat

Wartakesehatan.com -  Bukan sekadar menambah semangat namun kopi juga dapat membuat peminumnya panjang umur. Begitu..
Mamin - 1 hari yang lalu

5 Makanan Kaya Nutrisi yang baik bagi Mata

Wartakesehatan.com - Makan wortel kemungkinan tidak akan meningkatkan penglihatan Anda sama sekali. Wortel hanya dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pria Jaga Kesehatan Tubuh dengan Cara ini!

Wartakesehatan.com - Untuk pencegahan dan agar tidak repot untuk cek kesehatan secara teratur, oleh karena itu pria selalu..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Cara Kembalikan Energi Tubuh

Wartakesehatan.com - Rasa lelah memang tidak bisa dihindari setelah kita melakukan aktifitas seharian. Maka perlu..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jenis Ikan yang Ternyata Berakibat Buruk bagi Kesehatan

Wartakesehatn.com - Beberapa ikan ini justru lebih banyak kandungan tak sehatnya. Karena kelezatannya, beberapa jenis ikan..
Mamin - 1 hari yang lalu

4 Makanan Tinggi Kalsium selain Susu

Wartakesehatan.com - Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik dengan komponennya yang lengkap. Mengonsumsi susu..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Wow, Penyakit bisa Dideteksi dari Wajah

Wartakesehatan.com - Semua orang harus menyadari bahwa ada sesuatu yang salah ketika kulit Anda, yang merupakan organ terbesar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bawang Putih bisa Cegah Penuaan Dini

Wartakesehatan - Setiap orang tentunya ingin terlihat tetap awet muda. Olahraga, diet sehat dan melakukan perawatan tubuh..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jeruk bisa Cegah Penyakit Ginjal

Wartakesehatan.com - Jeruk merupakan salah satu buah yang meiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Tips Agar tidak Cepat Beruban

Wartakesehatan.com - Pemilihan bahan sampo erat kaitannya dengan kesehatan kulit kepala. Termasuk dengan dengan perubahan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Tips Cegah Bau Mulut

Wartakesehatan.com - Saat kita lupa menggosok gigi, kita memberikan kesempatan kepada bakteri untuk memberikan napas bau,..
Mamin - 1 hari yang lalu

Waspada, 8 Makanan ini picu Migrain

Wartakesehatan - Faktor yang menjadi penyebab terjadinya migrain pada masing-masing individu tentunya memiliki perbedaan...
Mamin - 1 hari yang lalu

Daun Pepaya Anti Kanker dan Malaria

Wartakesehatan.com - Makan daun pepaya adalah hal yang biasa bagi pencintanya. Daun pepaya yang berasa pahit mampu..
Mamin - 2 hari yang lalu

Waspada, 6 Makanan pemicu Batu Ginjal

Wartakesehatan - Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan..

+Indeks