RSCM & Standchart Kerjasama Perangi Retinopati Prematuritas

Oleh : Irawan Mohamad | Senin, 20 Nopember 2017 | 21:21 WIB


Standart Chartered Bank memberikan Mobile retina kamera kepada RSCM, sebagai upaya menekan permasalahan Retinopati Prematuritas (ROP), di tanah air. (wartakesehatan.com)

Wartakesehatan.com - Retinopati Prematuritas (ROP), merupakan salah satu permasalahan kesehatan di tanah air. Minimnya penegetahuan akan ROP, menjadikan penyakit ini berkembang ke stadium lanjut, yang akhirnya menjadi permasalahan bukan hanya bagi penderitanya, namun dapat menyentuh pada permasalahan perekonomian bangsa.

Bertepatan dengan Hari Prematuritas Sedunia, RSUPN Cipto Mangunkusumo meluncurkan program JAK-ROP: Program Mobile Retinopati Prematuritas Jakarta. Pakar kesehatan mata anak dan Guru Besar Departemen llmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) / RSUPN Cipto Mangunkusumo (RSCM) Prof. clr. Rita Sita Sitorus, Sp.M(K), Ph.D, menjelaskan tiap menit anak di dunia menjadi buta. Anak buta dari lahir masa kebutaannya menjadi panjang, dampak darr kebutaan ini kepada pemerintah kapasitas produksinya menjadi berkurang. Saat anak buta dan masa usia 50 tahun, cost pemerintah meningkat bahkan bagi keluarga.

“Strateginya preventif kebutaan pada anak, beban cost dapat dipotong. Sekarang era kedokteran pencegahan di rop adalah pencegahan kebutaan pada bayi prematur dapat dicegah dengan cara screening rop pada bayi prematur. Pencegahan dengan screening memberikan kontribusi penghematan uang negara ketimbang jika didiamkan, akan menjadi beban negara, keluarga dan masyarakat. Kami berharap para pemegang keputusan dapat melihat hal ini,” terangnya dalam satu kesempatan.

Dalam kesempatan yang sama, pakar bayi prematur dari Departemen llmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM Dr. dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K), menyampaikan bahwa di Indonesia, angka kematian bayi prematur telah berkurang berkat kemajuan pada bidang perawatan di bidang neonatal intensive care units (NICU) di rumah sakit. Di sisi Iain, kejadian ROP akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya angka harapan hidup tersebut.

“Bayi yang terlahir prematur (lahir dengan berat kurang dari 1500 gram atau usia kehamilan kurang dari 32 minggu) berisiko mengalami gangguan mata ROP. Prematuritas mengakibatkan pertumbuhan pembuluh darah selaput jala (retina) tidak sempurna. Gangguan mata ROP dapat terjadi daIam tahap ringan, di mana dapat mengalami perbaikan secara spontan, namun pada kasus yang berat dapat mengakibatkan lepasnya retina dan pada akhirnya mengakibatkan kebutaan permanen,” terangnya.

Dia menambahkan, bayi yang hidup selamat pun masih memiliki kemungkinan mengalami gangguan kognitif, penglihatan dan pendengaran. “Kebutaan akibat kondisi ini sebetulnya dapat dicegah apabila deteksi dini diIakukan kepada bayi-bayi prematur ini,” tambahnya.

Kerjasama dengan Standchart Tanggulangi ROP

Country Head of Corporate Affairs dari Standard Chartered Bank Dody Rochadl, menerangkan menunjukkan kepedulian terhadap sesama dan saling bersinergi untuk bersama-sama mencegah kebutaan di Indonesia merupakan fokus utama program Seeing is Believing dari Standard Chartered Bank. Dengan terlibat dalam upaya bersama pemerintah dan mitra lainnya melalui pemberian akses pemeriksaan mata yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia ini, Standard Chartered Bank berharap inisiatif telah berjalan sejak 14 tahun lalu dapat berkelanjutan sebagai wujud komitmen Bank untuk memberikan kontribusi nyata dalam mendukung program kesehatan pemerintah.

Pada Mei 2017 yang lalu, Standard Chartered Bank bersama dengan Helen Keller International telah menyerahkan satu buah kamera retina mobile, alat yang dipergunakan untuk memeriksa retina bayi Iahir prematur, kepada RSCM untuk mengidentifikasi bayi prematur dengan dugaan ROP dan merujuk pada pengobatan yang diperlukan.

“Anak-anak yang mengalami kebutaan banyak mengalami tekanan dari sisi sosial. Tidak bisa bermain dengan kawannya yang akan berakibat di masa depannya. Inilah yang ingin dilakukan untuk membantu pemerintah meningkatkan kesadaran setiap individu, berhak mendapatkan akses kepada kesehatan. Mobile retina kamera yang kami berikan ke RSCM semoga dapat mengurangi permasalahan retina di tanah air. Kami menyasar usia pertumbuhan, di mana usia ini bertumbuh dan menjadi pintar. Sayang sekali jika mereka tidak mendapatkan kesempatan dan pendidikan yang seharusnya bisa disembuhkan dan ditangani,” paparnya.

“Kami sangat berbangga dan berbahagia berada di tengah-tengah dalam program ini. Semoga kami dapat membantu pemerintah ke depan untuk penanggulangan permasalahan kesehatan di Indonesia,” pungkasnya.


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 6 jam yang lalu

Atasi Masalah Pencernaan dengan Sayur Nangka

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda mencoba mengkonsumsi sayur nangka . Tentunya pernah dan sebagian orang juga menyukai..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hindari 8 Hal ini jika ingin Tidur Nyenyak

Wartakesehatan - Banyak orang yang mengatakan ketika ingin mendapatkan energi dan stamina di pagi hari, Anda hrus..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ubah Jam Makan Malam Bermanfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kegemukan bisa saja terjadi jika Anda salah dalam memilih menu makan malam yang biasanya didominasi..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Wanita Wajib Melakukan Tes Kesehatan

Wartakesehatan.com - Bagi wanita, ada empat tes kesehatan yang wajib dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Agency for..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Bersepeda

Wartakesehatan - Bersepeda adalah salah satu olahraga sederhana yang menyenangkan bagi sebagian besar manusia. Selain..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Diabetes Tipe 2 muncul Akibat Stres

Wartakesehatan.com -   Bila depresi menyerang, penderita diabetes akan kehilangan motivasi mempertahankan kadar gula..
Mamin - 12 jam yang lalu

Ternyata Konsumsi Daging bagi Wanita, Penting!

Wartakesehatan.com - Diet tanpa daging dapat merugikan kesehatan khususnya wanita. Mengapa demikian?Lebih dari 27 persen..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Teratur Tidur Siang bisa Cegah Anemia

Wartakesehatan.com - Perlu kita ketahui bahwa tidur siang juga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, akan tetapi..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

5 Cara Menaikkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Ada beberapa cara mudah menaikkan berat badan ke posisi ideal dengan aman dan sehat, tanpa..
Tekhnologi - 16 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Sauna

Wartakesehatan.com - Sauna merupakan ruangan yang biasanya didominasi kayu, untuk mandi uap atau memanaskan tubuh. Sauna..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Ketahui, Manfaat Sehat dari Sunat

Wartakesehatan.com - Sunat adalah sebuah tindakan untuk membuang kulup, bagian kulit yang menutupi kepala..
18 jam yang lalu

Minum Kopi di Pagi Hari inilah Manfaatnya!

Wartakesehatan - Dibalik kenikmatannya, minum kopi di pagi hari  kopi juga menguntungkan dan bermanfaat..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

7 Menu Sarapan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Menurut jurnal Today's Dietian, mereka yang terbiasa makan pagi lebih sehat daripada yang tidak..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Buah Salak

Wartakesehatan.com - Hampir seluruh pulau Indonesia bisa djadikan lahan pertumbuhan buah salak. Ada beberapa varian salak..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

5 Jenis Teh yang Ampuh bikin Tubuh Langsing

Wartakesehatan.com - Minum secangkir teh saja mampu menangkal mencegah stroke, arthritis, kanker, hingga kematian..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Cegah dan Atasi Bau Badan dengan Konsumsi Lemon

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang betah dengan orang yang bau badannya tak enak? Dipastikan bahwa hampir semua orang tak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kayu manis bisa membunuh Bakteri dan Virus

Wartakesehatan.com - Orang Indonesia mungkin seharunya bersyukur, karena banyak jenis kayu manis banyak tumbuh di..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Atasi Mimisan dengan Es Batu

Wartakesehatan.com - Panik sebenarnya tak akan membuat mimisan cepat reda Ladies. Alangkah baiknya untuk tetap tenang dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, Kandungan Gizi dari Kacang Hijau

Wartakesehatan.com - Kacang hijau ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah yang biasa dimanfaatkan banyak..
Mamin - 1 hari yang lalu

8 Makanan alami bisa Sehatkan Tubuh Perempuan

Wartakesehatan.com - Perempuan cenderung lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit yang erat kaitannya dengan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Akibat Buruknya Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Buruknya sirkulasi darah dapat memengaruhi berbagai organ tubuh, mulai dari jantung hingga otak. Bila..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Dampak Nagatif Mengunyah Permen Karet

Wartakesehatan.com - Meski dinilai dapat membantu kebersihan gigi, ternyata sering mengunyah permen karet justru berdampak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tips Atasi Gigi Berlubang dan Bau Busuk

Wartakesehatan.com - Infeksi yang terjadi di rongga mulut akibat gigi berlubang dapat menyebabkan beberapa masalah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

8 Alasan Alpukat Penting bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang enak dan creamy, alpukat mengandung vitamin, folat, dan nutrisi yang penting..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Penggunaan AC Ternyata Memiliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - AC sekarang telah menjadi sebuah alat rumah yang sangat diperlukan, terutama untuk mengalahkan hawa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Coba 6 Cara ini untuk Hidup Sehat

Wartakesehatan.com - Definisi sehat setiap orang, pada intinya adalah semua orang selalu mendambakan hidup yang sehat dan jauh..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Sayuran Hijau Baik bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - wortel sangat baik untuk kesehatan mata dan melindungi penglihatan. Sebab wortel mengandung..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Tidur Nyenyak di Malam Hari dengan Cara ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

5 Alasan Olahraga Malam Hari dianjurkan

Wartakesehatan - Sibuk bekerja kerap kali menjadi alasan yang membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk..
Seks - 2 hari yang lalu

Orgasme bisa bikin Pria tetap Awet Muda

Wartakesehatan - Ternyata selain mencapai tuntutan seksual, manfaat orgasme bagi pria cukup baik bagi kesehatan...

+Indeks