Penggunaan READS Memiliki Pengaruh Positif Terhadap Efektifitas Pendokumentasian Pasien

Oleh : ibrahim romending | Selasa, 19 Desember 2017 | 21:05 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Dokumentasi adalah merupakan salah satu aktifitas yang dilakukan dalam proses pelaksanaan asuhan keperawatan. Fungsi utama dari dokumentasi keperawatan adalah sebagai alat komunikasi untuk memfasilitasi profesi, kelangsungan proses perawatan dan keselamatan pasien, dokumentasi juga memiliki tujuan lain seperti jaminan kualitas, intsrumen hukum, perencanaan kesehatan dan penelitian. Dokumentasi asuhan keperawatan yang baik adalah meliputi beberapa komponen yaitu pengkajian, diagnosis, perencanaan, implementasi dan evaluasi. Kelima komponen tersebut harus terdokumentasikan secara jelas dan berurutan, sehingga dapat dipahami oleh semua profesi.

Berdasarkan Joints Commission International Accreditation ( JCIA, 2011) asuhan keperawatan yang diberikan kepada setiap pasien harus terencana dan tertulis dalam dokumentasi asuhan keperawatan. Proses pendokumentasian di negara kita kebanyakan masih menggunakan cara manual dengan pencatatan berbasis kertas. Hal ini memberikan dampak kepada lamanya waktu yang diperlukan dalam pendokumentasian sehingga mengurangi waktu untuk pemberian asuhan keperawatan. Pasien sebagai klien akan dirugikan karena waktu yang diperlukan untuk perawatan mereka menjadi berkurang karena digunakan untuk melakukan aktifitas pendokumentasian. Sedangkan pada perawat proses ini akan menjadi beban kerja tambahan dikarenakan waktu yang dimiliki tetap dan mereka juga harus menyelesaikan pekerjaan yang lain.

Proses pendokumentasian manual seringkali menimbulkan beberapa kendala seperti data tidak mudah untuk diambil atau diperbaharui, catatan seringkali tidak lengkap, tidak terbaca, kurang informasi tentang perawatan pasien, mengandung informasi yang kurang mendukung dan kehilangan tanda tangan identitas staff perawatan. Hal ini memunculkan ide atau gagasan untuk membuat suatu sistem pendokumentasian yang mudah dan efektif tanpa mengurangi kelengkapan yang diperlukan dalam suatu asuhan keperawatan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Sistem informasi kesehatan merupakan seperangkat tatanan yang meliputi data, informasi, indikator, prosedur, perangkat, teknologi dan sumber daya manusia yang saling berkaitan dan dikelola secara terpadu untuk mengarahkan tindakan atau keputusan yang berguna dalam mendukung pembangunan kesehatan. Informatika keperawatan merupakan sintesis ilmu keperawatan, ilmu komputer dan ilmu kognitif untuk tujuan mengelola dan mengenalkan data perawatan kesehatan, informasi, pengetahuan dan kebijksanaan untuk meningkatkan kualitas perawatan pasien dan profesi keperawatan. Dalam suatu penelitian yang dilakukan terkait pengawasan Hospital Acquired Infections ( HAIs ) berbasis komputer, berpengaruh kepada kelengkapan dan tingkat kepuasan perawat, hasil penelitian ini menyarankan untuk migrasi dari catatan yang berbasis manual ke dokumentasi berbasis elektronik.

Salah satu jenis aplikasi untuk merekam data pasien adalah Elektronic Health Records (EHRs). Salah satu jenis EHRs yang digunakan adalah the Rapid Electronic Assessment Documentation System (READS ). READS merupakan sebuah sistem komputer baru yang memanipulasi informasi yang dikumpulkan secara rutin untuk mengukur beban kerja perawat, yang dikombinasikan dengan alasan masuk, status fungsional, perkiraan kematian di rumah sakit dan angka harapan hidup yang akan menghasilkan keluaran dalam bentuk cetakan dengan format Situation, Background, Assessment dan Recomendation. Terdapat 8 domain yang digunakan untuk mengukur beban kerja : Barthel Index (aktifitas sehari – hari), risiko jatuh, angka dekubitus, penanganan manual, richmond agitasi dan sedasi scale, dementia, perilaku yang tidak menentu, layanan khusus. Pilihan kode warna yang dipilih : rata - rata (kuning), diatas rata - rata (oranye), dibawah rata - rata (hijau), sangat rendah (biru), sangat tinggi (merah). Dalam suatu penelitian terkait penggunaan READS di sebuah rumah sakit di irlandia menunjukkan sebagian besar staf perawat (80%) menginginkan sistem ini bisa digunakan dalam kegiatan pendokumentasian mereka, sedangkan mereka yang tetap menginginkan menggunakan sistem dokumentasi dengan kertas lebih dikarenakan faktor ketidaknyamanan jika menggunakan komputer dalam bekerja.

Penggunaan READS menjadi salah satu alternatif penggunaan teknologi dalam proses pendokumentasian dan merupakan salah satu bentuk strategi untuk membuat proses pelayanan menjadi lebih mudah dan bisa saling menguntungkan semua pihak yang terlibat. Di sebuah rumah sakit di korea penggunaan catatan keperawatan elektronik didapatkan hasil bahwa penggunaan sistem ini dapat mendukung praktik keperawatan dan pendokumentasian keperawatan dan terjadi peningkatan kualitas data pada pendokumentasian yang dilakukan di rumah sakit tersebut. READS adalah suatu program untuk membuat dan memperbaiki dokumentasi rutin dengan membuat laporan singkat yang dibuat dan dibagi secara otomatis, dan menyediakan data yang tersedia secara langsung untuk perawatan sehari – hari, audit, kontrol mutu dan perencanaan layanan. Program ini memperbaiki proses pendokumentasian rutin dengan membuat laporan singkat yang dibuat dan dibagi secara otomatis dan menyediakan data yang tersedia secara langsung yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, yaitu perawatan sehari – hari, audit, kontrol kualitas dan perencanaan pelayanan. Data - data yang dihasilkan bisa digunakan untuk perencanaan perawatan sehari – hari pasien, kepentingan audit, kontrol mutu dan lain - lain.

Program ini bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan oleh seorang perawat dalam proses pendokumentasian asuhan keperawatan dan mengukur beban kerja perawat tanpa memerlukan dokumen tambahan lagi. Didalam program ini disamping efektif untuk mengurangi waktu pendokumentasian juga terdapat sistem warning dengan menggunakan warna yang menunjukkan beban kerja yang dibutuhkan pada masing - masing pasien, contoh untuk pasien dengan nyeri warnanya hijau (ringan) dan pasien dengan jatuh atau pingsan warnanya kuning. Hal ini hampir sama dengan sistem triase yang ada di negara kita, yang dipakai untuk menilai tingkat kegawatan dari seorang pasien sehingga kita bisa lebih terarah dalam memberikan penanganan pada pasien. Kekurangan dari program ini adalah terkait kebutuhan perangkat komputer dalam pelaksanaannya serta perawat yang kurang nyaman dengan penggunaan perangkat komputer, karena mereka sudah terbiasa denga cara manual dan kemauan untuk belajar hal baru sudah berkurang dikarenakan misalnya faktor usia.

READS sangat mungkin untuk diterapkan di indonesia, dikarenakan kegiatan pendokumentasian di indonesia kebanyakan masih menggunakan cara manual dengan paper based system sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam pelaksanaannya dan masih terkendala dengan ketidaklengkapan data yang dimasukkan. Aplikasi READS ini juga sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini pelaksanaannya dengan menggunakan komputer, dimana perangkat komputer sebagian besar umumnya sudah dimiliki rumah sakit - rumah sakit di indonesia, selanjutnya tinggal melengkapi jumlah yang diperlukan sesuai kebutuhan. Kemudian diperlukan pelatihan kepada sumber daya manusia (SDM) yang akan menjadi user dalam penggunaan aplikasi ini. Diperlukan motivasi dan komitmen yang kuat untuk bisa melakukan perubahan dari sesuatu hal yang sudah menjadi budaya ke arah perubahan yang lebih baik.


Penulis :
Agus Setiyadi
Mahasiswa Program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Keperawatan
Universitas Indonesia, Depok.

 

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 10 jam yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 2 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
2 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
2 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
2 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
2 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
2 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
3 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
3 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
3 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 3 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 3 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
4 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..

+Indeks