Kesejahteraan Perawat Swasta & Negeri : Kembar Tapi Beda Nasib

Oleh : ibrahim romending | Rabu, 13 Desember 2017 | 21:05 WIB


(ibrahim romending)

Wartakesehatan.com - Peningkatan kesejahteraan perawat yang bekerja di sarana kesehatan swasta dalam program pengembangan sumber daya manusia mengalami kesulitan dikarenakan pemerintah daerah mengacu pada standar Upah Minimum Kabupaten/kota sesuai UU no. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan tidak berdasarkan UMR dari Perkemenkes No. 1199 tahun 2004. Hal ini dikarenakan bervariasinya UMK dan di beberapa kota di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta memiliki UMK dibawah nilai standar UMR Perkemenkes No, 1199 tahun 2004 yaitu sebesar 1,6 juta/bulan bagi lulusan D3. Kenyataannya bait keputusan Perkemenkes NO.1199 tahun 2004 memutuskan bahwa pedoman upah minimum regional ini dapat digunakan oleh tenaga kesehatan yang bekerja di sarana kesehatan swasta. Sehingga berdasarkan pengamatan yaitu adanya dualisme dan pembedaan penetapan upah minimum tenaga perawat yang bekerja di sarana kesehatan swasta dengan perawat yang bekerja di sarana kesehatan milik pemerintah, padahal subyek dari peraturan itu sama yaitu perawat yang memiliki tugas dan fungsi pokok yang sama dalam pemberian layanan kesehatan dan memiliki kesamaan dalam bidang keilmuan serta profesionalisme. Permasalahan ini perlu dibahas lebih lanjut untuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul terkait upah minimum tenaga perawat.

Perawat merupakan tenaga profesional yang memberikan layanan kesehatan dengan resiko kerja tinggi terpapar penyakit, radiasi dan kontak dengan bahan-bahan kimia berbahaya. Perawat pun telah mengabdikan kehidupan pribadinya demi profesionalisme dalam pemberian layanan kesehatan, anak-anak mereka diasuh oleh orang lain, beban kerja yang tinggi dikarenakan perawat masih mengerjakan pekerjaan non keperawatan, bekerja selama 8-12 jam dimana resiko kerja meningkat karena kelelahan. Pengorbanan perawat ini tidak dimasukkan dalam ketentuan penetapan penyusunan UMK yang berdasarkan KHL atau kebutuhan hidup layak (KHL). Komponen KHL meliputi makanan dan minuman, sandang, perumahan dan fasilitasnya, pendidikan, kesehatan, transportasi, rekreasi dan tabungan. Penentuan upah minimum perawat yang bekerja di sarana kesehatan swasta dirasa tidak adil dikarenakan perawat merupakan bidang pekerjaan profesional dimana memerlukan intektual dan berpikir kritis dalam memberikan layanan kesehatan, memiliki softskill dan hardskill yang luar biasa dalam kondisi terburuk, bencana alam, maupun kejadian luar biasa. Perawat juga selalu mempertimbangkan keselamatan pasien setiap melakukan tindakan keperawatan. Semua itu tidak masuk dalam penentuan UMK sehingga perlu adanya perbaikan sistem upah minimum bagi perawat yang bekerja di tempat swasta.

Menurut berbagai penelitian dan pengamatan kesejahteraan perawat yang baik mempengaruhi kinerja perawat, meningkatkan motivasi kerja perawat, meningkatkan keselamatan pasien serta mengurangi angka kematian di layanan kesehatan. Namun sebaliknya, kesejahteraan yang rendah akan memicu terjadi aksi-aksi dari ketidakpuasan kerja perawat yang menyebabkan penurunan kualitas layanan kesehatan dan keselamatan pasien.

Adanya perbedaan nilai upah minimum pada Perkemenkes NO. 1199 tahun 2004 dengan UMK menyebabkan perawat lebih memilih untuk bekerja di layanan kesehatan milik pemerintah daripada swasta. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah pelamar CPNS peminatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebanyak 107.951 orang dengan kapasitas 1.000 formasi. Penetapan upah minimum bagi perawat yang bekerja di layanan swasta berdasarkan UMK ini diatur dalam peraturan Gubernur. Kelebihan dalam penetapan kebijakan ini yaitu perhitungan upah minimum kota terendah hanya berlaku bagi tenaga kerja dengan masa kerja kurang 1 tahun, setelah itu akan diperhitungkan jabatan, golongan, masa kerja, pendidikan, kompetensi dan memperhitungkan kondisi perusahaan.

Peninjauan berkala yang diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja sama. Alasan kenaikan upah minimum yaitu lamanya kenaikan kerja, kenaikan inflasi, kenaikan produktivitas, maupun meningkatnya kekayaan perusahaan, UMK dibeberapa wilayah kota lebih tinggi dari UMR tenaga kesehatan Perkemenkes No. 1199 tahun 2004 dikarenakan KHL yang tinggi pula. Kelebihan sistem upah UMK lainnya yaitu bila nilai UMK tersebut diatas UMR maka pemilik sarana kesehatan tidak diperbolehkan untuk menurunkan upah. Sedangkan, kelemahan kebijakan ini yaitu masih ada UMK dibawah standar UMR tenaga kesehatan Perkemenkes No.1199 tahun 2004, penetapan berdasarkan kondisi kekayaan perusahaan sehingga ada tingkat kelabilan dalam sistem upah tenaga kerja. Nilai kebutuhan hidup layak naik maka UMK akan penututan dari tenaga kerja untuk dinaikkan karena sudah tidak sesuai dengan beban hidup, misal adanya kenaikan BBM. Adanya kesenjangan upah antara perawat yang bekerja di swasta dengan perawat pegawai negeri sipil, dimana perawat yang bekerja di swasta memiliki pendapat yang lebih rendah.

Pilihan kebijakan yang bisa diusulkan dalam sistem upah minimum perawat yaitu: membuat sebuah peraturan perundang-undangan yang mencakup pedoman upah minimum regional perawat yang bekerja di swasta maupun PNS, menaikkan UMK kota yang masih di bawah UMR tenaga kesehatan berdasarkan Perkemenkes No. 1199 tahun 2004. Gubernur membuat peraturan upah minimum kota khusus bagi tenaga kesehatan.

Kelebihan pilihan kebijakan yang diusulkan diatas yaitu: kenaikan UMK menyebabkan tidak hanya perawat yang naik pendapatannya tetapi juga tenaga kerja lainnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan di semua pihak tenaga kerja. Penghargaan terhadap profesi akan sebanding dengan pengorbanan dan resiko yang dialami perawat.Adanya ketegasan dalam sistem upah minimum bagi tenaga kesehatan yang bekerja di saranan kesehatan non pemerintah. Mengurangi kesenjangan antara perawat yang bekerja di swasta dengan perawat PNS. Sedangkan, Kelemahan pilihan kebijakan yang diusulkan tersebut yaitu adanya ekslusifitas dalam penentuan upah minimum kota bagi tenaga kesehatan menyebabkan kesejangan sosial dengan tenaga kerja lainnya.

Inflasi upah minimum kota akan menyebabkan tuntutan produktifitas meningkat, bagi perusahaan bagi yang tidak memiliki produktifitas baik akan menyebabkan kehilangan pekerjaan. Perusahaan kesulitan memperoleh tenaga kerja dengan kualitas produktifitas yang baik. Bagi perawat ini berarti naiknya tuntutan kualitas layanan kesehatan dari pemilik sarana kesehatan. Masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan pun turut memberikan tuntutan dimana persepsi masyarakat perawat yang diberi upah tinggi seharusnya memberikan layanan kesehatan yang baik, ramah, kompetensi dan responsibitas yang tinggi serta yang cekatan, cepat, dan cermat. Inflasi upah minimum kota menyebabkan jumlah pengangguran bertambah dan kemiskinan bertambah dikarenakan ketidaksanggupan perusahaan atau RS swasta untuk memberikan upah pada pegawai.

Asosiasi profesi bisa melakukan audiensi kepada Gubernur terhadap peraturan Gubernur yang masih menetapkan UMK dibawah UMR tenaga kesehatan serta melakukan audiensi dengan pimpinan sarana kesehatan untuk tunduk pada UMK sesuai denga UU No. 13 tahun 2003. Pengajuan kenaikan UMK bagi tenaga kesehatan diusulkan oleh Gubernur kepada Dewan Pengupahan. Pengusulan perhitungan KHL naik sebesar 20% dari ketentuan saat ini. Disamping itu mengajukan untuk adanya peraturan perkemenkes yang mengatur sistem upah bagi tenaga kesehatan swasta maupun tenaga kesehatan PNS dan setiap pimpinan sarana kesehatan mengacu pada perkemenkes ini. Sehingga pimpinan sarana kesehatan hanya tunduk pada satu peraturan dalam pemberian upah minimum perawat atau tenaga kesehatan lainnya guna menghilangkan dualisme kebijakan terhadap sebuah profesi. Peningkatan kesejahteraan tenaga kesehatan akan mempengaruhi kinerja perawat, motivasi, kepuasan kerja, dan mutu kualitas layanan kesehatan. (Imelda).

 

Nama Lengkap Penulis : Imelda Avia

Alamat email: [email protected]

Riwayat pendidikan:

• Saat ini Mahasiswa Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Peminatan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan

•    Pendidikan S1 Ners di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia lulus tahun 2010

•    Pengalaman kerja di RS Fatmawati  tahun 2010 - 2012.

•    Saat ini bekerja di Akademi Keperawatan Yaspen Jakarta tahun 2012 - saat ini.

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 10 jam yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 2 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
2 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
2 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
2 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
2 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
2 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
3 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
3 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
3 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 3 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 3 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
4 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..

+Indeks