Perkecil Ruang Kejahatan Obat dan Makanan BPOM Luncurkan Mobil Penyidikan

Oleh : Irawan Mohamad | Senin, 27 Nopember 2017 | 20:55 WIB


Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI Penny K. Lukito, memotong rangkaian Bunga Melati sebagai tanda diluncurkannya Mobil Penyidik BPOM, di Lapangan PPOM BPOM Jakarta, Senin (27/11/17) (wartakesehatan.com)

Wartakesehatan.com – Tindak kejahatan pemalsuan obat dan penyalahgunaan bahan kimia terlarang dalam penggunaan makanan, menjadi konsern Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, untuk memberangus dari bumi Indonesia.

Segala upaya dilakukan BPOM dalam memberikan rasa aman masyarakat tanah air, dalam penggunaan dan konsumsi obat dan makanan. Salah satunya dengan pengadaan mobil penyidikan yang akan bertugas melakukan penyidikan hingga tingkat Kota dan Kabupaten, di seluruh wilayah tanah air.

Data BPOM menunjukkan bahwa sampai dengan Oktober 2017, terdapat 212 kasus pelanggaran di bidang Obat dan Makanan, yang didominasi oleh pelanggaran terkait obat tradisional tanpa izin edar (TIE)/ilegal. Oleh karena itu, BPOM berkomitmen untuk terus-menerus meningkatkan pengawasan bahkan sampai wilayah terpencil di seluruh pelosok negeri dalam menjamin keamanan, khasiat, dan mutu obat dan makanan yang beredar.

Bobile BPOM2

Dalam sambutannya Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito, menyampaikan salah satu upaya Badan POM dalam mengoptimalkan peran penegakan hukum adalah melalui perkuatan kelembagaan dengan dibentuknya Kedeputian Bidang Penindakan berdasarkan Peraturan Presiden No. 80 tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Deputi bidang Penindakan terdiri dari Direktorat Pengamanan, Direktorat lntelejen dan Direktorat Penyidikan yang personilnya diisi oleh kombinasi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Badan POM RI dengan aparat penegak hukum lain seperti Kepolisian RI, Kejaksaan RI, dan BIN.

Keberadaan Kedeputian Penindakan, harapannya dapat mengoptimalkan koordinasi diantara aparat penegak hukum dalam kerangka Integrated Criminal justice Systern (ICJS) untuk mencegah, menangkal dan memberantas tindak pidana obat dan makanan.

“Adanya kekuatan dijajaran organisasi BPOM yang baru terkait deputi, untuk lebih intensif dalam melakukan tindakan melalui sarana prasarana mobil penyidikan. Di lapangan dibutuhkan tempat sarana untuk lebih efektif melakukan tugas. Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat teman-teman penyidik untuk melakukan tugas,” ujarnya saat peluncuran mobil penyidik BPOM, di Lapangan PPOM BPOM Jakarta, Senin (27/11/17).

mobile BPOM 5

Lebih jauh, Penny, menambahkan mobil penyidikan merupakan tempat khusus yang bersifat mobile dalam melakukan kegiatan dalam rangka proses pro-justitia tindak pidana bidang obot dan makanan. Diantaranya digunakan sebagai tempat untuk pengambilan berita acara pemeriksaan saksi atau tersangka, penyelesaian beberapa administrasi penyidikan, hingga uji cepat beberapa barang yang diduga ilegal.

“Dalam menjaga integritas PPNS, mobil ini juga dilengkapi CCTV yang dapat merekam seluruh aktivitas PPNS dalam pemeriksaan saksi atau tersangka sehingga seluruh tindakan yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan secara professional. Jadi ini adalah upaya untuk perkuatan penindakan dari BPOM yang bisa memberikan lebih manfaat perlindungan pada masyarakat,” tekannya.

Mengetahui Obat Ilegal Hanya Butuh 1 Menit

Salah seorang petugas penyidikan yang memberikan contoh penggunaan alat untuk mengetahui suatu produk obat palsu atau tidak, mengatakan salah satu alat dalam fasilitas mobil penyidik adanya alat Ahura Truscan Unit. Di mana menurutnya alat ini memberikan akurasi pemeriksaan obat hingga mencapai 90 persen.

BPOM Mobile

“Cara kerjanya cukup memasukkan data obat legal yang berasal dari pabrik pembuat obat untuk secara teknis dilakukan perekaman identifikasi produk legal. Setelah identifikasi obat legal dilakukan, secara otomatis alat ahura truscan akan merekam produk legal, yang nantinya berfungsi untuk membedakan produk asli atau palsu dari produk obat yang didapat di lapangan. Cukup hanya satu menit, obat yang dilakukan pemeriksaan diketahui asli atau palsu,” imbuhnya.

Sebanyak sepuluh unit mobil penyidikan diserahkan kepada Balai Besar POM di Jakarta, Bandung Semarang Surabaya, Medan, Banjarmasin, Pekanbaru, Makassar dan Balai POM di Serang. Hal ini mengingat bahwa balai tersebut memiliki cakupan wilayah dengan tingkat pelanggaran yang terbanyak dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sebagai pelengkap mobil ini dilengkapi dengan generator, yang berfungsi sebagai pembangkit listrik, khususnya untuk wilayah-wilayah yang minim tenaga listrik.


loading...


#Makanan #Obat #BPOM #Teknologi #Pengawasan #Penyidikan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 2 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
2 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
2 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
2 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
2 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
2 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
3 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
3 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
3 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 3 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 3 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
4 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..

+Indeks