PPNI Kota Bekasi Edukasikan Peran Perawat Dalam Program Promotif & Preventif

Oleh : ibrahim romending | Minggu, 17 Desember 2017 | 21:05 WIB


Kadinkes Kota Bekasi bersama Panitia Pelaksana Seminar Keperawatan di RS Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Sabtu, 16 Desember 2017. (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com - Upaya peningkatan kualitas hidup sehat seharusnya tidak menjadi tanggungjawab pihak tertentu. Kesadaran masyarakat dalam membudayakan perilaku hidup sehat perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Peranan pemerintah menyediakan pelayanan kesehatan menjadi salah satu hal utama terwujudnya peningkatan kualitas hidup sehat. Disamping peranan tenaga kesehatan ikut menjadi penentu terlaksananya program kesehatan di Indonesia. Peranan masyarakat dalam mendukung gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) menjadi bagian yang terpenting. Berbagai upaya dilakukan untuk mendukung program kesehatan diantaranya usaha promotif dan preventif.

Saat ini di Indonesia terdapat beberapa masalah kesehatan penduduk yang masih perlu mendapat perhatian secara sungguh-sungguh dari semua pihak karena dampaknya akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa yang akan datang. Di negara kita mereka yang mempunyai penyakit diperkirakan 15%, sedangkan yang merasa sehat atau tidak sakit adalah selebihnya atau 85%. Selama ini nampak bahwa perhatian yang lebih besar ditujukan kepada mereka yang sakit. Sedangkan mereka yang berada di antara sehat dan sakit tidak banyak mendapat upaya promosi. Untuk itu, dalam penyusunan prioritas anggaran, peletakan perhatian dan biaya sebesar 85% seharusnya diberikan kepada 85% masyarakat sehat yang perlu mendapatkan upaya promosi kesehatan.

Untuk memberikan peranan lebih kepada perawat yang merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kota Bekasi berinisiatif menggelar seminar bagi perawat, bertujuan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan perawat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya promotif dan preventif. Perawat diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDMnya disamping itu mengikuti peraturan pemerintah dibidang kesehatan yang berkaitan dengan keorganisasian.

“Pada hari ini DPD PPNI Kota Bekasi mengadakan kegiatan ilmiah dengan tema Peran Perawat Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Melalui Program Promotif dan Preventif. Diharapkan  perawat harus menjadi HEBAT. Dengan pengertian H : Handal, setia, terpercaya dan punya otoritas. E : Empati, semangat untuk menolong orang lain dengan jiwa raganya, semangat untuk menolong orang lain dengan menempatkan dirinya seolah-olah dalam posisi yang ditolong, perpaduan afektif dan kognitif. B : Berwibawa adalah dampak otorisasi diri, kalau perawatnya kompeten otomatis berwibawa. A : Apik, mengerjakan sesuatu dengan rapih, bersih dan hasilnya bagus. T : Terampil, cekatan, cermat dan menyelesaikan tugasnya dengan target waktu,” ucap  Ns. Mulyono, S.Kep dalam sambutannya pada seminar kesehatan di lantai 8  RS. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, Sabtu (16/12/2017).

Ketua DPD PPNI Kota Bekasi ini mengatakan pentingnya perawat untuk menjadi anggota PPNI.  “PPNI adalah organisasi profesi yang legal, sah, diakui oleh pemerintah dan diatur oleh undang-undang. Perawat yang bukan anggota PPNI nantinya akan menjadi perawat Ilegal, karena kalau bukan anggota PPNI sudah otomatis tidak bisa Re - Registrasi STR, karena Re - Registrasi STR harus melalui STR harus melalui PPNI. Perawat yang bukan anggota PPNI tidak bisa mengurus SIPP maupun SIKP karena mengurus SIPP dan SIKP harus perawat yang mempunyai NIRA dan mendapat rekomendasi dari PPNI. Jadi intinya perawat - perawat yang tidak tergabung dalam PPNI adalah calon perawat ilegal, berdasarkan UU 36 tahun 2014, UU 38 tahun 2014. Tenaga kesehatan yang menjalankan praktek profesinya tanpa memiliki STR didenda sebanyak-banyaknya Rp. 100 Juta atau kurungan 2 tahun, katanya.

Dia menambahkan, “Perawat merupakan tenaga kesehatan terbesar di Indonesia lebih dari  40% tenaga kesehatan adalah perawat. Tentunya jumlah yang besar ini akan sangat berpotensi dan berperan penting didalam mengisi pembangunan nasional dengan perawat-perawat yang kompeten, menguasai ilmunya, skillnya OK, keterampilan bagus, attitudenya baik itulah perawat kompeten. Perawat kompeten harus memenuhi 3 unsur yaitu knowledge, skill dan attitude. Tentunya dengan jumlah yang besar ini menjadi sesuatu yang berkualitas diantaranya ikut mensukseskan dan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan upaya promotif dan preventif," ungkapnya.

Pada kegiatan ini dihadiri Dr.H. Kusnanto Saidi, MARS Kepala Dinkes Kota Bekasi, Perwakilan RS Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi,  DPW PPNI Jawa Barat,  IDI dan IBI serta undangan lainnya.

Seminar ini menghadirkan narasumber berkompeten diantaranya Dr. Siti Farida Hanoum, AAK Kepala BPJS Cabang Kota Bekasi materi Prospektif Program Promotif, Preventif di Era JKN, Dr. Etty Rekawati, SKp, MKM, DPP PPNI materi Peran OP Dalam Peningkatan Mutu SDM, Jajang Rahmat Solihin, SKp,M.Kep.Kom Ketua DPW PPNI DKI Jakarta materi Peran Penting Perawat Dalam Mensukseskan Program Promotif Preventif, Shintha Silaswati, SKp,MSc Praktisi Keperawatan materi Peningkatan Masalah Kesehatan di Masyarakat sedangkan materi Edukasi Efektif & Tepat Sasaran di Masyarakat disampaikan H. Dadang Suharto, SKp.,WOCN Praktisi keperawatan.

Kesehatan merupakan investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Paradigma sehat merupakan strategi pembangunan kesehatan, dimana mengarah kepada mempertahankan kondisi sehat dan tidak sakit dan produktif yang dikenal dengan upaya promotif dan preventif ketimbang upaya kuratif yang hanya menekankan pada upaya penanganan orang-orang sakit.

Perubahan paradigma kesehatan yang kini lebih menekankan pada upaya promotif-preventif dibandingkan dengan upaya kuratif dan rehabilitatif diharapkan merupakan titik balik kebijakan Pemerintah dalam menangani kesehatan penduduk yang berarti program kesehatan yang menitikberatkan pada pembinaan kesehatan bangsa bukan sekedar penyembuhan penyakit. Sehingga peranan perawat sangat diutamakam dalam meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat dalam upaya promotif dan preventif selain tenaga kesehatan lainnya.

Kegiatan yang dhadiri sekitar 400 orang berasal dari Kota Bekasi, Karawang, DKI Jakarta dan Banten. Acara berjalan baik dibawah koordinator Ma’mur, AMK sebagai ketua panitia,  dibantu pengurus dan anggota DPD PPNI Kota Bekasi. 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 6 jam yang lalu

Atasi Masalah Pencernaan dengan Sayur Nangka

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda mencoba mengkonsumsi sayur nangka . Tentunya pernah dan sebagian orang juga menyukai..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hindari 8 Hal ini jika ingin Tidur Nyenyak

Wartakesehatan - Banyak orang yang mengatakan ketika ingin mendapatkan energi dan stamina di pagi hari, Anda hrus..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ubah Jam Makan Malam Bermanfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kegemukan bisa saja terjadi jika Anda salah dalam memilih menu makan malam yang biasanya didominasi..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Wanita Wajib Melakukan Tes Kesehatan

Wartakesehatan.com - Bagi wanita, ada empat tes kesehatan yang wajib dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Agency for..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Bersepeda

Wartakesehatan - Bersepeda adalah salah satu olahraga sederhana yang menyenangkan bagi sebagian besar manusia. Selain..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Diabetes Tipe 2 muncul Akibat Stres

Wartakesehatan.com -   Bila depresi menyerang, penderita diabetes akan kehilangan motivasi mempertahankan kadar gula..
Mamin - 12 jam yang lalu

Ternyata Konsumsi Daging bagi Wanita, Penting!

Wartakesehatan.com - Diet tanpa daging dapat merugikan kesehatan khususnya wanita. Mengapa demikian?Lebih dari 27 persen..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Teratur Tidur Siang bisa Cegah Anemia

Wartakesehatan.com - Perlu kita ketahui bahwa tidur siang juga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, akan tetapi..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

5 Cara Menaikkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Ada beberapa cara mudah menaikkan berat badan ke posisi ideal dengan aman dan sehat, tanpa..
Tekhnologi - 16 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Sauna

Wartakesehatan.com - Sauna merupakan ruangan yang biasanya didominasi kayu, untuk mandi uap atau memanaskan tubuh. Sauna..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Ketahui, Manfaat Sehat dari Sunat

Wartakesehatan.com - Sunat adalah sebuah tindakan untuk membuang kulup, bagian kulit yang menutupi kepala..
18 jam yang lalu

Minum Kopi di Pagi Hari inilah Manfaatnya!

Wartakesehatan - Dibalik kenikmatannya, minum kopi di pagi hari  kopi juga menguntungkan dan bermanfaat..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

7 Menu Sarapan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Menurut jurnal Today's Dietian, mereka yang terbiasa makan pagi lebih sehat daripada yang tidak..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Buah Salak

Wartakesehatan.com - Hampir seluruh pulau Indonesia bisa djadikan lahan pertumbuhan buah salak. Ada beberapa varian salak..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

5 Jenis Teh yang Ampuh bikin Tubuh Langsing

Wartakesehatan.com - Minum secangkir teh saja mampu menangkal mencegah stroke, arthritis, kanker, hingga kematian..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Cegah dan Atasi Bau Badan dengan Konsumsi Lemon

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang betah dengan orang yang bau badannya tak enak? Dipastikan bahwa hampir semua orang tak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kayu manis bisa membunuh Bakteri dan Virus

Wartakesehatan.com - Orang Indonesia mungkin seharunya bersyukur, karena banyak jenis kayu manis banyak tumbuh di..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Atasi Mimisan dengan Es Batu

Wartakesehatan.com - Panik sebenarnya tak akan membuat mimisan cepat reda Ladies. Alangkah baiknya untuk tetap tenang dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, Kandungan Gizi dari Kacang Hijau

Wartakesehatan.com - Kacang hijau ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah yang biasa dimanfaatkan banyak..
Mamin - 1 hari yang lalu

8 Makanan alami bisa Sehatkan Tubuh Perempuan

Wartakesehatan.com - Perempuan cenderung lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit yang erat kaitannya dengan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Akibat Buruknya Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Buruknya sirkulasi darah dapat memengaruhi berbagai organ tubuh, mulai dari jantung hingga otak. Bila..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Dampak Nagatif Mengunyah Permen Karet

Wartakesehatan.com - Meski dinilai dapat membantu kebersihan gigi, ternyata sering mengunyah permen karet justru berdampak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tips Atasi Gigi Berlubang dan Bau Busuk

Wartakesehatan.com - Infeksi yang terjadi di rongga mulut akibat gigi berlubang dapat menyebabkan beberapa masalah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

8 Alasan Alpukat Penting bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang enak dan creamy, alpukat mengandung vitamin, folat, dan nutrisi yang penting..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Penggunaan AC Ternyata Memiliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - AC sekarang telah menjadi sebuah alat rumah yang sangat diperlukan, terutama untuk mengalahkan hawa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Coba 6 Cara ini untuk Hidup Sehat

Wartakesehatan.com - Definisi sehat setiap orang, pada intinya adalah semua orang selalu mendambakan hidup yang sehat dan jauh..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Sayuran Hijau Baik bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - wortel sangat baik untuk kesehatan mata dan melindungi penglihatan. Sebab wortel mengandung..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Tidur Nyenyak di Malam Hari dengan Cara ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

5 Alasan Olahraga Malam Hari dianjurkan

Wartakesehatan - Sibuk bekerja kerap kali menjadi alasan yang membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk..
Seks - 2 hari yang lalu

Orgasme bisa bikin Pria tetap Awet Muda

Wartakesehatan - Ternyata selain mencapai tuntutan seksual, manfaat orgasme bagi pria cukup baik bagi kesehatan...

+Indeks