10 Fakta Mengejutkan tentang Kesehatan

Oleh : Dirk Christ | Kamis, 09 Nopember 2017 | 12:35 WIB


(IST)

Wartakesehatan - Ada begitu banyak informasi kesehatan yang membingungkan di sekitar kita. Akhirnya banyak orang menganggap mitos sebagai fakta dan sebaliknya.

Agar lebih jelas, berikut adalah 10 fakta kesehatan yang mungkin akan mengejutkan Anda dilansir dari Realbuzz.

1. Gula sama buruknya dengan rokok

Meskipun gula tidak memiliki stigma yang sama sebagaimana yang melekat pada rokok, kebenarannya adalah makanan manis atau makanan penutup sama buruknya seperti menyalakan sebatang rokok.

Menurut penelitian oleh tim University of California, gula dan rokok bisa merusak tubuh karena keduanya seperti alkohol yang mengganggu sistem kerja mulai dari otak hingga organ. 

2. Satu jam tidur bisa membuat Anda lebih bahagia

Apa yang harus dilakukan untuk membuat Anda lebih bahagia? Sebuah pekerjaan yang lebih baik atau gaji yang lebih besar? Nah, menurut sebuah studi AS yang dilakukan oleh psikolog Daniel Kahneman dan rekan-rekannya, peningkatan pendapatan rumah tangga hanya memiliki sedikit efek bahagia dalam kehidupan. Dalam penelitian lain justru disebutkan kalau mendapatkan satu jam tambahan tidur setiap malam akan membuat Anda lebih bahagia ketimbang mendapatkan gaji sebesar Rp1 milyar.

3. Olahraga tidak akan membuat Anda kurus

Meskipun banyak orang berolahraga untuk menghilangkan berat badan, namun kenyataannya banyak penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga-- jika tidak dikombinasikan dengan perubahan pola makan, tidak akan membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa ketika sekelompok orang obesitas menyelesaikan 12 minggu latihan kardio diawasi pola makannya, paling tidak mengalami hasil penurunan berat badan yang signifikan. Namun, penting untuk diingat bahwa olahraga tidak menyebabkan penurunan berat badan dengan sendirinya, tapi juga masih memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

4. Permen karet memperkuat otak Anda

Tidak punya waktu untuk minum kopi di pagi hari? Cobalah menggantinya dengan mengunyah permen karet. Para peneliti di Coventry University telah menemukan bahwa permen karet mint secara dramatis bisa menghilangkan rasa lelah. Sementara itu, penelitian terpisah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan nilai tes dan meningkatkan memori hingga 35 persen.

5. Kopi dapat menangkal depresi

Kita sering mendengar tentang betapa buruknya kafein bagi kita. Namun, sebuah studi dariHarvard School of Public Health menemukan, bagi perempuan yang minum empat atau lebih secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko depresi sebesar 20 persen. Sebuah studi sebelumnya lebih dari 80.000 wanita juga mengungkapkan bahwa perempuan yang minum lebih dari dua cangkir kopi sehari sangat jarang melakukan bunuh diri.

6. Menjadi optimis dapat menyelamatkan hidup Anda

Kita semua tahu bahwa berpikir positif dapat memiliki dampak besar pada kebahagiaan Anda, selain itu penelitian juga mengungkapkan, menjadi seorang optimistis dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Temuan penelitian yang dipublikasikan dalam European Heart Journal mengungkapkan bahwa orang optimis sangat jarang yang menderita penyakit jantung, sedangkan para peneliti di Duke University Medical Center menemukan, pasien jantung yang lebih optimis tentang pengobatan mereka hidup lebih lama daripada mereka yang tidak.

7. ATM sekotor toilet umum

Sedikit dari kita yang mencuci tangan setelah mendapatkan uang dari mesin ATM. Padahal, sebuah studi di Inggris mengungkapkan, ATM ternyata sekotor toilet umum.

Para ahli menilai tombol pada mesin uang mengandung jenis bakteri yang menyebabkan penyakit.

8. Wanita sembilan kali mengalami patah hati

Banyak orang mungkin merasa mereka akan meninggal gara-gara patah hati. Hal ini mungkin tak bisa disepelekan. Menurut penelitian, sindrom patah hati, suatu kondisi di mana pelepasan adrenalin disebabkan oleh syok (sering karena ketakutan yang luar biasa atau rasa sakit) yang dapat menyebabkan gagal jantung. Anehnya penelitian juga menyimpulkan bahwa wanita sampai sembilan kali lebih mungkin menderita kondisi ini.

9. Kurang dari satu persen bakteri sebabkan penyakit

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dikelilingi oleh bakteri. Pada kenyataannya, kulit manusia yang sehat ditutupi sekitar 1.000 spesies yang berbeda dari bakteri. Namun, bertentangan dengan kepercayaan zaman kini, kebanyakan bakterinya tidak berbahaya dan kenyataannya kurang dari satu persen yang menyebabkan penyakit. Selain itu, banyak bentuk bakteri yang sebenarnya baik untuk Anda, termasuk bakteri yang hidup pada kulit Anda dan dalam usus Anda.

10. Peregangan sebelum melakukan sesuatu dapat menurunkan daya tahan Anda

Banyak dari kita telah diajarkan untuk pemanasan sebelum latihan, namun studi terbaru menunjukkan, peregangan sebelum berlari mungkin tidak bermanfaat untuk latihan Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Researchmenemukan bahwa peregangan sebelum latihan berlari membuat tubuh pelari kurang fit sehingga mereka tidak dapat berjalan sejauh mereka yang tidak melakukan peregangan.


loading...


Fokus : Kesehatan


#Sehat
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Efek Samping Kayu Manis bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Kayu manis ini merupakan salah satu dari anggota rempah-rempah yang banyak dimiliki Indonesia sejak..
Tekhnologi - 7 jam yang lalu

5 Bahaya Mengancam Kesehatan jika sering Menggunakan Ponsel

Wartakesehatan.com - Ponsel merupakan salah satu alat komunikasi yang dimiliki semua orang saat ini .Akan tetapi,..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Tubuh Mengalami Dehidrasi ini 3 Tandanya!

Wartakesehatan.com - Semua orang pasti membutuhkan air untuk aktifitas sehari-hari. Tanpa air mereka tidak bisa hidup dan..
Mamin - 9 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Pahitnya Daun Pepaya

Wartakesehatan.com - Tahukah kamu tentang manfaat kesehatan dari daun..
Obat & Penyakit - 10 jam yang lalu

Turunkan Stres dengan Berhenti Merokok

Wartakesehatan.com - Tingkat kecanduan yang tinggi terkadang membuat keinginan mereka untuk berhenti menjadi goyah...
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Kebiasaan Mencabut Bulu Hiung, Berbahaya!!

Wartakesehatan - Kebiasaan mencabut bulu hidung ternyata dapat berpotensi menimbulkan bahaya luka dan bisul di dalam..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Penderita Kanker Wajib lakukan Olahraga ini!

Wartakesehatan.com - Walaupun mungkin Anda sudah didiagnosis menderita kanker, Anda sebaiknya tetap melakukan..
16 jam yang lalu

Waspada, 7 Gaya Hidup ini Bisa Membunuh Anda

Wartakesehatan.com - Mengikuti gaya hidup bebas stres dapat membuat Anda hidup lebih lama, dan para ahli menyatakan bahwa..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Alergi yang Tak Kunjung Sembuh ini Cara Mengatasinya!

Waretakesehatan.com - Alergi makanan adalah reaksi alergi yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh kita keliru merespons..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Joging Sambil dengar Musik Bermanfaat bagi Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sekarang ini banyak orang mendengarkan musik  sambil melakukan suatu. Dan Anda juga sering..
Herbal - 19 jam yang lalu

Kunyit bisa Cegah Diabetes dan Lindungi Sel Otak

Wartakesehatan - Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat banyak terdapat di Indonesia, bahkan tidak sedikit yang..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

‘Palata’ Inovasi Alami Pengganti Formalin

Wartakesehatan.com - Merebaknya kasus penggunaan formalin di masyarakat, khususnya untuk produk-produk yang berasal dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menuju Indonesia Pangan Aman BPOM Luncurkan Germas Sapa

Wartakesehatan.com, Jakarta – Dalam upaya membebaskan Indonesia dengan pangan yang tidak sehat, Badan Pengawas Obat dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Studi: Cabai bisa Cegah Diabetes Militus

Wartakesehatan.com - Menurut sebuah penelitian, cabai bisa memberikan manfaat baik pada mereka yang kelebihan berat badan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tumbuhan Jahe memang memiliki banyak manfaat. Selain daunnya yang digunakan sebagai bumbu masakan,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Lakukan ini Agar Kulit tetap Sehat

Wartakesehatan.com - Satu kuncinya memiliki kulit sehat adalah cukup mengonsumsi air putih. Namun selain itu ada beberapa..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, Pasta Gigi juga picu Penyakit Diabetes

Wartakesehatan.com - Mungkin kebayakan orang berfikir ketika menggosok gigi setelah berkumur pasta gigi dalam mulut sudah..
Mamin - 1 hari yang lalu

Konsumsi Daging Babi ini 6 Bahayanya!

Wartakesehatan - Walaupun daging babi bagi sebagian besar orang Muslim adalah makanan yang diharamkan nyatanya masih..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Buah yang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh semua orang. Buah ini mudah ditemukan di..
Mamin - 1 hari yang lalu

Penderita Asma Patut Hindari 6 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Asma adalah penyakit peradangan kronis yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Pada setiap orang,..
Mamin - 1 hari yang lalu

Konsumsi Yoghurt Turunkan Risiko Hipertensi

Wartakesehatan - Sampai saat ini yoghurt yang merupakan satu produk olahan susu telah terbukti baik bagi kesehatan,..
Mamin - 1 hari yang lalu

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Bayam Merah

Wartakesehatan.com - Kebanyakan orang kurang memahami keistimewaan bayam merah, sehingga tak heran jika mereka lebih memilih..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, Pusar bisa jadi Gudang Bakteri

Wartakesehatan.com - Ribuan bakteri bersarang di pusat perut, para ilmuwan telah menemukan 1.400 keturunan bakteri yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

7 Efek Buruk jika Konsumsi Roti Berlebihan

Wartakesehatan.com - Roti putih menjadi makanan favorit bagi banyak orang selama sarapan. Namun, apakah Anda tahu bahwa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengenal Albumin yang Dibutuhkan Tubuh

Wartakesehatan.com - Albumin merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kebutuhan dari setiap orang tentunya..
Seks - 1 hari yang lalu

Seks Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Apakah berhubungan seks secara rutin bisa memiliki manfaat yang berkhasiat seperti kita mengonsumsi..
Mamin - 2 hari yang lalu

5 Makanan Ampuh Lawan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Ada sejumlah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melawan kolesterol jahat. Apa saja? 1...
Mamin - 2 hari yang lalu

4 Makanan ini bisa Bikin Tidur jadi Nyenyak

Wartakesehatan.com - Ada beberapa makanan yang tergolong memiliki gizi tinggi. Tak hanya sehat, beberapa jenis makanan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Wow, Apel Cegah Kolesterol dan Diabetes

Wartakesehatan.com - Apel mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang mampu memberikan kontribusi terbaik terhadap..
Mamin - 2 hari yang lalu

Konsumsi 4 Makanan Ini bisa Cegah Kanker Kulit

Wartakesehatan - Kesehatan kulit bisa saja mengalami masalah apabila terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara..

+Indeks