Raker DPD RI - Kemenkes, Sepakat Perjuangkan Nasib Perawat

Oleh : ibrahim romending | Senin, 18 September 2017 | 23:15 WIB


Raker DPD RI dengan Kemenkes RI di Ruang Rapat Komisi III DPD RI Senayan Jakarta, Senin, 18 September 2017. (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com - Permasalahan tenaga keperawatan menjadi pembahasan bersama bagi pihak terkait. Keberadaan dan peran seorang perawat sebagai tenaga kesehatan yang profesional menjadi salah satu penggerak untuk mewujudkan pogram indonesia sehat. Bentuk usaha dan pemikiranya selalu dinantikan dalam pelayanan kesehatan. Kehadiran Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) sebagai organisasi profesi untuk menangani permasalahan perawat. Masih adanya masalah perawat yang belum terselesaikan perlu terus dicarikan solusinya agar eksitensi perawat perlu diperhitungkan pada layanan kesehatan.

Dengan mengawali pertemuan sebelumnya saat RDPU DPD RI Komite III dengan PPNI (5/9) telah terjadi kesepakatan pula dengan diadakan Rapat Kerja Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Hari ini pertemuan sangat baik sekali.  Kami sebagai anggota mempunyai kesempatan untuk menyampaikan seluruh aspirasi dari PPNI yang sebelumnya telah kami lakukan. Setelah kita melakukan pemaparan, dialog dan tanya jawab secara intensif. Kami anggota DPD RI dengan Menteri Kesehatan megharapkan melakukan kegiatan bersama dan kesepakatan antara lain :

Pertama, Mempercepat proses penyusunan seluruh peraturan perundang-undangan yang merupakan peraturan pelaksana dan amanat UU No.38 tahun 2014 tentang keperawatan selambatnya pada akhir tahun 2017 ini meliputi : a. Pembentukan konsil keperawatan Indonesia b. Pengaturan tentang pengelolaan tenaga kesehatan dalam kaitannya pendayagunaan dan praktik perawat WNA c. Tata cara pengenaan sanksi administratif bagi perawat. Kedua, Memprioritaskan tenaga honorer perawat yang merupakan putra daerah setempat dan telah memenuhi syarat seleksi agar didayagunakan dalam berbagai program antara lain : Nusantara Sehat dan penugasan khusus individu. Ketiga Berkoordinasi dengan kementerian terkait dalam membahas kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan perawat melalui standarisasi upah sesuai aturan di setiap provinsi dan pemberian tunjangan profesi.

Keempat, Optimalisasi pembangunan kesehatan masyarakat secara nasional khususnya daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan melalui prioritas pemenuhan fasilitas pelayanan kesehatan yang pendanaannya dari pemereimtah pusat disertai pemenuhan standarisasi pelayanan dan distribusi tenaga kesehatan khususnya perawat. Kelima, Optimalisasi penerapan sistem layanan yang cepat, transfaran, akuntabel, berkepastian serta tidak berbiaya bagi proses pengurusan registrasi tenaga perawat berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan no 46 tahun 2013 yang dilakukan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI).  Keenam, Melibatkan Komite III DPD RI dalam kunjungan kerja bersama di setiap provinsi dengan Menteri Kesehatan," ungkap  Fahira Idris, SE, MH kepada wartakesehatan usai raker di Ruang Rapat Komite III DPD RI  Senayan Jakarta, Indonesia, Senin (18/9/2017).

Senator yang berasal dari DKI Jakarta ini sekaligus Ketua Komite III DPD RI menambahkan, “ Disamping itu, Komite III DPD RI menyatakan bahwa Pertama, Mendukung sepenuhnya Kementerian Kesehatan untuk melaksanakan kebijakan distribusi tenaga kesehatan di fasilitas pelayananan kesehatan baik di rumah sakit dan puskesmas dengan pola sesuai prosentase dalam target capain tahun 2025. Kedua, Mendukung standarisasi pendidikan tenaga kesehatan untuk meningkatkan kompetensi melalui program percepatan pendidikan sekaligus peningkatan level pendidikan. Ketiga, Mendukung program Kementerian Kesehatan terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).  Rencananya Pada bulan oktober tahun ini kegiatan Germas akan kita ikuti di seluruh wilayah Indonesia. Mengenai kesepakatan keperawatan akan kami pantau dan diawasi pelaksanaannya karena bagian dari tugas kami,” tuturnya.

Dalam kegiatan rapat kerja ini dipimpin langsung oleh Fahira Idris, SE,MH didampingi dr. Delis Julkarson Hehi, MARS Senator dari Sulawesi Tengah dan H. Abdul Aziz, SH Senator dari Sumatera Selatan.

Selain Rapat kerja ini dihadiri langsung Menkes RI  Dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) beserta jajarannya. Dihadiri pula Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah, S.Kp, SH, M.Kep beserta Pengurus lainnya.

Dalam kesempatan ini pula selain pemaparan yang disampaikan oleh Menkes berkaitan dengan perkembangan bidang kesehatan Indonesia termasuk permasalahan perawat saat ini. Dilakukannya tanya jawab antara Senator yang hadir dari wilayah Indonesia dengan Menkes.

Pada akhir rapat kerja dibuatlah kesimpulan dan kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh Ketua Komite III DPD RI dengan Menkes RI. Dalam hal ini Komite III DPD RI memberikan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan dalam memperjuangkan nasib perawat Indonesia sebagaimana diamanatkan oleh Undang - Undang No.38 tahun 2014 tentang Keperawatan.   


loading...


Fokus : Nasib perawat


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui 7 Manfaat Sehat Alpukat

Wartakesehatan.com - Orang justru cenderung menghindari makan alpukat karena dianggap mengandung lemak. Namun, para..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Manfaat Kecing sambil Duduk ini 3 Manfaatnya!

Wartakesehatan - Hampir semua pria lebih memilih posisi berdiri saat buang air kecil atau kencing, hal ini karena telah menjadi..
Mamin - 4 jam yang lalu

Serat Sangat Bermanfaat bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Serat adalah nutrisi yang sangat baik buat tubuh karena ia memiliki banyak manfaat sehat. Serat..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Kurang Tidur picu Gaya Hidup Tak Sehat

Wartaksehatan.com - Bukan hanya menyebabkan daya tahan tubuh menurun, tapi kurang tidur juga dapat memicu seseorang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Bahan Alami Ampuh Usir Komedo

Wartakesehatan.com - Sudah banyak produk kecantikan yang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah komedo seperti ini,..
Herbal - 15 jam yang lalu

Daun Sirsak Obat Herbal Penyakit Jantung

Wartakesehatan.com - Jantung sendiri merupakan organ dalam yang memiliki peranan sangat penting terutama untuk memompa dan..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Atasi Sulit Tidur dengan 5 Tips ini!

Wartakesehatan.com - Tidak jarang kita tidak merasa mengantuk sama sekali dan merasa baik-baik saja. Padahal, kondisi fisik..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Lawan Radikal Bebas dengan Bawang Putih

Wartakesehatan.com - Rasanya yang kuat disinyalir ampuh menambah cita rasa. Oleh karena itu tak heran hampir semua jenis..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Manfaat Sehat Talas bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Konon, tanaman talas berasal dari India dan Asia Tenggara, tapi kini sudah banyak ditemukan di daerah..
Obat & Penyakit - 19 jam yang lalu

Beberapa Asupan Penyebab Sakit Kepala

Wartakesehatan - Stres, kelelahan, dehidrasi dan paparan suara kencang memang telah dipastikan bisa jadi penyebab sakit..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

7 Bahaya jika Berlebihan Minum Kopi

Wartakesehatan - Kopi adalah salah satu minuman terpopuler di muka bumi karena selain memiliki varian rasa yang bermacam-macam,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Makanan ini Picu Masalah pada Jantung

Wartakesehatan - Sangatlah penting bagi setiap orang untuk menjaga kondisi jantung agar tetap sehat. Rutin berolahraga dan..
Ibu & Anak - 22 jam yang lalu

Waspadai, Tanda-tanda Anak alami Autisme

Wartakesehatan.com - Bagi Anda yang baru menjadi orangtua atau ibu yang sedang mengandung, autisme menjadi gangguan tumbuh..
Mamin - 23 jam yang lalu

Manfaat Cabai Hijau untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Cabai adalah salah satu bahan yang membuat makanan menjadi terasa lezat dan menantang. Mengutip dari..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, Kebiasaan Ini Pengaruhi Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com - Tulang yang kuat dan sehat sangat diperlukan tubuh terutama di usia yang semakin beranjak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspadai, 5 Gejala Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Kita sering kali mengabaikan berbagai keluhan kesehatan yang kita rasakan. Kita juga tidak terlalu..
Mamin - 1 hari yang lalu

Wow, 3 Cangkir Kopi Sehari Bikin Sehat

Wartakesehatan.com -  Bukan sekadar menambah semangat namun kopi juga dapat membuat peminumnya panjang umur. Begitu..
Mamin - 1 hari yang lalu

5 Makanan Kaya Nutrisi yang baik bagi Mata

Wartakesehatan.com - Makan wortel kemungkinan tidak akan meningkatkan penglihatan Anda sama sekali. Wortel hanya dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pria Jaga Kesehatan Tubuh dengan Cara ini!

Wartakesehatan.com - Untuk pencegahan dan agar tidak repot untuk cek kesehatan secara teratur, oleh karena itu pria selalu..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Cara Kembalikan Energi Tubuh

Wartakesehatan.com - Rasa lelah memang tidak bisa dihindari setelah kita melakukan aktifitas seharian. Maka perlu..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jenis Ikan yang Ternyata Berakibat Buruk bagi Kesehatan

Wartakesehatn.com - Beberapa ikan ini justru lebih banyak kandungan tak sehatnya. Karena kelezatannya, beberapa jenis ikan..
Mamin - 1 hari yang lalu

4 Makanan Tinggi Kalsium selain Susu

Wartakesehatan.com - Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik dengan komponennya yang lengkap. Mengonsumsi susu..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Wow, Penyakit bisa Dideteksi dari Wajah

Wartakesehatan.com - Semua orang harus menyadari bahwa ada sesuatu yang salah ketika kulit Anda, yang merupakan organ terbesar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bawang Putih bisa Cegah Penuaan Dini

Wartakesehatan - Setiap orang tentunya ingin terlihat tetap awet muda. Olahraga, diet sehat dan melakukan perawatan tubuh..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jeruk bisa Cegah Penyakit Ginjal

Wartakesehatan.com - Jeruk merupakan salah satu buah yang meiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Tips Agar tidak Cepat Beruban

Wartakesehatan.com - Pemilihan bahan sampo erat kaitannya dengan kesehatan kulit kepala. Termasuk dengan dengan perubahan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Tips Cegah Bau Mulut

Wartakesehatan.com - Saat kita lupa menggosok gigi, kita memberikan kesempatan kepada bakteri untuk memberikan napas bau,..
Mamin - 1 hari yang lalu

Waspada, 8 Makanan ini picu Migrain

Wartakesehatan - Faktor yang menjadi penyebab terjadinya migrain pada masing-masing individu tentunya memiliki perbedaan...
Mamin - 1 hari yang lalu

Daun Pepaya Anti Kanker dan Malaria

Wartakesehatan.com - Makan daun pepaya adalah hal yang biasa bagi pencintanya. Daun pepaya yang berasa pahit mampu..
Mamin - 2 hari yang lalu

Waspada, 6 Makanan pemicu Batu Ginjal

Wartakesehatan - Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan..

+Indeks