Rakernas &Temu Ilmiah IPKKI 2017, Sinergikan Dengan Program Indonesia Sehat

Oleh : ibrahim romending | Kamis, 16 Nopember 2017 | 23:45 WIB


Acara Rakernas & Temu Ilmiah IPKKI 2017 di Hotel Aston Cengkareng Jakarta, 16-18 November 2017

Wartakesehatan.com - Berbagai usaha dan upaya dilakukan untuk mendukung terciptanya keluarga yang mandiri dalam hidup sehat. Selain dapat memberikan kehidupan yang sehat dalam lingkungan terkecil namun dapat memberikan dampak besar dalam membantu program pemerintah di bidang kesehatan. Perlunya pendamping bagi setiap keluarga untuk mewujudkan keinginan agar program yang dioprioritaskan dapat berhasil dengan baik sesuai dengan harapan. Tentunya peranan perawat sebagai tenaga profesional menjadi pendamping pada setiap keluarga lebih dioptimalkan.

 

Kebijakan Pemerintah tentang Program Indonesia Sehat melalui Keluarga Sehat (PIS-PK) diharapkan mampu mempercepat terwujudkan keluarga yang mandiri hidup sehat. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan pelayanan kesehatan yang bukan hanya berupa tindakan baik medis maupun keperawatan tetapi juga berupa dukungan yang dapat meningkatkan fungsi keluarga untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang mungkin akan dialaminya. Kehadiran perawat keluarga atau perawat komunitas di keluarga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga atau masyarakat dan menyelesaikan masalah sosial serta kesehatan keluarga.

Untuk memberikan peranan yang lebih kepada mayarakat, maka Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia (IPKKI) mengadakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) dan pertemuan ilmiah tahun 2017. Tema Rakernas “Perawat Komunitas Sebagai Pilar Ketahanan Keluarga Sehat”. Dengan memberikan pesan bahwa perawat komunitas melalui pembinaan kesehatannya dalam bentuk asuhan keperawatan kepada keluarga yang sakit, beresiko tinggi terhadap masalah kesehatan ataupun yang sehat serta memberdayakan keluarga melalui peningkatan kemandirian keluarga dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan konstribusi perawat komunitas dalam mewujudkan masyarakat sehat berbasis ketahanan keluarga.

“Kami mengapresiasi dari Kemenkes atas kegiatan pertemuan ilmiah sekaligus Rakernas yang dilakukan oleh IPKKI PPNI ini. Pada saat ini program Indonesia sehat dengan cara pendekatan keluarga, ini menjadi strategi untuk dapat mengentaskan masalah kesehatan. Seperti adanya kegiatan program di DKI Jakarta melalui ketuk pintu layani dengan hati. Program ini melibatkan dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Dengan cara  memberikan pelayanan kesehatan dari pintu ke pintu di masyarakat. Program ini dilakukan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah Jakarta. Secara nasional PIS-PK ini adalah untuk mengangkat berbagai permasalahan yang dikomunitas. Mudah-mudahan PIS-PK menjadi salah satu strategi menjadikan masyarakat Indonesia bisa mencapai derajat kesehatan yang setingginya,” ucap Suhartati, SKp, M.Kes Kepala Pusat Mutu SDMK BPPSDM Kemenkes RI saat memberikan sambutannya di Hotel Aston Cengkareng Jakarta, Indonesia, Kamis (16/11/2017).

Selain memberikan sambutan, Suhartati, SKp, M.Kes juga sebagai key note speaker dengan topik Kebijakan Keluarga Sehat Sebagai Strategi Mencapai Indonesia Sehat.

Acara ini di hadiri pula Harif Fadhillah, S.Kp, M.Kep, SH, Ketua Umum DPP PPNI, Dra. Junaiti Sahar, MApp.Sc, PhD Ketua Dewan Pakar IPKKI, drg. Yulidar Nur Adinda, MKM Kepala Bidang SDK Dinkes DKI Jakarta dan Riyanto, MKep. Ns.Sp.Kom Ketua Umum Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia.

Rakernas dibuka secara resmi oleh Ketum DPP PPNI sekaligus memberikan pembekalan Penguatan Etika dan Nilai Profesi..

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan succes story kontribusi perawat kesehatan komunitas perwakilan dari Dinkes Kabupaten Banyumas Jawa Tengah tentang penerapan peran dan fungsi perawat komunitas berbasis IT.

Salah satu output dari Rakernas adalah penyempurnaan draft permenkes rumah perawatan untuk lebih mendorong bentuk praktik perawat sehingga dapat menjadi syarat berjejaring dengan BPJS dalam memberikan pelayanan kesehatan yang profesional sesuai dengan peran dan fungsinya.   

Selain itu Rakernas membahas road map perawat kesehatan komunitas dalam konteks kompetensi perawat kesehatan komunitas sesuai dengan jenjang pendidikan. Hingga saat ini level kompetensi dari setiap jenjang perawat kesehatan komunitas belum terformulasi dengan baik. Implikasinya perlu disusun matrik pengembangan pelatihan sebagai prasyarat peningkatan kompetensi.

Selama ini kontribusi lain dari IPKKI adalah bekerjasama dengan pemerintah dan stake holder seperti kelompok peduli atau LSM yang peduli dengan masalah kesehatan masyarakat. Tentunya melalui Rakernas ini akan diperkuat strategi pengembangan jejaring IPKKI dalam turut serta mengurangi atau mengendalikan kesehatan masyarakat seperti penyakit kanker, penyakit menular dan tidak menular dan Kekerasan maupun kenakalan anak dan remaja.

Kegiatan ini  diikuti 300 perawat kesehatan komunitas dari seluruh Indonesia. Perawat yang bekerja di tatanan Puskesmas, Perawat yang bekerja di tatanan Dinas Kesehatan Kab/Kota dan Provinsi, Perawat yang bekerja di tatanan Institusi Pendidikan Keperawatan, Perawat yang bekerja di tatanan praktek mandiri, klinik dan Institusi pelayanan kesehatan lainnya.

Acara kegiatan ini berlangsung dari tanggal 16-18 November 2017, dibawah koordinasi Purwadi, M.Kep, Ns.Sp.Kom sebagai ketua panitia sterring comittee. Sedangkan Jajang Rahmat, M.Kep, Ns. Sp.Kom dipercaya sebagai seksi persidangan.

 

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 23 jam yang lalu

4 Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Untuk dapat tidur dengan nyenyak tentunya kita harus menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Posisi..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Menahan Bersin bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang memilih untuk menahan bersin saat berada di dekat orang banyak demi kesopanan dan..
1 hari yang lalu

Jaga Metabolisme Tubuh dengan Kacang Kedelei

Wartakesehatan.com - Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia..
1 hari yang lalu

Biji Semangka Meningkatkan Kesuburan Pria

Wartakesehatan.com - Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi yang penuh nutrisi dan antioksidan. Biji..
1 hari yang lalu

Bijih Nangka Dapat Mencegah Anemia

Wartakesehatan.com - biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi...
1 hari yang lalu

Kandungan Buah Anggur yang Tak Kalah Penting

Wartakesehatan.com- Setiap jenis anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi buah anggur..
1 hari yang lalu

Coklat Dapat Mengurangi Resiko Hipertensi

Wartakesehatan.com - Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi..
1 hari yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
1 hari yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
1 hari yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 2 hari yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 2 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 5 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
5 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
5 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..

+Indeks