PPNI Jakarta Barat Gelar Rakerda I & Seminar Keperawatan

Oleh : ibrahim romending | Sabtu, 07 Oktober 2017 | 23:30 WIB


Suasana Rakerda PPNI Jakarta Barat & Seminar Keperawatan di Twin Plaza Hotel Jakarta, Sabtu, 7 Oktober 2017. (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com - Keberadaan organisasi profesi menjadi  wadah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi anggotanya  dan menjadi hal yang diprioritaskan. Melalui program kerja yang strategis dan terarah menjadi sesuatu yang diutamakan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Permasalahan yang ada dalam suatu organisasi perlu dicarikan solusinya termasuk mendapatkan ide brilian yang belum ada selama ini. Semua usaha dan kerja bersama menjadi sesuatu  yang  perlu dikembangkan secara kontinyu untuk memberikan yang terbaik kepada anggotanya.

Dengan memperhatikan jumlah perawat di kota administrasi Jakarta Barat saat ini berjumlah sekitar 6.067 anggota yang terdaftar dan tersebar di 30 komisariat. Perawat-perawat tersebut bekerja dari mulai klinik, puskesmas dan rumah sakit yang ada di wilayah kota administrasi Jakarta Barat. Selain itu ada  juga perawat yang bekerja di Institusi-institusi pendidikan maupun di Dinas Kesehatan.

Dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, perawat berperan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Peran ini dilakukan dengan melakukan promosi kesehatan. Dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative baik di fasilitas pelayanan kesehatan maupun di masyarakat perawat mempunyai peran strategis dan menjadi garda terdepan dalam meningkatkan derajat kesehatan  masyarakat dengan semboyan Perawat sejahtera, Masyarakat Sehat, Jakarta Barat Maju. Dengan semboyan tersebut, organisasi mencoba untuk selalu bersinergi baik didalam ataupun luar organisasi.

Setelah dilantiknya Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kota Administrasi Jakarta Barat masa bakti 2017-2022 pada tanggal 9 April 2017 diwajibkan menyusun program kerja. Pengurus juga melakukan penguatan organisasi pada semua struktur mulai dari Dewan Pengurus Komisariat (DPK) dan DPD dengan menjalankan amanat Musyawarah Daerah (MUSDA) yang telah dilaksanakan 22 Februari 2017 lalu.

Pada awal kepengurusan ini, maka diadakannya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PPNI Kota Administrasi Jakarta Barat. Dalam rangka konsolidasi organisasi dan merumuskan kebijakan dan program-program kerja yang relevan dengan isu-isu pembangunan kesehatan di Kota Administrasi Jakarta Barat serta melaksanakan amanat Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Organisasi PPNI. Rakerda melibatkan seluruh unsur kepengurusan DPD PPNI Kota Administrasi Jakarta Barat serta perwakilan dari pengurus DPK PPNI di seluruh Komisariat Kota Administrasi Jakarta Barat yang diharapkan  dapat  menggugah kembali motivasi perawat dengan membangun sistem jenjang karir yang baik untuk mewujudkan tercapainya Perawat Sejahtera Masyarakat Sehat Jakarta Maju.Dengan mengangkat tema Dengan semangat sumpah pemuda wujudkan perawat yang kompeten, berkarakter dan professional.

“Rakerda hari ini adalah momen yang sangat penting untuk kita semua dimana 1-4 tahun kedepan kita akan menentukan strategi strategi apa yang akan diambil dalam rapat hari ini. Dimana strategi yang akan diambil merupakan tanggung jawab kita bersama, bukan sekedar di DPD tapi termasuk rekan di DPK semua. Diharapkan teman semua dapat mengikuti kegiatan ini dan memberikan sumbangsih, pemikiran sehingga apa saja permasalahan atau harapan dari teman semua dapat terakomodir dan terealisasikan didalam program kerja,” ucap Indra Jaya Permana, Amd.Kep dalam pengarahannya pada saat Rakerda di Twin Plaza Hotel Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia, Sabtu ( 07/10/2017).

Ketua DPD PPNI Jakarta Barat ini menambahkan,”Saya sangat harapkan sekali terutama permasalahan mendasar yang ada di DPK atau pada teman anggota dikemukakan pada hari ini, dikomfirmasikan sehingga hasinya akan dibagikan pada teman semua. Mari kita sukseskan keputusan yang berhubungan kegiatan organisasi, ini sangat mendukung sekali kompetensi teman semua. Dalam kepengurusan sekarang usianya baru 8 bulan dari Rakerwil  yang dilaksanakan bulan februari lalu. Dari rakerwil itu minimal kita harus melaksanakan Rakerda setelah enam bulan Rakerwil .  Jadi ini momen yang tidak terlalu lama untuk mengambil keputusan dari Rakerwil tersebut.  Oleh karena itu saya menghimbau bukan hanya sekedar kita duduk berdiskusi tetapi dapat menghasilkan output yang jelas dan dapat direalisasikan dalam pelaksanaan pekerjaan satu tahun kedepan,”terangnya.

“DPD PPNI Jakarta Barat memasuki usia delapan bulan kepengurusan namun sudah banyak sekali kegiatan yang sudah kita laksanakan. Adapun kegiatan utama kita telah membenahi revolusi data, perbaikan NIRA, struktur organisasi maupun administrasi itu sudah kita buat jelas, sudah terkumpul dan tertata dengan baik secara menyeluruh sudah sangat bagus. Dalam hal ini semuanya  berperan aktif dan mendukung kegiatan yang ada. Tentunya kita saling mengharapkan kebersamaan  ini akan berjalan dengan baik sehingga anggota tidak merasa disiasiakan tanpa ada kerja nyata,” ungkap Indra.

Dalam kegiatan ini dihadiri perwakilan pemerintah Jakarta Barat, Pengurus DPW, Pengurus DPD dan DPK serta undangan lainnya. Acara kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua DPW PPNI DKI Jakarta Jajang Rahmat, M.Kep, Sp.Kep.Kom.

Sebelum acara Rakerda, diadakannya seminar keperawatan untuk melakukan pengembangan diri dengan menambah ilmu dan pengetahuan bagi perawat. Dengan materi Strategi penguatan kompetensi dalam meningkatkan daya saing pelayanan keperawatan Indonesia disampaikan Dra. Junaiti Sahar, Skp, M.App.Sc.,Ph.D. Materi Peran PPNI dalam mendukung pelayanan keperawatan mandiri disampaikan Ns. Jajang Rahmat S, Mkep, Sp.Kep.Kom.  Sedangkan Ns. Agung, S.Kep, WOC( ET)N, WCS dalam materi Kiat sukses mewujudkan praktek mandiri. Seminar ini dipandu oleh Buntar Handayani, SKP, M.Kep, MM.

Dalam Rapat Kerja Daerah dipimpin langsung oleh Ketua DPD PPNI Jakarta Barat dengan penanggung Jawab Rakerda Ns. Muhammad Koko Hartopo, Skep. Setelah pengarahan dan pemaparan laporan kerja PPNI Jakarta Barat disampaikan, dilanjutkan dengan sidang Komisi.

Setelah menghasilkan pembahasan dari sidang komisi maka pimpinan sidang memutuskan hasil Rakerda yang telah disepakati bersama untuk menjadi program kerja yang perlu dilaksanakan untuk kemaslahatan pengurus, anggota dan masyarakat.

   

Kegiatan berjalan dengan baik dan tertib dengan Supriyadi, AMK sebagai Ketua Panitia Pelaksana. Acara seminar dan Rakerda ini disponsori PT Boston Scientific Indonesia, EMT, Wardah Cosmetik, PT Wocare Inti Nusantara dan Batavia Nursing Center . 


loading...


Fokus : Rakerda PPNI


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 23 jam yang lalu

4 Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Untuk dapat tidur dengan nyenyak tentunya kita harus menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Posisi..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Menahan Bersin bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang memilih untuk menahan bersin saat berada di dekat orang banyak demi kesopanan dan..
1 hari yang lalu

Jaga Metabolisme Tubuh dengan Kacang Kedelei

Wartakesehatan.com - Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia..
1 hari yang lalu

Biji Semangka Meningkatkan Kesuburan Pria

Wartakesehatan.com - Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi yang penuh nutrisi dan antioksidan. Biji..
1 hari yang lalu

Bijih Nangka Dapat Mencegah Anemia

Wartakesehatan.com - biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi...
1 hari yang lalu

Kandungan Buah Anggur yang Tak Kalah Penting

Wartakesehatan.com- Setiap jenis anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi buah anggur..
1 hari yang lalu

Coklat Dapat Mengurangi Resiko Hipertensi

Wartakesehatan.com - Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi..
1 hari yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
1 hari yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
1 hari yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 2 hari yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 2 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 5 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
5 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
5 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..

+Indeks