Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Gigi

Oleh : Dirk Christ | Selasa, 23 Januari 2018 | 07:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian dari Departemen Psikologi Universitas Texas yang dirilis Journal of Nutrition beberapa waktu lalu, mengungkapkan bahwa asupan pangan di pagi hari ternyata berkorelasi negatif dengan asupan pangan total selama satu hari. Artinya, sarapan akan mengurangi porsi makanan yang dimakan pada siang dan malam hari. 

Salah seorang peneliti, John M de Castro, menyebutkan bahwa melewati pagi hari tanpa sarapan mengakibatkan perubahan pada ritme, pola, dan siklus waktu makan. Karena itu, tanpa sarapan, orang cenderung lebih banyak makan pada siang dan malam hari. Castro juga menyebutkan bahwa makanan pada pagi hari lebih mengenyangkan dibandingkan makan pada siang dan malam hari. 

Sarapan juga merupakan energi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memulai aktivitas kesehariannya. Bayangkan saja, jarak waktu antara makan malam dan makan pagi sekitar delapan hingga 12 jam. Selama itu, bahkan saat kita tidur, tubuh tetap membutuhkan energi untuk aktivitas organ-organnya. 

Beberapa jam setelah bangun, energi yang tersisa masih bisa digunakan. Dan, energi yang dibutuhkan biasanya adalah jenis yang berasal dari hasil istirahat dan pikiran segar setelah tidur malam. Namun, energi tipe ini biasanya juga menguras cadangan sehingga tubuh menjadi stres. Pasalnya, saat itu kadar gula darah sedang turun, sehingga tubuh terasa lemah, konsentrasi terganggu, cepat marah. Anda pun terlihat lesu dan lelah. Nah, apa jadinya bila tubuh tak segera disuplai energi pagi itu? 

Makan pagi yang dilakukan secara rutin dan teratur, ternyata terbukti juga bisa menjadi kunci sehat dan berumur panjang. Menurut Mark Pereira, salah seorang peneliti dari Harvard Medical School, sarapan bisa mengurangi risiko obesitas, diabetes dan serangan jantung.

Sarapan juga sangat berguna  mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak. Journal of the American Dental Association mengungkapkan bahwa anak-anak usia 2-5 tahun yang tidak sarapan, berisiko kena masalah kesehatan gigi dan mulut empat kali lipat lebih besar dibandingkan anak-anak yang selalu sarapan teratur. Mengapa bisa begitu? Anak-anak yang teratur sarapan, cenderung lebih sedikit ngemil, dibanding anak-anak yang tidak sarapan. Nah, dampak ngemil inilah yang menyebabkan munculnya masalah dengan gigi. 

Meski sarapan begitu penting, tapi jenis sarapan pun ternyata menentukan fungsinya. Sebab, pada kasus tertentu, meski sarapan teratur, tapi badan tetap merasa lelah. Coba perhatikan lagi menu sarapan yang Anda makan pagi itu. Jenis sarapan yang terlalu banyak lemak dan kalori justru akan meningkatkan produksi serotonin dalam otak. Akibatnya Anda justru akan merasa lemas dan mengantuk. 

Para peneliti dari Universitas Sydney, Australia melakukan riset tentang perbandingan pengaruh antara sarapan pagi yang berlemak tinggi dengan sarapan pagi yang lebih banyak karbohidratnya. Kandungan nutrisi dan kalori kedua jenis sarapan itu sama dan seimbang.

Hasilnya? Mereka yang sarapan dengan santapan tinggi lemak, ternyata lebih cepat lapar. Sedangkan, kelompok ”berlemak” mulai ngemil di antara waktu sarapan dan makan siang. Sehingga tak heran kalau total asupan kalorinya terus meningkat. Sebaliknya, kelompok tinggi karbohidrat bisa menahan lapar lebih lama. Yang menarik, kelompok ini rupanya lebih smart dan lebih waspada selama riset dilakukan. 

Para ahli makanan menganjurkan beberapa jenis makanan sehat untuk sarapan. Antara lain sereal, roti, dan susu.  Sereal dan roti mengandung serat yang tak larut, sehingga selain bisa menahan lapar lebih lama,  zat gizi itu pun diyakini bisa menjaga berat badan dan mengurangi risiko penyakit kanker usus. 

Sementara susu, merupakan minuman yang sarat dengan gizi. Selain vitamin-vitamin, mineral,  lemak dan protein, susu juga mengandung laktose yang mampu menekan pembusukan protein dalam usus dan menghalangi pertumbuhan organisme patogen penyebab penyakit. 


Dengan adanya laktose tersebut,  maka anak-anak yang dibiasakan minum susu pada usia pertumbuhannya akan lebih cerdas, karena laktosa pun berperan penting dalam  metabolisme otak. 


loading...


Fokus : Sarapan


#Kesehatan #Gigi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 23 jam yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
1 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
1 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
1 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
1 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
1 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
1 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
1 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
2 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
2 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 2 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
3 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..
3 hari yang lalu

Ini Dia Menu Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com -Sarapan bergizi modal untuk menjalankan segudang aktivitas. Berbagai manfaat yang bisa dirasakan, mulai..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Sembelit Sering Menyerang ini Penyebabnya!

Wartakesehatan.com - Sembelit atau susah buang air besar (BAB) tentu dapat membuat perut terasa sangat tidak nyaman. Tak..
Mamin - 3 hari yang lalu

Terung bisa bantu Turunkan Kolesterol

Wartakesehatan.com - Selain vitamin kompleks, terung adalah sayur yang tinggi akan zat antioksidan seperti cafeeic, asam..
Ibu & Anak - 3 hari yang lalu

Wanita Alami Keguguran ini Ciri-cirinya!

Wartakesehatan.com - Usia satu hingga empat bulan pertama, wanita hamil rawan terjadi keguguran. Setidaknya dalam kurun..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Makan Sekali Sehari miliki Dampak Buruk

Wartakesehatan.com - Ungkapan makan sehari sekali akan membuat berat badan menurun dan tubuh menjadi sehat merupakan sebuah..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Ternyata Stres Jangka Pendek miliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Seseorang yang mengalami stres dalam jangka pendek justru merasakan manfaat yang baik. Seperti..

+Indeks