Lansia, Indonesia masuk 5 Besar Terbanyak Di Dunia

Oleh : ibrahim romending | Minggu, 17 Desember 2017 | 21:30 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Menurut WHO, Lansia adalah mereka yang sudah berumur 60 tahun ke atas. Jumlah lansia saat ini 8% di dunia dan dalam tahun 2050 akan menjadi 16 %. Berdasarkan data kementerian kesehatan Indonesia tahun 2012 Jumlah lansia di Indonesia berjumlah 7,6%. Kebijakan-kebijakan mengenai lansia baru-baru ini diangkat dan menjadi fokus pelayanan nasional. Indonesia masuk dalam lima besar negara dengan jumlah lanjut usia terbanyak di dunia.

Berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2010, jumlah lanjut usia di Indonesia yaitu 18,1 juta jiwa (7,6% dari total penduduk). Pada tahun 2014 jumlah penduduk lanjut usia di Indonesia menjadi 18,781 juta jiwa dan diperkirakan pada tahun 2025, jumlahnya akan mancapai 36 juta jiwa.Usia harapan hidup masyarakat Indonesia juga meningkat. Menurut Badan Pusat Statistik tahun 2013 berdasarkan proyeksi penduduk Indonesia tahun 2010 sampai 2035, angka harapan hidup masyarakat meningkat dari 69,8 tahun menjadi 70,8 tahun. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah dalam masa yang akan datang.

Data dari kemenkes tahun 2012 menyatakan kondisi kesehatan lansia yang selalu menurun behubungan dengan kondisi degenarif yang dihadapinya. Beragam penyakit muncul kepada lansia. Sebanyak 52% lansia mengeluhkan kesehatan dalam sebulan. Jenis-jenis penyakit yang muncul yaitu asam urat, hipertensi, rematik, hipotensi dan diabetes melitus (32,99%). Indonesia adalah Negara yang berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan lansia. Komitmen Indonsesia dalam mewujudkan kesehatan lansia telah dibuktikan dengan berbagai kebijakan-kebijakan khusus lansia. Indonesia adalah bagian dari Negara di Asia Tenggara yang memiliki Komitmen bersama dalam hal meningkatkan kesehatan lansia adalah menjadikannya sebagai prioritas nasional.

Berdasarkan UU No. 36 tahun 2009 upaya kesehatan lanjut usia bertujuan agar mereka tetap hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomi. Oleh karena itu, Indonesia telah memprioritaskan kesehatan lansia. Berdasarkan peraturan menteri kesehatan No.25 terkait lansia pemerintah mengeluarkan kebijakan Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lanjut Usia Tahun 2016-2019.

Rencana ini bukanlah hal mudah untuk diwujudkan. Perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dan petugas kesehtaan, serta segenap lapisan masyarakat. Perlu adanya sosialisasi lebih lanjut mengenai kebijakan-kebijakan lansia termasuk kebijakan ini. Sosialisasi kebijakan penting untuk dilakukan agar setiap lapisan masyarakat mengetahui dan menyadari adanya kebijakan tersebut sehingga dapat bekerja sama dengan pemerintah.

Tidak semua lapisan masyarakat dapat menerima pelayanan khusunya di daerah-daerah terpencil. Fasilitas-fasilitas kesehatan lansia menjadi kunci terwujudnya rencana ini. Fasilitas di setiap daerah yang memiliki program dan pelayanan khusus untuk lansia masih terbatas. Keterbatasan fasilitas akan membuat pelayanan tidak optimal. Sebagian besar puskesmas hanya memiliki program-program khusus lansia seperti posyandu lansia, namun pada kenyataannya, program ini juga belum berjalan dengan baik, khususnya pada area-area lebih terpencil yang sulit dijangkau oleh petugas.

Pemerintah perlu mengadakan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah. Belum semua kabupaten dan kota memberikan perhatian khusus kepada lansia apalagi menerapkan kebijakan khusus mengenai lansia. Rencana nasional tidak akan terwujud tanpa dukungan dari tiap-tiap daerah.

Pemerintah sebaiknya lebih memfokuskan kepada upaya promotif dan preventif daripada kuratif. Mengingta jumlah lansia yang dari tahun ke tahun meningkat, maka biaya yang dibutuhkan juga akan meningkat. Meskipun terdapat jaminan-jaminan kesehatan di Indonesia, seperti BPJS bukan menutup kemungkinan jika upaya-upaya yang dilakukan tidak tepat, maka masalah lansia akan tetap menjadi prioritas masalah yang masih sulit terpecahkan.

 

Penulis : Nurul Jamil

Ttl : Parit Medan, 29 Agustus 1991

Email : [email protected]

Pengalaman Kerja : Praktisi Klinik : 12 Mei 2015 - 13 Mei 2016

Saat ini Mahasiswa Pascasarjana Peminatan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Universitas Indonesia.

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 21 jam yang lalu

4 Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Untuk dapat tidur dengan nyenyak tentunya kita harus menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Posisi..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Menahan Bersin bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang memilih untuk menahan bersin saat berada di dekat orang banyak demi kesopanan dan..
1 hari yang lalu

Jaga Metabolisme Tubuh dengan Kacang Kedelei

Wartakesehatan.com - Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia..
1 hari yang lalu

Biji Semangka Meningkatkan Kesuburan Pria

Wartakesehatan.com - Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi yang penuh nutrisi dan antioksidan. Biji..
1 hari yang lalu

Bijih Nangka Dapat Mencegah Anemia

Wartakesehatan.com - biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi...
1 hari yang lalu

Kandungan Buah Anggur yang Tak Kalah Penting

Wartakesehatan.com- Setiap jenis anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi buah anggur..
1 hari yang lalu

Coklat Dapat Mengurangi Resiko Hipertensi

Wartakesehatan.com - Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi..
1 hari yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
1 hari yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
1 hari yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 2 hari yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 2 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 5 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
5 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
5 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..

+Indeks