Yuk, Memahami Produk Aman Styrofoam !

Oleh : Irawan Mohamad | Selasa, 14 Nopember 2017 | 06:33 WIB


Para mahasiswa ITB dari berbagai jurusan antusias mengikuti Pada kuliah umum bertemakan Styrofoam dalam Kehidupan Seharihari dan Pendayagunaan Sampah Polistirena, yang digelar di Kampus ITB Bandung, Senin (13/11/17).

Wartakesehatan.com, Bandung - Rasa takut akan menggunakan produk Styrofoam menghinggapi masyarakat tanah air, terlebih bagi mereka yang mengkonsumsi makanan pinggir jalan, pasalnya sejumlah elemen kemasyarakatan menggaungkan berbagai pandangan tentang bahaya penggunaan Styrofoam sebagai pembungkus makanan. Namun, bagaimana jika ternyata Styrofoam aman digunakan bagi produk makanan ?

Pada kuliah umum bertemakan Styrofoam dalam Kehidupan Seharihari dan Pendayagunaan Sampah Polistirena, lr. Akhmad Zainal Abidin, M.Sc., Ph.D. Tenaga Ahli dari Lembaga Aflliasi Perguruan Tinggi dan lndustri (LAPI) ITB memberikan pandangan baru tentang polistirena (biasa dikenal dengan Styrofoam) baik dalam penggunaan maupun pendayagunaan sampahnya. 

Pada kuliah umum yang dilaksanakan di Gedung Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung, dia menjelaskan fakta-fakta yang selama ini tidak diketahui secara luas oleh masyarakat pada umumnya tentang bahan yang terbuat dari monomer stirena. 

Polistirena (yang sering disebut Styrofoam) merupakan bahan utama dari berbagai produk yang sudah sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain kemasan makanan dan pembungkus elektronik. Penggunaan kemasan makanan dari polistirena ini menjadi kontroversi ketika banyak orang percaya bahwa bahan utama yang secara ilmiah dikenal dengan stirena tidak aman untuk kesehatan dan memberi dampak buruk bagi tubuh manusia. Stirena merupakan zat kimia yang terdapat dalam makanan pokok yang biasa dikonsumsi seperti stroberi, kopi, dan kacang. 

"Jumlah stirena yang ada dalam kemasan makanan yang terbuat dari polistirena adalah 0 39 ppm [part per million). Jumlah ini sama dengan yang terkandung dalam kayu manis, daging sapi, biji kopi, stroberi, kacang dan tepung yang kita konsumsi langsung sehari-hari," terang Prof. Zainal, yang juga dosen dari Program Studi Teknik Kimia ITB dan Budi Sadiman, Business Development dari Indonesian Olefin, Aromatic and Plastic Industry Association (lnaplas), Senin, (13/11/17).

Kemasan makanan dari polistirena banyak digunakan oleh pedagang makanan di pinggir jalan. Kemasan ini tidak hanya dapat menahan panas dan dinginnya makanan, menjaga higienitas, tetapi juga kemasan ini lebih murah dibandingkan dengan pembungkus makanan lainnya. Namun, para aktivis lingkungan aktif meneriakkan soal produk ramah lingkungan dan meminta bahan ini diganti dengan bahan lain, seperti kemasan berbahan dasar kertas. Walau pada faktanya, kertas yang kelihatan lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan ternyata justru sebaliknya. 

"Kertas, yang sering dipakai sebagai substitusi kemasan makanan dari polistirena memberi kesan lebih ramah lingkungan. Namun pada faktanya, kemasan berbahan dasar kertas memberi dampak buruk yang lebih besar terhadap lingkungan. Bukan hanya soal banyaknya pohon yang ditebang, melainkan juga kertas pembungkus makanan tersebut pada hakikatnya berlapis plastik yang membuatnya susah untuk didaur ulang," terang Sadiman. 

Lebih jauh dia menjelaskan, ramah lingkungan itu bukan lagi persoalan mana yang terurai lebih cepat oleh alam, tetapi mana yang siklus atau daur hidupnya lebih ramah lingkungan, mulai dari bahan baku, cara produksi. penggunaan produknya, sampai pendaur-ulangan sampahnya adalah yang paling sedikit memakan energi, tidak menimbulkan pemanasan global, dan sumber daya alam yang dipakai tidak berlebihan. 

"Kemasan makanan polistirena terdiri dari 10% stirena dan 90% udara yang membuatnya menjadi kemasan plastik paling murah. "Sebenarnya, polistirena adalah material organik. la terbentuk dari karbon dan hidrogen. Sebuah material kita defenisikan organik jika terdiri dari unsur karbon, hidrogen dan oksigen," paparnya.

Paradigma Baru

Ahmad Ilham Ali Yafi, mahasiswa jurusan Teknik Kimia ITB, salah satu peserta dalam kuliah umum mengungkapkan pendapatnya setelah mengikuti kuliah yang berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam ini, bagaimana kuliah umum seperti ini membuka paradigma baru dan pemikirannya tentang polistirena selama ini. 

"Ternyata dilihat secara keseluruhan, sangat ramah lingkungan, limbah dari polistirena ini bisa juga dipecah kembali jadi monomer dan dibuat kembali jadi produk. Harganya juga sangat murah dan membantu pedagang pinggir jalan. Pernyataan dari pemerintah lokal yang melarang tentang Styrofoam ini menurut saya perlu dikaji lebih lanjut," ungkapnya.

Masih menurut dia, kemasan yang murah bukan hanya menolong para pedagang kaki lima, tetapi juga konsumen. Jika para pedagang harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk kemasan, maka mereka akan membebankan pengeluaran tersebut kepada konsumen, agar keuntungan mereka tidak berubah. Hal ini akan berdampak pada harga makanan yang semakin tinggi, dan akan menyusahkan masyarakat kelas bawah. 

"Seandainya kita mengganti kemasan menjadi berbahan dasar kertas, maka harga makanan akan meningkat Rp2.000 Rp5.000. Hal ini juga akan mempengaruhi angka penjualan, karena konsumen akan ragu membeli makanan kali lima yang mahal," katanya.

Senada dengan Ahmad Ilham, Mahasiswi jurusan Desain Produk lTB tingkat akhir, Nadia, mengaku terkesan dengan kuliah umum yang ia ikuti karena memberinya pandangan baru yang ilmiah tentang kemasan makanan polistirena. 

"Sebelumnya, saya percaya bahwa polistirena tidak baik buat kesehatan karena orang-orang bilang begitu, tapi setelah ikut kelas ini, saya jadi tahu bahwa ternyata tidak berbahaya seperti apa yang dikatakan orang-orang. Hal ini berdasarkan data ilmiah dan fakta yang disajikan tadi. Sehabis ini, saya akan bagikan informasi ini ke teman-teman saya melalui social media, supaya semua bisa tahu fakta ini dan tidak salah kaprah lagi," imbuhnya. 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 46 menit yang lalu

4 Penyakit yang sering Menyerang Wanita

Wartakesehatan.com - Kadang kamu suka heran kenapa kamu tak pernah bermasalah dengan makanan super pedas. Sementara, teman satu..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat dan Aktif saat Bekerja

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama justru bisa bikin tulang punggung cedera. Selain itu, tubuh yang kurang gerak juga akan..
Ibu & Anak - 2 jam yang lalu

Ingin Anak Cerdas? Berikan 10 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Salah satu faktor yang memengaruhi kecerdasan seseorang adalah kesehatan, aktivitas fisik, faktor..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Tidur Siang bikin Otak Anda Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Wow, Ternyata Berkebun bisa jadi Terapi

Wartakesehatan.com - Hasil studi terbaru yang dilakukan oleh Fakultas Kesehatan Harvard University dan Brigham and Women's..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Manfaat Daun Bawang yang KayaVitamin

Wartakesehatan.com - Satu cangkir daun bawang--kira-kira satu batang utuh--mengandung hanya 54 kalori. Hal ini..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Minum Air Putih Cara Sehat di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Seringkali kita lupa bagaimana cara menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat. Pagi hari merupakan waktu..
Mamin - 8 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Tahu

Wartakesehatan.com - Tahu berbahan dasar kedelai yang kaya akan manfaat kesehatan. Bahan alaminya ini cocok sebagai sajian..
Seks - 9 jam yang lalu

Ereksi di Pagi Hari Pertanda Sehat

Wartakesehatan.com - Anda, terutama para pria pasti pernah mengalami saat pagi hari bangun tiba-tiba menemui penisnya..
Ibu & Anak - 10 jam yang lalu

Ibu Hamil Baik Konsumsi Susu Kedelai

Wartakesehatan.com - Tak hanya enak untuk dikonsumsi, susu kedelai juga mempunyai banyak manfaat yang menguntungkan bagi..
Mamin - 11 jam yang lalu

Beberapa Jenis Ikan Penting jadi Menu Harian

Wartakesehatan.com - Para penggemar diet Mediterania sudah merasakan pentingnya mengkonsumsi lemak sehat dari ikan dan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cegah Penyakit Jantung dengan Air Kelapa

Wartakesehatan.com -   Para olahragawan dianjurkan mengonsumsi air kelapa usai bertanding karena dapat mengembalikan..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Kenali dengan Cermat 10 Tanda Kanker

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri kanker masih merupakan salah satu penyakit yang menakutkan dimuka bumi. Bagaimana tidak..
Mamin - 22 jam yang lalu

Tubuh Butuh Sayuran Hijau

Wartakesehatan.com - Rutin mengonsumsi sayuran hijau bisa membuat tubuh langsing, menjadi antioksidan hingga..
Mamin - 23 jam yang lalu

Makanan Pedas bisa Memperpanjang Umur

Wartakesehatan - Mempunyai umur panjang dan tubuh yang sehat selama hidup tentunya harapan setiap orang di dunia ini...
Mamin - 1 hari yang lalu

Kandungan Sehat yang Terdapat pada Buah Sawo

Wartakesehatan.com -   Sawo yang sudah matang memiliki daging buah yang banyak mengandung air. Kulitnya sangat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

8 Gaya Hidup Sehat ampuh Cegah Kanker

Wartakesehatan.com - Sebuah perubahan sederhana dalam gaya hidup bisa membuat terhindar dari kanker. Inilah beberapa gaya..
Ibu & Anak - 1 hari yang lalu

3 Jenis Makanan yang Wajib di Konsumsi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com -  Dalam masa trimester pertama, ibu hamil masih berada pada kondisi yang sangat rentan terutama bagi..
1 hari yang lalu

Pilihan Terbaik untuk Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com - Dalam menjalani gaya hidup sehat. Seringkali terdapat beberapa pilihan untuk membantu kesehatan tubuh...
Mamin - 1 hari yang lalu

Jumlah Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesahatan.com - Anda mesti tahu cara menakar jumlah asupan makanan saat makan siang. Ahli gizi Stephanie  Clarke..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Wow, Sendawa ternyata Baik bagi Pencernaan

Wartakesehatan.com - Perilaku yang satu ini sering dianggap sebagai kebiasaan buruk yang kurang sopan, apalagi jika..
Mamin - 1 hari yang lalu

Ternyata Cumi Kaya akan Nutrisi

Wartakesehatan.com - Jenis seafood yang satu ini memiliki daging yang manis dan gurih, sehingga membuat cumi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Cara ini bisa Menambah Tinggi Badan

Wartakesehatan.com - Sejatinya, banyak cara untuk menjadikan tubuh lebih tinggi. Hal itu dapat dilakukan mulai dari cara..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mandi Air Dingin di Pagi Hari miliki 5 Manfaat

Wartakesehatan.com - Tahukah anda ? mandi pagi merupakan salah satu aktivitas yang begitu sulit dilakukan oleh sebagian..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Wah, Kulit Pisang bisa Obati Radang

Wartakesehatan.com - Kulit pisang mengandung vitamin B6 yang tinggi dan vitamin B12. Pisang juga mengandung magnesium dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

3 Tips Mendapatkan Rambut Sehat dan Panjang

Wartakeehatan.com - Memiliki rambut panjang juga membutuhkan perhatian khusus. Jika Anda tidak merawat dengan baik, rambut..
Tekhnologi - 1 hari yang lalu

Dampak Radiasi Smartphone pada Kesehatan

Wartakesehatan.com - Smartphone sekarang telah menjadi bagian dalam hidup, bahkan ketika tidur pun kotak kecil canggih ini..
Mamin - 1 hari yang lalu

Ingin Gigi Sehat? Coba Asupan ini!

Wartakesehatan - Untuk menjaga gigi dan mulut agar tetap sehat salah satunya yaitu dengan cara teratur menyikat gigi. Tapi..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Kebiasaan Sederhana Ini bisa Lawan Kanker

Wartakesehatan.com - Sebagai salah satu penyakit kronis yang mematikan dan sulit disembuhkan, kanker adalah penyakit yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 4 Manfaat Push Up bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak adanya ketersediaan waktu atau pun alat penunjang yang memadai, menjadi alasan klasik banyak..

+Indeks