15 Manfaat Sehat Mendengar Musik bagi Tubuh

Oleh : Dirk/kabar.news | Sabtu, 11 Nopember 2017 | 12:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Mendengarkan musik merupakan salah satu bentuk aktivitas yang melibatkan seluruh bagian otak. Kita biasa mendengarkan musik sambil melakukan berbagai kegiatan, seperti olahraga, memasak, mengemudi mobil, tiduran, dan masih banyak lagi. 

Dirangkum dari Magwuzz, berikut ini sejumlah manfaat mendengarkan musik dalam meningkatkan kesehatan :

1. Meredakan nyeri
Musik memiliki sifat sebagai pengatur nyeri yang hebat. Musik bekerja pada sistem saraf otomatis dan dapat meringankan rasa sakit kronis serta rasa sakit pasca operasi. Bahkan, terapi musik kini digunakan di rumah sakit sebagai pengganti obat penghilang rasa sakit saat melahirkan, anestesi dan pasca-operasi. 

Selain itu, musik bertindak sebagai pengalih perhatian pasien dan memberikan pasien kontrol. Musik juga memaksa tubuh untuk melepaskan endorfin untuk menetralkan rasa sakit. Sementara musik lambat/slow bermanfaat untuk melemaskan detak jantung dan pernapasan pasien.

2. Menyehatkan pembuluh darah
Tempo, intensitas dan kecepatan musik terbukti mampu mempengaruhi kinerja jantung. Musik dengan tempo tinggi dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, sedangkan musik slow menurunkan denyut jantung dan pernapasan. Pasien jantung dapat memilih musik mana yang sesuai untuk meningkatkan kesehatan jantung mereka.

3. Meningkatkan kemampuan visual, verbal dan kecerdasan
Pendidikan musik yang diberikan kepada anak-anak pada usia dini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak, keterampilan visual dan verbal anak. Memainkan alat musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan IQ seseorang.

4. Menyehatkan otak dan mencegah kepikunan
Mendengarkan musik pada usia senja dapat membantu dalam mempretahankan kesehatan otak serta mencegah penuaan otak atau kepikunan.

5. Meningkatkan suasana hati
Mendengarkan musik mampu membuat otak Anda melepaskan dopamine, suatu bahan kimia yang berguna untuk membangkitkan mood Anda secara instan.

6. Mengontrol tekanan darah
Mendengarkan musik slow secara teratur dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah. Sebuah studi mengungkapkan bahwa mendengarkan musik klasik setiap hari terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

7. Meningkatkan kualitas tidur
Musik menenangkan pikiran dan jiwa sehingga membantu Anda tidur nyenyak. Di samping itu, musik juga dapat meningkatkan kualitas tidur serta menyembuhkan insomnia.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mendengarkan jenis musik tertentu menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, mendengarkan musik tempo tinggi selama 50 menit dapat meningkatkan kadar antibodi dalam tubuh serta menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stres.

9. Meningkatkan perkembangan fisik dan mental janin
Janin yang selalu diperdengarkan musik sejak dalam kandungan memiliki perkembangan fisik dan mental yang lebih positif setelah lahir. Selain itu, mereka akan memiliki kecerdasan motorik, intelektual dan linguistik yang lebih baik.

10. Meningkatkan olahraga
Mendengarkan musik sambil berolahraga mampu meningkatkan daya tahan, mood dan mengalihkan perhatian Anda dari segala bentuk ketidaknyamanan serta kelelahan.

11. Mengembalikan ingatan yang hilang
Musik dapat membantu orang mengingat lagu dan mengembalikan ingatan yang berkaitan dengan lagu tersebut. Hal ini karena bagian otak yang berfungsi memproses musik bersebelahan dengan memori di otak.

12. Mempercepat proses pemulihan pasca olahraga
Mendengarkan musik slow dapat membuat pikiran rileks dan meringankan otot-otot Anda dari rasa sakit sehingga proses pemulihan pasca olahraga berlangsung cepat.

13. Mengendalikan nafsu makan
Mengkonsumsi makanan sambil mendengarkan musik dapat membantu memperlambat gerakan makan. Jika tips ini Anda lakukan secara rutin, niscaya Anda akan mengalami penurunan berat badan.

14. Membuat pasien rileks sebelum operasi
Seringkali pasien merasa takut dan stress ketika akan sedang menunggu untuk dioperasi. Dengan mendengarkan musik, pasien dapat bersantai dan memenangkan pikiran.

15. Mengendalikan mood saat mengemudi
Mendengarkan musik sambil mengemudi merupakan hal lazim dan sering dilakukan kebanyakan orang. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Musik ternyata dapat membuat pengemudi merasa gembira dan terhindar dari stres.


loading...


Fokus : Musik


#Tubuh
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Kebiasaan Mencabut Bulu Hiung, Berbahaya!!

Wartakesehatan - Kebiasaan mencabut bulu hidung ternyata dapat berpotensi menimbulkan bahaya luka dan bisul di dalam..
Obat & Penyakit - 2 jam yang lalu

Penderita Kanker Wajib lakukan Olahraga ini!

Wartakesehatan.com - Walaupun mungkin Anda sudah didiagnosis menderita kanker, Anda sebaiknya tetap melakukan..
5 jam yang lalu

Waspada, 7 Gaya Hidup ini Bisa Membunuh Anda

Wartakesehatan.com - Mengikuti gaya hidup bebas stres dapat membuat Anda hidup lebih lama, dan para ahli menyatakan bahwa..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Alergi yang Tak Kunjung Sembuh ini Cara Mengatasinya!

Waretakesehatan.com - Alergi makanan adalah reaksi alergi yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh kita keliru merespons..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Joging Sambil dengar Musik Bermanfaat bagi Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sekarang ini banyak orang mendengarkan musik  sambil melakukan suatu. Dan Anda juga sering..
Herbal - 8 jam yang lalu

Kunyit bisa Cegah Diabetes dan Lindungi Sel Otak

Wartakesehatan - Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat banyak terdapat di Indonesia, bahkan tidak sedikit yang..
Liputan Khusus - 16 jam yang lalu

‘Palata’ Inovasi Alami Pengganti Formalin

Wartakesehatan.com - Merebaknya kasus penggunaan formalin di masyarakat, khususnya untuk produk-produk yang berasal dari..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Menuju Indonesia Pangan Aman BPOM Luncurkan Germas Sapa

Wartakesehatan.com, Jakarta – Dalam upaya membebaskan Indonesia dengan pangan yang tidak sehat, Badan Pengawas Obat dan..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Studi: Cabai bisa Cegah Diabetes Militus

Wartakesehatan.com - Menurut sebuah penelitian, cabai bisa memberikan manfaat baik pada mereka yang kelebihan berat badan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tumbuhan Jahe memang memiliki banyak manfaat. Selain daunnya yang digunakan sebagai bumbu masakan,..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Lakukan ini Agar Kulit tetap Sehat

Wartakesehatan.com - Satu kuncinya memiliki kulit sehat adalah cukup mengonsumsi air putih. Namun selain itu ada beberapa..
Obat & Penyakit - 23 jam yang lalu

Waspada, Pasta Gigi juga picu Penyakit Diabetes

Wartakesehatan.com - Mungkin kebayakan orang berfikir ketika menggosok gigi setelah berkumur pasta gigi dalam mulut sudah..
Mamin - 1 hari yang lalu

Konsumsi Daging Babi ini 6 Bahayanya!

Wartakesehatan - Walaupun daging babi bagi sebagian besar orang Muslim adalah makanan yang diharamkan nyatanya masih..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Buah yang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh semua orang. Buah ini mudah ditemukan di..
Mamin - 1 hari yang lalu

Penderita Asma Patut Hindari 6 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Asma adalah penyakit peradangan kronis yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Pada setiap orang,..
Mamin - 1 hari yang lalu

Konsumsi Yoghurt Turunkan Risiko Hipertensi

Wartakesehatan - Sampai saat ini yoghurt yang merupakan satu produk olahan susu telah terbukti baik bagi kesehatan,..
Mamin - 1 hari yang lalu

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Bayam Merah

Wartakesehatan.com - Kebanyakan orang kurang memahami keistimewaan bayam merah, sehingga tak heran jika mereka lebih memilih..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, Pusar bisa jadi Gudang Bakteri

Wartakesehatan.com - Ribuan bakteri bersarang di pusat perut, para ilmuwan telah menemukan 1.400 keturunan bakteri yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

7 Efek Buruk jika Konsumsi Roti Berlebihan

Wartakesehatan.com - Roti putih menjadi makanan favorit bagi banyak orang selama sarapan. Namun, apakah Anda tahu bahwa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengenal Albumin yang Dibutuhkan Tubuh

Wartakesehatan.com - Albumin merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kebutuhan dari setiap orang tentunya..
Seks - 1 hari yang lalu

Seks Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Apakah berhubungan seks secara rutin bisa memiliki manfaat yang berkhasiat seperti kita mengonsumsi..
Mamin - 1 hari yang lalu

5 Makanan Ampuh Lawan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Ada sejumlah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melawan kolesterol jahat. Apa saja? 1...
Mamin - 1 hari yang lalu

4 Makanan ini bisa Bikin Tidur jadi Nyenyak

Wartakesehatan.com - Ada beberapa makanan yang tergolong memiliki gizi tinggi. Tak hanya sehat, beberapa jenis makanan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Wow, Apel Cegah Kolesterol dan Diabetes

Wartakesehatan.com - Apel mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang mampu memberikan kontribusi terbaik terhadap..
Mamin - 1 hari yang lalu

Konsumsi 4 Makanan Ini bisa Cegah Kanker Kulit

Wartakesehatan - Kesehatan kulit bisa saja mengalami masalah apabila terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara..
Mamin - 1 hari yang lalu

Konsumsi Kerang bisa Cegah Anemia

Wartakesehatan.com - Banyaknya menu makanan, makanan laut memiliki ragam manfaat bagi kesehatan. Contonya, kerang yang bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Bawang Merah Mentah bisa Cegah Asma

Wartakesehatan.com - Diketahui, bawang merah mampu melindungi gigi dari kerusakan hingga mencegah serangan asma. Tak..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Cegah Sakit Maag dengan Yogurt

Wartakesehatan.com - Maag dapat bersifat kronis atau akut, tergantung dari kondisi dan berapa lama maag itu terjadi. Maag..
Mamin - 2 hari yang lalu

Jus Wortel dan Kunyit Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Khasiat jus wortel dan kunyit sebagai obat kanker usus sudah dibuktikan oleh penulis buku anak-anak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Apel dan Anggur Buah yang bisa Mengobati Penyakit Jantung

Wartakesehatan.com - Jantung menjadi organ yang terpenting di dalam tubuh karena memiliki peran yang sangat penting...

+Indeks