Raker DPD RI - Kemenkes, Sepakat Perjuangkan Nasib Perawat

Oleh : ibrahim romending | Senin, 18 September 2017 | 23:15 WIB


Raker DPD RI dengan Kemenkes RI di Ruang Rapat Komisi III DPD RI Senayan Jakarta, Senin, 18 September 2017. (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com - Permasalahan tenaga keperawatan menjadi pembahasan bersama bagi pihak terkait. Keberadaan dan peran seorang perawat sebagai tenaga kesehatan yang profesional menjadi salah satu penggerak untuk mewujudkan pogram indonesia sehat. Bentuk usaha dan pemikiranya selalu dinantikan dalam pelayanan kesehatan. Kehadiran Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) sebagai organisasi profesi untuk menangani permasalahan perawat. Masih adanya masalah perawat yang belum terselesaikan perlu terus dicarikan solusinya agar eksitensi perawat perlu diperhitungkan pada layanan kesehatan.

Dengan mengawali pertemuan sebelumnya saat RDPU DPD RI Komite III dengan PPNI (5/9) telah terjadi kesepakatan pula dengan diadakan Rapat Kerja Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Hari ini pertemuan sangat baik sekali.  Kami sebagai anggota mempunyai kesempatan untuk menyampaikan seluruh aspirasi dari PPNI yang sebelumnya telah kami lakukan. Setelah kita melakukan pemaparan, dialog dan tanya jawab secara intensif. Kami anggota DPD RI dengan Menteri Kesehatan megharapkan melakukan kegiatan bersama dan kesepakatan antara lain :

Pertama, Mempercepat proses penyusunan seluruh peraturan perundang-undangan yang merupakan peraturan pelaksana dan amanat UU No.38 tahun 2014 tentang keperawatan selambatnya pada akhir tahun 2017 ini meliputi : a. Pembentukan konsil keperawatan Indonesia b. Pengaturan tentang pengelolaan tenaga kesehatan dalam kaitannya pendayagunaan dan praktik perawat WNA c. Tata cara pengenaan sanksi administratif bagi perawat. Kedua, Memprioritaskan tenaga honorer perawat yang merupakan putra daerah setempat dan telah memenuhi syarat seleksi agar didayagunakan dalam berbagai program antara lain : Nusantara Sehat dan penugasan khusus individu. Ketiga Berkoordinasi dengan kementerian terkait dalam membahas kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan perawat melalui standarisasi upah sesuai aturan di setiap provinsi dan pemberian tunjangan profesi.

Keempat, Optimalisasi pembangunan kesehatan masyarakat secara nasional khususnya daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan melalui prioritas pemenuhan fasilitas pelayanan kesehatan yang pendanaannya dari pemereimtah pusat disertai pemenuhan standarisasi pelayanan dan distribusi tenaga kesehatan khususnya perawat. Kelima, Optimalisasi penerapan sistem layanan yang cepat, transfaran, akuntabel, berkepastian serta tidak berbiaya bagi proses pengurusan registrasi tenaga perawat berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan no 46 tahun 2013 yang dilakukan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI).  Keenam, Melibatkan Komite III DPD RI dalam kunjungan kerja bersama di setiap provinsi dengan Menteri Kesehatan," ungkap  Fahira Idris, SE, MH kepada wartakesehatan usai raker di Ruang Rapat Komite III DPD RI  Senayan Jakarta, Indonesia, Senin (18/9/2017).

Senator yang berasal dari DKI Jakarta ini sekaligus Ketua Komite III DPD RI menambahkan, “ Disamping itu, Komite III DPD RI menyatakan bahwa Pertama, Mendukung sepenuhnya Kementerian Kesehatan untuk melaksanakan kebijakan distribusi tenaga kesehatan di fasilitas pelayananan kesehatan baik di rumah sakit dan puskesmas dengan pola sesuai prosentase dalam target capain tahun 2025. Kedua, Mendukung standarisasi pendidikan tenaga kesehatan untuk meningkatkan kompetensi melalui program percepatan pendidikan sekaligus peningkatan level pendidikan. Ketiga, Mendukung program Kementerian Kesehatan terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).  Rencananya Pada bulan oktober tahun ini kegiatan Germas akan kita ikuti di seluruh wilayah Indonesia. Mengenai kesepakatan keperawatan akan kami pantau dan diawasi pelaksanaannya karena bagian dari tugas kami,” tuturnya.

Dalam kegiatan rapat kerja ini dipimpin langsung oleh Fahira Idris, SE,MH didampingi dr. Delis Julkarson Hehi, MARS Senator dari Sulawesi Tengah dan H. Abdul Aziz, SH Senator dari Sumatera Selatan.

Selain Rapat kerja ini dihadiri langsung Menkes RI  Dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) beserta jajarannya. Dihadiri pula Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah, S.Kp, SH, M.Kep beserta Pengurus lainnya.

Dalam kesempatan ini pula selain pemaparan yang disampaikan oleh Menkes berkaitan dengan perkembangan bidang kesehatan Indonesia termasuk permasalahan perawat saat ini. Dilakukannya tanya jawab antara Senator yang hadir dari wilayah Indonesia dengan Menkes.

Pada akhir rapat kerja dibuatlah kesimpulan dan kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh Ketua Komite III DPD RI dengan Menkes RI. Dalam hal ini Komite III DPD RI memberikan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan dalam memperjuangkan nasib perawat Indonesia sebagaimana diamanatkan oleh Undang - Undang No.38 tahun 2014 tentang Keperawatan.   


loading...


Fokus : Nasib perawat


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 16 jam yang lalu

Kampanye Greek Yogurt Pertama di Indonesia

Wartakesehatan.com – Produsen makanan dan minuman berbasis yogurt resmi meluncurkan kampanye Heavenly Blush Greek Secret..
Liputan Khusus - 17 jam yang lalu

Usia 39 UBL Sasar Kesehatan Masyarakat Sekitar Kampus

Wartakesehatan.com – Kadang seseorangmenganggap remeh arti sehat pada dirinya. Mereka akan menilai kesehatan menjadi amat..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

4 Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Untuk dapat tidur dengan nyenyak tentunya kita harus menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Posisi..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Dampak Buruk Menahan Bersin bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang memilih untuk menahan bersin saat berada di dekat orang banyak demi kesopanan dan..
2 hari yang lalu

Jaga Metabolisme Tubuh dengan Kacang Kedelei

Wartakesehatan.com - Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia..
2 hari yang lalu

Biji Semangka Meningkatkan Kesuburan Pria

Wartakesehatan.com - Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi yang penuh nutrisi dan antioksidan. Biji..
2 hari yang lalu

Bijih Nangka Dapat Mencegah Anemia

Wartakesehatan.com - biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi...
2 hari yang lalu

Kandungan Buah Anggur yang Tak Kalah Penting

Wartakesehatan.com- Setiap jenis anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi buah anggur..
2 hari yang lalu

Coklat Dapat Mengurangi Resiko Hipertensi

Wartakesehatan.com - Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi..
2 hari yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
2 hari yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
2 hari yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 3 hari yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 3 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 6 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
6 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..

+Indeks