Memagari Kesejahteraan Perawat Shift Malam, Perlukah Kebijakan?

Oleh : ibrahim romending | Senin, 18 Desember 2017 | 08:30 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Menilik Pasal 77 sampai dengan pasal 85 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, terdapat peraturan tentang jam kerja, waktu istirahat kerja, dan waktu lembur bagi karyawan. Tetapi, International Labor Organitation (ILO) pada tahun 2010 menunjukkan lebih dari dua juta orang meninggal akibat penyakit dan kecelakaan yang timbul karena bekerja. Angka kecelakaan kerja pada tahun 2009 mencapai 96,513 kasus, sedangkan pada tahun 2010 angka kecelakaan kerja mencapai 53,267 kasus (Revalicha, 2013). Faktor pencetusnya diantaranya beban kerja yang terlalu berat, kurangnya SDM, dan waktu kerja yang tidak sesuai, termasuk pada bidang keperawatan.

Beban kerja fisik meliputi hal-hal yang bersifat objektif, sedangkan beban kerja mental salah satunya adalah beban bekerja terkait jadwal dinas yang bergiliran yaitu dinas pagi, sore dan malam (Nurhayana, 2014). Minimalnya dukungan bagi perawat yang berdinas malam menurunkan produktivitas mereka. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menyatakan bahwa sebanyak 50,9% perawat Indonesia yang bekerja mengalami stres kerja, sering mengeluh pusing, lelah, sehingga mengakibatkan ketidakramahan, mengeluh kurang istirahat akibat beban kerja terlalu tinggi, serta penghasilan yang tidak memadai (Revalicha, 2013). Perawat dinas malam mempunyai resiko lebih besar untuk terkena penyakit obesitas, kanker payudara, penyakit kardiovascular, diabetes tipe 2, insomnia, hipertensi dan stroke, hingga depresi dikarenakan durasi tidur yang lebih pendek. (Victoria, 2017). Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Geiger-Brown pada tahun 2016 menyatakan bahwa beberapa perawat yang bekerja shift malam mengalami kantuk tingkat tinggi, sehingga manajerial keperawatan dalam beberapa instansi menyetujui pelaksanaan napping experience untuk shift malam.

International Journal of Caring Sciences periode Januari-April 2014 merekomendasikan usaha-usaha terkait kesejahteraan perawat shift malam. Rumah sakit yang profesional perlu melakukan pengelolaan lebih lanjut terkait tenaga kerja untuk memenuhi rasio minimal tenaga perawat yang dibutuhkan, sehingga beban kerja saat berdinas malam tidak terlalu berat. Selain itu, perlunya waktu untuk istirahat selama berdinas malam dan tempat yang layak disediakan bagi perawat serta fasilitas penyegaran yang bisa dilakukan saat bertugas di malam hari. Hal ini dapat meningkatkan motivasi perawat saat berdinas malam sehingga mempengaruhi sikap dalam pelayanan kesehatan kepada pasien. Diperlukan peningkatan pengetahuan dan kemampuan perawat untuk menghadapi situasi kritis saat berdinas malam, serta pelatihan terkait manajemen waktu. Manajer dituntut untuk memperhatikan masalah kesejahteraan pekerja dinas malam, membuat aturan-aturan yang diperlukan untuk memecahkan masalah fisik dan psikologis yang dialami oleh tenaga perawat akibat kerja malam hari, serta menghindari jadwal kerja shift yang tidak sesuai.

Akan tetapi, masalah ditemukan. Dalam satu minggu, setiap instansi mempunyai pengaturan jadwal dinas malam yang berbeda-beda. Satu instansi mempekerjakan perawat berdinas malam dengan satu hari libur setelah berdinas malam selama dua kali jaga, tetapi instansi lain tidak memberikan hari libur setelah perawat berdinas malam selama dua kali jaga, dengan catatan upah lembur dinaikan. Permasalahan muncul ketika perawat yang berdinas malam mengalami keluhan-keluhan kesehatan setelah menjalankan waktu dinas malam yang ditentukan. Seringkali, kondisi kesehatan yang harus dialami tidak bisa “dibayar” dengan upah lembur dinas malam yang diterima. Perawat shift malam memang sewajarnya mendapatkan insentif dari hasil lembur berdinas malam. Ironisnya, insentif yang dibayarkan seringkali dibarengi dengan masalah kesehatan fisik dan psikologis akibat waktu dinas malam yang panjang serta minimnya waktu libur untuk beristirahat. Kelelahan yang dirasakan “diekori” oleh resiko untuk melakukan kesalahan klinis dan pemberian asuhan keperawatan.

Jika kita mengintip sejenak kepada hak perawat dalam undang-undang keperawatan, UU RI Nomor 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan berfokus kepada pelindungan hukum, hak atas informasi terkait klien, penerimaan imbalan jasa, serta hak memperoleh fasilitas kerja sesuai dengan standar. Faktanya, belum ada kebijakan yang secara khusus menangani pengaturan shift kerja, khususnya bagi perawat yang berdinas malam. Penting untuk mempertimbangkan sebuah kebijakan yang akan mempengaruhi perawat yang bekerja dalam shift malam. Hal ini berpengaruh kepada penilaian keperawatan dalam pemberian asuhan keperawatan yang mungkin terganggu jika perawat secara fisik, mental atau emosional kelelahan, sehingga menimbulkan kesalahan dalam pemberian asuhan. Diperlukan adanya kebijakan yang komprehensif untuk menangani penyimpangan kesehatan serta konsekuensi kelelahan lainnya akibat penjadwalan dinas yang tidak sesuai dengan kemampuan tenaga perawat.

Pemeran utama dalam hal ini adalah tenaga perawat yang mempunyai “suara” sebagai front-line, artinya perlu adanya partisipasi terkait penyatuan suara dalam rangka merekomendasikan pembuatan kebijakan ataupun perubahan terhadap setiap kebijakan yang diajukan. Kemudian, perlu adanya dukungan perawat dalam pengembangan kebijakan tersebut. Selain itu, rumah sakit diwajibkan untuk menaruh perhatian secara serius terkait perbedaan pada perawat shift malam dan efek jam kerja yang bekerja pada jam malam. Efek afektif, kognitif, dan psikomotor yang akan diterima seorang perawat dipengaruhi oleh jam kerja shift malam yang tidak sesuai. Kebijakan tersebut akan mengidentifikasi, menganalisis serta melakukan evaluasi bahwa penjadwalan shift malam yang tidak sesuai berbahaya bagi kesehatan seseorang. Terlebih lagi bagi first graduate yang masih dalam proses adaptasi dan pengawasan, akan lebih berat bagi mereka untuk menghadapi situasi shift malam. Perlu adanya proses adaptasi kerja dengan menempatkan perawat pemula pada shift pagi atau sore terlebih dahulu, sebelum kemudian ditempatkan pada shift malam.

Kendala yang mungkin timbul adalah ketersediaan tenaga perawat yang masih minim dan tidak merata di setiap daerah, menjadi momok yang masih harus dihadapi oleh dunia keperawatan. Pekerjaan rumah ini masih harus diselesaikan demi tercapainya kesejahteraan perawat dibarengi dengan waktu kerja dan beban kerja yang sesuai dengan kemampuan. Selanjutnya, kebijakan yang meyakinkan dan kohesif mengenai kesejahteraan perawat shift malam perlu diteliti, dibuat dan dikembangkan sehingga diharapkan akan bermanfaat bagi kepuasan perawat dalam melaksanakan pekerjaannya. Kebijakan baru akan membantu memastikan kesejahteraan serta kenyamanan perawat dan akhirnya meningkatkan kepuasan bagi pasien yang merupakan tujuan utama yang harus dicapai oleh setiap tenaga perawat profesional.

 

Author:
Sancka Stella Ganiasnda Sihura
Program Manajemen dan Kepemimpinan Keperawatan
Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia
[email protected]

 

 

 


loading...


Fokus : Shift malam


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 2 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
2 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
2 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
2 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
2 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
2 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
3 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
3 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
3 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 3 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 3 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
4 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..

+Indeks