HIV dan AIDS Jaman Sekarang

Oleh : ibrahim romending | Minggu, 17 Desember 2017 | 05:30 WIB



Wartakesehatan.com -  Secara global epidemi HIV mengalami penurunan, contohnya Asia-Pasifik tetapi berbeda dengan Indonesia yang mengalami peningkatan infeksi baru HIV. Menilik hasil evaluasi yang dirilis Dirjen Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI terkait pencegahan dan penanganan HIV/AIDS ternyata cukup mengejutkan. Jumlah AIDS tertinggi menurut pekerjaan/status mulai dari tahun 1987-maret 2016 adalah ibu rumah tangga (10.691), diikuti tenaga non-profesional/karyawan (9.656), wiraswasta (9.512), petani/peternak nelayan (3.685), buruh kasar (3.202), penjaja seks (2.581), pegawai negeri sipil (1.826) dan anak sekolah/mahasiswa (1.776). Itu artinya sejak tahun 1987 hingga 2016 ada peningkatan jumlah penderita AIDS menurut pekerjaan/statusnya. 

Lebih mengejutkan lagi ternyata potensi penularan HIV di indonesia masih sangat tinggi, Kemenkes RI tahun 2016 melaporkan persentase infeksi HIV tertinggi pada kelompok umur 25-49 tahun (69,7%) dan kelompok umur 20-24 tahun (16,6%), sedangkan sisanya >50 tahun 7,2 %. Ini artinya golongan usia produkstiflah yang tertinggi tertular HIV, mereka adalah generasi muda penerus bangsa.

Indonesia harus benar-benar serius menanggulangi masalah ini, sebelum penyebaran HIV dan AIDS melonjak lebih tinggi lagi. Pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS sangat urgensi. Perlu dibuat rencana strategis berdasarkan hasil-hasil kajian dan penelitian yang sudah ada sehingga hambatan-hambatan yang sebelumnya ada dapat diantisipasi dimasa mendatang. Upaya-upaya yang dilakukan harus terintegrasi dengan bidang kesehatan dalam satu komando dari pusat hingga kedaerah, dengan demikian ada keseragaman dalam implementasi tanpa terpengaruh dengan keterbatasan masing-masing daerah.

Dinamika perkembangan kebijakan penanggulangan HIV dan AIDS dipengaruhi berubahnya relasi antara pemerintah pusat dan daerah (desentralisasi). Ketika pemerintahan masih sentralistik, pemerintah pusat dan mitra pembangunan internasional penyokong dana sangat dominan. Namun setelah desentralisasi memunculkan dua kendala yaitu penyusunan kebijakan publik dan integrasi layanan HIV AIDS secara tehnik di daerah tidak seragam lagi, semua tergantung pada ketersediaan sumber daya dan kapasitas pemerintah daerah masing-masing. Penelitian menunjukkan implementasi layanan HIV AIDS tidak efektif karena kebijakan nasional yang tidak sejalan dengan kondisi pemerintahan daerah. Sebagai contoh mengenai alokasi dana dari APBD, cakupan pendanaannya masih terbatas pada aspek biaya administrasi, belum sampai kepada pelaksanaan program dan pelayanan (PKMK FK UGM, 2015).

Isu HIV dan AIDS merupakan isu multisektoral sehingga kebijakan terkait pencegahan dan penanggulangannya memiliki rentang yang sangat luas. Pada PerPres nomor 75 tahun 2006 tentang Komisi Penanggulangan AIDS Nasional mengatur tentang pembentukan KPAN dengan tujuan untuk meningkatkan upaya pencegahan, pengendalian dan penanggulangan AIDS. KPAN dipimpin oleh Menko Kesra (saat PerPres dikeluarkan) dengan anggota dari beberapa banyak kementerian. Namun sekarang, KPAN akan mengakhiri masa tugasnya sejak tertanggal 31 Desember 2017. Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 124 tahun 2016 pasal 17 bahwa KPAN berakhir masa tugasnya dan segala aset KPAN menjadi aset negara dan diserahkan kepada Kementerian urusan pemerintahan bidang Kesehatan. Penempatan KPAN bentukan baru akan berada dibawah Kementerian Kesehatan.

Kelemahan mendasar dalam respon daerah terhadap HIV dan AIDS adalah hanya bertumpu pada aksi kebijakan dan kelembagaan saja, yaitu pembentukan KPA daerah, namun lemah dalam kapasitas implementasi kebijakan. Permasalahan integrasi program penanggulangan HIV dan AIDS ke dalam sistem kesehatan bukan hal yang mudah karena akan melibatkan banyak kepentingan, infratruktur, kebijakan dan sumber daya (PKMK FK UGM, 2015). Kajian ini ternyata terjawab dengan keluarnya PerPres nomor 124 tahun 2016, penulis pada dasarnya memiliki harapan besar terhadap kebijakan ini. Dengan terintegrasinya KPAN yang baru dibawah Kementerian Kesehatan, diharapkan ada perubahan nyata dalam penanggulangan HIV dan AIDS. Kelemahannya akan tidak mudah karena akan banyak membentur kepentingan-kepentingan yang terganggu sebagai akibat pemberlakuan kebijakan ini. Selain itu apa yang sudah baik dijalankan di KPAN yang lama hendaknya tidak begitu saja “dibuang”, tetapi dapat di integrasikan ke dalam KPAN baru sehingga dapat lebih efektif dan efisien dari segi penggunaan dana.

Kesimpulan
Mencegah lebih baik daripada mengobati merupakan hal terpenting dalam menekan lajunya angka penderita HIV AIDS. Oleh sebab itu harus didukung dengan kebijakan-kebijakan yang memihak pada pelayanan pencegahan HIV/AIDS sehingga implementasinya berkualitas dan efektif.

Rekomendasi
Kajian ini ditujukan kepada DPR RI dan Pemerintahan Pusat yang terkait, berikut beberapa rekomendasi untuk peningkatan pelaksanaan pencegahan dan pengendalian HIV AIDS :

1. Penyelenggaraan pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS diharapkan seragam di setiap daerah sehingga dapat dilakukan serempak dalam memutus epidemi penyebaran infeksi HIV

2. KPA Nasional yang baru diharapkan terbentuk berdasarkan dari hasil kajian ilmiah dan penelitian-penelitian yang ada sehingga program yang nantinya akan dibuat sesuai dengan evidence base dan mampu tata laksana/ diimplementasikan di lapangan.

3. Harus ada sistem yang membuat semua elemen dalam pemerintahan dan masyarakat turut bertanggung jawab dalam implementasi pencegahan penularan HIV AIDS. Intervensi pada komunitas yang ada populasi kunci diantaranya tempat hiburan malam, lokalisasi, dan penyalahguna narkoba, serta pembinaan warga pemasyarakatan (Rutan) dan pembinaan Imigran dll.

4. KPA Nasional yang lama tidak semuanya di nonaktifkan. Apa yang sudah baik berjalan dapat dilanjutkan dan di integrasikan dalam KPA Nasional yang baru.

Referensi
Indonesian National AIDS Commission. (2016). Strategi dan Rencana Aksi Penanggulangan HIV&AIDS 2015-2019.
PKMK FK UGM. (2015). Kebijakan HIV-AIDS dan Sistem Kesehatan di Indonesia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sardjoko, S. (2017). PENGARUSUTAMAAN KESEHATAN DALAM SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS ( SDGs ), (September).

 

Penulis :

Purnama Christina

Lahir : Jakarta, 7 Juni 1981

- Saat ini berstatus PNS yang tugas belajar
- Mahasiswa Magister Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 10 jam yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 2 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
2 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
2 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
2 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
2 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
2 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
3 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
3 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
3 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 3 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 3 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
4 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..

+Indeks