54 Th RSUP Persahabatan Mengabdi, Unggul Tangani Respirasi & Berkualitas Internasional

Oleh : ibrahim romending | Rabu, 08 Nopember 2017 | 19:10 WIB


Acara HUT Ke 54 RSUP Persahabatan Jakarta, 07 November 2017 (ibrahim romending)

Wartakesehatan com - Keunggulan yang dimiliki dari sebuah layanan kesehatan menjadi salah satu pusat perhatian dari masyarakat. Dengan kemampuan khusus yang dimiliki terkadang menjadi rekomendasi bagi masyarakat yang belum mengetahui untuk mendapatkan pelayanan tersebut. Pada setiap rumah sakit yang ada di Indonesia baik swasta maupun negeri memiliki keunggulan penanganan penyakit atau masalah kesehatan. Semakin luas masyarakat mengetahuinya semakin banyak pula penderita yang tertolong tanpa harus pergi ke luar negeri untuk mendapatkan penanganan yang optimal. Tentunya pelayanan keunggulan yang dimiliki diimbangi dengan kemampuan SDM maupun fasilitas penunjang kesehatan lainnya. Disamping itu pada era BPJS saat ini rumah sakit dituntut untuk tetap memberikan layanan terbaiknya tanpa membedakan status ekonomi pasien.

Sejak ditetapkan RSUP Persahabatan menjadi rumah sakit pusat rujukan respirasi menjadi pilihan bagi masyarakat yang mengalami gangguan respirasi. RSUP Persahabatan memanfaatkan perkembangan teknologi dan peningkatan SDM serta sentuhan pelayanan humanis menjadi prioritas pelayanan. Tentunya tepat di HUT ke 54 RSUP Persahabatan tetap komitmen dan sejalan dengan program pemerintah melalui gerakan hidup sehat. Melalui kerjasama yang berkesinambungan dengan pihak terkait untuk menambah kemampuan yang dimiliki sebelumnya.

“RSUP Persahabatan sudah ditunjuk menjadi rujukan nasional untuk respirasi. Respirasi itu adalah  segala sesuatu yang berkaitan dengan pernafasan, mulai dari hidung sampai ke paru paru.  Karena semua expert bidang respirasi berkumpul disini, sejak dirintis tahun 1963 memang arahnya penanganan paru awalnya. Tapi sekarang berkembang menjadi penanganan respirasi. Kalau paru hanya organ saja, kalau respirasi itu prosesnya semua. Jadi saat ini penanganan THT, bedah thorax (dada) berkembang juga. Untuk tahun ini ditargetkan penanganan bedah jantung terbuka, disamping tindakan medis lain yang hanya bisa dilakukan di RS ini. Unggulan kami adalah unggulan penanganan respirasi,” ucap dr. Mohammad Ali Toha, MARS kepada awak media setelah acara syukuran peringatan HUT ke 54 RSUP Persahabatan di Aula Griya Puspa RSUP Persahabatan Jakarta, Indonesia, Selasa (07/11/2017).

Direktur Utama RSUP Persahabatan ini memaparkan upaya yang dilakukan untuk kemajuan penanganan respirasi. ”Visi RS Persahabatan adalah menjadi RS pusat respirasi terkemuka di Asia Fasifik pada tahun 2019. Pada saat ini adalah tahun ketiga dari rencana pencapaiannya. Saat ini kita sudah banyak melakukan kerjasama dengan lembaga internasional dan nasional dalam penanganan masalah respirasi melalui riset maupun dalam pendidikan. Pada hari ini juga kami akan mengadakan pertemuan dengan American Thoraxic Society, merupakan lembaga masyarakat yang menyangkut paru paru, dada dan sebagainya, yang terkenal di Amerika bahkan terkemuka di dunia. Kita sudah menjalin kerjasama bertahun-tahun dan pada hari ini mereka akan melihat penatalaksanaan pasien respirasi di RS Persahabatan,” katanya.

Dia juga mengatakan kemampuan RS nya sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi. “Pada akhir-akhir ini kita bahkan sudah merawat orang orang yang berkredibilitas tinggi, para pejabat tinggi negara yang sudah kita tangani, ini membuktikan bahwa RS ini mempunyai kualitas internasional. Peningkatan dan penggunaan teknologi banyak dilakukan disini. Diantaranya kita punya MRI 1,5 Tesla, yaitu alat untuk memeriksa paru, jantung dan organ lainnya. Dengan sistem Magnetic Resonance Imaging (MRI) yang masih jarang digunakan di RS yang lain. Kita memilki 2 CT Scan, Untuk Radiasi kita punya Linian Axiator yaitu alat yang aman dan dilengkapi dengan peralatan yang canggih untuk penanganan gangguan fungsi paru. Pada bidang laboratorium, kami kembangkan lagi laboratorium mikrobiologi yaitu ilmu mengenai kuman kuman maupun pemeriksaan kuman. Target tahun depan kita akan punya laboratorium mikrobiologi berstandar internasional,” katanya.

Untuk peningkatan kemampuan SDMnya, Pihak RS sudah bekerjasama diantaranya dengan negara Jepang, Korea, Taiwan dan Amerika. Dengan cara pengiriman tenaga kesehatan terus menerus secara bergantian. Untuk saat ini masih ada yang sedang belajar ke luar negeri untuk transfer keilmuan khususnya dibidang respirasi.

Selain itu RS Persahabatan berkomitmen selain upaya promotif dan preventif dalam penanganan perkembangan penyakit. “ Makin hari penderita TBC  di Indonesia makin banyak dengan peringkat ke dua di dunia setelah India. Adapun tindakan yang dilakukan dengan cara meningkatkan penelitian dibidang penanganan TBC  dan kemajuan pengobatan sehingga lebih baik lagi hasil yang didapat. Dengan adanya perkembangan alat diagnostic. Kita sudah menggunakan alat yang canggih seperti PCR sebagai alat untuk mendeteksi TBC pada stadium yang sangat dini,” terangnya.

Mengenai kemampuan financial yang berbeda bagi pasien RS untuk mendapatkan layanan tidak dibedakan termasuk pasien BPJS. “RS ini memang konsentrasi menolong orang orang yang lemah, karena mereka tidak dapat berobat ke tempat lain kecuali ke tempat kita. Konsentrasi RS kita pada pasien kelas bawah sedangkan yang lebih sudah jelas kemampuannya. Kami terus lakukan perbaikan untuk tingkatkan kualitas,kuantiti maupun patient safety. Sudah hampir 95 % pasien disini adalah pasien BPJS dan kami layani semua dan tidak ada perbedaan baik pada ruangan, perbedaan jenis pelayanan maupun penanganannya” ungkapnya.

Kemajuan yang dicapai selama pengabdian 54 tahun perlu mendapat dukungan dari semua komponen RSUP Persabatan termasuk kekurangan dan perlu pembenahan. “ RS Persahabatan punya arah yang jelas, semua karyawan harus mendukung perubahan ke arah menyenangkan, mensejahterahkan dan membanggakan. Kami akan terus berbenah selain kemajuan yang telah didapat,” harap Ali.

Adapun kemajuan lain selain penanganan respirasi diantaranya pelayanan kasus kebidanan dan kandungan, penyakit dalam, Bedah, Anak, Bedah Thorax dan semua disiplin keilmuan yang ada. Adanya Pengembangan pelayanan Diabetes Terpadu, Pelayanan Endoskopi saluran cerna.

Dibidang Radioterapi tersedia peralatan canggih untuk radiasi pasien kanker linac foton 6MV, 10MV dan elektron, CT simmulator, TPS, cancer treatment with respiratory gating.

   

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Kebiasaan Mencabut Bulu Hiung, Berbahaya!!

Wartakesehatan - Kebiasaan mencabut bulu hidung ternyata dapat berpotensi menimbulkan bahaya luka dan bisul di dalam..
Obat & Penyakit - 2 jam yang lalu

Penderita Kanker Wajib lakukan Olahraga ini!

Wartakesehatan.com - Walaupun mungkin Anda sudah didiagnosis menderita kanker, Anda sebaiknya tetap melakukan..
5 jam yang lalu

Waspada, 7 Gaya Hidup ini Bisa Membunuh Anda

Wartakesehatan.com - Mengikuti gaya hidup bebas stres dapat membuat Anda hidup lebih lama, dan para ahli menyatakan bahwa..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Alergi yang Tak Kunjung Sembuh ini Cara Mengatasinya!

Waretakesehatan.com - Alergi makanan adalah reaksi alergi yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh kita keliru merespons..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Joging Sambil dengar Musik Bermanfaat bagi Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sekarang ini banyak orang mendengarkan musik  sambil melakukan suatu. Dan Anda juga sering..
Herbal - 8 jam yang lalu

Kunyit bisa Cegah Diabetes dan Lindungi Sel Otak

Wartakesehatan - Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat banyak terdapat di Indonesia, bahkan tidak sedikit yang..
Liputan Khusus - 16 jam yang lalu

‘Palata’ Inovasi Alami Pengganti Formalin

Wartakesehatan.com - Merebaknya kasus penggunaan formalin di masyarakat, khususnya untuk produk-produk yang berasal dari..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Menuju Indonesia Pangan Aman BPOM Luncurkan Germas Sapa

Wartakesehatan.com, Jakarta – Dalam upaya membebaskan Indonesia dengan pangan yang tidak sehat, Badan Pengawas Obat dan..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Studi: Cabai bisa Cegah Diabetes Militus

Wartakesehatan.com - Menurut sebuah penelitian, cabai bisa memberikan manfaat baik pada mereka yang kelebihan berat badan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tumbuhan Jahe memang memiliki banyak manfaat. Selain daunnya yang digunakan sebagai bumbu masakan,..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Lakukan ini Agar Kulit tetap Sehat

Wartakesehatan.com - Satu kuncinya memiliki kulit sehat adalah cukup mengonsumsi air putih. Namun selain itu ada beberapa..
Obat & Penyakit - 23 jam yang lalu

Waspada, Pasta Gigi juga picu Penyakit Diabetes

Wartakesehatan.com - Mungkin kebayakan orang berfikir ketika menggosok gigi setelah berkumur pasta gigi dalam mulut sudah..
Mamin - 1 hari yang lalu

Konsumsi Daging Babi ini 6 Bahayanya!

Wartakesehatan - Walaupun daging babi bagi sebagian besar orang Muslim adalah makanan yang diharamkan nyatanya masih..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Buah yang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh semua orang. Buah ini mudah ditemukan di..
Mamin - 1 hari yang lalu

Penderita Asma Patut Hindari 6 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Asma adalah penyakit peradangan kronis yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Pada setiap orang,..
Mamin - 1 hari yang lalu

Konsumsi Yoghurt Turunkan Risiko Hipertensi

Wartakesehatan - Sampai saat ini yoghurt yang merupakan satu produk olahan susu telah terbukti baik bagi kesehatan,..
Mamin - 1 hari yang lalu

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Bayam Merah

Wartakesehatan.com - Kebanyakan orang kurang memahami keistimewaan bayam merah, sehingga tak heran jika mereka lebih memilih..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, Pusar bisa jadi Gudang Bakteri

Wartakesehatan.com - Ribuan bakteri bersarang di pusat perut, para ilmuwan telah menemukan 1.400 keturunan bakteri yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

7 Efek Buruk jika Konsumsi Roti Berlebihan

Wartakesehatan.com - Roti putih menjadi makanan favorit bagi banyak orang selama sarapan. Namun, apakah Anda tahu bahwa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengenal Albumin yang Dibutuhkan Tubuh

Wartakesehatan.com - Albumin merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kebutuhan dari setiap orang tentunya..
Seks - 1 hari yang lalu

Seks Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Apakah berhubungan seks secara rutin bisa memiliki manfaat yang berkhasiat seperti kita mengonsumsi..
Mamin - 1 hari yang lalu

5 Makanan Ampuh Lawan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Ada sejumlah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melawan kolesterol jahat. Apa saja? 1...
Mamin - 1 hari yang lalu

4 Makanan ini bisa Bikin Tidur jadi Nyenyak

Wartakesehatan.com - Ada beberapa makanan yang tergolong memiliki gizi tinggi. Tak hanya sehat, beberapa jenis makanan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Wow, Apel Cegah Kolesterol dan Diabetes

Wartakesehatan.com - Apel mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang mampu memberikan kontribusi terbaik terhadap..
Mamin - 1 hari yang lalu

Konsumsi 4 Makanan Ini bisa Cegah Kanker Kulit

Wartakesehatan - Kesehatan kulit bisa saja mengalami masalah apabila terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara..
Mamin - 1 hari yang lalu

Konsumsi Kerang bisa Cegah Anemia

Wartakesehatan.com - Banyaknya menu makanan, makanan laut memiliki ragam manfaat bagi kesehatan. Contonya, kerang yang bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Bawang Merah Mentah bisa Cegah Asma

Wartakesehatan.com - Diketahui, bawang merah mampu melindungi gigi dari kerusakan hingga mencegah serangan asma. Tak..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Cegah Sakit Maag dengan Yogurt

Wartakesehatan.com - Maag dapat bersifat kronis atau akut, tergantung dari kondisi dan berapa lama maag itu terjadi. Maag..
Mamin - 2 hari yang lalu

Jus Wortel dan Kunyit Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Khasiat jus wortel dan kunyit sebagai obat kanker usus sudah dibuktikan oleh penulis buku anak-anak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Apel dan Anggur Buah yang bisa Mengobati Penyakit Jantung

Wartakesehatan.com - Jantung menjadi organ yang terpenting di dalam tubuh karena memiliki peran yang sangat penting...

+Indeks