World COPD Day 2017, Pentingnya Sosialisasi PPOK & Hentikan Merokok

Oleh : ibrahim romending | Minggu, 10 Desember 2017 | 18:30 WIB


Sosialisasi PPOK di acara World COPD Day 2017 saat Car Free Day Jakarta, 10 Desember 2017. (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com -  Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyakit agar dapat diantisipasi sebelum membahayakan pada diri seseorang. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) adalah suatu penyakit yang dapat dicegah dan diobati yang telah menjadi masalah utama pada kesehatan masyarakat di dunia maupun di Indonesia walaupun PPOK bukan termasuk penyakit menular. Penderita PPOK  di seluruh dunia mengalami peningkatan dari sekitar 227 juta kasus pada tahun 1990 menjadi 384 juta kasus pada 2010 dengan prevalensi 11,7 %, dengan kasus tertinggi terjadi di Amerika Serikat dan Asia Tenggara.

Untuk Indonesia sendiri diperkirakan terdapat 4,8 juta jiwa penderita PPOK dengan prevalensi lebih tinggi pada pria dan akan semakin meningkat seiring dengan pertambahan usia. PPOK merupakan penyebab kematian yang ke 5 pada tahun 2002, diperkirakan pada tahun 2030 akan menjadi urutan ke 3. Meningkatnya kejadian PPOK dihubungkan dengan meningkatnya usia harapan hidup dan semakin tingginya pajanan faktor risiko, seperti faktor pejamu yang diduga berhubungan dengan kejadian PPOK, tentunya semakin banyak jumlah perokok khususnya pada kelompok usia muda serta pencemaran udara di dalam dan luar ruangan maupun di tempat kerja.

Hari PPOK Sedunia adalah acara tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2002 atas prakarsa Global Initiative for Chronic Obstructive Lung Disease (GOLD) yang diperingati pada setiap Rabu pada minggu kedua atau ketiga pada bulan November setiap tahunnya. Acara ini merupakan upaya global untuk memperluas pemahaman tentang PPOK dan menyedikan pelayanan yang lebih baik bagi pasien PPOK di seluruh dunia. Adapun tema Hari PPOK Sedunia tahun 2017 ini adalah The Many Faces of COPD.

Dalam rangka Hari PPOK Sedunia atau COPD Day 2017, RSUP Persahabatan dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyelenggarakan kegiatan berupa Pemeriksaan Spirometri dan Sosialisasi tentang penyakit PPOK kepada masyarakat luas bertepatan dengan kegiatan Car Free Day. 

 

“Penyakit PPOK disebabkan karena merokok maupun asap. Paru-paru yang terus menerus dirangsang dengan asap rokok akhirnya fungsi pernapasan menjadi kapalan atau menyempit pada jaringan pernapasan dan tidak kembali normal. Tentunya jika tubuh kurang oksigen akan mengganggu organ tubuh yang lain. PPOK prosesnya butuh waktu lama atau lambat kejadiannya dan umumnya diderita usia 40 tahun keatas. Adapun gejala PPOK diantaranya batuk-batuk, berdahak, cepat lelah dan sesak,” ucap Prof.dr. Faisal Yunus, PhD,SpP(K) kepada wartakesehatan di acara pemeriksaan spirometri bagi masyarakat di Depan Gedung Sarinah, Jalan M.H.Thamrin Jakarta, Indonesia, Minggu (10/12/2017).

Ketua Panitia Pelaksana ini mengatakan pentingnya pemeriksaan awal menjaga kesehatan paru untuk mengambil tindakan yang efektif. “Penting untuk hindari penyakit PPOK dengan cara berhenti merokok, hindari asap atau polusi pajanan yang mengganggu. Tentunya melalui kegiatan ini menyaring penderita PPOK terutama yang biasa merokok. Bila kedapatan penderita PPOK perlu dilakukan pengobatan selanjutnya ke dokter paru.  Dari hasil penelitian yang dilakukan di beberapa kota di Indonesia pada tahun 2015 dengan 740 orang terdiri dari Pria dan  wanita yang tidak merokok, usia 40 tahun keatas, hasilnya penderita PPOK sebanyak 6,3%. Jadi kita perlu waspada lagi dengan orang yang biasa merokok akan terkena PPOK,” ungkapnya.

 

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) yang saat ini diketuai DR.Dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K),FISR,FAPSR mempunyai visi dan misi sebagai organisasi profesi yang akan terus memperjuangkan kesehatan masyarakat khususnya kesehatan pernapasan dengan berbagai sosialisasi yang terus dilakukan untuk memperkenalkan PPOK kepada masyarakat. Tentunya PDPI akan selalu berperan aktif dalam hal tindakan promotif, preventif, kuratif dan rehabilatif untuk PPOK.

PDPI berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit PPOK dengan berbagai kegiatan sosialisasi penyakit PPOK pada hari PPOK Sedunia pada tahun ini. Dalam upaya preventif terhadap penyakit PPOK maka bentuk pencegahan yang dapat dilakukan adalah berhenti merokok. Pelayanan multidisiplin mulai dari penyuluhan, pemberian farmakoterapi, hingga kolaborasi dengan bagian rehabilitasi medik dan kesehatan jiwa merupakan bentuk keseriusan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat memerlukan bantuan dalam mewujudkan niatnya untuk berhenti merokok.

Metode skrining berupa pemeriksaan spirometri juga dilakukan agar dapat menjaring pasien PPOK sejak dini. Untuk pasien yang terdiagnosis PPOK, Pelayanan kesehatan secara menyeluruh juga terus diberikan dalam rangka memperbaiki status kesehatan dan meningkatakan kualitas hidup pasien PPOK.  PDPI juga turut mengusulkan dan mendorong ketersedian obat-obatan PPOK dalam bentuk Inhaler yang terjangkau oleh masyarakat luas dalam program BPJS. Sehingga diharapkan segala upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif untuk PPOK dapat terlaksana dan tercapai.

Kegiatan ini mendapat respon yang  baik dari masyarakat. Pelaksanaanpun berjalan baik atas kerjasamanya dan melibatkan Tim PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, FKUI - RSUP Persahabatan.  


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 6 jam yang lalu

Atasi Masalah Pencernaan dengan Sayur Nangka

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda mencoba mengkonsumsi sayur nangka . Tentunya pernah dan sebagian orang juga menyukai..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hindari 8 Hal ini jika ingin Tidur Nyenyak

Wartakesehatan - Banyak orang yang mengatakan ketika ingin mendapatkan energi dan stamina di pagi hari, Anda hrus..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ubah Jam Makan Malam Bermanfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kegemukan bisa saja terjadi jika Anda salah dalam memilih menu makan malam yang biasanya didominasi..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Wanita Wajib Melakukan Tes Kesehatan

Wartakesehatan.com - Bagi wanita, ada empat tes kesehatan yang wajib dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Agency for..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Bersepeda

Wartakesehatan - Bersepeda adalah salah satu olahraga sederhana yang menyenangkan bagi sebagian besar manusia. Selain..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Diabetes Tipe 2 muncul Akibat Stres

Wartakesehatan.com -   Bila depresi menyerang, penderita diabetes akan kehilangan motivasi mempertahankan kadar gula..
Mamin - 12 jam yang lalu

Ternyata Konsumsi Daging bagi Wanita, Penting!

Wartakesehatan.com - Diet tanpa daging dapat merugikan kesehatan khususnya wanita. Mengapa demikian?Lebih dari 27 persen..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Teratur Tidur Siang bisa Cegah Anemia

Wartakesehatan.com - Perlu kita ketahui bahwa tidur siang juga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, akan tetapi..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

5 Cara Menaikkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Ada beberapa cara mudah menaikkan berat badan ke posisi ideal dengan aman dan sehat, tanpa..
Tekhnologi - 16 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Sauna

Wartakesehatan.com - Sauna merupakan ruangan yang biasanya didominasi kayu, untuk mandi uap atau memanaskan tubuh. Sauna..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Ketahui, Manfaat Sehat dari Sunat

Wartakesehatan.com - Sunat adalah sebuah tindakan untuk membuang kulup, bagian kulit yang menutupi kepala..
18 jam yang lalu

Minum Kopi di Pagi Hari inilah Manfaatnya!

Wartakesehatan - Dibalik kenikmatannya, minum kopi di pagi hari  kopi juga menguntungkan dan bermanfaat..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

7 Menu Sarapan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Menurut jurnal Today's Dietian, mereka yang terbiasa makan pagi lebih sehat daripada yang tidak..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Buah Salak

Wartakesehatan.com - Hampir seluruh pulau Indonesia bisa djadikan lahan pertumbuhan buah salak. Ada beberapa varian salak..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

5 Jenis Teh yang Ampuh bikin Tubuh Langsing

Wartakesehatan.com - Minum secangkir teh saja mampu menangkal mencegah stroke, arthritis, kanker, hingga kematian..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Cegah dan Atasi Bau Badan dengan Konsumsi Lemon

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang betah dengan orang yang bau badannya tak enak? Dipastikan bahwa hampir semua orang tak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kayu manis bisa membunuh Bakteri dan Virus

Wartakesehatan.com - Orang Indonesia mungkin seharunya bersyukur, karena banyak jenis kayu manis banyak tumbuh di..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Atasi Mimisan dengan Es Batu

Wartakesehatan.com - Panik sebenarnya tak akan membuat mimisan cepat reda Ladies. Alangkah baiknya untuk tetap tenang dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, Kandungan Gizi dari Kacang Hijau

Wartakesehatan.com - Kacang hijau ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah yang biasa dimanfaatkan banyak..
Mamin - 1 hari yang lalu

8 Makanan alami bisa Sehatkan Tubuh Perempuan

Wartakesehatan.com - Perempuan cenderung lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit yang erat kaitannya dengan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Akibat Buruknya Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Buruknya sirkulasi darah dapat memengaruhi berbagai organ tubuh, mulai dari jantung hingga otak. Bila..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Dampak Nagatif Mengunyah Permen Karet

Wartakesehatan.com - Meski dinilai dapat membantu kebersihan gigi, ternyata sering mengunyah permen karet justru berdampak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tips Atasi Gigi Berlubang dan Bau Busuk

Wartakesehatan.com - Infeksi yang terjadi di rongga mulut akibat gigi berlubang dapat menyebabkan beberapa masalah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

8 Alasan Alpukat Penting bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang enak dan creamy, alpukat mengandung vitamin, folat, dan nutrisi yang penting..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Penggunaan AC Ternyata Memiliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - AC sekarang telah menjadi sebuah alat rumah yang sangat diperlukan, terutama untuk mengalahkan hawa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Coba 6 Cara ini untuk Hidup Sehat

Wartakesehatan.com - Definisi sehat setiap orang, pada intinya adalah semua orang selalu mendambakan hidup yang sehat dan jauh..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Sayuran Hijau Baik bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - wortel sangat baik untuk kesehatan mata dan melindungi penglihatan. Sebab wortel mengandung..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Tidur Nyenyak di Malam Hari dengan Cara ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

5 Alasan Olahraga Malam Hari dianjurkan

Wartakesehatan - Sibuk bekerja kerap kali menjadi alasan yang membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk..
Seks - 2 hari yang lalu

Orgasme bisa bikin Pria tetap Awet Muda

Wartakesehatan - Ternyata selain mencapai tuntutan seksual, manfaat orgasme bagi pria cukup baik bagi kesehatan...

+Indeks