Teratur Tidur Malam bikin Anak jadi Pintar

Oleh : Dirk/kompas | Jumat, 05 Januari 2018 | 23:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Selain memberi asupan gizi dan nutrisi bagi pertumbuhan anak, orang tua juga wajib membiasakan anak tidur malam secara teratur. Anak yang tidur malamnya teratur miliki kesehatan yang lebih baik, bahkan studi baru di Australia yang diterbitkan dalam British Journal of Educational Psychology mengatakan, bahwa jam tidur teratur setiap malam dapat membantu anak-anak untuk mendapatkan prestasi akademik yang lebih baik di sekolah.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Kate Williams dari QUT's Faculty of Education, menganalisa kebiasaan tidur 2.880 anak dari sejak mereka lahir sampai usia enam atau tujuh tahun.

Penelitian tersebut merupakan bagian dari Growing Up di Australia: The Longitudinal Study of Children Australia (LSAC), sebuah studi skala besar yang meneliti perkembangan 10.000 anak-anak dan keluarga dari seluruh wilayah di Australia.

Studi yang dilakukan Dr Willilams ini merupakan yang pertama kalinya memeriksa dampak jangka panjang dari pola tidur teratur anak-anak terhadap perilaku di awal sekolah dan menggunakan jumlah responden skala besar.

Selama studi, para ibu diminta untuk melaporkan pola tidur anak-anak mereka sejak kelahiran hingga usia lima tahun, termasuk kemampuan anak-anak untuk mengatur diri, kemampuan memusatkan perhatian, kestabilan emosi, serta kemampuan untuk kembali tidur saat terbangun di tengah malam tanpa bantuan dari orang tua.

Lalu, para guru juga diminta untuk melaporkan perilaku sosial dan emosional anak-anak saat mulai bersekolah pada usia enam hingga tujuh tahun.

Dari laporan tersebut, Dr Williams menemukan bahwa meskipun 70 persen anak-anak telah mampu mengatur tidur mereka sendiri pada usia lima tahun, 30 persen anak-anak masih mengalami masalah tidur dari lahir sampai usia lima tahun, seperti tidur tidak tepat waktu, tidur mendekati tengah malam, serta tidak mampu untuk tidur kembali saat terbangun tengah malam.

Anak-anak yang mengalami gangguan tidur tersebut menunjukkan hasil akademik yang kurang memuaskan di sekolah, para guru juga melaporkan bahwa anak-anak tersebut cenderung hiperaktif, memiliki ledakan emosional, serta sulit diatur.

"Ini merupakan temuan luar biasa penting untuk mengajarkan anak-anak tidur teratur saat usia mereka sudah mendekati 5 tahun," kata Dr Williams.

"Jika masalah tidur ini tidak diselesaikan hingga anak-anak berusia lima tahun, mereka berisiko memiliki kemampuan akademik yang kurang.”

Dr Williams melanjutkan, masalah tidur dapat diselesaikan jauh sebelum anak-anak mencapai usia sekolah. Untuk itu, orangtua, pengasuh, maupun anggota keluarga perlu mendukung anak untuk memiliki tidur yang teratur.

Selain menerima penangan dari dokter, ada hal-hal yang bisa dilakukan orang tua di rumah untuk memperbaiki rutinitas tidur anak dan membuat mereka lebih mandiri pada waktu tidur.

"Orangtua dapat mengajarkan beberapa kebiasaan, seperti berbaring dengan anak-anak saat mendekati jam tidur, meminta mereka pergi ke tempat tidur bila sudah memasuki waktu tidur, atau menghentikan semua aktivitas yang dapat membuat anak tidak tertarik untuk tidur," kata Dr Williams.


loading...


Fokus : Tidur Malam


#Anak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






36 menit yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
1 jam yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
2 jam yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 22 jam yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 23 jam yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 1 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 3 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 3 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
3 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
3 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
4 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
4 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
4 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
4 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
4 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
4 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..

+Indeks