AstraZeneca Didukung CISC dan KPKN Luncurkan Situs www.lvngWithIndonesia.com

Oleh : Irawan Mohamad | Selasa, 14 Nopember 2017 | 08:24 WIB



Wartakesehatan.com, Jakarta -Situs www.lvngWithIndonesia.com (LVNG With Indonesia) diluncurkan sebagai wadah akses kebutuhan informasi dan dukungan bagi pasien kanker paru di Indonesia. Peluncuran situs LVNG diharapkan dapat menjadi platform yang inspiratif bagi para penderita kanker paru guna meningkatkan motivasi hidup para pasien.

Kerjasama PT AstraZeneca Indonesia (AstraZeneca) dengan Cancer Information and Support Center (CISC) melalui situs online www.lvngWithIndonesia.com dan halaman Facebook “Hidup Dengan Kanker Paru - Living With Lung Cancer” menjadi salah satu sarana akses kebutuhan informasi dan dukungan bagi pasien kanker paru di Indonesia. Ini juga merupakan salah satu wujud nyata dari hasil MoU kerjasama antara AstraZeneca dengan Kementerian Kesehatan dalam upaya menangani dan mencegah penyakit tidak menular.

“Di AstraZeneca, kami telah mengembangkan pola pikir yang berpusat pada pasien secara konsisten, guna membedakan kami sebagai perusahaan yang secara efektif menghubungkan pasien dengan ilmu pengetahuan dan obat-obatan kami. Kami yakin bahwa dengan memusatkan pasien pada setiap kegiatan, mulai dari penemuan obat hingga pengembangan produk melalui komersialisasi, kami akan dapat menghasilkan dampak yang bermakna bagi kesehatan pasien dan meningkatkan kondisi pasien dengan obat-obatan inovatif kami," ungkap Dr. Andi Marsali, Medical Director of PT. AstraZeneca Indonesia.

Hasil studi yang dilakukan Roy Castle Lung Cancer Foundation mengemukakan fakta bahwa sepertiga dari kasus penyakit paru kanker baru terdeteksi 90 hari sebelum pasiennya meninggal. 

Selain itu, satu dari 20 penderita kanker paru baru terdiagnosa bahwa mereka mengidap kanker paru setelah mereka meninggal. Secara umum, tingkat kesadaran masyarakat mengenai penyakit kanker paru memang masih sangat rendah. 

Dokter Spesialis Paru-Paru RS Pondok Indah dr Achmad Hudoyo, SpP(K),  menjelaskan kanker paru stadium awal biasanya tidak menunjukkan gejala. Oleh karena itu, diperlukan deteksi dini untuk mengetahuinya agar kemungkinan sembuh semakin besar. 

"Jika kanker paru terdeteksi lebih dini, penderita kanker memiliki peluang hidup lima tahun lebih lama. Hal yang bisa dilakukan sebagai langkah deteksi dini yang paling mudah adalah dengan melakukan rontgen paru. Selain itu, pasien juga dapat melakukan diagnosis dini yang lebih sensitif dengan CT Scan (LDCT / Low Dose CT Scan)," jelasnya, di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Bulan November sebagai bulan peduli kanker paru, menjadi momentum bagi masyarakat dunia untuk terus melakukan berbagai inisiatif dalam menangulangi penyakit mematikan ini. 

“Di AstraZeneca, kami berkomitmen untuk terus mewujudkan dukungan terhadap pemerintah setempat dalam hal pembangunan kesehatan di Indonesia, sebagai contoh kami menyediakan uji coba e-GFR5 gratis untuk pasien kanker paru yang memiliki BPJS," terang Rizman Abudaeri, Pimpinan PT AstraZeneca Indonesia.

Lebih jauh Rizman, memaparkan sebagai mitra Kementerian Kesehatan, salah satu fokus PT AstraZeneca Indonesia adalah pengadaan program-program kesehatan untuk Penyakit Tidak Menular (PTM), yang kali ini diwujudkan melalui peluncuran situs www.lvngWithIndonesia.com (LVNG With Indonesia) dan laman Facebook “Hidup Dengan Kanker Paru - Living with Lung Cancer”.

"Dengan adanya peran serta lokal komunitas maupun lembaga kesehatan, kami semakin bersemangat dapat ikut berpartisipasi dan memberikan kontribusi positif untuk para penderita kanker paru. Melalui situs LVNGWithIndonesia diharapkan, kami dapat mengambil bagian dalam rangka mengurangi prevalensi penyakit kanker paru di masyarakat Indonesia, yang mana belum diterapkan,” papar Rizman.

Situs LVNGWithIndonesia merupakan portal online baru yang dapat menjadi wadah sumber informasi bagi para pembacanya, yang didominasi oleh cerita personal dari para penderita kanker paru. Melalui situs ini, pasien kanker paru dapat berbagi cerita dengan pasien lainnya sehingga mereka dapat memotivasi dan menginspirasi satu sama lain.

Untuk Saling Berkomunikasi dan Terhubung”, situs LVNGWithIndonesia juga bertujuan untuk mendorong kerabat, keluarga, serta para keluarga atau kerabat terdekat penderita kanker paru agar mereka dapat menjadi sistem pendukung yang memadai selama proses pemulihan. 

"Salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh para penderita kanker paru adalah dukungan dari lingkungan sekitarnya. Para penderita kanker paru kerapkali mendapat perlakuan berbeda dari lingkungan sekitarnya. Situasi seperti ini bisa mempengaruhi tingkat motivasi para penderita kanker paru untuk melakukan proses pemulihan. Secara psikologis, tingginya motivasi yang dimiliki oleh para penderita kanker paru dapat membantu mereka dalam menjalani proses pemulihannya,” jelas dr. Achmad Hudoyo, SpP(K). 

Di saat yang bersamaan dengan peluncuran situs LVNGWithIndonesia, PT AstraZeneca Indonesia bersama dengan CISC dan KPKN, juga mengadakan kegiatan edukasi kepada kurang lebih 151 pasien kanker paru. Kegiatan ini merupakan langkah awal dari serangkaian kegiatan Lung Cancer Awareness yang bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat tentang kanker paru serta pentingnya melakukan deteksi dini kanker paru. 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 46 menit yang lalu

4 Penyakit yang sering Menyerang Wanita

Wartakesehatan.com - Kadang kamu suka heran kenapa kamu tak pernah bermasalah dengan makanan super pedas. Sementara, teman satu..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat dan Aktif saat Bekerja

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama justru bisa bikin tulang punggung cedera. Selain itu, tubuh yang kurang gerak juga akan..
Ibu & Anak - 2 jam yang lalu

Ingin Anak Cerdas? Berikan 10 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Salah satu faktor yang memengaruhi kecerdasan seseorang adalah kesehatan, aktivitas fisik, faktor..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Tidur Siang bikin Otak Anda Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Wow, Ternyata Berkebun bisa jadi Terapi

Wartakesehatan.com - Hasil studi terbaru yang dilakukan oleh Fakultas Kesehatan Harvard University dan Brigham and Women's..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Manfaat Daun Bawang yang KayaVitamin

Wartakesehatan.com - Satu cangkir daun bawang--kira-kira satu batang utuh--mengandung hanya 54 kalori. Hal ini..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Minum Air Putih Cara Sehat di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Seringkali kita lupa bagaimana cara menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat. Pagi hari merupakan waktu..
Mamin - 8 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Tahu

Wartakesehatan.com - Tahu berbahan dasar kedelai yang kaya akan manfaat kesehatan. Bahan alaminya ini cocok sebagai sajian..
Seks - 9 jam yang lalu

Ereksi di Pagi Hari Pertanda Sehat

Wartakesehatan.com - Anda, terutama para pria pasti pernah mengalami saat pagi hari bangun tiba-tiba menemui penisnya..
Ibu & Anak - 10 jam yang lalu

Ibu Hamil Baik Konsumsi Susu Kedelai

Wartakesehatan.com - Tak hanya enak untuk dikonsumsi, susu kedelai juga mempunyai banyak manfaat yang menguntungkan bagi..
Mamin - 11 jam yang lalu

Beberapa Jenis Ikan Penting jadi Menu Harian

Wartakesehatan.com - Para penggemar diet Mediterania sudah merasakan pentingnya mengkonsumsi lemak sehat dari ikan dan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cegah Penyakit Jantung dengan Air Kelapa

Wartakesehatan.com -   Para olahragawan dianjurkan mengonsumsi air kelapa usai bertanding karena dapat mengembalikan..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Kenali dengan Cermat 10 Tanda Kanker

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri kanker masih merupakan salah satu penyakit yang menakutkan dimuka bumi. Bagaimana tidak..
Mamin - 22 jam yang lalu

Tubuh Butuh Sayuran Hijau

Wartakesehatan.com - Rutin mengonsumsi sayuran hijau bisa membuat tubuh langsing, menjadi antioksidan hingga..
Mamin - 23 jam yang lalu

Makanan Pedas bisa Memperpanjang Umur

Wartakesehatan - Mempunyai umur panjang dan tubuh yang sehat selama hidup tentunya harapan setiap orang di dunia ini...
Mamin - 1 hari yang lalu

Kandungan Sehat yang Terdapat pada Buah Sawo

Wartakesehatan.com -   Sawo yang sudah matang memiliki daging buah yang banyak mengandung air. Kulitnya sangat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

8 Gaya Hidup Sehat ampuh Cegah Kanker

Wartakesehatan.com - Sebuah perubahan sederhana dalam gaya hidup bisa membuat terhindar dari kanker. Inilah beberapa gaya..
Ibu & Anak - 1 hari yang lalu

3 Jenis Makanan yang Wajib di Konsumsi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com -  Dalam masa trimester pertama, ibu hamil masih berada pada kondisi yang sangat rentan terutama bagi..
1 hari yang lalu

Pilihan Terbaik untuk Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com - Dalam menjalani gaya hidup sehat. Seringkali terdapat beberapa pilihan untuk membantu kesehatan tubuh...
Mamin - 1 hari yang lalu

Jumlah Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesahatan.com - Anda mesti tahu cara menakar jumlah asupan makanan saat makan siang. Ahli gizi Stephanie  Clarke..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Wow, Sendawa ternyata Baik bagi Pencernaan

Wartakesehatan.com - Perilaku yang satu ini sering dianggap sebagai kebiasaan buruk yang kurang sopan, apalagi jika..
Mamin - 1 hari yang lalu

Ternyata Cumi Kaya akan Nutrisi

Wartakesehatan.com - Jenis seafood yang satu ini memiliki daging yang manis dan gurih, sehingga membuat cumi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Cara ini bisa Menambah Tinggi Badan

Wartakesehatan.com - Sejatinya, banyak cara untuk menjadikan tubuh lebih tinggi. Hal itu dapat dilakukan mulai dari cara..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mandi Air Dingin di Pagi Hari miliki 5 Manfaat

Wartakesehatan.com - Tahukah anda ? mandi pagi merupakan salah satu aktivitas yang begitu sulit dilakukan oleh sebagian..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Wah, Kulit Pisang bisa Obati Radang

Wartakesehatan.com - Kulit pisang mengandung vitamin B6 yang tinggi dan vitamin B12. Pisang juga mengandung magnesium dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

3 Tips Mendapatkan Rambut Sehat dan Panjang

Wartakeehatan.com - Memiliki rambut panjang juga membutuhkan perhatian khusus. Jika Anda tidak merawat dengan baik, rambut..
Tekhnologi - 1 hari yang lalu

Dampak Radiasi Smartphone pada Kesehatan

Wartakesehatan.com - Smartphone sekarang telah menjadi bagian dalam hidup, bahkan ketika tidur pun kotak kecil canggih ini..
Mamin - 1 hari yang lalu

Ingin Gigi Sehat? Coba Asupan ini!

Wartakesehatan - Untuk menjaga gigi dan mulut agar tetap sehat salah satunya yaitu dengan cara teratur menyikat gigi. Tapi..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Kebiasaan Sederhana Ini bisa Lawan Kanker

Wartakesehatan.com - Sebagai salah satu penyakit kronis yang mematikan dan sulit disembuhkan, kanker adalah penyakit yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 4 Manfaat Push Up bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak adanya ketersediaan waktu atau pun alat penunjang yang memadai, menjadi alasan klasik banyak..

+Indeks