Kenali dengan Cermat 10 Tanda Kanker

Oleh : Dirk/sindo | Jumat, 19 Januari 2018 | 20:35 WIB


(IST)

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri kanker masih merupakan salah satu penyakit yang menakutkan dimuka bumi. Bagaimana tidak saat ini, 8,2 juta orang di seluruh dunia meninggal karena penyakit tersebut setiap tahunnya. Sebanyak 4,7 juta di antaranya dialami pria dan 3,5 juta wanita.

Seperti dilansir The Sun, terkait bahaya yang cukup serius, para ahli mengeluarkan 10 tanda peringatan serius terkait hal itu. 

Gejala 'bendera merah' ini merupakan panduan yang jelas bagi para profesional medis di seluruh dunia dan mereka adalah orang yang harus Anda cari.

Diagnosis dini penyakit ini bisa sangat penting dan membantu menyelamatkan nyawa. Jadi sinyal ini muncul, alangkah baiknya tidak dianggap sepele dan segera menemui dokter.

Berikut 10 tanda dari beberapa jenis penyakit kanker:

1. Batuk terus-menerus
Kanker paru-paru tidak memiliki banyak tanda awal dan sering kali gejalanya hanya diketahui setelah penyakit ini menyebar terlalu jauh. Namun, beberapa hal berikut ini bisa menjadi alarm  agar Anda waspada karena bisa jadi itu adalah tahap awal kanker paru-paru.

Batuk biasa yang sepertinya tidak bisa sembuh atau yang berubah menjadi batuk kronis, yang kadang-kadang disebut batuk perokok, bisa menjadi indikasi. Gejala lainnya meliputi nyeri dada, pernapasan dalam, serak dan batuk darah.

2. Perubahan tampilan tahi lalat
Melanoma adalah bentuk paling berbahaya dari kanker kulit dan bisa muncul di manapun di tubuh, tapi umumnya terlihat di punggung, kaki, lengan wajah, dan di bawah kuku. Hal ini juga dapat menyebar ke organ tubuh lainnya walaupun kurang umum.

Penyakit ini berbentuk mol baru atau perubahan dari yang ada sekarang. Tanda peringatannya sudah ada, yakni semakin besar,  berubah bentuk,  berubah warna, berdarah atau menjadi berkerak, gatal atau nyeri.

Cara cepat dan mudah untuk memberitahu mol normal bagian dari melanoma adalah daftar 'ABCDE', bisa dengan Asimetris  (melanoma memiliki dua bagian yang sangat berbeda dan berbentuk tidak beraturan, Border Perbatasan (melanoma memiliki perbatasan berlekuk atau compang-camping), Colours (melanoma akan menjadi campuran dua atau lebih warna), Diameter  (melanoma sering kali lebih besar dari 6mm (1/4 inci) dengan diameter), Enlargement or elevation-Pembesaran atau elevasi (tahi lalat yang berubah ukuran dari waktu ke waktu lebih cenderung melanoma).

3. Sering buang air besar 
Gejala utama kanker usus adalah terdapat darah pada tinja, perubahan kebiasaan buang air besar, misalnya terjadi lebih teratur, mengalami kotoran lebih longgar atau sakit perut.
Mayoritas orang yang didiagnosis menderita kanker usus lebih dari 60, jadi gejala ini adalah gejala yang harus diwaspadai. Akan tetapi waspadalah karena bisa saja disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang tidak mematikan.

4. Sakit yang tidak kunjung sembuh
Pusat Pengobatan Kanker Amerika mengatakan sakit atau ulkus yang tidak sembuh adalah gejala paling umum kanker mulut. Begitu juga rasa sakit terus menerus di mulut adalah tanda lain yang harus diperhatikan.

Sebagai tindakan pencegahan, Cancer Research UK merekomendasikan untuk mencari saran medis jika suatu tempat, kutil atau sakit tidak sembuh setelah beberapa minggu, bahkan jika tidak menimbulkan rasa sakit.

5. Kesulitan menelan
Meski ada sejumlah kondisi kesehatan yang bisa menyulitkan menelan, jika masalah tidak hilang Anda harus mencari saran medis. Hal ini karena kesulitan menelan dan penurunan berat badan mendadak merupakan tanda umum kanker esofagus.

6.  Benjolan yang tak dapat dijelaskan
Seringkali tanda-tanda kanker bisa dirasakan melalui kulit, paling sering payudara, testis, kelenjar getah bening dan jaringan lunak di tubuh. Penebalan jaringan atau benjolan bisa menjadi tanda peringatan penyakit ini. Sangat penting bagi Anda mengunjungi dokter Anda jika menemukan benjolan atau kulit yang berwarna merah atau menebal, terutama jika ukurannya tumbuh.

7. Perdarahan yang tidak dapat dijelaskan
Pendarahan dapat terjadi baik pada stadium awal maupun akhir kanker. Batuk darah bisa menjadi pertanda kanker paru-paru, sedangkan darah dalam tinja bisa berarti usus besar atau dubur.

Kanker serviks atau endometrium dapat menyebabkan pendarahan vagina yang abnormal dan darah dalam urin bisa berupa kanker kandung kemih, ginjal atau prostat. Selain itu, pelepasan dari puting susu bisa menjadi pertanda kanker payudara.

8. Penurunan berat badan yang tidak terjelaskan
Menurut American Cancer Society, kehilangan 10 kilogram atau lebih tanpa alasan bisa menjadi tanda awal kanker. Hal ini biasa terjadi pada kanker pankreas, perut, kerongkongan atau paru-paru.

Cancer Research UK mengatakan penurunan berat badan yang kecil dari waktu ke waktu adalah normal. Namun jika Anda melihat perubahan yang cukup besar maka Anda harus memberi tahu dokter Anda.

9. Perubahan kandung kemih
Suatu kondisi untuk segera buang air kecil, lebih sering, adalah semua masalah yang harus Anda sampaikan kepada dokter Anda, meski ada kondisi lain yang bisa menyebabkan masalah ini, gejala tersebut bisa mengarah pada kanker prostat.

10. Rasa sakit yang terus-menerus dan tidak dapat dijelaskan
Rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan dapat terjadi pada sebagian besar kanker, namun lebih sering terjadi pada tulang dan testis. Sakit kepala yang konstan bisa menjadi tanda tumor otak, sementara nyeri punggung bisa mengindikasikan kolon, rektum atau kanker ovarium.

Pada sejumlah kasus, rasa sakit dialami  menjadi pertanda bahwa kanker telah menyebar dari lokasi asalnya.


loading...


Fokus : Kanker


#Kanker
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 23 jam yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
1 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
1 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
1 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
1 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
1 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
1 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
1 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
2 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
2 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 2 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
3 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..
3 hari yang lalu

Ini Dia Menu Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com -Sarapan bergizi modal untuk menjalankan segudang aktivitas. Berbagai manfaat yang bisa dirasakan, mulai..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Sembelit Sering Menyerang ini Penyebabnya!

Wartakesehatan.com - Sembelit atau susah buang air besar (BAB) tentu dapat membuat perut terasa sangat tidak nyaman. Tak..
Mamin - 3 hari yang lalu

Terung bisa bantu Turunkan Kolesterol

Wartakesehatan.com - Selain vitamin kompleks, terung adalah sayur yang tinggi akan zat antioksidan seperti cafeeic, asam..
Ibu & Anak - 3 hari yang lalu

Wanita Alami Keguguran ini Ciri-cirinya!

Wartakesehatan.com - Usia satu hingga empat bulan pertama, wanita hamil rawan terjadi keguguran. Setidaknya dalam kurun..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Makan Sekali Sehari miliki Dampak Buruk

Wartakesehatan.com - Ungkapan makan sehari sekali akan membuat berat badan menurun dan tubuh menjadi sehat merupakan sebuah..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Ternyata Stres Jangka Pendek miliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Seseorang yang mengalami stres dalam jangka pendek justru merasakan manfaat yang baik. Seperti..

+Indeks