Anies Buka Musda IX PPNI Jakarta Utara & Bersilaturahim Akbar dengan Perawat Jakarta

Oleh : ibrahim romending | Sabtu, 25 Nopember 2017 | 22:30 WIB


Anies Baswedan saat membuka Musda IX PPNI Jakarta Utara di Univ UTA' 45 Jakarta, Sabtu, 25 November 2017. (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com -  Peran perawat sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan tak perlu diragukan lagi. Peranannya memberikan asuhan keperawatan telah dirasakan oleh masyarakat. Demi terwujudnya keperawatan sebagai profesi yang mandiri sangat tergantung pada sejauhmana organisasi profesi keperawatan melaksanakan peran dan tanggung jawabnya sebagai suatu organisasi profesi.

Perlu dilaksanakan upaya nyata, meliputi pengembangan pelayanan atau asuhan keperawatan, pendidikan tinggi keperawatan maupun organisasi profesi. Langkah ini perlu dilaksanakan secara terarah, berencana dan terkendalikan sebagai gerakan profesionalisasi keperawatan. Disamping itu peranan perawat maupun ketulusan hatinya perlu diseimbangkan dengan apa yang mereka terima baik untuk kebutuhan pribadi maupun keluarganya.

Pada saat ini jumlah perawat secara nasional berjumlah lebih dari satu juta perawat dan untuk ibukota Jakarta berjumlah tiga puluh ribu perawat berdasarkan sistem informasi keanggotaan SIMK PPNI. Namun keberadaan ditengah masyarakat terkadang masih perlu mendapatkan perhatian lebih terhadap kesejahteraan perawatnya. Khusus untuk wilayah Jakarta kesejahteraan perawat yang bekerja di pemerintahan sudah cukup terpenuhi namun di sektor swasta masih ada yang belum tercukupi.

Dalam menyatukan sinergisitas antara pemerintah DKI Jakarta dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Jakarta Utara maka diadakanlah Silaturahim Akbar Perawat Se DKI Jakarta dan Musyawarah Daerah (MUSDA) IX PPNI Kota Jakarta utara, dengan tema  Maju  Kotanya, Sehat Warganya, Sejahtera Perawatnya.

“Peran perawat memang digaris depan yang berada dekat langsung melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan hadir penuh dengan perhatian. Insya Allah dengan hati yang tulus dengan sabar melayani dan memastikan kembali sehat. Perawat itu hadir disaat sangat suka maupun duka dalam memberikan pelayananya. Saya mendapat pesan bahwa masih banyak perawat Jakarta yang belum sejahtera. Perawat yang sudah PNS sudah mencukupi tapi perlu ditingkatkan, tetapi yang swasta katanya masih ada yang belum. Kami semua warga dapat merasakan peranannya, namun dibalik pelayananannya, perawat belum tentu mendapatkan kesejahteraan, upah yang diterima terkadang tidak sebanding dengan pelayanan yang diberikan. Tentunya masyarakat maupun pasien merasakan orang-orang yang hadir dengan hati yang tulus,“ ucap H. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D saat memberikan sambutannya di Aula Lantai 8 Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Jakarta, Indonesia, Sabtu (25/11/2017).

Gubernur Pemprov DKI Jakarta baru periode 2017-2022 ini menambahkan. “Saya apresiasi baik, semuanya tanggung jawab kita bersama masalah kesejahteraan perawat ini. Kami ingin menjalankan semua yang kami janjikan termasuk untuk para perawat, itu juga kami mohon butuh waktu. Bila sudah janji kami akan tunaikan, tapi tidak mungkin semua janji dilaksanakan dengan waktu yang singkat. Ketika kita mengubah ini, kita harus kerjakan bersama-sama terutama yang menyangkut swasta. Karena itu kita akan melakukan pembicaraan, tetap kita akan sampaikan bahwa penting sekali kalau kita ingin orang berkarya dengan sepenuh hati, maka yang menjadi kebutuhannya, kepentingannya harus dipenuhi dengan sebaik-baiknya,” terangnya.

Dia berharap,“Semua perlu proses, karena itu beri kami waktu, sebab kami akan tunaikan dan kami akan bekerja cepat dengan teman-teman PPNI. Penting kita sadari, kita menginginkan Jakarta sebagai Ibukota yang warganya sehat lahir bathin dan ini artinya peran dari perawat dibutuhkan. Kami berharap perawat benar-benar bisa menjadi pendidik di masyarakat. Kalau kita berbicara kesehatan, minimal tiga yang diupayakan yaitu promotif, preventif dan kuratif. Oleh karena itu saya berharap di RS, klinik, puskesmas dan dimanapun perlu pengabdian menjalani profesi. Teruskan pengabdian di masyarakat selama ini dan menjadi pionir-pionir untuk mewujudkan Jakarta Sehat. Ajarkan tetangga, saudara, lingkungan hal-hal yang belum tentu mereka terpikirkan supaya gaya hidup sehat menjadi bagian kehidupan warga Jakarta. Kami menginginkan sekali Jakarta ini bebas dari macam problem-problem kesehatan,” katanya.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada pengurus yang sudah bekerja selama 5 tahun pengurus DPD PPNI Jakarta Utara. Saya atas nama pemerintah mengucapkan banyak terimakasih kepada pengurus yang selama ini sudah mengelola PPNI. Mudah-mudahan PPNI ikut berkembang dan menjadi mitra bersama di DKI Jakarta. Untuk kita memastikan bahwa pelayanan kesehatan baik, kesejahteraan juga baik. Sehingga keinginan kita bersama dengan Maju Kotanya, Sehat Warganya, Sejahtera Perawatnya akan terwujud,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini pula, Anies Rasyid Baswedan secara resmi membuka MUSDA IX PPNI Kota Jakarta Utara. Saat pemukulan gong didampingi  Fahira Idris, SE, MH Ketua Komite III DPD RI, Oman Faturohman, SAG Ketua DPP PPNI Bidang Hukum dan Pemberdayaan Politik,  Jajang Rahmat, S.Kep, M.Kep, Sp.Kom Ketua DPW PPNI DKI Jakarta dan H. Maryanto, AMK, SKM Ketua DPD PPNI Jakarta Utara.

Untuk kegiatan silatuturahim ini, dihadiri Perwakilan Pemerintah Jakarta Utara, Sudin Kesehatan Jakarta Utara dan undangan lainnya. Termasuk sekitar 1.000 an perawat dari Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu beserta Pengurus DPD Se DKI Jakarta..

 

Dalam rangkaian kegiatan ini, Fahira Idris, SE, MH Senator DKI Jakarta menyampaikan materi Peran DPD RI dalam membumikan UU Keperawatan dan aturan pelaksana untuk kesejahteraan perawat DKI Jakarta.

Jajang Rahmat, S.Kep, M.Kep, Sp.Kom berkesempatan pula menyampaikan materi Arah dan kebijakan DPW PPNI DKI Jakarta terhadap kemajuan organisasi profesi dan profesi.

Rangkaian acara melibatkan mahasiswa Akper Husada Karya Jaya, sebagai pengisi acara dalam perhelatan akbar perawat ini. Kegiatan ini dilakukan pula tanya jawab sekitar permasalahan perawat. 

 

Perhelatan ini berlangsung selama dua hari, 25-26 November 2017. Adapun tujuan kegiatan ini diantaranya terjalin silaturahmi Perawat Se DKI Jakarta bersama Gubernur DKI Jakarta dan unsur DPD RI, DPRD DKI Jakarta sekaligus menjalankan Program Kerja Pengurus PPNI terhadap anggota dengan terlaksananya MUSDA DPD PPNI Kota Jakarta Utara ini.

Kegiatan ini sangat penting untuk dapat menyusun dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan pada masing masing bidang dan divisi dalam organisasi dan dapat menjadi acuan dari DPD maupun DPK (komisariat) untuk menindaklanjuti dalam bentuk program kerja. Sekaligus dalam agenda MUSDA IX kali ini menentukan Ketua DPD PPNI Kota Jakarta Utara untuk masa periode berikutnya.

 

 


loading...


Fokus : Musda IX PPNI Jakarta Utara


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 6 jam yang lalu

Atasi Masalah Pencernaan dengan Sayur Nangka

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda mencoba mengkonsumsi sayur nangka . Tentunya pernah dan sebagian orang juga menyukai..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hindari 8 Hal ini jika ingin Tidur Nyenyak

Wartakesehatan - Banyak orang yang mengatakan ketika ingin mendapatkan energi dan stamina di pagi hari, Anda hrus..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ubah Jam Makan Malam Bermanfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kegemukan bisa saja terjadi jika Anda salah dalam memilih menu makan malam yang biasanya didominasi..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Wanita Wajib Melakukan Tes Kesehatan

Wartakesehatan.com - Bagi wanita, ada empat tes kesehatan yang wajib dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Agency for..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Bersepeda

Wartakesehatan - Bersepeda adalah salah satu olahraga sederhana yang menyenangkan bagi sebagian besar manusia. Selain..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Diabetes Tipe 2 muncul Akibat Stres

Wartakesehatan.com -   Bila depresi menyerang, penderita diabetes akan kehilangan motivasi mempertahankan kadar gula..
Mamin - 12 jam yang lalu

Ternyata Konsumsi Daging bagi Wanita, Penting!

Wartakesehatan.com - Diet tanpa daging dapat merugikan kesehatan khususnya wanita. Mengapa demikian?Lebih dari 27 persen..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Teratur Tidur Siang bisa Cegah Anemia

Wartakesehatan.com - Perlu kita ketahui bahwa tidur siang juga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, akan tetapi..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

5 Cara Menaikkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Ada beberapa cara mudah menaikkan berat badan ke posisi ideal dengan aman dan sehat, tanpa..
Tekhnologi - 16 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Sauna

Wartakesehatan.com - Sauna merupakan ruangan yang biasanya didominasi kayu, untuk mandi uap atau memanaskan tubuh. Sauna..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Ketahui, Manfaat Sehat dari Sunat

Wartakesehatan.com - Sunat adalah sebuah tindakan untuk membuang kulup, bagian kulit yang menutupi kepala..
18 jam yang lalu

Minum Kopi di Pagi Hari inilah Manfaatnya!

Wartakesehatan - Dibalik kenikmatannya, minum kopi di pagi hari  kopi juga menguntungkan dan bermanfaat..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

7 Menu Sarapan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Menurut jurnal Today's Dietian, mereka yang terbiasa makan pagi lebih sehat daripada yang tidak..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Buah Salak

Wartakesehatan.com - Hampir seluruh pulau Indonesia bisa djadikan lahan pertumbuhan buah salak. Ada beberapa varian salak..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

5 Jenis Teh yang Ampuh bikin Tubuh Langsing

Wartakesehatan.com - Minum secangkir teh saja mampu menangkal mencegah stroke, arthritis, kanker, hingga kematian..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Cegah dan Atasi Bau Badan dengan Konsumsi Lemon

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang betah dengan orang yang bau badannya tak enak? Dipastikan bahwa hampir semua orang tak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kayu manis bisa membunuh Bakteri dan Virus

Wartakesehatan.com - Orang Indonesia mungkin seharunya bersyukur, karena banyak jenis kayu manis banyak tumbuh di..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Atasi Mimisan dengan Es Batu

Wartakesehatan.com - Panik sebenarnya tak akan membuat mimisan cepat reda Ladies. Alangkah baiknya untuk tetap tenang dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, Kandungan Gizi dari Kacang Hijau

Wartakesehatan.com - Kacang hijau ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah yang biasa dimanfaatkan banyak..
Mamin - 1 hari yang lalu

8 Makanan alami bisa Sehatkan Tubuh Perempuan

Wartakesehatan.com - Perempuan cenderung lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit yang erat kaitannya dengan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Akibat Buruknya Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Buruknya sirkulasi darah dapat memengaruhi berbagai organ tubuh, mulai dari jantung hingga otak. Bila..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Dampak Nagatif Mengunyah Permen Karet

Wartakesehatan.com - Meski dinilai dapat membantu kebersihan gigi, ternyata sering mengunyah permen karet justru berdampak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tips Atasi Gigi Berlubang dan Bau Busuk

Wartakesehatan.com - Infeksi yang terjadi di rongga mulut akibat gigi berlubang dapat menyebabkan beberapa masalah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

8 Alasan Alpukat Penting bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang enak dan creamy, alpukat mengandung vitamin, folat, dan nutrisi yang penting..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Penggunaan AC Ternyata Memiliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - AC sekarang telah menjadi sebuah alat rumah yang sangat diperlukan, terutama untuk mengalahkan hawa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Coba 6 Cara ini untuk Hidup Sehat

Wartakesehatan.com - Definisi sehat setiap orang, pada intinya adalah semua orang selalu mendambakan hidup yang sehat dan jauh..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Sayuran Hijau Baik bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - wortel sangat baik untuk kesehatan mata dan melindungi penglihatan. Sebab wortel mengandung..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Tidur Nyenyak di Malam Hari dengan Cara ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

5 Alasan Olahraga Malam Hari dianjurkan

Wartakesehatan - Sibuk bekerja kerap kali menjadi alasan yang membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk..
Seks - 2 hari yang lalu

Orgasme bisa bikin Pria tetap Awet Muda

Wartakesehatan - Ternyata selain mencapai tuntutan seksual, manfaat orgasme bagi pria cukup baik bagi kesehatan...

+Indeks