15 Manfaat Sehat Mendengar Musik bagi Tubuh

Oleh : Dirk/kabar.news | Sabtu, 11 Nopember 2017 | 12:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Mendengarkan musik merupakan salah satu bentuk aktivitas yang melibatkan seluruh bagian otak. Kita biasa mendengarkan musik sambil melakukan berbagai kegiatan, seperti olahraga, memasak, mengemudi mobil, tiduran, dan masih banyak lagi. 

Dirangkum dari Magwuzz, berikut ini sejumlah manfaat mendengarkan musik dalam meningkatkan kesehatan :

1. Meredakan nyeri
Musik memiliki sifat sebagai pengatur nyeri yang hebat. Musik bekerja pada sistem saraf otomatis dan dapat meringankan rasa sakit kronis serta rasa sakit pasca operasi. Bahkan, terapi musik kini digunakan di rumah sakit sebagai pengganti obat penghilang rasa sakit saat melahirkan, anestesi dan pasca-operasi. 

Selain itu, musik bertindak sebagai pengalih perhatian pasien dan memberikan pasien kontrol. Musik juga memaksa tubuh untuk melepaskan endorfin untuk menetralkan rasa sakit. Sementara musik lambat/slow bermanfaat untuk melemaskan detak jantung dan pernapasan pasien.

2. Menyehatkan pembuluh darah
Tempo, intensitas dan kecepatan musik terbukti mampu mempengaruhi kinerja jantung. Musik dengan tempo tinggi dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, sedangkan musik slow menurunkan denyut jantung dan pernapasan. Pasien jantung dapat memilih musik mana yang sesuai untuk meningkatkan kesehatan jantung mereka.

3. Meningkatkan kemampuan visual, verbal dan kecerdasan
Pendidikan musik yang diberikan kepada anak-anak pada usia dini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak, keterampilan visual dan verbal anak. Memainkan alat musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan IQ seseorang.

4. Menyehatkan otak dan mencegah kepikunan
Mendengarkan musik pada usia senja dapat membantu dalam mempretahankan kesehatan otak serta mencegah penuaan otak atau kepikunan.

5. Meningkatkan suasana hati
Mendengarkan musik mampu membuat otak Anda melepaskan dopamine, suatu bahan kimia yang berguna untuk membangkitkan mood Anda secara instan.

6. Mengontrol tekanan darah
Mendengarkan musik slow secara teratur dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah. Sebuah studi mengungkapkan bahwa mendengarkan musik klasik setiap hari terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

7. Meningkatkan kualitas tidur
Musik menenangkan pikiran dan jiwa sehingga membantu Anda tidur nyenyak. Di samping itu, musik juga dapat meningkatkan kualitas tidur serta menyembuhkan insomnia.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mendengarkan jenis musik tertentu menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, mendengarkan musik tempo tinggi selama 50 menit dapat meningkatkan kadar antibodi dalam tubuh serta menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stres.

9. Meningkatkan perkembangan fisik dan mental janin
Janin yang selalu diperdengarkan musik sejak dalam kandungan memiliki perkembangan fisik dan mental yang lebih positif setelah lahir. Selain itu, mereka akan memiliki kecerdasan motorik, intelektual dan linguistik yang lebih baik.

10. Meningkatkan olahraga
Mendengarkan musik sambil berolahraga mampu meningkatkan daya tahan, mood dan mengalihkan perhatian Anda dari segala bentuk ketidaknyamanan serta kelelahan.

11. Mengembalikan ingatan yang hilang
Musik dapat membantu orang mengingat lagu dan mengembalikan ingatan yang berkaitan dengan lagu tersebut. Hal ini karena bagian otak yang berfungsi memproses musik bersebelahan dengan memori di otak.

12. Mempercepat proses pemulihan pasca olahraga
Mendengarkan musik slow dapat membuat pikiran rileks dan meringankan otot-otot Anda dari rasa sakit sehingga proses pemulihan pasca olahraga berlangsung cepat.

13. Mengendalikan nafsu makan
Mengkonsumsi makanan sambil mendengarkan musik dapat membantu memperlambat gerakan makan. Jika tips ini Anda lakukan secara rutin, niscaya Anda akan mengalami penurunan berat badan.

14. Membuat pasien rileks sebelum operasi
Seringkali pasien merasa takut dan stress ketika akan sedang menunggu untuk dioperasi. Dengan mendengarkan musik, pasien dapat bersantai dan memenangkan pikiran.

15. Mengendalikan mood saat mengemudi
Mendengarkan musik sambil mengemudi merupakan hal lazim dan sering dilakukan kebanyakan orang. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Musik ternyata dapat membuat pengemudi merasa gembira dan terhindar dari stres.


loading...


Fokus : Musik


#Tubuh
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






9 jam yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
11 jam yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
12 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
13 jam yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 14 jam yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 16 jam yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 19 jam yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
1 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..
1 hari yang lalu

Ini Dia Menu Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com -Sarapan bergizi modal untuk menjalankan segudang aktivitas. Berbagai manfaat yang bisa dirasakan, mulai..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Sembelit Sering Menyerang ini Penyebabnya!

Wartakesehatan.com - Sembelit atau susah buang air besar (BAB) tentu dapat membuat perut terasa sangat tidak nyaman. Tak..
Mamin - 1 hari yang lalu

Terung bisa bantu Turunkan Kolesterol

Wartakesehatan.com - Selain vitamin kompleks, terung adalah sayur yang tinggi akan zat antioksidan seperti cafeeic, asam..
Ibu & Anak - 1 hari yang lalu

Wanita Alami Keguguran ini Ciri-cirinya!

Wartakesehatan.com - Usia satu hingga empat bulan pertama, wanita hamil rawan terjadi keguguran. Setidaknya dalam kurun..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Makan Sekali Sehari miliki Dampak Buruk

Wartakesehatan.com - Ungkapan makan sehari sekali akan membuat berat badan menurun dan tubuh menjadi sehat merupakan sebuah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Wow, Ternyata Stres Jangka Pendek miliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Seseorang yang mengalami stres dalam jangka pendek justru merasakan manfaat yang baik. Seperti..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kopi miliki Banyak Manfaat bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Pohon kopi menghasilkan buah kecil mirip ceri yang berwarna merah keunguan, di mana biasanya setiap..
Mamin - 1 hari yang lalu

Lancarkan Sistem Pencernaan dengan 10 Makanan Sehat

Wartakesehatan.com - Berbicara tentang makanan, memang tidak ada salahnya kita memilih makanan yang enak. Tapi harus..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ini Penjelasan BPOM Tentang Keamanan Albothyl

Wartakesehatan.com - Banyaknya keluhan yang terjadi akibat dari penggunaan produk albothyl sebagai obat sariawan terhadap..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Cegah Penyakit Gigi dan Mulut dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Perlu disadari mencegah penyakit sebenarnya lebih murah dari pada mengobati, jadi kenapa kita tidak..
Ibu & Anak - 2 hari yang lalu

Anak Alami Trauma ini Gejalanya!

Wartakesehatan.com - Tidak semua anak menunjukkan perilaku yang sama dalam menghadapi kejadian traumatik. Ada yang..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

5 Buah Khas Indonesia baik bagi Ginjal

Wartakesehatan.com - Gaya hidup yang kurang sehat seringkali membuat fungsi ginjal menurun atau bahkan rusak, sehingga..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Waspada, Obesitas picu Alami Sakit

Wartakesehatan.com - Studi terbaru dalam European Journal of Pain, individu yang bertubuh gemuk dan obesitas, ditemukan..
2 hari yang lalu

Kegiatan Sederhana yang Bikin Kulitmu Sehat

Wartakesehatan.com - Seringkali untuk mendapatkan kulit yang sehat kamu harus menjalani serangkaian perawatan kulit khusus..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berbuat Baik bikin Jantung tetap Sehat

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Sakit jantung adalah..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Membangun Asmat Lewat Food Bank

Wartakesehatan.com - Birunya langit di tanah Papua, tidak menjadi jaminan indahnya kehidupan masyarakat Asmat. Berulang kali..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Kurangi Peradangan dengan Nanas

Wartakesehatan.com - Buah nanas juga memiliki rasa yang begitu khas saat disantap, yaitu rasa manis dan asam yang menjadi..

+Indeks