SMARTWATCH : Alat Deteksi Pencegah Jatuh Pada Usia Lanjut

Oleh : ibrahim romending | Rabu, 20 Desember 2017 | 16:05 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Usia harapan hidup penduduk Indonesia diproyeksikan akan terus meningkat, sehingga persentase penduduk lansia terhadap total penduduk diproyeksikan terus meningkat. Berdasarkan penelitian, pertumbuhan usia harapan hidup dimana setengah masyarakat usia lanjut mengalami jatuh dan tidak dapat bangun sendiri setelah jatuh walaupun mereka tidak cedera. Hal ini mengakibatkan jatuh sebagai kejadian yang lebih berbahaya.

Kemungkinan jatuh tidak dilaporkan sepenuhnya sehingga perkiraan jatuh mungkin lebih dari yang dilaporkan. Jatuh sering mengakibatkan masalah fisik dan psikologis misalnya kecemasan, distress, depresi, cedera seperti fraktur dan perdarahan intracranial, meningkatnya risiko kematian pada usia lanjut dan mengurangi aktivitas fisik anggota keluarga, caregiver dan petugas kesehatan professional. Jatuh mengakibatkan meningkatnya masa rawat dan meningkatkan pembiayaan pasien. Pasien jatuh pada populasi dewasa mengakibatkan beban finansial yang berat dan biaya yang signifikan bagi penderitanya. Biaya tertinggi akibat jatuh dibutuhkan oleh lansia yang berusia 75-84 tahun.

Orang usia lanjut menghadapi sejumlah tantangan dalam aktivitas hariannya, misalnya jatuh dan lupa, yang mengakibatkan mereka mencari pertolongan pada saudaranya atau pelayan kesehatan profesional. Beberapa teknologi pencegahan jatuh mencakup intervensi seperti smartwatch, pemantauan video, dan lima sensor nirkabel sistem deteksi gerak ( 5 S-MDS). Namun, teknologi yang ada saat ini memiliki kelebihan dan keterbatasan. Smartwatch yang digunakan adalah yang sesuai dengan investigasi pasar. Smartwatch membutuhkan 3 dimensi akselerasi sensor, kemampuan baterai yang tahan beberapa hari sebelum dichange ulang. Implementasi smartwatch berdasarkan sistem bantuan berdasarkan smartwatch Pebble yang dipilih karena kemampuan layanan dua Andorid dan alat kekuatan iOS, mempunyai bateri runtime sampai 7 hari sesuai pabrikannya. Alat ini mampu bergetar dan membangun sensor yang akselerasinya memungkinkan untuk menyadarkan penggunanya dan memandu aktivitas ketika memakai jam tersebut. Smartwatches lainnya biasanya lebih mahal dan hanya memiliki satu platform dan kapasitas baterai buruk.

Pencegahan pasien jatuh sebagai tantangan bagi organisasi pelayann kesehatan. Joint Commission International mendefinisikan pengurangan bahaya jatuh sebagai indikator kualitas pelayanan di RS dan sebagai standar tujuan keselamatan pasien nasional Salah satu strategi dalam proses mengurangi jatuh adalah penggunaan alat deteksi risiko jatuh untuk mengidentifikasi populasi yang berisiko jatuh. Pengkajian penggunaan alat risiko jatuh dan mengadopsinya merupakan strategi implementasi yang penting bagi organisasi. Pilihan yang adekuat dan dapat diadaptasikan oleh RS merupakan tantangan bagi organsasi. Bukti kualitas tinggi menunjukkan bahwa intervensi multikomponen dapat mengurangi risiko jatuh di RS sebesar 30%. Komponen optimal tidak ditetapkan tapi komponen yang paling umum meliputi pengkajian pasien, pendidikan pasien dan staff, tanda bedside dan kabel kesadaran, saran pemakaian pakaian, jadual dan supervisi toileting,dan kajian pengobatan. Setiap alat deteksi yang telah dideskripsikan memiliki kelebihan dan kekurangan dari penerapan di pelayanan kesehatan di Indonesia.

Smartwatch memiliki keunggulan dimana praktis digunakan dalam area tertentu menggunakan Bluetooth. Namun jika digunakan dalam setting komunitas menggunakan koneksi internet. RS tidak memerlukan infrastruktur yang mahal untuk penerapan smartwatch. Smartwatches lainnya biasanya lebih mahal dan hanya memiliki satu platform dan kapasitas baterai buruk. Keuntungan teknologi yang smart pada beberapa tahun terakhir menawarkan cara yang baru yang memampukan usia lanjut untuk hidup aman dan hidup dengan minimal ketergantungan pada orang lain. Smartwatch mudah pengunaannya dan dapat tersambung dengan saudara lansia atau pelayanan kegawatdaruratan jika diperlukan. Peran pemimpin terutama keperawatan dalam usulan perencanaan pemilihan alat deteksi jatuh meliputi menetapkan ulang prioritas dalam mengadopsi teknologi, memahami proses mengadopsi teknologi guna mencapai pelayanan yang aman bagi penggunanya..

Penulis : Martha Evi Riana Purba
Alamat Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan
1. Saat ini sebagai mahasiswa Program Pascasarjana, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Depok
2. S1 Ners Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Depok

Pengalaman Kerja
1. RS Honoris 2005-2008
2. Mayapada Hospital 2008-2010
3. RSUD R.Syamsudin SH Kota Sukabumi 2010-2015
4. Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar 2015- saat ini.


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 2 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
2 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
2 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
2 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
2 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
2 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
3 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
3 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
3 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 3 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 3 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
4 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..

+Indeks