Akreditasi Paripurna RSUP Persahabatan, Awal Menuju Pelayanan Bertaraf Internasional

Oleh : ibrahim romending | Minggu, 12 Nopember 2017 | 19:30 WIB


(ibrahim romending)

Wartakesehatan.com - Setiap kemajuaan yang telah dicapai perlu dipertahankan dan dikembangkan serta bermanfaat secara luas dimasyarakat. Keberhasilan yang telah dicapai pada layananan kesehatan menjadi bukti keberhasilan kerjasama yang erat selama ini pada semua pihak yang terkait. Peranan layanan kesehatan menjadi salah satu penunjang program gerakan hidup sehat yang telah dicananangkan oleh pemerintah. Sehingga perlunya kerja keras bagi penyelenggara layanan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan menuju paripurna.

Keberhasilan yang telah diraih perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan pada level yang lebih tinggi. Rasa syukur menjadi prioritas RSUP Persababatan yang telah menjadi rumah sakit pusat rujukan respirasi. Melalui rangkaian kegiatannya di HUT Ke 54 Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan yang berulang pada 7 November 2017 lalu, menjadi bentuk prestasi selama ini yang perlu dirasakan oleh seluruh Direktur, staf dan karyawannya. Diharapkan pula kerja bersama selama ini dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tetap ditingkatkan bahkan peranannya dapat meluas ke mancanegara.

  

“RSUP Persahabatan telah ditetapkan menjadi pusat rujukan respirasi. Sehingga peningkatan SDM dan akreditasi wajib dilakukan, selain menjadi target RBJMM, akreditasi juga diamanahkan dalam UU No. 4 tahun 2009 tentang rumah sakit, bahwa dalam UU tersebut rumah sakit wajib melaksanakan akreditasi. RSUP Persahabatan sudah melaksanakan akreditasi tingkat nasional dengan Paripurna. Seperti yang kita ketahui RSUP Persahabatan saat ini sedang mempersiapkan akreditasi internasional. Mudah-mudahan tidak ketinggalan dengan RSUP atau RS Vertikal UPTMKes dan segera dapat memenuhi target terakreditasi JCI. Saya sangat berbangga hati dengan pencapaian kerja keras ini, setiap keberhasilan pasti hasil dari kerja keras komitmen tinggi pimpinan sampai ke staff. Kalau tidak ada komitmen pimpinan atau staff, habis akreditasi kembali lagi ke habitat semula, seharusnya tidak demikian. Begitu selesai akreditasi akan selalu terjaga maintainance kinerja, selalu optimal dan profesional," ungkap dr. Tri Hesty Widyastoeti Marwotosoeko, Sp.M dalam sambutannya saat membacakan pesan Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI pada peringatan HUT Ke 54 RSUP Persahabatan di Halaman Parkir RSUP Persahabatan Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia, Sabtu (11/11/2017).

Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI ini mengatakan cara efisien dalam menyukseskan program pemerintah. “Jaminan kesehatan nasional juga menjadi tantangan tersendiri bagi RS, pemerintah telah menargetkan bahwa pada tahun 2019 akan mencapai Universal High Coverage untuk program JKN dan RS harus meningkatkan mutu layanan, kendali mutu, kendali biaya, tetapi tetap efektif efisien yang kami harapkan. Beberapa strategi harus dilakukan guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat. Ini tentunya contoh efisiensi seperti efisiensi pengadaan  farmasi, pengadaan alat-alat kesehatan. Ini betul-betul dipikirkan dengan kondisi era globalisasi JKN sekarang ini. Kita juga harus mengutamakan kepentingan masyarakat. Dalam rangka mewujudkan pelayanan yang berkualitas efektif serta kendali mutu kendali biaya tadi. Kerjasama seluruh jajaran RS baik dari pimpinan, manajemen, dokter, perawat, tenaga medis dan non medis harus dilaksanakan,” katanya.

Adanya kepemilikan website baru RSUP Persahabatan, dia memberikan apresiasi pada layanan tersebut. “Saya menyambut baik peluncuran website baru RSUP Persahabatan, hari ini rencana akan diluncurkan. Dengan terintegrasinya website baru dengan aplikasi sistem informasi manajemen RS diharapkan dapat mempermudah akses RS dan meningkatkan kualitas sehingga RSUP Persahabatan juga makin dikenal, tidak hanya di Indonesia diharapkan di kancah internasional,” harap Hesty yang pernah menjadi Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Persahabatan pada tahun 2010.

Pada acara fun family dihadiri para tamu undangan dan pihak sponsor. Nampak hadir pula dr. Mohammad Ali Toha, MARS Dirut RSUP Persahabatan, dr. Zubaedah, Sp.P, MARS Direktur Medik & Keperawatan, drg. Setiawaty, M.Kes Dirum, SDM & Pendidikan, drg. Dince Erwina Indriyani, MARS Direktur Keuangan, para staf dan karyawan RSUP Persahabatan.

Pada kesempatan ini pula dilakukan pemotongan dan pembagian kue dalam rangkaian HUT ke 54 RSUP Persahabatan oleh jajaran Direksi dan perwakilan pihak sponsor.

Acara puncak peringatan HUT RSUP Persahabatan dengan mengadakan kegiatan Fun Family dan Talkshow kesehatan untuk umum. Adapun tema talkshow Bahaya Obesitas Tehadap Pernapasan dan Jantung serta Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan. Pada acara bertajuk fun Family menghadirkan Chef Andrew Karmajana yang mendemokan masakannya & kehadiran artis Reza Artamevia bersama Nova Eliza serta penampilan Band Made oleh Med FKUI.

 

Pada puncak peringatan HUT dilakukannya pelepasan balon udara secara bersama yang dilakukan Direksi RSUP Persahabatan, tamu kehormatan, pihak sponsor dan ketua panitia pelaksana.

Rangkain kegiatan HUT Ke 54 RSUP Persahabatan meliputi Pelayanan IVA, Baksos, Donor darah, Seminar Kesehatan untuk awam, Seminar Medis, Workshop Pengendalian Resistensi Anti Mikroba, Berbagai Lomba, Pemotongan tumpeng di hari Hutnya, Perscom dan diakhiri Fun Family Weekend.

Acara yang dilakukan mendapat perhatian dari seluruh karyawan dan berjalan dengan baik. Kesuksesan seluruh penyelenggaraan acara dibawah koordinasi dr. Vonny Yahya, yang dipercaya menjadi ketua panitia pelaksana HUT Ke 54 RSUP Persahabatan tahun 2017.    

 

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 9 jam yang lalu

5 Makanan Ampuh Lawan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Ada sejumlah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melawan kolesterol jahat. Apa saja? 1...
Mamin - 10 jam yang lalu

4 Makanan ini bisa Bikin Tidur jadi Nyenyak

Wartakesehatan.com - Ada beberapa makanan yang tergolong memiliki gizi tinggi. Tak hanya sehat, beberapa jenis makanan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Wow, Apel Cegah Kolesterol dan Diabetes

Wartakesehatan.com - Apel mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang mampu memberikan kontribusi terbaik terhadap..
Mamin - 12 jam yang lalu

Konsumsi 4 Makanan Ini bisa Cegah Kanker Kulit

Wartakesehatan - Kesehatan kulit bisa saja mengalami masalah apabila terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara..
Mamin - 13 jam yang lalu

Konsumsi Kerang bisa Cegah Anemia

Wartakesehatan.com - Banyaknya menu makanan, makanan laut memiliki ragam manfaat bagi kesehatan. Contonya, kerang yang bisa..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Konsumsi Bawang Merah Mentah bisa Cegah Asma

Wartakesehatan.com - Diketahui, bawang merah mampu melindungi gigi dari kerusakan hingga mencegah serangan asma. Tak..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Cegah Sakit Maag dengan Yogurt

Wartakesehatan.com - Maag dapat bersifat kronis atau akut, tergantung dari kondisi dan berapa lama maag itu terjadi. Maag..
Mamin - 16 jam yang lalu

Jus Wortel dan Kunyit Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Khasiat jus wortel dan kunyit sebagai obat kanker usus sudah dibuktikan oleh penulis buku anak-anak..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Apel dan Anggur Buah yang bisa Mengobati Penyakit Jantung

Wartakesehatan.com - Jantung menjadi organ yang terpenting di dalam tubuh karena memiliki peran yang sangat penting...
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

Kebiasaan ini Bikin Gigi Menderita

Wartakesehatan.com - Ada sejumlah kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat mengakibatkan sakit gigi, bahkan dalam jangka..
Mamin - 19 jam yang lalu

Makanan Ini Ampuh Kurangi Risiko Perdarahan

Wartakesehatan - Nutrisi merupakan suatu bagian penting yang juga tak boleh dilewatkan selain penanganan dan pengobatan..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Waspada, Kecap picu Kanker Payudara

Wartakesehatan.com – Kecap merupakan salah satu bumbu yang paling sering digunakan. Selain sebagai bahan tambahan..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

CISC Edukasi Masyarakat Kenali Kanker Organ Reproduksi Wanita

Wartakesehatan.com – Kanker merupakan penyakit yang cukup member ketakutan bagi masyarakat. Tidak sedikit, masyarakat..
Mamin - 22 jam yang lalu

Konsumsi Es Krim Di Pagi Hari, Bermanfaat!!

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan Yoshihiko Koga, profesor dari Kyorin Universitas, Tokyo, menemukan manfaat..
Mamin - 23 jam yang lalu

4 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Minum air putih selain baik untuk kesehatan tubuh juga dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Manfaat Mandi di Malam Hari

Wartakesehatan - Ternyata kebiasaan orang melakukan mandi malam setelah beraktivitas selama seharian adalah hal yang baik..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Berendam di Air Panas Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com -  Berdasarkan penelitian yang dilakukan Loughborough University, berendam air panas membakar kalori..
Mamin - 1 hari yang lalu

Makan Berlebihan di Malam Hari miliki 4 Efek Buruk

Wartakesehatan.com - Makan adalah salah satu kebutuhan pokok dari manusia selain minum. Biasanya manusia melakukan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

8 Manfaat Ketela bagi Tubuh

Wartakesehatan.com -  Siapa sangka, ketela rambat yang sekilas terkesan sederhana ternyata mampu membawa banyak..
Mamin - 1 hari yang lalu

3 Minuman ini Ampuh Kurangi Berat Badan

Wartakesehatan.com - Para ahli diet mengatakan bahwa air tersebut tidak akan membantu Anda menghilangkan beberapa kilogram..
Mamin - 1 hari yang lalu

Wow, Buah Leci bisa Kurangi Penuaan Dini

Wartakesehatan.com - Buah leci merupakan buah sarat akan asam lemak tak jenuh yang membantu dalam penyerapan beta karoten..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Stres bikin Badan Tambah Gemuk

Wartakesehatan.com - Stres sendiri merupakan salah satu perasaan yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya..
Ibu & Anak - 1 hari yang lalu

Anak alami Cacingan, sebaiknya Anda Waspada!

Wartakesehatan.com - Praktisi kesehatan dr Cindhe Puspito mengatakan cacingan pada anak kerap kali tidak disarari oleh..
Mamin - 1 hari yang lalu

5 Makanan yang Baik bagi Kesehatan Hati

Wartakesehatan.com - Mengutip dari boldsky, hati merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Jika hati gagal..
Mamin - 1 hari yang lalu

Minum 6 Minuman ini jika Ingin Sehat

Wartakesehatan.com - Ada orang yang berusaha makan sehat dalam kesehariannya. Tetapi, itu akan menjadi ‘rusak’..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Cegah Penyakit Kanker dengan Gooseberry

Wartakesehatan.com - Bluberry, tomat, brokoli dan makanan lainnya sudah terbukti dapat mencegah kanker.​ M​uncul satu..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui 7 Manfaat Sehat Alpukat

Wartakesehatan.com - Orang justru cenderung menghindari makan alpukat karena dianggap mengandung lemak. Namun, para..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Kecing sambil Duduk ini 3 Manfaatnya!

Wartakesehatan - Hampir semua pria lebih memilih posisi berdiri saat buang air kecil atau kencing, hal ini karena telah menjadi..
Mamin - 1 hari yang lalu

Serat Sangat Bermanfaat bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Serat adalah nutrisi yang sangat baik buat tubuh karena ia memiliki banyak manfaat sehat. Serat..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kurang Tidur picu Gaya Hidup Tak Sehat

Wartaksehatan.com - Bukan hanya menyebabkan daya tahan tubuh menurun, tapi kurang tidur juga dapat memicu seseorang..

+Indeks