Belajar ‘Jalur Tikus’ Bisnis Produk Kesehatan di Univ. Budi Luhur

Oleh : Irawan Mohamad | Selasa, 24 Oktober 2017 | 21:24 WIB


Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka (AIO), Yoshihiro Bando, saat memberikan Kuliah Umum UnKonevensional way di hadapan para mahasiswa Univ. Budi Luhur, yang juga turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro dan Rektor UBL Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Didik Sulistyanto, Senin (22/10/17). (wartakesehatan.com)

Wartakesehatan.com – Produk kesehatan dalam konsumsi kebutuhan sehari-hari popularitasnya beberapa tahun belakangan belumlah sepopuler saat ini. Ragam produk minuman kesehatan yang mengandung ion pengganti cairan tubuh, menjadi pilihan bagi masyarakat perkotaan saat ini. Sebut saja Pocari sweat, produk minuman berasal dari negeri Sakura yang dapat menarik hati masyarakat tanah air, berkat kemampuan manajerial pemasaran penggagasnya.

Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka (AIO), Yoshihiro Bando, dalam paparannya mengatakan perlu mengidentifikasi dan melakukan hal untuk memenangkan bisnis. Salah satu cara yang dilakukan oleh AIO adalah dengan gagasan cara tidak konvensional atau di luar cara yang umum dilakukan.

“Perlu melakukan sesuatu di luar akal sehat saat menemukan cara melakukan sesuatu. Saat Pocari mulai berjualan di Indonesia, minuman manis lebih disukai. Sehingga produk seperti Pocari tidak bisa diterima. Di Jepang kebanyakan Pocari masuk dalam acara olah raga, tapi di Indonesia populasi olahraga tidak seperti di Jepang, sehingga kita menempatkan peran Pocari sebagai First Aid Drink yang berarti. Penting untuk tidak dibatasi oleh akal sehat dan mencoba untuk menantang hal-hal baru,” terangnya di Theater Universitas Budi Luhur (UBL), Senin (23/10/17).

Presdir yang senang dipanggil Bando, ini menambahkan untuk produk-produk yang belum popular di pasaran dia mengatakan memang terlihat pasarnya kecil, namun pasarnya masih cukup menjanjikan. Untuk itu, perusahaannya lebih menghindari kompetisi untuk produk-produk yang sudah ada di pasaran.

UBL-Pokari

“Kita bisa dikatakan tidak ingin berkompetisi dengan kompetitor. Biar tidak kompetisi, kita harus menciptakan pasar baru yang berbeda. Kita selalu berfikir sesuatu yang unkonvensional, cara yang biasa itu tidak menonjol jika ada pasar. Contohnya produk teh, dimana teh cukup banyak di pasar. Kebijaksanaan kita harus menciptakan pasar yang baru, untuk itu dibutuhkan inovasi. Inovasi mudah dikatakan namun sulit eksepsinya (keputusan-red) untuk direalisasikan,” paparnya.

Rencanakan Pola Mata Kuliah Berbeda

Menyambut kegiatan Mata Kuliah Umum bersama Yoshihiro Bando, Rektor UBL Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Didik Sulistyanto, menerangkan unkonvensional way (Jalan tikus) dari perusahaan yang memiliki produk pocari sweat yang sukses ada di asia, afrika dan negara lainnya, yang dipaparkan oleh Bando, merupakan hal-hal yang tidak konvensional yang dilakukan dengan system manjemen dan menajerial yang tertata dengan sangat rapi.

Di Indonesia pabrik ini ada di dua lokasi yaitu di daerah Pasuruan dan di Sukabumi yang menyerap tenaga kerja yang luar biasa. Bagi Ubl hal ini penting karena ke depan kita akan membuat suatu pola perkuliahan baru, SKS nya 3 SKS atau 4 SKS yang melibatkan para praktisi, para pebisnis, para manajer, para direktur utama atau para pejabat-pejabat dari Jepang, untuk membuat mahasiswa UBL menjadi lebih jelas dan lebih mengerti secara real. Bagaimana sih sebenarnya dari background Jepang, kok bisa mereka sukses dan (menjadi) negara maju dan mahasiswa bisa menyerap dari pengalaman-pengalaman secara langsung,” terangnya.

ubl

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana sekaligus Dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Dra. Ririt Roeswidiah, M. Kom, menyampaikan kegiatan ini ingin mengambil pelajaran dari perusahaan Jepang, yang sukses dalam bisnis produk kesehatannya. Perusahaan ini memang menjual produk kesehatan sebagai bisnisnya. Dengan mengambil pelajaran dari produk yang tidak popular ini, menurutnya memerlukan suatu hal yang berbeda.

“Ini dari sesuatu yang kelihatannya dari sisi bisnis (tidak menjanjikan-red) tetapi bisa kuat menjadi minuman populer. Kenapa UBL mengundang ? Kami melibatkan mahasiswa dari jurusan bisnis, ekonomi dalam kegiatan ini, agar dapat mengambil pelajaran dari sisi bagaimana mengangkat sesuatu secara kreatif. Selain itu, dengan kita mengundang mereka, untuk lulusan UBL tidak menutup kemungkinan akan dapat menempati posisi sebagai tenaga kerja nantinya,” pungkasnya.


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






17 menit yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
1 jam yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
2 jam yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 22 jam yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 23 jam yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 1 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 3 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 3 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
3 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
3 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
4 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
4 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
4 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
4 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
4 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
4 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..

+Indeks