‘Public Warning 2017’ BPOM Ingatkan Bahan Kimia Berbahaya

Oleh : Irawan Mohamad | Selasa, 12 Desember 2017 | 08:36 WIB


OT mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) dan kosmetika mengandung bahan berbahaya hasil temuan pengawasan produk di peredaran (post-market control) secara rutin, kasus, maupun operasi penertiban ke sarana produksi, sarana distribusi, atau retail oleh BPOM melalui Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia. (wartakesehatan.com)

Wartakesehatan.com – Hasil operasi pengawasan peredaran produk Obat Tradisional (OT) dan Kosmetik di tahun 2017 masih cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan produk hasil penangkapan yang di display oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM), dalam Public Warning 2017 di Jakarta. OT mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) dan kosmetika mengandung bahan berbahaya tersebut merupakan hasil temuan pengawasan produk di peredaran (post-market control) secara rutin, kasus, maupun operasi penertiban ke sarana produksi, sarana distribusi, atau retail oleh BPOM melalui Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

Selama periode Desember 2016 hingga November 2017, BPOM menemukan 39 OT mengandung BKO, 28 di antaranya tidak memiliki izin edar Badan POM RI (ilegal). BKO yang teridentifikasi dalam produk OT tersebut didominasi oleh Sildenafil dan turunannya yang berisiko dapat menimbulkan efek kehilangan penglihatan dan pendengaran, stroke, serangan jantung, hingga kematian. BKO lainnya yang juga ditemukan adalah pereda nyeri seperti Fenibutazon.

Selain itu, selama tahun 2017 Badan POM RI juga menemukan 26 jenis kosmetika mengandung bahan berbahaya. Temuan tersebut didominasi oleh produk kosmetika dekoratif dan produk perawatan kulit dengan jenis bahan berbahaya yang teridentifikasi digunakan di dalamnya antara lain merkuri, bahan pewarna merah K3 dan merah K10. Ketiga bahan tersebut dapat berefek buruk bagi kesehatan. Merkuri bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) dan teratogenik  (mengakibatkan cacat pada janin), bahan pewarna merah K3 dan merah K10 juga bersifat karsinogenik. Selain itu, ditemukan pula kosmetika mengandung BKO yang seharusnya tidak diperbolehkan terkandung dalam kosmetika, yaitu Klindamisin.

BPOM OT BKO

“Sebagai langkah tindak lanjut, kami telah menarik OT mengandung BKO tersebut dari peredaran dan memusnahkannya. Pada tahun 2017 ini, pemusnahan telah dilakukan terhadap OT yang tidak memenuhi persyaratan senilai 23,9 miliar rupiah. Pembatalan nomor izin edar juga dilakukan terhadap OT yang sebelumnya telah memiliki izin edar Badan POM RI, namun teridentifikasi mengandung BKO setelah beredar”, jelas Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito saat memberikan keterangan pers terkait public warning hari ini nomor B-IN.05.03.1.43.12.17.5966 tanggal 11 Desember 2017 tentang Obat Tradisional Mengandung Bahan Kimia obat dan nomor B-IN.05.03.1.43.12.17.5965 tanggal 11 Desember 2017 tentang Kosmetika Mengandung Bahan Berbahaya.

Lebih jauh Penny, mengatakan terhadap seluruh temuan kosmetika mengandung bahan berbahaya telah dilakukan tindak lanjut secara administratif, antara lain berupa pembatalan izin edar, penarikan dan pengamanan produk dari peredaran, serta pemusnahan.

“Pemusnahan yang telah dilakukan adalah senilai 20,4 miliar rupiah. Beberapa pelanggaran di bidang kosmetika juga telah ditindaklanjuti secara pro-justitia oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Badan POM RI,” imbuhnya.

Selama tahun 2017, Badan POM RI telah mengungkap 49 perkara tindak pidana OT tanpa izin edar dan/atau mengandung BKO dan telah diproses secara pro-justitia. Untuk tindak pidana di bidang kosmetika, 47 perkara kosmetika tanpa notifikasi dan 8 perkara kosmetika mengandung bahan berbahaya telah ditindaklanjuti secara pro-justitia. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, putusan tertinggi pengadilan perkara obat tradisional yaitu pidana penjara 4 bulan 15 hari dan denda 50 juta rupiah dan perkara kosmetika dijatuhi sanksi berupa putusan pengadilan paling tinggi penjara 2 tahun 6 bulan.

OT BPOM

Lakukan Terobosan Melalui Aplikasi

Pada kesempatan yang sama BPOM juga memperkenalkan terobosan untuk menurunkan demand masyarakat terhadap OT mengandung BKO dan kosmetika mengandung bahan berbahaya, yaitu melalui aplikasi Public Warning Obat Tradisional.

“Aplikasi ini merupakan program/aplikasi berbasis Android yang berisi daftar produk OT yang dinyatakan berbahaya melalui public warning Badan POM RI. Aplikasi ini akan memudahkan masyarakat dalam memilih produk OT yang aman untuk mereka konsumsi”, papar Kepala Badan POM RI.

Selain itu, dalam komitmen Peduli Kosmetika Aman juga dilakukan penandatanganan (hand stamp) komitmen Peduli Kosmetika Aman oleh Kepala Badan POM RI beserta jajaran dan lintas sektor terkait, perwakilan asosiasi pelaku usaha kosmetika, perwakilan asosiasi profesi terkait kesehatan, serta tokoh masyarakat. Badan POM RI melakukan penyerahan sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Kosmetika yang baik (CPKB) kepada 3 industri OT dan 2 industri kosmetika yang telah memenuhi persyaratan CPOTB dan CPKB dalam melakukan usahanya.


loading...


#Makanan #Obat #Kosmetik #BPOM #Tradisional #Ilegal #Public #Warning
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Tekhnologi - 5 jam yang lalu

Dampak Radiasi Smartphone pada Kesehatan

Wartakesehatan.com - Smartphone sekarang telah menjadi bagian dalam hidup, bahkan ketika tidur pun kotak kecil canggih ini..
Mamin - 6 jam yang lalu

Ingin Gigi Sehat? Coba Asupan ini!

Wartakesehatan - Untuk menjaga gigi dan mulut agar tetap sehat salah satunya yaitu dengan cara teratur menyikat gigi. Tapi..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

5 Kebiasaan Sederhana Ini bisa Lawan Kanker

Wartakesehatan.com - Sebagai salah satu penyakit kronis yang mematikan dan sulit disembuhkan, kanker adalah penyakit yang..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Ketahui, 4 Manfaat Push Up bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak adanya ketersediaan waktu atau pun alat penunjang yang memadai, menjadi alasan klasik banyak..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

5 Gaya Hidup Sehat bisa Cegah Hipertensi

Wartakesehatan - Hingga saat ini masalah hipertensi masih menjadi momok dalam gangguan kesehatan utama di Indonesia...
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Wow, Orang Sabar Berumur Lebih Panjang

Wartakesehatan.com - Setiap manusia pasti akan mendapatkan cobaan , cobaan yang diberikan yaitu untuk menguji kesabaran..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Manfaat Make Up bagi Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri wanita tak bisa dipisahkan dari yang namanya make up. Sebagian perempuan mengaku merasa..
Mamin - 12 jam yang lalu

Jaga Kondisi Jantung dengan 7 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Berbagai cara dapat Anda tempuh demi menjaga kesehatan jantung sebelum bahaya penyakit jantung..
Liputan Khusus - 12 jam yang lalu

Pemberdayaan Perawat Jakarta Utara Ditingkatkan, Kesejahteraannya Jadi Perhatian

Wartakesehatan.com - Pelantikan Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Jakarta Utara periode..
Ibu & Anak - 13 jam yang lalu

Cara Mengatasi Stres pada Anak

Wartakesehatan.com - Tanpa disadari, anak-anak juga bisa merasakan stres. Ada berbagai macam penyebab yang menjadi..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Jangan Abaikan 4 Gejala Kanker Hati

Wartakesehatan - Sampai saat ini peningkatan jumlah penderita kanker hati terus terjadi setiap tahun. Gejala kanker hati..
Mamin - 16 jam yang lalu

Daging Panggang picu Diabetes Tipe 2

Wartakesehatan.com - Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa memasak dengan cara digoreng atau dipanggang tersebut..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

5 Cara atasi Kulit Gatal

Wartakesehatan.com - Kulit yang gatal dengan tanda lecet, kulit memerah, mengelupas, hingga bengkak, merupakan gejala..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Efek Negatif dari Pemanis Buatan

Wartakesehatan.com - Meskipun dapat membantu mengurangi kalori dan menghilangkan obesitas, pemanis buatan ternyata..
Mamin - 19 jam yang lalu

5 Manfaat lain jika Konsumsi Ikan Salmon

Wartakesehatan.com - Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 dan protein yang mudah dicerna oleh tubuh. Selain..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Segudang Manfaat Sehat Buah Leci

Wartakesehatan.com - Leci memiliki bau yang wangi serta rasa yang manis. Leci mengandung banyak nutrisi dan vitamin..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, Kurang Tidur picu Gagal Ginjal

Wartakesehatan.com - Seorang ahli masalah tidur menyebutkan bahwa orang yang hanya tidur 5 jam sehari semalam akan..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Ketua DPD PPNI Jakarta Utara Lantik Pengurus Periode 2017-2022

Wartakesehatan.com - Berbagai perjuangan perlu ditegakkan untuk menghidupkan suatu organisasi profesi. Denga adanya visi dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kondisi Jantung Dipengaruhi oleh Gaya Hidup

Wartakesehatan.com - Penyebab utama kematian di negara kita masih dipegang oleh penyakit kardiovaskular. Bahkan, usia..
Mamin - 1 hari yang lalu

Manfaat Sehat Minum Jus Jeruk Setiap Hari

Wartakesehatan.com - Setiap harinya, Anda disarankan untuk mengonsumsi jus jeruk tanpa gula. Jeruk dikenal kaya vitamin C..
Mamin - 1 hari yang lalu

Buah Delima bisa Lawan Kanker

Wartakesehatan.com - Kebanyakan orang tahu tentang cara-cara untuk mencegah penyakit jantung. Misalnya mengonsumsi makanan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tak Diduga, 5 Hal ini Penyebab Kanker

Wartakesehatan - Penyakit kanker sampai saat ini masih manjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Sebelum terjadi,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Sayuran Hijau baik bagi Kesehatan Pria

Wartakesehatan.com - Sudah menjadi kebiasaan kalau pria itu malas dan kurang peduli terhadap kesehatan tubuh. Untuk..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Ikan Kakap Tingkatkan Kecerdasan Otak

Wartakesehatan.com - Beberapa jenis ikan memiliki kandungan Omega 3 tinggi yang baik untuk kecerdasan dan perkembangan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Hindari Penuaan Dini ini Tipsnya!

Warkesehatan.com - Masalah penuaan dini nggak semata-mata karena usia, melainkan kekurangan vitamin C dalam kadar yang..
Ibu & Anak - 1 hari yang lalu

5 Manfaat Hebat Pisang bagi Kesehatan Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Buah pisang adalah buah yang sering kita jumpai di lingkungan kita dan lingkungan sekitar masyarakat...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

3 Manfaat Menakjubkan dari Senyum

Wartakesehatan.com - Memberikan senyuman tak perlu menunggu rasa senang di hati. Tersenyum, bahkan jika dipaksa..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Cegah Resiko Darah Tinggi dengan Yoghurt

Wartakesehatan.com - Rasanya yang cenderung asam, akan membuat yoghurt lebih segar dibandingkan produk susu lainnya. Tak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Waspada, 5 Jenis Kanker yang Tak Timbulkan Gejala

Wartakesehatan.com -  Penyakit ini menyerang sistem imun dan membunuh jaringan, menghambat pertumbuhan sel serta..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Cara Sehat Mengontrol Diabetes

Wartakesehatan.com - Banyak sekali makanan yang menjadi pemicu munculnya diabetes. Selan itu, kurangnya olahraga juga..

+Indeks