Penggunaan Telehealth Dalam Manajemen Hipertensi Di Layanan Pusat Kesehatan Masyarakat Indonesia

Oleh : ibrahim romending | Rabu, 20 Desember 2017 | 06:30 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Teknologi telehealth adalah suatu terobosan baru dalam manajemen tatalaksana hipertensi yang melibatkan teknologi terkini. Telehealth digunakan untuk mengawasi status kesehatan pasien diantaranya tekanan darah pasien. Hipertensi sebagaimana diketahui adalah suatu kondisi medis dimana terjadi peningkatan tekanan darah. Hipertensi termasuk dalam kategori penyakit tidak menular yang sering ditemukan pada pelayanan kesehatan primer dimana peran telehealth dapat diaplikasikan yaitu sebagai lini pertama tatalaksana pasien hipertensi. Dengan telehealth keadaan pasien dapat terkontrol secara tepat. Artikel ini mempresentasikan sebuah literatur review yang mengeksplorasi penggunaan telehealth dilayanan pusat kesehatan masyarakat serta mengenai manfaatnya dalam manajemen hipertensi.

Sebagaimana kita ketahui Pembangunan nasional bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kualitas hidup manusia, baik yang tinggal diperkotaan maupun pedesaan. Data WHO (2012) 972 juta orang di dunia atau 24,6 % penduduk di dunia mengidap hipertensi dengan perbandingan 26,6 % pria dan 26,1 % wanita. Prevalensi hipertensi diperkirakan akan terus meningkat dan diprediksi pada tahun 2025 sebanyak 29% (8 juta) orang dewasa di seluruh dunia menderita hipertensi (WHO, 2012) dan menurut data riset kesehatan dasar (Riskesdas 2013) hipertensi merupakan kondisi yang sering ditemukan pada pelayanan kesehatan primer di masyarakat yaitu dengan angka prevalensi cukup tinggi berkisar 25,8% sehingga diperlukan suatu metode pengontrolan hipertensi. Munculnya telehealth atau telemonitoring/telenursing diharapkan status kesehatan dapat lebih terpantau sehingga mengurangi rehospitalisasi hipertensi atau menjadi sebuah prevensi dalam masyarakat

Definisi Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/tenang (Riskesdas 2013). Adapun komplikasi yang dapat muncul dari penyakit hipertensi yaitu stroke, gagal jantung, gagal ginjal, edema paru, pendengaran menurun dan kebutaan. Selain itu, komplikasi hipertensi dapat menyebabkan kematian jika tidak di tangani dengan segera (Price & Wilson, 2006).

Penggunaan teknologi telehealth sangat berkembang dengan pesat, adanya revolusi digital yaitu data, suara, gambar diam dan bergerak dapat dicampur sehingga mendapatkan gambaran yang cocok yang dapat dikirimkan keberbagai jenis saluran yang dapat disimpan dalam sebuah chip dan diaplikasikan dalam pembuatan database medis. Telehealth nursing atau telenursing dapat diartikan sebagai praktek pemberian layanan keperawatan menggunakan teknologi komunikasi. Pasien yang tergabung dalam grup telemonitoring lebih baik status kesehatannya yaitu dengan angka rehospitalisasi lebih kecil dari yang tidak terkontrol melalui telemonitoring. Pasien yang menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu mengunduh program aplikasi pada masing masing perangkat elektronik mereka semisal handphone, tablet atau PC, kemudian setelah teregister mereka baru dapat menggunakan mengguunakan aplikasi ini sesuai arahan dan melanjutkan pada tahap berikutnya yang telah ditentukan untuk mendapatkan rekomendasi dari tenaga kesehatan terkait penyakit hipertensi.

Teknologi ini merupakan suatu inovasi yang dapat meningkatkan derajat kesehatan pasien pada khususnya tentu saja dengan tidak melupakan standar asuhan pelayanan kesehatan yang ada, (Wild & Harrison, 2017) mendapatkan hasil penelitian bahwa dengan teknologi telehealth dapat memangkas waktu berkunjung pasien (efisiensi waktu) dilayanan pusat kesehatan masyarakat sehingga perawat dapat melakukan asuhan keperawatan dengan maksimal. Begitu juga halnya dengan pasien pun merasakan Efektifitas telehealth dalam manajemen hipertensi bahwa 54% pasien merasakan manfaat dari teknologi telehealth, mereka kebanyakan menggunakan telepon seluler sehingga lebih ringkas dan tidak menghabiskan waktu untuk pergi ke primary care saat mengontrol hipertensi.

Adanya inovasi teknologi ini mengakibatkan suatu hubungan yang positif antara penggunaan telehealth/telemonitoring pada pasien dengan hipertensi, semakin sering menggunakan telehealth/telemonitoring maka akan meningkatkan kualitas hidup pasien hipertensi yaitu akan menjadi lebih terkontrol. Data yang disajikan pada penelitian McManus et all pada tahun 2010 dan 2015 bahwa terdapat peningkatan persentase dalam penggunaan teknologi telehealth begitu juga dengan efektifitas penggunaan aplikasi yang diteliti oleh Cottrel et al pada tahun 2010 dan 2015 bahwa derajat kesehatan masyarakat yang menggunakan telehealth/telemonitoring menjadi meningkat (Wild & Harrison, 2017).

Tidak dipungkiri sekalipun ada kekurangan pada teknologi ini yaitu pada koneksi internet ataupun kemampuan pasien dalam menggunakan aplikasi namun teknologi telehealth/telemonitoring menjadi salah satu hal yang berguna untuk diterapkan dilayanan primer/dasar karena dapat memudahkan tenaga kesehatan dalam memberikan upaya promotif, preventif maupun kuratif yang digunakan oleh dokter, perawat atau tenaga kesehatan lain (McManus, 2010).

Diharapkan Pasien dengan Telehealth akan menunjukkan kecenderungan umum yang dapat mempengaruhi layanan kesehatan terkait informasi melalui media telekomunikasi. Dengan telehealth pemberi layanan kesehatan dapat lebih efektif melakukan monitoring pasien jarak jauh seperti memonitor tanda-tanda vital pasien, berat badan, tekanan darah, nadi dan indikasi penting lainnya. Sejatinya Teknologi telehealth/telemonitoring ini memberikan banyak manfaat dan solusi dalam manajemen hipertensi tetapi akan lebih baik lagi jika sebelumnya perlu dilakukan studi kelayakan yang cermat, khususnya apakah secara technically feasible, financially profitable or achievable dan socially acceptable untuk dapat diterapkan di Indonesia, kita serahkan kepada pemangku kebijakan kesehatan dinegeri ini.

 


Penulis :

Nani Asna Dewi

Mahasiswa Magister Keperawatan Kepemimpinan Dan Manajemen Pelayanan Keperawatan Universitas Indonesia

Email: [email protected]


loading...


Fokus : Telehealth


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 6 jam yang lalu

Atasi Masalah Pencernaan dengan Sayur Nangka

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda mencoba mengkonsumsi sayur nangka . Tentunya pernah dan sebagian orang juga menyukai..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hindari 8 Hal ini jika ingin Tidur Nyenyak

Wartakesehatan - Banyak orang yang mengatakan ketika ingin mendapatkan energi dan stamina di pagi hari, Anda hrus..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ubah Jam Makan Malam Bermanfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kegemukan bisa saja terjadi jika Anda salah dalam memilih menu makan malam yang biasanya didominasi..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Wanita Wajib Melakukan Tes Kesehatan

Wartakesehatan.com - Bagi wanita, ada empat tes kesehatan yang wajib dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Agency for..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Bersepeda

Wartakesehatan - Bersepeda adalah salah satu olahraga sederhana yang menyenangkan bagi sebagian besar manusia. Selain..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Diabetes Tipe 2 muncul Akibat Stres

Wartakesehatan.com -   Bila depresi menyerang, penderita diabetes akan kehilangan motivasi mempertahankan kadar gula..
Mamin - 12 jam yang lalu

Ternyata Konsumsi Daging bagi Wanita, Penting!

Wartakesehatan.com - Diet tanpa daging dapat merugikan kesehatan khususnya wanita. Mengapa demikian?Lebih dari 27 persen..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Teratur Tidur Siang bisa Cegah Anemia

Wartakesehatan.com - Perlu kita ketahui bahwa tidur siang juga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, akan tetapi..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

5 Cara Menaikkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Ada beberapa cara mudah menaikkan berat badan ke posisi ideal dengan aman dan sehat, tanpa..
Tekhnologi - 16 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Sauna

Wartakesehatan.com - Sauna merupakan ruangan yang biasanya didominasi kayu, untuk mandi uap atau memanaskan tubuh. Sauna..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Ketahui, Manfaat Sehat dari Sunat

Wartakesehatan.com - Sunat adalah sebuah tindakan untuk membuang kulup, bagian kulit yang menutupi kepala..
18 jam yang lalu

Minum Kopi di Pagi Hari inilah Manfaatnya!

Wartakesehatan - Dibalik kenikmatannya, minum kopi di pagi hari  kopi juga menguntungkan dan bermanfaat..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

7 Menu Sarapan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Menurut jurnal Today's Dietian, mereka yang terbiasa makan pagi lebih sehat daripada yang tidak..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Buah Salak

Wartakesehatan.com - Hampir seluruh pulau Indonesia bisa djadikan lahan pertumbuhan buah salak. Ada beberapa varian salak..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

5 Jenis Teh yang Ampuh bikin Tubuh Langsing

Wartakesehatan.com - Minum secangkir teh saja mampu menangkal mencegah stroke, arthritis, kanker, hingga kematian..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Cegah dan Atasi Bau Badan dengan Konsumsi Lemon

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang betah dengan orang yang bau badannya tak enak? Dipastikan bahwa hampir semua orang tak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kayu manis bisa membunuh Bakteri dan Virus

Wartakesehatan.com - Orang Indonesia mungkin seharunya bersyukur, karena banyak jenis kayu manis banyak tumbuh di..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Atasi Mimisan dengan Es Batu

Wartakesehatan.com - Panik sebenarnya tak akan membuat mimisan cepat reda Ladies. Alangkah baiknya untuk tetap tenang dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, Kandungan Gizi dari Kacang Hijau

Wartakesehatan.com - Kacang hijau ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah yang biasa dimanfaatkan banyak..
Mamin - 1 hari yang lalu

8 Makanan alami bisa Sehatkan Tubuh Perempuan

Wartakesehatan.com - Perempuan cenderung lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit yang erat kaitannya dengan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Akibat Buruknya Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Buruknya sirkulasi darah dapat memengaruhi berbagai organ tubuh, mulai dari jantung hingga otak. Bila..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Dampak Nagatif Mengunyah Permen Karet

Wartakesehatan.com - Meski dinilai dapat membantu kebersihan gigi, ternyata sering mengunyah permen karet justru berdampak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tips Atasi Gigi Berlubang dan Bau Busuk

Wartakesehatan.com - Infeksi yang terjadi di rongga mulut akibat gigi berlubang dapat menyebabkan beberapa masalah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

8 Alasan Alpukat Penting bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang enak dan creamy, alpukat mengandung vitamin, folat, dan nutrisi yang penting..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Penggunaan AC Ternyata Memiliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - AC sekarang telah menjadi sebuah alat rumah yang sangat diperlukan, terutama untuk mengalahkan hawa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Coba 6 Cara ini untuk Hidup Sehat

Wartakesehatan.com - Definisi sehat setiap orang, pada intinya adalah semua orang selalu mendambakan hidup yang sehat dan jauh..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Sayuran Hijau Baik bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - wortel sangat baik untuk kesehatan mata dan melindungi penglihatan. Sebab wortel mengandung..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Tidur Nyenyak di Malam Hari dengan Cara ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

5 Alasan Olahraga Malam Hari dianjurkan

Wartakesehatan - Sibuk bekerja kerap kali menjadi alasan yang membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk..
Seks - 2 hari yang lalu

Orgasme bisa bikin Pria tetap Awet Muda

Wartakesehatan - Ternyata selain mencapai tuntutan seksual, manfaat orgasme bagi pria cukup baik bagi kesehatan...

+Indeks