Waspada, 3 Masalah Kesehatan pada Tulang

Oleh : Dirk/1health.id | Rabu, 15 Nopember 2017 | 12:10 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Ketika memasuki masa lansia, masalah kelainan pada tulang kerap dianggap sebagai penyakit yang wajar dialami. Padahal menjadi tua dan sehat sebenarnya merupakan sebuah pilihan yang bisa Anda putuskan sejak masih muda. Ada tiga jenis penyakit yang berkaitan dengan kesehatan tulang. Benarkah penyakit tersebut wajar dialami oleh lansia? Apakah kelainan tulang di usia lanjut dapat dicegah saat masih muda?

Osteoporosis

Osteoporosis merupakan sebuah kelainan tulang yang disebabkan oleh berkurangnya kepadatan massa tulang sehingga tulang menjadi keropos atau rapuh. Usia memang menjadi salah satu faktor risiko penyebab osteoporosis. Namun, ada beberapa penyebab osteoporosis lainnya yaitu jenis kelamin. Dalam kasus ini wanita yang sudah mengalami menopause akan lebih rentan mengalami osteoporosis. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang tidak baik, kurang aktivitas fisik, merokok dan konsumsi alkohol juga memberi andil pada kejadian osteoporosis. Menurut Sunaryo, dokter spesialis ortopedi, Siloam Hospitals Kebon Jeruk, osteoporosis dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan perbanyak aktivitas fisik. “Secara alami manusia memang akan mengalami penurunan kepadatan tulang hingga berakibat osteoporosis tapi mulai usia berapanya bisa kita perlambat dengan gaya hidup sehat,” ucap Sunaryo.

Osteoporosis terjadi karena kurangnya kadar kalsium dalam tulang. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya vitamin D yang membantu penyerapan kalsium. Jadi, kalsium dan vitamin D bersinergi untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda. Untuk itu pilihlah makanan yang mengandung banyak kalsium seperti kacang-kacangan, brokoli, susu, dan lain-lain.

Osteoporosis yang parah dapat menyebabkan patah tulang sehingga penderitanya bisa menjadi cacat dan kualitas hidupnya menurun. Osteoporosis sering menyebabkan nyeri di sekitar punggung dan pinggul namun tidak diketahui dengan pasti di mana letak persis nyerinya. Agar osteoporosis tidak berakhir dengan patah tulang sebaiknya ciptakan lingkungan yang aman dan minim risiko bagi penderita. Selain itu hindari juga aktivitas berat atau olahraga yang memiliki gerakan menghentak atau berhenti mendadak. Olahraga yang cocok dilakukan oleh penderita osteoporosis adalah jalan kaki, senam, yoga dan berenang.

Osteomalasia

Osteomalasia merupakan kelainan yang terjadi saat proses pembentukan tulang. Gejala yang ditimbulkan hampir mirip dengan osteoporosis yaitu adanya nyeri di sekitar tulang punggung dan pinggul. Namun, osteomalasia terjadi lebih dini sehingga dapat dialami juga oleh anak-anak. Osteomalasia terjadi akibat penurunan fungsi vitamin D sehingga tidak bisa menyerap kalsium yang dibutuhkan oleh tulang atau tidak bisa memasukkan kalsium ke dalam tulang. Dengan begitu maka tulang menjadi lunak dan mudah patah. Karena terjadi akibat penurunan fungsi vitamin D maka osteomalasia sangat sulit untuk dicegah. Namun masih bisa diobati dengan pemberian obat dan terapi enzim. Osteomalasia sering terjadi pada orang yang memiliki gangguan pada tiroid.

Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan peradangan yang terjadi pada tulang sendi. Biasanya terjadi pada sendi yang terdapat pada lutut. Osteoarthritis sering disebut dengan pengapuran atau penuaan sendi. Pada oesteoarthritis, sendi tidak dapat menjalani proses regenerasi sehingga menyebabkan kerusakan. Penderita osteoarthritis sering mengalami nyeri yang sangat hebat pada lutut. Selain karena faktor usia, osteoarthritis sering terjadi akibat kegemukan dengan posisi lutut menahan beban yang berat dan juga karena adanya trauma yang tidak ditangani dengan baik. Osteoarthritis sering dialami oleh atlet yang banyak melakukan gerakan berat dan bertumpu pada lutut. Pada tahap stadium awal, osteoarthritis dapat ditangani dengan pemberian obat dan perubahan gaya hidup. Sementara bila sudah stadium lanjut harus dilakukan tindakan operasi pergantian sendi.

Sebelum menjadi penyakit yang parah, Anda sebaiknya melakukan tes kepadatan tulang secara rutin untuk mengetahui ada atau tidaknya potensi untuk menderita penyakit kelainan tulang tersebut. Selain itu, Sunaryo juga menyarankan agar selalu bergerak aktif. “Terutama bagi yang masih muda, sebaiknya lakukan aktivitas fisik setiap hari agar tulang lebih kuat dan jangan lupa untuk memperbaiki gaya hidup,” papar Sunaryo.


loading...


Fokus : Tulang


#Tulang
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 9 jam yang lalu

5 Makanan Ampuh Lawan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Ada sejumlah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melawan kolesterol jahat. Apa saja? 1...
Mamin - 10 jam yang lalu

4 Makanan ini bisa Bikin Tidur jadi Nyenyak

Wartakesehatan.com - Ada beberapa makanan yang tergolong memiliki gizi tinggi. Tak hanya sehat, beberapa jenis makanan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Wow, Apel Cegah Kolesterol dan Diabetes

Wartakesehatan.com - Apel mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang mampu memberikan kontribusi terbaik terhadap..
Mamin - 12 jam yang lalu

Konsumsi 4 Makanan Ini bisa Cegah Kanker Kulit

Wartakesehatan - Kesehatan kulit bisa saja mengalami masalah apabila terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara..
Mamin - 13 jam yang lalu

Konsumsi Kerang bisa Cegah Anemia

Wartakesehatan.com - Banyaknya menu makanan, makanan laut memiliki ragam manfaat bagi kesehatan. Contonya, kerang yang bisa..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Konsumsi Bawang Merah Mentah bisa Cegah Asma

Wartakesehatan.com - Diketahui, bawang merah mampu melindungi gigi dari kerusakan hingga mencegah serangan asma. Tak..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Cegah Sakit Maag dengan Yogurt

Wartakesehatan.com - Maag dapat bersifat kronis atau akut, tergantung dari kondisi dan berapa lama maag itu terjadi. Maag..
Mamin - 16 jam yang lalu

Jus Wortel dan Kunyit Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Khasiat jus wortel dan kunyit sebagai obat kanker usus sudah dibuktikan oleh penulis buku anak-anak..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Apel dan Anggur Buah yang bisa Mengobati Penyakit Jantung

Wartakesehatan.com - Jantung menjadi organ yang terpenting di dalam tubuh karena memiliki peran yang sangat penting...
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

Kebiasaan ini Bikin Gigi Menderita

Wartakesehatan.com - Ada sejumlah kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat mengakibatkan sakit gigi, bahkan dalam jangka..
Mamin - 19 jam yang lalu

Makanan Ini Ampuh Kurangi Risiko Perdarahan

Wartakesehatan - Nutrisi merupakan suatu bagian penting yang juga tak boleh dilewatkan selain penanganan dan pengobatan..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Waspada, Kecap picu Kanker Payudara

Wartakesehatan.com – Kecap merupakan salah satu bumbu yang paling sering digunakan. Selain sebagai bahan tambahan..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

CISC Edukasi Masyarakat Kenali Kanker Organ Reproduksi Wanita

Wartakesehatan.com – Kanker merupakan penyakit yang cukup member ketakutan bagi masyarakat. Tidak sedikit, masyarakat..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Es Krim Di Pagi Hari, Bermanfaat!!

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan Yoshihiko Koga, profesor dari Kyorin Universitas, Tokyo, menemukan manfaat..
Mamin - 1 hari yang lalu

4 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Minum air putih selain baik untuk kesehatan tubuh juga dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Manfaat Mandi di Malam Hari

Wartakesehatan - Ternyata kebiasaan orang melakukan mandi malam setelah beraktivitas selama seharian adalah hal yang baik..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Berendam di Air Panas Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com -  Berdasarkan penelitian yang dilakukan Loughborough University, berendam air panas membakar kalori..
Mamin - 1 hari yang lalu

Makan Berlebihan di Malam Hari miliki 4 Efek Buruk

Wartakesehatan.com - Makan adalah salah satu kebutuhan pokok dari manusia selain minum. Biasanya manusia melakukan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

8 Manfaat Ketela bagi Tubuh

Wartakesehatan.com -  Siapa sangka, ketela rambat yang sekilas terkesan sederhana ternyata mampu membawa banyak..
Mamin - 1 hari yang lalu

3 Minuman ini Ampuh Kurangi Berat Badan

Wartakesehatan.com - Para ahli diet mengatakan bahwa air tersebut tidak akan membantu Anda menghilangkan beberapa kilogram..
Mamin - 1 hari yang lalu

Wow, Buah Leci bisa Kurangi Penuaan Dini

Wartakesehatan.com - Buah leci merupakan buah sarat akan asam lemak tak jenuh yang membantu dalam penyerapan beta karoten..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Stres bikin Badan Tambah Gemuk

Wartakesehatan.com - Stres sendiri merupakan salah satu perasaan yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya..
Ibu & Anak - 1 hari yang lalu

Anak alami Cacingan, sebaiknya Anda Waspada!

Wartakesehatan.com - Praktisi kesehatan dr Cindhe Puspito mengatakan cacingan pada anak kerap kali tidak disarari oleh..
Mamin - 1 hari yang lalu

5 Makanan yang Baik bagi Kesehatan Hati

Wartakesehatan.com - Mengutip dari boldsky, hati merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Jika hati gagal..
Mamin - 1 hari yang lalu

Minum 6 Minuman ini jika Ingin Sehat

Wartakesehatan.com - Ada orang yang berusaha makan sehat dalam kesehariannya. Tetapi, itu akan menjadi ‘rusak’..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Cegah Penyakit Kanker dengan Gooseberry

Wartakesehatan.com - Bluberry, tomat, brokoli dan makanan lainnya sudah terbukti dapat mencegah kanker.​ M​uncul satu..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui 7 Manfaat Sehat Alpukat

Wartakesehatan.com - Orang justru cenderung menghindari makan alpukat karena dianggap mengandung lemak. Namun, para..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Kecing sambil Duduk ini 3 Manfaatnya!

Wartakesehatan - Hampir semua pria lebih memilih posisi berdiri saat buang air kecil atau kencing, hal ini karena telah menjadi..
Mamin - 1 hari yang lalu

Serat Sangat Bermanfaat bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Serat adalah nutrisi yang sangat baik buat tubuh karena ia memiliki banyak manfaat sehat. Serat..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kurang Tidur picu Gaya Hidup Tak Sehat

Wartaksehatan.com - Bukan hanya menyebabkan daya tahan tubuh menurun, tapi kurang tidur juga dapat memicu seseorang..

+Indeks