Rakernas &Temu Ilmiah IPKKI 2017, Sinergikan Dengan Program Indonesia Sehat

Oleh : ibrahim romending | Kamis, 16 Nopember 2017 | 23:45 WIB


Acara Rakernas & Temu Ilmiah IPKKI 2017 di Hotel Aston Cengkareng Jakarta, 16-18 November 2017

Wartakesehatan.com - Berbagai usaha dan upaya dilakukan untuk mendukung terciptanya keluarga yang mandiri dalam hidup sehat. Selain dapat memberikan kehidupan yang sehat dalam lingkungan terkecil namun dapat memberikan dampak besar dalam membantu program pemerintah di bidang kesehatan. Perlunya pendamping bagi setiap keluarga untuk mewujudkan keinginan agar program yang dioprioritaskan dapat berhasil dengan baik sesuai dengan harapan. Tentunya peranan perawat sebagai tenaga profesional menjadi pendamping pada setiap keluarga lebih dioptimalkan.

 

Kebijakan Pemerintah tentang Program Indonesia Sehat melalui Keluarga Sehat (PIS-PK) diharapkan mampu mempercepat terwujudkan keluarga yang mandiri hidup sehat. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan pelayanan kesehatan yang bukan hanya berupa tindakan baik medis maupun keperawatan tetapi juga berupa dukungan yang dapat meningkatkan fungsi keluarga untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang mungkin akan dialaminya. Kehadiran perawat keluarga atau perawat komunitas di keluarga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga atau masyarakat dan menyelesaikan masalah sosial serta kesehatan keluarga.

Untuk memberikan peranan yang lebih kepada mayarakat, maka Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia (IPKKI) mengadakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) dan pertemuan ilmiah tahun 2017. Tema Rakernas “Perawat Komunitas Sebagai Pilar Ketahanan Keluarga Sehat”. Dengan memberikan pesan bahwa perawat komunitas melalui pembinaan kesehatannya dalam bentuk asuhan keperawatan kepada keluarga yang sakit, beresiko tinggi terhadap masalah kesehatan ataupun yang sehat serta memberdayakan keluarga melalui peningkatan kemandirian keluarga dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan konstribusi perawat komunitas dalam mewujudkan masyarakat sehat berbasis ketahanan keluarga.

“Kami mengapresiasi dari Kemenkes atas kegiatan pertemuan ilmiah sekaligus Rakernas yang dilakukan oleh IPKKI PPNI ini. Pada saat ini program Indonesia sehat dengan cara pendekatan keluarga, ini menjadi strategi untuk dapat mengentaskan masalah kesehatan. Seperti adanya kegiatan program di DKI Jakarta melalui ketuk pintu layani dengan hati. Program ini melibatkan dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Dengan cara  memberikan pelayanan kesehatan dari pintu ke pintu di masyarakat. Program ini dilakukan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah Jakarta. Secara nasional PIS-PK ini adalah untuk mengangkat berbagai permasalahan yang dikomunitas. Mudah-mudahan PIS-PK menjadi salah satu strategi menjadikan masyarakat Indonesia bisa mencapai derajat kesehatan yang setingginya,” ucap Suhartati, SKp, M.Kes Kepala Pusat Mutu SDMK BPPSDM Kemenkes RI saat memberikan sambutannya di Hotel Aston Cengkareng Jakarta, Indonesia, Kamis (16/11/2017).

Selain memberikan sambutan, Suhartati, SKp, M.Kes juga sebagai key note speaker dengan topik Kebijakan Keluarga Sehat Sebagai Strategi Mencapai Indonesia Sehat.

Acara ini di hadiri pula Harif Fadhillah, S.Kp, M.Kep, SH, Ketua Umum DPP PPNI, Dra. Junaiti Sahar, MApp.Sc, PhD Ketua Dewan Pakar IPKKI, drg. Yulidar Nur Adinda, MKM Kepala Bidang SDK Dinkes DKI Jakarta dan Riyanto, MKep. Ns.Sp.Kom Ketua Umum Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia.

Rakernas dibuka secara resmi oleh Ketum DPP PPNI sekaligus memberikan pembekalan Penguatan Etika dan Nilai Profesi..

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan succes story kontribusi perawat kesehatan komunitas perwakilan dari Dinkes Kabupaten Banyumas Jawa Tengah tentang penerapan peran dan fungsi perawat komunitas berbasis IT.

Salah satu output dari Rakernas adalah penyempurnaan draft permenkes rumah perawatan untuk lebih mendorong bentuk praktik perawat sehingga dapat menjadi syarat berjejaring dengan BPJS dalam memberikan pelayanan kesehatan yang profesional sesuai dengan peran dan fungsinya.   

Selain itu Rakernas membahas road map perawat kesehatan komunitas dalam konteks kompetensi perawat kesehatan komunitas sesuai dengan jenjang pendidikan. Hingga saat ini level kompetensi dari setiap jenjang perawat kesehatan komunitas belum terformulasi dengan baik. Implikasinya perlu disusun matrik pengembangan pelatihan sebagai prasyarat peningkatan kompetensi.

Selama ini kontribusi lain dari IPKKI adalah bekerjasama dengan pemerintah dan stake holder seperti kelompok peduli atau LSM yang peduli dengan masalah kesehatan masyarakat. Tentunya melalui Rakernas ini akan diperkuat strategi pengembangan jejaring IPKKI dalam turut serta mengurangi atau mengendalikan kesehatan masyarakat seperti penyakit kanker, penyakit menular dan tidak menular dan Kekerasan maupun kenakalan anak dan remaja.

Kegiatan ini  diikuti 300 perawat kesehatan komunitas dari seluruh Indonesia. Perawat yang bekerja di tatanan Puskesmas, Perawat yang bekerja di tatanan Dinas Kesehatan Kab/Kota dan Provinsi, Perawat yang bekerja di tatanan Institusi Pendidikan Keperawatan, Perawat yang bekerja di tatanan praktek mandiri, klinik dan Institusi pelayanan kesehatan lainnya.

Acara kegiatan ini berlangsung dari tanggal 16-18 November 2017, dibawah koordinasi Purwadi, M.Kep, Ns.Sp.Kom sebagai ketua panitia sterring comittee. Sedangkan Jajang Rahmat, M.Kep, Ns. Sp.Kom dipercaya sebagai seksi persidangan.

 

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 29 menit yang lalu

Wow, Secangkir Kopi Bisa Cegah Peradangan Tubuh

Wartakesehatan - Banyak sekali masyarakat Indonesia yang mengonsumsi kopi. Namun apakah hal ini baik bagi kesehatan?..
Mamin - 1 jam yang lalu

Kurangi Makan Junk Food dengan Cara ini

Wartakesehatan.com - Bagi Anda yang terbiasa makan sehat, jujur saja pasti Anda sulit melawan godaan kelezatan kue..
Obat & Penyakit - 2 jam yang lalu

Wah, 4 Hal ini bisa Hilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Minyak Goreng miliki Banyak Lemak Jahat

Wartakesehatan.com - Kita pasti tahu bahwa banyak sekali jenis-jenis minyak goreng di luar sana, ada minyak goreng dari kelapa,..
Mamin - 4 jam yang lalu

Depresi, Hindari Sejumlah Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Studi yang dilakukan di Tiongkok pada periode 1980 hingga 2015 menemukan bahwa salah satu penyebab..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Mamin - 6 jam yang lalu

Tempe Sehat Karena Tinggi Gizi

Wartakesehatan.com - Tempe merupakan salah satu produk olahan dari kacang kedelai tetapi kandungan nutrisinya jauh lebih..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

5 Efek Positif Olahraga Pagi

Wartakesehatan.com - Untuk beberapa orang olahraga dipagi hari masih dianggap sepele bahkan ada yang menganggap semua itu..
Mamin - 8 jam yang lalu

4 Manfaat Konsumsi Beras Merah

Wartakesehatan.com - Beras merah juga sangat efektif untuk mengatasi beberapa keluhan diantaranya obesitas, diabetes,..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Kurang Tidur Berhubungan Dengan Tekanan Darah Tinggi

Wartakesehatan.com - Dalam pertemuan tahunan Radiological Society of North America, para peneliti Jerman memaparkan adanya..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Lama Duduk Pekerja Kantoran Rentan Sakit Punggung, Leher hingga Kram

Wartakesehatan - Seharian duduk dikursi demi mengerjakan suatu pekerjaan hal ini sudah menjadi kebiasaan dari para pekerja..
Mamin - 19 jam yang lalu

Cegah Kram Otot dengan Minum Air Putih sebelum Tidur

Wartakesehatan.com - Selain untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita, anjuran meminum air putih delapan gelas per..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Waspada, 5 Kebiasaan ini Berdampak pada Kerusakan Jantung

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung merupakan penyakit yang paling berbahaya di seluruh dunia, dan bahkan saat ini..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Waspada, Tangan Gemetar jangan Dianggap Remeh

Wartakesehatan - Pada usia berapa pun setiap orang bisa saja mengalami tangan gemetar, tergantung pula kepada aktivitas..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Waspada, Fungsi Memori Otak bisa Rusak karena Ngemil Malam

Wartakesehatan - Pasti Anda pernah merasakan lapar dan ingin ngemil di tengah malam karena tidak bisa tidur atau..
Liputan Khusus - 23 jam yang lalu

World COPD Day 2017, Pentingnya Sosialisasi PPOK & Hentikan Merokok

Wartakesehatan.com -  Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyakit agar dapat diantisipasi sebelum membahayakan pada..
Herbal - 1 hari yang lalu

Redakan Flu Dalam 3 Jam dengan Bawang Putih

Wartakesehatan - Ketika mulai memasuki musim penghujan, sering diidentikan dengan munculnya berbagai macam penyakit..
Tekhnologi - 1 hari yang lalu

Hilangkan Stres dengan Mendengarkan Musik

Wartakesehatan.com - Mendengarkan musik yang disukai ternyata dapat merubah suasana hati dan mampu membuat suasanya lebih..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Saat Stres, ini yang Terjadi pada Otak

Wartakesehatan.com - Hingga saat ini sebenarnya masih belum teruraikan sepenuhnya dampak buruk yang terjadi pada otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

7 Bahaya Mengancam Jika Terlalu Banyak Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa betapa ruginya saat seseorang kekurangan tidur. Kekurangan tidur..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Manfaat Ngemil Kuaci bisa Turunkan Kolesterol

Wartakesehatan.com - Banyak dari kita tidak menyadari bahwa kuaci baik untuk kesehatan. Hal ini karena kuaci ternyata..
Mamin - 1 hari yang lalu

Pare bisa Cegah Penyakit Jantung

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Putihkan Gigi dengan Konsumsi Stroberi

Wartakesehatan.com - Stroberi memiliki kandungan vitamin, khususnya vitamin C, buah asal Chili, Amerika ini juga kaya..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Cara Mencegah Penyakit Berbahaya Diusia Senja

Wartakesehatan.com - Pertambahan usia memungkinan munculnya penyakit degeneratif, seperti diabetes, penyakit jantung,..
Mamin - 1 hari yang lalu

3 Efek Buruk jika Tidak Sarapan dengan Asupan yang Bergizi

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri walaupun sering diabaikan tetapi sesungguhnya setiap tubuh manusia butuh sarapan dipagi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

7 Langkah Terhindar dari Kanker Paru-paru

Wartakesehatan.com - Kanker paru-paru dapat disebabkan oleh banyak hal, polusi udara atau gaya hidup tidak sehat, seperti..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ubah Pola Tidur Anda jika ingin Cepat Langsing

Wartakesehatan.com - Jika Anda sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan tanpa menyakitkan, cukup dengan tidur..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tidur Tengkurap picu Gangguan Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur tengkurap yang tidak dilakukan setiap hari masih bisa ditoleransi sebagai reaksi biasa dari..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

7 Faktor Penyebab Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Tingginya konsumsi kafein seringkali dianggap sebagai pemicu insomnia. Padahal, ada beberapa faktor..

+Indeks