PPNI Jakarta Barat Gelar Rakerda I & Seminar Keperawatan

Oleh : ibrahim romending | Sabtu, 07 Oktober 2017 | 23:30 WIB


Suasana Rakerda PPNI Jakarta Barat & Seminar Keperawatan di Twin Plaza Hotel Jakarta, Sabtu, 7 Oktober 2017. (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com - Keberadaan organisasi profesi menjadi  wadah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi anggotanya  dan menjadi hal yang diprioritaskan. Melalui program kerja yang strategis dan terarah menjadi sesuatu yang diutamakan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Permasalahan yang ada dalam suatu organisasi perlu dicarikan solusinya termasuk mendapatkan ide brilian yang belum ada selama ini. Semua usaha dan kerja bersama menjadi sesuatu  yang  perlu dikembangkan secara kontinyu untuk memberikan yang terbaik kepada anggotanya.

Dengan memperhatikan jumlah perawat di kota administrasi Jakarta Barat saat ini berjumlah sekitar 6.067 anggota yang terdaftar dan tersebar di 30 komisariat. Perawat-perawat tersebut bekerja dari mulai klinik, puskesmas dan rumah sakit yang ada di wilayah kota administrasi Jakarta Barat. Selain itu ada  juga perawat yang bekerja di Institusi-institusi pendidikan maupun di Dinas Kesehatan.

Dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, perawat berperan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Peran ini dilakukan dengan melakukan promosi kesehatan. Dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative baik di fasilitas pelayanan kesehatan maupun di masyarakat perawat mempunyai peran strategis dan menjadi garda terdepan dalam meningkatkan derajat kesehatan  masyarakat dengan semboyan Perawat sejahtera, Masyarakat Sehat, Jakarta Barat Maju. Dengan semboyan tersebut, organisasi mencoba untuk selalu bersinergi baik didalam ataupun luar organisasi.

Setelah dilantiknya Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kota Administrasi Jakarta Barat masa bakti 2017-2022 pada tanggal 9 April 2017 diwajibkan menyusun program kerja. Pengurus juga melakukan penguatan organisasi pada semua struktur mulai dari Dewan Pengurus Komisariat (DPK) dan DPD dengan menjalankan amanat Musyawarah Daerah (MUSDA) yang telah dilaksanakan 22 Februari 2017 lalu.

Pada awal kepengurusan ini, maka diadakannya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PPNI Kota Administrasi Jakarta Barat. Dalam rangka konsolidasi organisasi dan merumuskan kebijakan dan program-program kerja yang relevan dengan isu-isu pembangunan kesehatan di Kota Administrasi Jakarta Barat serta melaksanakan amanat Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Organisasi PPNI. Rakerda melibatkan seluruh unsur kepengurusan DPD PPNI Kota Administrasi Jakarta Barat serta perwakilan dari pengurus DPK PPNI di seluruh Komisariat Kota Administrasi Jakarta Barat yang diharapkan  dapat  menggugah kembali motivasi perawat dengan membangun sistem jenjang karir yang baik untuk mewujudkan tercapainya Perawat Sejahtera Masyarakat Sehat Jakarta Maju.Dengan mengangkat tema Dengan semangat sumpah pemuda wujudkan perawat yang kompeten, berkarakter dan professional.

“Rakerda hari ini adalah momen yang sangat penting untuk kita semua dimana 1-4 tahun kedepan kita akan menentukan strategi strategi apa yang akan diambil dalam rapat hari ini. Dimana strategi yang akan diambil merupakan tanggung jawab kita bersama, bukan sekedar di DPD tapi termasuk rekan di DPK semua. Diharapkan teman semua dapat mengikuti kegiatan ini dan memberikan sumbangsih, pemikiran sehingga apa saja permasalahan atau harapan dari teman semua dapat terakomodir dan terealisasikan didalam program kerja,” ucap Indra Jaya Permana, Amd.Kep dalam pengarahannya pada saat Rakerda di Twin Plaza Hotel Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia, Sabtu ( 07/10/2017).

Ketua DPD PPNI Jakarta Barat ini menambahkan,”Saya sangat harapkan sekali terutama permasalahan mendasar yang ada di DPK atau pada teman anggota dikemukakan pada hari ini, dikomfirmasikan sehingga hasinya akan dibagikan pada teman semua. Mari kita sukseskan keputusan yang berhubungan kegiatan organisasi, ini sangat mendukung sekali kompetensi teman semua. Dalam kepengurusan sekarang usianya baru 8 bulan dari Rakerwil  yang dilaksanakan bulan februari lalu. Dari rakerwil itu minimal kita harus melaksanakan Rakerda setelah enam bulan Rakerwil .  Jadi ini momen yang tidak terlalu lama untuk mengambil keputusan dari Rakerwil tersebut.  Oleh karena itu saya menghimbau bukan hanya sekedar kita duduk berdiskusi tetapi dapat menghasilkan output yang jelas dan dapat direalisasikan dalam pelaksanaan pekerjaan satu tahun kedepan,”terangnya.

“DPD PPNI Jakarta Barat memasuki usia delapan bulan kepengurusan namun sudah banyak sekali kegiatan yang sudah kita laksanakan. Adapun kegiatan utama kita telah membenahi revolusi data, perbaikan NIRA, struktur organisasi maupun administrasi itu sudah kita buat jelas, sudah terkumpul dan tertata dengan baik secara menyeluruh sudah sangat bagus. Dalam hal ini semuanya  berperan aktif dan mendukung kegiatan yang ada. Tentunya kita saling mengharapkan kebersamaan  ini akan berjalan dengan baik sehingga anggota tidak merasa disiasiakan tanpa ada kerja nyata,” ungkap Indra.

Dalam kegiatan ini dihadiri perwakilan pemerintah Jakarta Barat, Pengurus DPW, Pengurus DPD dan DPK serta undangan lainnya. Acara kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua DPW PPNI DKI Jakarta Jajang Rahmat, M.Kep, Sp.Kep.Kom.

Sebelum acara Rakerda, diadakannya seminar keperawatan untuk melakukan pengembangan diri dengan menambah ilmu dan pengetahuan bagi perawat. Dengan materi Strategi penguatan kompetensi dalam meningkatkan daya saing pelayanan keperawatan Indonesia disampaikan Dra. Junaiti Sahar, Skp, M.App.Sc.,Ph.D. Materi Peran PPNI dalam mendukung pelayanan keperawatan mandiri disampaikan Ns. Jajang Rahmat S, Mkep, Sp.Kep.Kom.  Sedangkan Ns. Agung, S.Kep, WOC( ET)N, WCS dalam materi Kiat sukses mewujudkan praktek mandiri. Seminar ini dipandu oleh Buntar Handayani, SKP, M.Kep, MM.

Dalam Rapat Kerja Daerah dipimpin langsung oleh Ketua DPD PPNI Jakarta Barat dengan penanggung Jawab Rakerda Ns. Muhammad Koko Hartopo, Skep. Setelah pengarahan dan pemaparan laporan kerja PPNI Jakarta Barat disampaikan, dilanjutkan dengan sidang Komisi.

Setelah menghasilkan pembahasan dari sidang komisi maka pimpinan sidang memutuskan hasil Rakerda yang telah disepakati bersama untuk menjadi program kerja yang perlu dilaksanakan untuk kemaslahatan pengurus, anggota dan masyarakat.

   

Kegiatan berjalan dengan baik dan tertib dengan Supriyadi, AMK sebagai Ketua Panitia Pelaksana. Acara seminar dan Rakerda ini disponsori PT Boston Scientific Indonesia, EMT, Wardah Cosmetik, PT Wocare Inti Nusantara dan Batavia Nursing Center . 


loading...


Fokus : Rakerda PPNI


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 jam yang lalu

'Gemilang Anak Indonesia' Persembahan Indomilk untuk Anak Indonesia Kuat Mental

Wartakesehatan.com - Sebanyak 500 ribu anak Indonesia yang berada di beberapa wilayah tanah air, akan segera mendapatkan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tidur Telanjang Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan - Kebiasaan tidur telanjang hanya di lakukan sebagian kecil masyarakat saja, berdasarkan data National..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Kurang Tidur picu Diabetes dan Depresi

Wartakesehatan.com - Kondisi berbeda terjadi saat Anda kurang tidur. Tentu akan membahayakan bagi kesehatan tubuh. Apa..
Advetorial - 7 jam yang lalu

CSR Univ. Budi Luhur di Banten Sasar Kesehatan & Sembako

Wartakesehatan.com – Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Universitas Budi Luhur (UBL) kembali mensasar..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali, Gejala Umum Idap Diabetes Tipe 2

Wartakesehatan.com - Menurut Federasi Diabetes Internasional, pada 2016 pengidap diabetes di Indonesia diprediksi mencapai..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Jus Strawberry

Wartakesehatan.com - Percaya atau tidak, diolah apa pun strawberry terasa nikmat. Rasanya yang khas membuat buah ini..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kentang Ampuh Atasi Hipertensi

Wartakesehatan.com - Makanan dengan kandungan potasium tinggi seperti kentang, alpukat, bayam, dan pisang dinilai ampuh..
Mamin - 11 jam yang lalu

Manfaat Jika Rajin Konsumsi Sayuran

Wartakesehatan.com - Sayuran merupakan makanan yang bisa menjamin kamu agar selalu memiliki kulit cantik, lembab alami dan..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Orang yang jarang Sakit sering Melakukan 5 Aktivitas ini!

Wartakesehatan.com - Menjadi orang yang sehat memang keinginan setiap orang, namun tidak setiap orang mudah..
Seks - 13 jam yang lalu

Efek Negatif jika Sering Bercinta

Wartakesehatan.com - Saat bercinta masing-masing pasangan mungkin mengharapkan klimaks yang maksimal, namun para ilmuwan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Minum Air Mentimun bisa jaga Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menambahkan mentimun dalam menu diet, akan memberi banyak keuntungan bagi tubuh. Dan ternyata,..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

4 Penyakit Menular saat Musim Hujan

Wartakesehatan.com - Pada musim saat ini yaitu musim hujan , tubuh menjadi rentan berisiko terserang berbagai macam..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Wah, Ngerumpi bisa Cegah Depresi dan Stroke

Wartakesehatan.com - Ngerumpi adalah aktifitas yang sering dilakukan oleh manusia, terutama kaum wanita. Ngerumpi..
Mamin - 17 jam yang lalu

7 Makanan Sehat Menjaga Mata

Wartakesehatan.com -  Beberapa faktor yang menyebabkan gangguan kesehatan mata ialah terlalu lama menatap layar..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Inilah Dampak Sehat dari Berpikir Positif

Wartakesehatan.com - Berfikir positif bukan lagi hal yang baru dalam dunia medis. Orang yang membiasakan untuk berfikir..
Obat & Penyakit - 19 jam yang lalu

Sering Olahraga Pengaruhi Kesuburan Lelaki

Wartakesehatan.com - Menurut dr. Nugroho Setiawan, MS, SpAnd dari RS Fatmawati, olahraga berlebihan bisa mempengaruhi..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

‘Public Warning 2017’ BPOM Ingatkan Bahan Kimia Berbahaya

Wartakesehatan.com – Hasil operasi pengawasan peredaran produk Obat Tradisional (OT) dan Kosmetik di tahun 2017 masih..
Mamin - 20 jam yang lalu

5 Makanan ini Tak Baik untuk Sarapan

Wartakesehatan.com - Sarapan dapat memacu semangat kamu untuk melakukan berbagai pekerjaan. Namun, tidak semua makanan..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Waspada, Cepat Ngantuk adalah Gejala Kolesterol

Wartakesehatan.com - Banyak penyebab mengapa kini anak muda malah banyak yang mengeluh dengan kadar kolesterol tinggi...
Mamin - 1 hari yang lalu

Jantung Tetap Kuat dengan 5 Cemilan ini!

Wartakesehatan.com - Pola diet sehat dan olahraga selama ini disebut-sebut mampu menekan risiko penyakit kardiovaskular,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Awas, Insomnia Picu Penyakit Jantung

Wartakesehatan.com - Insomnia adalah gangguan tidur, seperti kurang tidur cukup atau jatah tidur yang tak sesuai. Para..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

7 Kebiasaan yang Merusak Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang sadar kalau sehat itu mahal, tapi sayangnya kesadaran tersebut tidak diikuti dengan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Efek Konsumsi Buah Durian

Wartakesehatan.com - Durian memang salah buah yang digemari banyak orang. Manfaat yang terdapat dalam durian juga sangat..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, Es Krim picu Kanker

Wartakesehatan.com - Ketika kamu marah dan suasana hati sedang gila, es krim bisa jadi obat mujarab menenangkan hati dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Wow, Secangkir Kopi Bisa Cegah Peradangan Tubuh

Wartakesehatan - Banyak sekali masyarakat Indonesia yang mengonsumsi kopi. Namun apakah hal ini baik bagi kesehatan?..
Mamin - 1 hari yang lalu

Kurangi Makan Junk Food dengan Cara ini

Wartakesehatan.com - Bagi Anda yang terbiasa makan sehat, jujur saja pasti Anda sulit melawan godaan kelezatan kue..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Wah, 4 Hal ini bisa Hilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Minyak Goreng miliki Banyak Lemak Jahat

Wartakesehatan.com - Kita pasti tahu bahwa banyak sekali jenis-jenis minyak goreng di luar sana, ada minyak goreng dari kelapa,..
Mamin - 1 hari yang lalu

Depresi, Hindari Sejumlah Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Studi yang dilakukan di Tiongkok pada periode 1980 hingga 2015 menemukan bahwa salah satu penyebab..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..

+Indeks