Belajar ‘Jalur Tikus’ Bisnis Produk Kesehatan di Univ. Budi Luhur

Oleh : Irawan Mohamad | Selasa, 24 Oktober 2017 | 21:24 WIB


Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka (AIO), Yoshihiro Bando, saat memberikan Kuliah Umum UnKonevensional way di hadapan para mahasiswa Univ. Budi Luhur, yang juga turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro dan Rektor UBL Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Didik Sulistyanto, Senin (22/10/17). (wartakesehatan.com)

Wartakesehatan.com – Produk kesehatan dalam konsumsi kebutuhan sehari-hari popularitasnya beberapa tahun belakangan belumlah sepopuler saat ini. Ragam produk minuman kesehatan yang mengandung ion pengganti cairan tubuh, menjadi pilihan bagi masyarakat perkotaan saat ini. Sebut saja Pocari sweat, produk minuman berasal dari negeri Sakura yang dapat menarik hati masyarakat tanah air, berkat kemampuan manajerial pemasaran penggagasnya.

Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka (AIO), Yoshihiro Bando, dalam paparannya mengatakan perlu mengidentifikasi dan melakukan hal untuk memenangkan bisnis. Salah satu cara yang dilakukan oleh AIO adalah dengan gagasan cara tidak konvensional atau di luar cara yang umum dilakukan.

“Perlu melakukan sesuatu di luar akal sehat saat menemukan cara melakukan sesuatu. Saat Pocari mulai berjualan di Indonesia, minuman manis lebih disukai. Sehingga produk seperti Pocari tidak bisa diterima. Di Jepang kebanyakan Pocari masuk dalam acara olah raga, tapi di Indonesia populasi olahraga tidak seperti di Jepang, sehingga kita menempatkan peran Pocari sebagai First Aid Drink yang berarti. Penting untuk tidak dibatasi oleh akal sehat dan mencoba untuk menantang hal-hal baru,” terangnya di Theater Universitas Budi Luhur (UBL), Senin (23/10/17).

Presdir yang senang dipanggil Bando, ini menambahkan untuk produk-produk yang belum popular di pasaran dia mengatakan memang terlihat pasarnya kecil, namun pasarnya masih cukup menjanjikan. Untuk itu, perusahaannya lebih menghindari kompetisi untuk produk-produk yang sudah ada di pasaran.

UBL-Pokari

“Kita bisa dikatakan tidak ingin berkompetisi dengan kompetitor. Biar tidak kompetisi, kita harus menciptakan pasar baru yang berbeda. Kita selalu berfikir sesuatu yang unkonvensional, cara yang biasa itu tidak menonjol jika ada pasar. Contohnya produk teh, dimana teh cukup banyak di pasar. Kebijaksanaan kita harus menciptakan pasar yang baru, untuk itu dibutuhkan inovasi. Inovasi mudah dikatakan namun sulit eksepsinya (keputusan-red) untuk direalisasikan,” paparnya.

Rencanakan Pola Mata Kuliah Berbeda

Menyambut kegiatan Mata Kuliah Umum bersama Yoshihiro Bando, Rektor UBL Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Didik Sulistyanto, menerangkan unkonvensional way (Jalan tikus) dari perusahaan yang memiliki produk pocari sweat yang sukses ada di asia, afrika dan negara lainnya, yang dipaparkan oleh Bando, merupakan hal-hal yang tidak konvensional yang dilakukan dengan system manjemen dan menajerial yang tertata dengan sangat rapi.

Di Indonesia pabrik ini ada di dua lokasi yaitu di daerah Pasuruan dan di Sukabumi yang menyerap tenaga kerja yang luar biasa. Bagi Ubl hal ini penting karena ke depan kita akan membuat suatu pola perkuliahan baru, SKS nya 3 SKS atau 4 SKS yang melibatkan para praktisi, para pebisnis, para manajer, para direktur utama atau para pejabat-pejabat dari Jepang, untuk membuat mahasiswa UBL menjadi lebih jelas dan lebih mengerti secara real. Bagaimana sih sebenarnya dari background Jepang, kok bisa mereka sukses dan (menjadi) negara maju dan mahasiswa bisa menyerap dari pengalaman-pengalaman secara langsung,” terangnya.

ubl

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana sekaligus Dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Dra. Ririt Roeswidiah, M. Kom, menyampaikan kegiatan ini ingin mengambil pelajaran dari perusahaan Jepang, yang sukses dalam bisnis produk kesehatannya. Perusahaan ini memang menjual produk kesehatan sebagai bisnisnya. Dengan mengambil pelajaran dari produk yang tidak popular ini, menurutnya memerlukan suatu hal yang berbeda.

“Ini dari sesuatu yang kelihatannya dari sisi bisnis (tidak menjanjikan-red) tetapi bisa kuat menjadi minuman populer. Kenapa UBL mengundang ? Kami melibatkan mahasiswa dari jurusan bisnis, ekonomi dalam kegiatan ini, agar dapat mengambil pelajaran dari sisi bagaimana mengangkat sesuatu secara kreatif. Selain itu, dengan kita mengundang mereka, untuk lulusan UBL tidak menutup kemungkinan akan dapat menempati posisi sebagai tenaga kerja nantinya,” pungkasnya.


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui 7 Manfaat Sehat Alpukat

Wartakesehatan.com - Orang justru cenderung menghindari makan alpukat karena dianggap mengandung lemak. Namun, para..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Manfaat Kecing sambil Duduk ini 3 Manfaatnya!

Wartakesehatan - Hampir semua pria lebih memilih posisi berdiri saat buang air kecil atau kencing, hal ini karena telah menjadi..
Mamin - 4 jam yang lalu

Serat Sangat Bermanfaat bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Serat adalah nutrisi yang sangat baik buat tubuh karena ia memiliki banyak manfaat sehat. Serat..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Kurang Tidur picu Gaya Hidup Tak Sehat

Wartaksehatan.com - Bukan hanya menyebabkan daya tahan tubuh menurun, tapi kurang tidur juga dapat memicu seseorang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Bahan Alami Ampuh Usir Komedo

Wartakesehatan.com - Sudah banyak produk kecantikan yang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah komedo seperti ini,..
Herbal - 15 jam yang lalu

Daun Sirsak Obat Herbal Penyakit Jantung

Wartakesehatan.com - Jantung sendiri merupakan organ dalam yang memiliki peranan sangat penting terutama untuk memompa dan..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Atasi Sulit Tidur dengan 5 Tips ini!

Wartakesehatan.com - Tidak jarang kita tidak merasa mengantuk sama sekali dan merasa baik-baik saja. Padahal, kondisi fisik..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Lawan Radikal Bebas dengan Bawang Putih

Wartakesehatan.com - Rasanya yang kuat disinyalir ampuh menambah cita rasa. Oleh karena itu tak heran hampir semua jenis..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Manfaat Sehat Talas bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Konon, tanaman talas berasal dari India dan Asia Tenggara, tapi kini sudah banyak ditemukan di daerah..
Obat & Penyakit - 19 jam yang lalu

Beberapa Asupan Penyebab Sakit Kepala

Wartakesehatan - Stres, kelelahan, dehidrasi dan paparan suara kencang memang telah dipastikan bisa jadi penyebab sakit..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

7 Bahaya jika Berlebihan Minum Kopi

Wartakesehatan - Kopi adalah salah satu minuman terpopuler di muka bumi karena selain memiliki varian rasa yang bermacam-macam,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Makanan ini Picu Masalah pada Jantung

Wartakesehatan - Sangatlah penting bagi setiap orang untuk menjaga kondisi jantung agar tetap sehat. Rutin berolahraga dan..
Ibu & Anak - 22 jam yang lalu

Waspadai, Tanda-tanda Anak alami Autisme

Wartakesehatan.com - Bagi Anda yang baru menjadi orangtua atau ibu yang sedang mengandung, autisme menjadi gangguan tumbuh..
Mamin - 23 jam yang lalu

Manfaat Cabai Hijau untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Cabai adalah salah satu bahan yang membuat makanan menjadi terasa lezat dan menantang. Mengutip dari..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, Kebiasaan Ini Pengaruhi Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com - Tulang yang kuat dan sehat sangat diperlukan tubuh terutama di usia yang semakin beranjak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspadai, 5 Gejala Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Kita sering kali mengabaikan berbagai keluhan kesehatan yang kita rasakan. Kita juga tidak terlalu..
Mamin - 1 hari yang lalu

Wow, 3 Cangkir Kopi Sehari Bikin Sehat

Wartakesehatan.com -  Bukan sekadar menambah semangat namun kopi juga dapat membuat peminumnya panjang umur. Begitu..
Mamin - 1 hari yang lalu

5 Makanan Kaya Nutrisi yang baik bagi Mata

Wartakesehatan.com - Makan wortel kemungkinan tidak akan meningkatkan penglihatan Anda sama sekali. Wortel hanya dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pria Jaga Kesehatan Tubuh dengan Cara ini!

Wartakesehatan.com - Untuk pencegahan dan agar tidak repot untuk cek kesehatan secara teratur, oleh karena itu pria selalu..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Cara Kembalikan Energi Tubuh

Wartakesehatan.com - Rasa lelah memang tidak bisa dihindari setelah kita melakukan aktifitas seharian. Maka perlu..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jenis Ikan yang Ternyata Berakibat Buruk bagi Kesehatan

Wartakesehatn.com - Beberapa ikan ini justru lebih banyak kandungan tak sehatnya. Karena kelezatannya, beberapa jenis ikan..
Mamin - 1 hari yang lalu

4 Makanan Tinggi Kalsium selain Susu

Wartakesehatan.com - Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik dengan komponennya yang lengkap. Mengonsumsi susu..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Wow, Penyakit bisa Dideteksi dari Wajah

Wartakesehatan.com - Semua orang harus menyadari bahwa ada sesuatu yang salah ketika kulit Anda, yang merupakan organ terbesar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bawang Putih bisa Cegah Penuaan Dini

Wartakesehatan - Setiap orang tentunya ingin terlihat tetap awet muda. Olahraga, diet sehat dan melakukan perawatan tubuh..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jeruk bisa Cegah Penyakit Ginjal

Wartakesehatan.com - Jeruk merupakan salah satu buah yang meiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Tips Agar tidak Cepat Beruban

Wartakesehatan.com - Pemilihan bahan sampo erat kaitannya dengan kesehatan kulit kepala. Termasuk dengan dengan perubahan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Tips Cegah Bau Mulut

Wartakesehatan.com - Saat kita lupa menggosok gigi, kita memberikan kesempatan kepada bakteri untuk memberikan napas bau,..
Mamin - 1 hari yang lalu

Waspada, 8 Makanan ini picu Migrain

Wartakesehatan - Faktor yang menjadi penyebab terjadinya migrain pada masing-masing individu tentunya memiliki perbedaan...
Mamin - 1 hari yang lalu

Daun Pepaya Anti Kanker dan Malaria

Wartakesehatan.com - Makan daun pepaya adalah hal yang biasa bagi pencintanya. Daun pepaya yang berasa pahit mampu..
Mamin - 2 hari yang lalu

Waspada, 6 Makanan pemicu Batu Ginjal

Wartakesehatan - Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan..

+Indeks