PLC Edukasikan Cara efektif Penanganan Penderita Stoma

Oleh : ibrahim romending | Senin, 06 Nopember 2017 | 19:30 WIB


Pelatihan Perawatan Stoma di Gedung PLC, Cipayung, Jakarta, 6-9 November 2017 (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com - Berbagai cara ditempuh untuk meningkatkan kemampuan bagi tenaga profesional dalam memberikan pelayanan dibidang kesehatan. Melalui pendidikan ataupun pelatihan dapat diperoleh kemampuan yang diinginkan. Dengan cara belajar dan mendapatkan pengarahan dari sumber yang dipercaya dan berkualitas diharapkan ilmu maupun pengalaman terbaru dapat menambah kemampuan yang telah dimiliki sebelumnya. Kemampuan yang baru diserap dapat diaplikasikan kepada masyarakat tertentu yang memerlukan pertolongan khusus.

Untuk memberikan prioritas kemampuan yang dimiliki bagi tenaga kesehatan terutama bagi seorang perawat, maka PLC Professional Learning Center berinisiatif menyelenggarakan Pelatihan Perawatan Stoma (Ostomy Care) Berbasis Kompetensi, Basic COCN (Basic Certified Ostomy Care Nurse). Melalui pelatihan ini diharapkan perawat dapat memberikan pelayanan optimal terhadap pasien stoma. Sehingga penderitanya dapat hidup layak dan mendapatkan pengalaman pribadi untuk mengatasi masalah yang ada.

“Kegiatan saat ini adalah Pelatihan Perawatan Stoma Dasar atau Basic COCN. Bekerjasama dengan InWOCNA yaitu organisasi yang menaungi perawat yang memiliki peminatan dibidang luka,stoma dan kontinensia. Sertifikat yang peserta dapatkan adalah sertifikat kompetensi yang dikeluarkan DPP PPNI dengan 4 SKP. Peserta ada yang berasal dari Aceh, Kuningan Jawa Barat, Bekasi dan Jakarta sebanyak 23 orang,” ucap Irma P Arisanty, SKp, RN, WOC(ET)N kepada wartakesehatan di Gedung Pelatihan PLC, Setu - Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia, Senin (06/11/2017).

Pengurus DPP InWOCNA (Indonesian Wound Ostomy Continence Nurse Association) ini menambahkan,”Pelatihan ini penting sekali untuk diikuti karena banyak sekali pasien stoma yang saat ini masih kebingungan dan bagaimana cara merawatnya atau bagaimana mereka harus hidup termasuk penderita stoma permanen. Stoma itu adalah lubang yang dibuat untuk mengeluarkan kotoran faeces atau urine dari perutnya. Stoma permanen pada kasus-kasus tertentu seperti yang diakibatkan kanker ataupun kecelakaan, mereka seumur hidup harus BAB lewat perut. Tentunya kita sebagai perawat mempunyai peran penting bagaimana membuat mereka hidup normal walaupun dengan stoma diperutnya,”ungkapnya.

”Harapan dari penyelenggaraan pelatihan ini adalah semakin banyak pasien stoma yang dapat tertolong. Saat ini kita mempunyai grup Stomasupportomi Indonesia. Dari grup ini,  saya temukan pasien yang banyak belum mengerti bagaimana cara merawat stomanya. Tentunya setelah peserta mengikuti pelatihan ini, dapat bersama sama bergabung dalam komunitas tersebut. Sehingga dapat membantu para ostomit untuk mereka bisa meningkatkan kualitas hidupnya. Ostomit adalah para penyandang stoma. Untuk diluar negeri para ostomit kualitas hidupnya sudah baik, karena edukasinya sudah baik. Sedangkan di Indonesia, ketika seseorang didiagnosa stoma kebanyakan dari mereka yang tidak dalam komunitas yang benar, akan pasrah dengan keadaannya, padahal mereka dapat hidup lebih baik. Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan, nantinya makin banyak tenaga kesehatan yang mengerti dan memahaminya sehingga lebih banyak masyarakat yang terbantu terutama penderita stoma,” harap Irma yang juga Pengurus WCET (World Council of Enterostomal Therapy Nurse).

Dalam kesempatan dihari pertama, Ns Muzamil, SKp Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jakarta Timur memberikan materi Aspek Etik dan Legal dalam Keperawatan dan PKB kepada peserta pelatihan.

 

Adapun Tim Fasilitator Basic COCN diantaranya Irma P Arisanty, SKp, RN, WOC(ET)N Perawat ETN/WOCN PLC-Moist Care, Praktisi, Konsultan, Penulis Buku. Eka Widiati, SKp.ETN, Pengurus DPP InWOCN RSCM. Ria Anjarwati,SKp.ETN Perawat ETN/WOCN RS Kanker Dharmais. Dr. Fajar, SpBD Dokter Spesialis Bedah Digestive RS Kanker Dharmais Jakarta. Dr. Willi Irawan, SPU Dokter Spesialis Urologi RSUD Budhi Asih Jakarta dan dibantu Tim PLC.

Bentuk kegiatan pelatihan berlangsung selama empat hari, 6-9 November 2017. Selain mendapatkan materi yang bermanfaat juga peserta mengikuti praktik lapangan, uji kompetensi tulis, uji kompetensi praktik, remedial dan evaluasi serta hari terakhir mendapatkan penugasan kasus. Setelah mengikuti tahapan pelatihan, peserta akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari DPP (Pusat) PPNI.  

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui 7 Manfaat Sehat Alpukat

Wartakesehatan.com - Orang justru cenderung menghindari makan alpukat karena dianggap mengandung lemak. Namun, para..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Manfaat Kecing sambil Duduk ini 3 Manfaatnya!

Wartakesehatan - Hampir semua pria lebih memilih posisi berdiri saat buang air kecil atau kencing, hal ini karena telah menjadi..
Mamin - 4 jam yang lalu

Serat Sangat Bermanfaat bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Serat adalah nutrisi yang sangat baik buat tubuh karena ia memiliki banyak manfaat sehat. Serat..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Kurang Tidur picu Gaya Hidup Tak Sehat

Wartaksehatan.com - Bukan hanya menyebabkan daya tahan tubuh menurun, tapi kurang tidur juga dapat memicu seseorang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Bahan Alami Ampuh Usir Komedo

Wartakesehatan.com - Sudah banyak produk kecantikan yang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah komedo seperti ini,..
Herbal - 15 jam yang lalu

Daun Sirsak Obat Herbal Penyakit Jantung

Wartakesehatan.com - Jantung sendiri merupakan organ dalam yang memiliki peranan sangat penting terutama untuk memompa dan..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Atasi Sulit Tidur dengan 5 Tips ini!

Wartakesehatan.com - Tidak jarang kita tidak merasa mengantuk sama sekali dan merasa baik-baik saja. Padahal, kondisi fisik..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Lawan Radikal Bebas dengan Bawang Putih

Wartakesehatan.com - Rasanya yang kuat disinyalir ampuh menambah cita rasa. Oleh karena itu tak heran hampir semua jenis..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Manfaat Sehat Talas bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Konon, tanaman talas berasal dari India dan Asia Tenggara, tapi kini sudah banyak ditemukan di daerah..
Obat & Penyakit - 19 jam yang lalu

Beberapa Asupan Penyebab Sakit Kepala

Wartakesehatan - Stres, kelelahan, dehidrasi dan paparan suara kencang memang telah dipastikan bisa jadi penyebab sakit..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

7 Bahaya jika Berlebihan Minum Kopi

Wartakesehatan - Kopi adalah salah satu minuman terpopuler di muka bumi karena selain memiliki varian rasa yang bermacam-macam,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Makanan ini Picu Masalah pada Jantung

Wartakesehatan - Sangatlah penting bagi setiap orang untuk menjaga kondisi jantung agar tetap sehat. Rutin berolahraga dan..
Ibu & Anak - 22 jam yang lalu

Waspadai, Tanda-tanda Anak alami Autisme

Wartakesehatan.com - Bagi Anda yang baru menjadi orangtua atau ibu yang sedang mengandung, autisme menjadi gangguan tumbuh..
Mamin - 23 jam yang lalu

Manfaat Cabai Hijau untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Cabai adalah salah satu bahan yang membuat makanan menjadi terasa lezat dan menantang. Mengutip dari..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, Kebiasaan Ini Pengaruhi Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com - Tulang yang kuat dan sehat sangat diperlukan tubuh terutama di usia yang semakin beranjak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspadai, 5 Gejala Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Kita sering kali mengabaikan berbagai keluhan kesehatan yang kita rasakan. Kita juga tidak terlalu..
Mamin - 1 hari yang lalu

Wow, 3 Cangkir Kopi Sehari Bikin Sehat

Wartakesehatan.com -  Bukan sekadar menambah semangat namun kopi juga dapat membuat peminumnya panjang umur. Begitu..
Mamin - 1 hari yang lalu

5 Makanan Kaya Nutrisi yang baik bagi Mata

Wartakesehatan.com - Makan wortel kemungkinan tidak akan meningkatkan penglihatan Anda sama sekali. Wortel hanya dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pria Jaga Kesehatan Tubuh dengan Cara ini!

Wartakesehatan.com - Untuk pencegahan dan agar tidak repot untuk cek kesehatan secara teratur, oleh karena itu pria selalu..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Cara Kembalikan Energi Tubuh

Wartakesehatan.com - Rasa lelah memang tidak bisa dihindari setelah kita melakukan aktifitas seharian. Maka perlu..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jenis Ikan yang Ternyata Berakibat Buruk bagi Kesehatan

Wartakesehatn.com - Beberapa ikan ini justru lebih banyak kandungan tak sehatnya. Karena kelezatannya, beberapa jenis ikan..
Mamin - 1 hari yang lalu

4 Makanan Tinggi Kalsium selain Susu

Wartakesehatan.com - Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik dengan komponennya yang lengkap. Mengonsumsi susu..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Wow, Penyakit bisa Dideteksi dari Wajah

Wartakesehatan.com - Semua orang harus menyadari bahwa ada sesuatu yang salah ketika kulit Anda, yang merupakan organ terbesar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bawang Putih bisa Cegah Penuaan Dini

Wartakesehatan - Setiap orang tentunya ingin terlihat tetap awet muda. Olahraga, diet sehat dan melakukan perawatan tubuh..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jeruk bisa Cegah Penyakit Ginjal

Wartakesehatan.com - Jeruk merupakan salah satu buah yang meiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Tips Agar tidak Cepat Beruban

Wartakesehatan.com - Pemilihan bahan sampo erat kaitannya dengan kesehatan kulit kepala. Termasuk dengan dengan perubahan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Tips Cegah Bau Mulut

Wartakesehatan.com - Saat kita lupa menggosok gigi, kita memberikan kesempatan kepada bakteri untuk memberikan napas bau,..
Mamin - 1 hari yang lalu

Waspada, 8 Makanan ini picu Migrain

Wartakesehatan - Faktor yang menjadi penyebab terjadinya migrain pada masing-masing individu tentunya memiliki perbedaan...
Mamin - 1 hari yang lalu

Daun Pepaya Anti Kanker dan Malaria

Wartakesehatan.com - Makan daun pepaya adalah hal yang biasa bagi pencintanya. Daun pepaya yang berasa pahit mampu..
Mamin - 2 hari yang lalu

Waspada, 6 Makanan pemicu Batu Ginjal

Wartakesehatan - Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan..

+Indeks