RS. Moh. Ridwan Meuraksa Gelar Bhaksos 'Operasi Katarak Gratis'

Oleh : ibrahim romending | Sabtu, 09 Desember 2017 | 21:30 WIB


Pelaksanaan Bhaksos Operasi katarak di RS. Moh. Ridwan Meuraksa Jakarta, Sabtu, 9 Desember 2017 (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com -  Berbagai upaya yang dilakukan untuk membantu masyarakat yang mengalami penderitaan penyakit. Kepedulian pemerintah dalam memberantas berbagai penyakit baik yang menular maupun tidak menular terus dilaksanakan seiring dengan kemajuan yang telah dicapai. Melalui kerjasama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan pihak terkait diharapkan dapat mempercepat program kesehatan di masyarakat berjalan dengan baik dan efisien.

Dengan melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) maka pemerintah mengadakan program pemberantasan buta katarak yang saat ini penderitanya cukup banyak di Indonesia. Melalui cara kegiatan operasi katarak diharapkan dapat menekan prevalensi jumlah penderitanya. Dengan melibatkan tenaga kesehatan yang profesional dan didukung peralatan yang modern dan tercanggih dapat memberikan hasil yang optimal pula.

    

“Acara ini merupakan rangkaian kegiatan nasional yang tujuan programnya percepatan eliminasi kebutaan akibat katarak di Indonesia tahun 2017. Kegiatan disini adalah tahap kelima dari rangkaian serentak yang diadakan di seluruh Indonesia. Kegiatan seperti ini dimulai dari 23 November sampai 17 Desember 2017. Tujuannya untuk menaikkan prestasi pemberantasan buta katarak di Indonesia secara internasional. Perlu diketahui pada satu tahun terakhir, Indonesia menjadi peringkat terbawah dalam usaha program pemberantasan buta katarak di dunia setelah Ethiopia. Untuk itulah program ini dinamakan percepatan, jadi bukan bakti sosial biasa. Kegiatan ini didanai oleh APBNP, Kemenkes RI secara keseluruhan. Pelaksananya adalah TNI karena waktunya pendek dan dilaksanakan di 33 RS TNI di seluruh Indonesia,” ucap dr. Nirawan Putranto, SpM kepada wartakesehatan pada saat pelaksanaan hari pertama Bhakti Sosial Operasi Katarak di RS TK II Moh. Ridwan Meuraksa Pinang Ranti, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia, Sabtu (9/12/2017).

“Ini membanggakan sekali, RS Moh. Ridwan Meuraksa sebagai tempat penyelenggara dengan terbanyak jumlah pasiennya. Pasien katarak tidak hanya tidak mampu membayar untuk menyembuhkan kataraknya, tetapi yang banyak justru ketidakmampuan untuk akses tahu dimana ada tempat-tempat yang bisa operasi katarak dengan baik yang dibiayai oleh pemerintah dan didukung TNI.  Program ini disosialisasikan dengan baik yang telah dilakukan oleh RS Ridwan Meuraksa sehingga pelaksanaanya berjalan dengan baik pula. Pelaksana operasi didukung oleh ahli mata senior dengan menggunakan peralatan operasi tercanggih dan terbaru serta belum pernah digunakan di bhakti sosial manapun di Indonesia,” tambah pejabat penting di Puskesad.

“Pemerintah telah memberikan yang terbaik dan didukung penuh oleh Puskesad. Setelah ini, kami melakukan kegiatan ini lagi didaerah lain di Indonesia. Tentu ini akan mempunyai daya ungkit prestasi pemberantasan katarak di tahun 2017 atas pemerintahan ini. Jika punya daya ungkit yang bermakna, tentunya percepatan eliminasi pemberantasan katarak akan dilanjutkan. Kegiatan ini  hasil kerjasama dengan Kemenkes, yang melibatkan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) yang telah bekerjasama dengan baik di Jakarta maupun di daerah lain dan tetap berkolaborasi dengan TNI untuk kegiatan saat ini maupun yang akan datang,” ungkap Mantan Kakesdam V/ Brawijaya sekaligus Korlap Kegiatan Bhakti Sosial secara nasional.

Dalam kesempatan yang sama, dr. Dian Andriani, SpKK,MBiomed, MARS Kepala Rumah Sakit TK II Moh. Ridwan Meuraksa mengatakan kegiatan ini telah dilakukan sosialisasi secara maksimal dan mendapatkan antusias dari masyarakat. “Awalnya RS Ridwan Meuraksa ditargetkan 1.000 orang secara nasional, akhirnya dibagi menjadi dua di tahun 2017 dan 2018.  Pada tahun ini kami punya target 400 orang, dibagi dengan RS AL Mintohardjo dengan target 100 orang. Setelah mendapatkan target tersebut, kami melakukan sosialisasi melalui 9 Kodim yang ada di Kodam Jaya/Jakarta,” katanya.

Wanita ini menambahkan perlunya diadakan penyeleksian bagi calon peserta operasi katarak. “Pada awalnya ada 711 orang yang terdaftar baik di Kodim maupun pendaftaran mandiri. Melalui Polkes yang ada di Kodim, kami lakukan screening, sehingga ada 589 orang yang diagnosis katarak. Tahapan selanjutnya dari yang terdignosa, dilakukan pemeriksaan gula darah, tensi darah dan kemampuan melihat sehingga yang layak operasi menjadi 333 orang,” jelasnya.

Dia juga menerangkan kesiapan RSnya dalam pelaksanaan maupun layanan yang akan diberikan setelah pasien dioperasi. “Pada hari ini pelaksanaan operasi katarak, jika hadir semua sebanyak 237 orang. RS kami telah menyiapkan 3 ruangan, 5 meja operasi dan  5 dokter spesialis mata dengan menggunakan peralatan tercanggih. Untuk pengontrolan setelah operasi katarak menjadi tanggung jawab dokter spesialis mata. Jadi pihak RS Ridwan Meuraksa akan mengakomodir Perdami untuk mengontrol kesehatan mata yang  telah melakukan operasi katarak. Kami punya dua tim yang akan berkunjung ke Kodim masing-masing, setelah sehari mereka menjalani operasi katarak,” terang dr. Dian.

Kegiatan ini ditinjau langsung oleh Kakesdam Jaya dr. Handono SPS, pejabat dari Kementerian Kesehatan RI dan Pengurus Perdami.

Kegiatan Bhakti Sosial Operasi Katarak ini mendapat perhatian dari masyarakat luas terutama yang mengalami gangguan kesehatan mata. Pelaksanan operasi katarak berlangsung selama dua hari, 9-10 Desember 2017 di RS TK II Moh. Ridwan Meuraksa. 


loading...


Fokus : Operasi katarak


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 6 jam yang lalu

Atasi Masalah Pencernaan dengan Sayur Nangka

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda mencoba mengkonsumsi sayur nangka . Tentunya pernah dan sebagian orang juga menyukai..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hindari 8 Hal ini jika ingin Tidur Nyenyak

Wartakesehatan - Banyak orang yang mengatakan ketika ingin mendapatkan energi dan stamina di pagi hari, Anda hrus..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ubah Jam Makan Malam Bermanfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kegemukan bisa saja terjadi jika Anda salah dalam memilih menu makan malam yang biasanya didominasi..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Wanita Wajib Melakukan Tes Kesehatan

Wartakesehatan.com - Bagi wanita, ada empat tes kesehatan yang wajib dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Agency for..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Bersepeda

Wartakesehatan - Bersepeda adalah salah satu olahraga sederhana yang menyenangkan bagi sebagian besar manusia. Selain..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Diabetes Tipe 2 muncul Akibat Stres

Wartakesehatan.com -   Bila depresi menyerang, penderita diabetes akan kehilangan motivasi mempertahankan kadar gula..
Mamin - 12 jam yang lalu

Ternyata Konsumsi Daging bagi Wanita, Penting!

Wartakesehatan.com - Diet tanpa daging dapat merugikan kesehatan khususnya wanita. Mengapa demikian?Lebih dari 27 persen..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Teratur Tidur Siang bisa Cegah Anemia

Wartakesehatan.com - Perlu kita ketahui bahwa tidur siang juga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, akan tetapi..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

5 Cara Menaikkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Ada beberapa cara mudah menaikkan berat badan ke posisi ideal dengan aman dan sehat, tanpa..
Tekhnologi - 16 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Sauna

Wartakesehatan.com - Sauna merupakan ruangan yang biasanya didominasi kayu, untuk mandi uap atau memanaskan tubuh. Sauna..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Ketahui, Manfaat Sehat dari Sunat

Wartakesehatan.com - Sunat adalah sebuah tindakan untuk membuang kulup, bagian kulit yang menutupi kepala..
18 jam yang lalu

Minum Kopi di Pagi Hari inilah Manfaatnya!

Wartakesehatan - Dibalik kenikmatannya, minum kopi di pagi hari  kopi juga menguntungkan dan bermanfaat..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

7 Menu Sarapan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Menurut jurnal Today's Dietian, mereka yang terbiasa makan pagi lebih sehat daripada yang tidak..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Buah Salak

Wartakesehatan.com - Hampir seluruh pulau Indonesia bisa djadikan lahan pertumbuhan buah salak. Ada beberapa varian salak..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

5 Jenis Teh yang Ampuh bikin Tubuh Langsing

Wartakesehatan.com - Minum secangkir teh saja mampu menangkal mencegah stroke, arthritis, kanker, hingga kematian..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Cegah dan Atasi Bau Badan dengan Konsumsi Lemon

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang betah dengan orang yang bau badannya tak enak? Dipastikan bahwa hampir semua orang tak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kayu manis bisa membunuh Bakteri dan Virus

Wartakesehatan.com - Orang Indonesia mungkin seharunya bersyukur, karena banyak jenis kayu manis banyak tumbuh di..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Atasi Mimisan dengan Es Batu

Wartakesehatan.com - Panik sebenarnya tak akan membuat mimisan cepat reda Ladies. Alangkah baiknya untuk tetap tenang dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, Kandungan Gizi dari Kacang Hijau

Wartakesehatan.com - Kacang hijau ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah yang biasa dimanfaatkan banyak..
Mamin - 1 hari yang lalu

8 Makanan alami bisa Sehatkan Tubuh Perempuan

Wartakesehatan.com - Perempuan cenderung lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit yang erat kaitannya dengan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Akibat Buruknya Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Buruknya sirkulasi darah dapat memengaruhi berbagai organ tubuh, mulai dari jantung hingga otak. Bila..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Dampak Nagatif Mengunyah Permen Karet

Wartakesehatan.com - Meski dinilai dapat membantu kebersihan gigi, ternyata sering mengunyah permen karet justru berdampak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tips Atasi Gigi Berlubang dan Bau Busuk

Wartakesehatan.com - Infeksi yang terjadi di rongga mulut akibat gigi berlubang dapat menyebabkan beberapa masalah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

8 Alasan Alpukat Penting bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang enak dan creamy, alpukat mengandung vitamin, folat, dan nutrisi yang penting..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Penggunaan AC Ternyata Memiliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - AC sekarang telah menjadi sebuah alat rumah yang sangat diperlukan, terutama untuk mengalahkan hawa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Coba 6 Cara ini untuk Hidup Sehat

Wartakesehatan.com - Definisi sehat setiap orang, pada intinya adalah semua orang selalu mendambakan hidup yang sehat dan jauh..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Sayuran Hijau Baik bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - wortel sangat baik untuk kesehatan mata dan melindungi penglihatan. Sebab wortel mengandung..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Tidur Nyenyak di Malam Hari dengan Cara ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

5 Alasan Olahraga Malam Hari dianjurkan

Wartakesehatan - Sibuk bekerja kerap kali menjadi alasan yang membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk..
Seks - 2 hari yang lalu

Orgasme bisa bikin Pria tetap Awet Muda

Wartakesehatan - Ternyata selain mencapai tuntutan seksual, manfaat orgasme bagi pria cukup baik bagi kesehatan...

+Indeks