Pengting, Ketahui dan Pahami Penyakit Stroke

Oleh : Dirk Christ | Minggu, 28 Januari 2018 | 18:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Stroke sendiri adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke merupakan masalah pada kesehatan yang serius dan membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Ketika pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terputus, maka sel-sel otak akan mulai mata. Oleh karena itu semakin cepat penderita ditangani, kerusakan yang terjadi pun semakin kecil bahkan bisa dihindari. Maka dari itu kita sangat diwajibkan untuk mengetahui dan memahami tentang penyakit stroke ini.
 
Mendeteksi stroke sejak dini merupakan salah satu rasa peduli kita terhadap kesehatan tubuh kita sendiri, karena stroke saat ini bisa menyerang siapa saja walaupun memang stroke lebih dikenal dapat menyerang mereka yang berusia lanjut. Ternyata stroke juga dapat menyerang kita yang masih berusia muda hal ini dikarenakan kita kurang menjaga kesehatan dan gaya hidup yang kurang sehat oleh karena itu penyakit sangat mudah menyerang tubuh seperti penyakit stroke.
 
Stroke ini bersifat kronis dan dapat dengan cepat melumpuhkan, maka jika seseorang terkena stroke harus segera ditangani. Apabila kita mengalami penyakit stroke diusia yang masih muda, maka hal tersebut bisa menandakan bahwa kita memiliki gaya hidup yang kurang sehat, memang bukan hal yang aneh lagi di jaman seperti sekarang ini banyak sekali aktivitas-aktivitas serta makanan yang dapat merusak kesehatan kita, untuk kita harus berhati-hati dan menjaga kesehatan dengan baik.
 
Penyakit stroke memiliki dua tingkatan yaitu stroke ringan dan stroke berat, jika stroke berat pastinya semua orang juga tahu bahwa stroke dalam tingkatan yang berat akan membuat menderita mengalami kelumpuhan pada bagian tubuhnya. Stroke ini merupakan salah satu gangguan penyakit yang paling sering terjadi pada orang yang lanjut usia, namun tidak tertutup kemungkinan dapat terjadi pada orang yang berusia muda.
 
Stroke ini juga bisa terjadi akibat komplikasi penyakit seperti penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, ginjal, jantung dan asam urat. Namun, hal yang menakutkan dari penyakit ini adalah gejala yang tidak mudah dikenali, seseorang bisa saja terjatuh ketika terkena serangan stroke pertama dan sama sekali tidak pernah mengalami gejala.
 
Ada beberapa ciri penyakit stroke ringan yang harus anda waspadai, karena berawal dari stroke ringan bisa berdampak pada stroke yang berat. Berikut beberapa ciri stroke ringan di usia muda, yaitu :
- Bagian wajah menurun.
- Perubahan emosi.
- Sulit memahami pembicaraan orang lain.
- Pusing mendadak.
- kebingungan.
- Kaki lemah.
- Kehilangan koordinasi.
- Kehilangan kemampuan komunikasi.
- Mati rasa.
- Lengan atau kaki terasa lemah.
- Gangguan penglihatan.
- Nyeri leher.
- Ditemukan bercak darah di mata.
- Nyeri dada kiri dan kanan.
- Jantung berdebar-debar.
 
Dengan mengenali beberapa ciri stroke ringan di usia muda seperti diatas dapat meringankan risiko stroke yang lebih berat. Apabila kita mengalami atau merasakan salah satu ciri di atas maka sebaiknya kita memeriksakan diri ke dokter dan berkonsultasi langsung apakah terjadi sesuatu pada kesehatan kita, karena dengan itu kita dapat mengetahui masalah kesehatan pada tubuh.
 
Namun, hal yang seperti ini sering diabaikan oleh anak muda jaman sekarang mereka terlalu asik dengan gaya hidup yang mereka jalani walaupun gaya hidup yang mereka lakukan tidak baik dan tidak sehat, tapi jika penyakit sudah menyerang mereka baru sadar bahwa pentingnya menjaga kesehatan sejak dini. Penyakit stroke ini bukanlah penyakit yang sepele karena apabila stroke sudah menyerang tubuh maka membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh dan kembali normal lagi. Penanganan untuk penderita stroke biasanya dilakukan dengan melakukan terapi seperti terapi fisik yang dilakukan untuk memancing sistem kerja otot agar pulih kembali. Selain dengan terapi kita juga membutuhkan nutrisi yang cukup dalam tubuh hal ini agar nutrisi dalam tubuh kita seimbang, untuk itu rutinlah makan makanan seperti buah dan sayuran segar.
 
Usia muda merupakan usia yang harus kita nikmati, karena jika di usia muda kita sudah mengalami stroke maka akibatnya akan membuat hidup kita menjadi tidak menyenangkan karena stroke yang sudah memasuki tahap yang parah akan membuat tubuh kita mengalami kelumpuhan dan bahkan jika tidak tangani dengan baik akan menyebabkan kematian. Maka hindari gaya hidup yang tidak sehat dan atur pola makan dengan baik agar resiko terkena stroke bisa kita hindari. Menggunakan cara alami untuk mengatasi stroke memang sangat efektif karena pada dasarnya bahan yang alami minim efek samping, maka ada baiknya kita menggunakan obat stroke yang alami untuk menghindari komplikasi yang berbahaya pada tubuh dibandingkan menggunakan obat-obatan berbahan kimia yang sangat rentan menimbulkan efek samping. Orang-orang yang merokok, kurang olahraga, dan memiliki pola makan yang buruk rentan terhadap stoke. Di usia yang masih muda cobalah untuk menerapkan gaya hidup yang sehat karena dengan itu kita bisa mengurangi risiko stroke, jangan biarkan masa muda anda digerogoti dengan penyakit stroke. Stroke dapat dicegah melalui penerapan pola hidup sehat sejak dini.

loading...


Fokus : Stroke


#Penyakit #Stroke
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 23 jam yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
1 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
1 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
1 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
1 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
1 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
1 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
1 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
2 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
2 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 2 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
3 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..
3 hari yang lalu

Ini Dia Menu Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com -Sarapan bergizi modal untuk menjalankan segudang aktivitas. Berbagai manfaat yang bisa dirasakan, mulai..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Sembelit Sering Menyerang ini Penyebabnya!

Wartakesehatan.com - Sembelit atau susah buang air besar (BAB) tentu dapat membuat perut terasa sangat tidak nyaman. Tak..
Mamin - 3 hari yang lalu

Terung bisa bantu Turunkan Kolesterol

Wartakesehatan.com - Selain vitamin kompleks, terung adalah sayur yang tinggi akan zat antioksidan seperti cafeeic, asam..
Ibu & Anak - 3 hari yang lalu

Wanita Alami Keguguran ini Ciri-cirinya!

Wartakesehatan.com - Usia satu hingga empat bulan pertama, wanita hamil rawan terjadi keguguran. Setidaknya dalam kurun..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Makan Sekali Sehari miliki Dampak Buruk

Wartakesehatan.com - Ungkapan makan sehari sekali akan membuat berat badan menurun dan tubuh menjadi sehat merupakan sebuah..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Ternyata Stres Jangka Pendek miliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Seseorang yang mengalami stres dalam jangka pendek justru merasakan manfaat yang baik. Seperti..

+Indeks