Pengembangan Clinical Decision Support Systems (CDSS) DI Rumah Sakit

Oleh : ibrahim romending | Rabu, 20 Desember 2017 | 11:30 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Lingkungan perawatan medis merupakan lingkungan yang dinamis, kompleks, dan selalu mengalami perubahan. Untuk menanggapi perubahan-perubahan dalam layanan perawatan medis maka dirancanglah sistem komputer yang dapat mengumpulkan, menyimpan, mengambil, menganalisis, dan mengkomunikasikan status kesehatan dan informasi perawatan kesehatan. Komponen sistem informasi kesehatan memungkinkan manajemen pengambilan keputusan klinis dan kesehatan (D, Babu, 2012). Sistem pendukung pengambilan keputusan klinis telah berkembang dari sistem awal yang masih menggunakan kertas kemudian menjadi sistem yang terkomputerisasi dikenal sebagai clinical decision support systems (CDSS) yang dirancang untuk membantu dalam pengambilan keputusan, dimana karakteristik individu pasien digunakan untuk melakukan penilaian khusus atau rekomendasi yang kemudian dipresentasikan (Dowding, 2013).

CDSS merupakan pengembangan dari electronic health record atau electronic patient record systems. CDSS mencocokkan karakteristik pasien menjadi dasar pengetahuan bagi komputer untuk menghasilkan pengkajian pasien yang spesifik atau memberi rekomendasi. CDSS lebih menguntungkan dibanding decision support paper based karena lebih cepat memproses informasi pasien secara spesifik kemudian mencocokkannya dengan aturan yang telah dibuat komputer untuk menghasilkan suatu keputusan. CDSS bekerja dengan membantu pengambilan keputusan; CDSS tidak dapat membuat keputusan untuk praktisi kesehatan, tetapi dapat menyediakan rekomendasi dan petunjuk untuk tindakan yang terbaik (Dowding, 2013). Dengan demikian, CDSS hanya merupakan sebuah alat atau sistem yang membantu profesional kesehatan dalam menentukan pengambilan keputusan, bukan sebuah alat yang menghasilkan suatu keputusan. Dalam hal ini tetap diperlukan pengetahuan dari praktisi profesi di bidang kesehatan dalam menentukan sebuah keputusan.

Contoh pengembangan dan penerapan CDSS adalah seperti CDSS yang digunakan untuk membantu perawat onkologi dalam memberikan perawatan pada pasien kanker. Pada program CDSS yang dikembangkan perawat dapat memilih diagnosa keperawatan apa saja yang tersedia dan direkomendasikan oleh sistem, perawat juga dapat melihat hasil pemeriksaaan fisik yang ditemukan dan berhubungan dengan diagnosis keperawatan, perawat dapat melihat etiologi atau faktor yang berhubungan dengan diagnosis yang dipilih, serta perawat dapat memilih gejala apa saja yang dirasakan pasien saat ini sesuai dengan karakteristik yang diindikasikan oleh sistem (Yilmaz & Ozdemir, 2017).

Hal-hal yang penting untuk diperhatikan jika ingin menerapkan CDSS adalah identifikasi terlebih dahulu jenis kebutuhan dari keputusan yang membutuhkan dukungan CDSS beserta alasan yang rasional dan jelas kenapa CDSS akan sangat membantu hal tersebut. Pertimbangkan juga apakah tipe pengambilan keputusan tersebut akan menguntungkan jika menggunakan CDSS dan bagaimana dampak pada pasien jika pengambilan keputusan tersebut salah. Selain itu, menggunakan petunjuk berdasarkan bukti penelitian juga penting, menentukan siapa yang akan menggunakan CDSS tersebut dan dimana CDSS akan digunakan, fitur apa saja yang dibutuhkan ada dalam CDSS, bagaimana CDSS akan diimplementasikan dan dievaluasi serta keamanannya, serta mengintegrasikan CDSS dengan sistem yang sudah ada. Menerapkan CDSS secara efektif juga membutuhkan dukungan dari organisasi yaitu dengan menjelaskan mengapa CDSS penting, menggunakan strategi yang jelas untuk menerapkan dan mendukung pengenalan teknologi, dan menyediakan pendidikan dan dukungan pada staf saat mereka menggunakannya (Dowding, 2013).

Faktor-faktor yang dapat menghambat pengembangan CDSS di Rumah Sakit juga perlu untuk dipahami seperti adanya persepsi bahwa CDSS dapat mengurangi otonomi profesional profesi kesehatan atau data CDSS dapat digunakan untuk melawan profesional kesehatan ketika terjadi masalah terkait hukum medis, adanya kekhawatiran bahwa pengenalan teknologi yang baru dapat mengubah hubungan dan komunikasi antar profesi, tidak adanya budaya organisasi yang mendukung penggunaan bukti ilmiah dan teknologi informasi, adanya kekhawatiran bahwa CDSS akan menyediakan informasi yang salah dan tidak up to date, dan adanya anggapan bahwa CDSS hanya dapat membantu dalam pengerjaan tugas-tugas inti. Hal-hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan praktisi kesehatan tentang CDSS dan kurangnya partisipasi dalam melaksanakannya. Oleh karena itu, untuk mengatasi hambatan seperti ini perlu adanya sosialisasi tentang manfaat dari CDSS, memberikan kesempatan kepada praktisi kesehatan untuk menggunakan CDSS secara langsung, dan melibatkan praktisi kesehatan dalam proses implementasi CDSS kedepannya (Liberati et al., 2017).

Implementasi CDSS dapat berhasil dengan mengidentifikasi kebutuhan praktisi kesehatan untuk menciptakan kesadaran di kalangan profesi kesehatan tentang CDSS dan aplikasinya dalam perawatan pasien serta meningkatkan keberhasilan penerimaan CDSS dalam membantu praktik profesi kesehatan sehingga dapat menghasilkan pengambilan keputusan yang berkualitas serta perlunya evaluasi sistem oleh pengembang agar mendukung kesusksesan penerapan CDSS.

Jika suatu rumah sakit ingin mengembangkan CDSS dalam pelayanannya maka hal-hal yang telah dijelaskan diatas perlu untuk dipertimbangkan agar CDSS yang dikembangkan dapat efektif, berhasil, dan berjalan dengan baik.

Nama Penulis : Febrina Viselita
Email : [email protected]
Riwayat Pendidikan:
Saat ini Mahasiswa Program Magister Keperawatan Peminatan Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia Tahun 2017
Pendidikan S1 dan Ners di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran lulus tahun 2014
Pengalaman kerja di RS Bhayangkara Palembang 2015-2017.


loading...


Fokus : CDSS


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 21 jam yang lalu

4 Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Untuk dapat tidur dengan nyenyak tentunya kita harus menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Posisi..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Menahan Bersin bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang memilih untuk menahan bersin saat berada di dekat orang banyak demi kesopanan dan..
1 hari yang lalu

Jaga Metabolisme Tubuh dengan Kacang Kedelei

Wartakesehatan.com - Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia..
1 hari yang lalu

Biji Semangka Meningkatkan Kesuburan Pria

Wartakesehatan.com - Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi yang penuh nutrisi dan antioksidan. Biji..
1 hari yang lalu

Bijih Nangka Dapat Mencegah Anemia

Wartakesehatan.com - biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi...
1 hari yang lalu

Kandungan Buah Anggur yang Tak Kalah Penting

Wartakesehatan.com- Setiap jenis anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi buah anggur..
1 hari yang lalu

Coklat Dapat Mengurangi Resiko Hipertensi

Wartakesehatan.com - Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi..
1 hari yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
1 hari yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
1 hari yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 2 hari yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 2 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 5 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
5 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
5 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..

+Indeks