Penggunaan Rekam Medik Elektronik sebagai Upaya Peningkatan Keselamatan Pasien

Oleh : ibrahim romending | Sabtu, 23 Desember 2017 | 22:00 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Fokus pelayanan kesehatan saat ini sedang diarahkan untuk meningkatkan keselamatan pasien (patient safety). Hal ini mendorong pelayanan kesehatan untuk mengembangkan dan menemukan inovasi-inovasi dalam pelayanan kesehatan. Salah satunya inovasi yang dilakukan adalah penggunaan rekam medik elektronik (RME). RME adalah alat pendokumentasian yang menghasilkan data yang dapat digunakan dalam meningkatkan keselamatan pasien, mengevaluasi kualitas perawatan, memaksimalkan efisiensi, dan menghitung kebutuhan staf.

Penggunaan RME ini telah meluas hampir di seluruh belahan dunia, dan digunakan pada berbagai area praktik, seperti pelayanan primer, rawat jalan, rawat inap. Penggunaan RME dipandang sangat efektif dan efisien dalam membantu praktisi rumah sakit dalam melakukan pelayanan kesehatan.

Sesuai dengan Kepmenkes Nomor 932/Menkes/SK/VIII/2002 tentang petunjuk pelaksanaan pengembangan sistem laporan informasi kesehatan kabupaten/kota, dan didukung oleh Permenkes No. 269 tahun 2008 Bab II pasal 2 yang menyebutkan bahwa: rekam medis harus dibuat secara tertulis, lengkap dan jelas atau secara elektronik, maka perkembangan penggunaan RME di Indonesia sudah digerakkan dan mulai beralih dari penggunaan rekam medis berbasis kertas, kepada penggunaan rekam medis berbasis elektronik. Namun, penggunaan RME dalam praktik keperawatan Indonesia saat ini kebanyakan hanya sebatas sumber informasi medis perkembangan penyakit pasien dan tidak terintegrasi dengan proses keperawatan. Hal ini terkait dengan tampilan RME yang ada di Indonesia belum menjawab kebutuhan tersebut seperti yang diadopsi oleh beberapa rumah sakit di luar negeri.

Tampilan aplikasi RME yang diadopsi oleh hampir seluruh rumah sakit di Amerika Serikat saat ini berdasarkan kepada fungsi komputerisasi, yaitu fungsi dasar dan fungsi lanjutan. Setidaknya ada 10 fungsi komputerisasi dasar yang ditampilkan dalam setiap unit di setiap rumah sakit, yaitu: demografi pasien, catatan dokter, pengkajian keperawatan, daftar masalah pasien, daftar obat pasien, ringkasan pulang pasien, laporan radiologi, hasil laboratorium, hasil tes diagnostik, dan permintaan pengobatan pasien (order entry for medications). Sedangkan rumah sakit yang menggunakan sistem RME komprehensif melaporkan semua fungsi dasar ditambah dengan 14 fungsi tambahan, yang diterapkan sepenuhnya di semua unit klinis utama. Fungsi tambahan tersebut adalah: pencatatan advis lanjutan; entri pesanan untuk laporan laboratorium, tes radiologi, permintaan konsultasi, dan perintah keperawatan; kemampuan untuk
melihat foto/film radiologi, foto/film test diagnostik, laporan konsultan dan dukungan keputusan klinis untuk pedoman klinis, pengingat klinis, hasil alergi obat, interaksi obat-obatan dan interaksi obat-obatan berdasarkan hasil penelitian laboratorium.

Realisasi pemanfaatan data RME ini dapat dilihat dari dua domain, yaitu domain rumah sakit dan domain pasien. Domain rumah sakit memungkinkan penilaian kinerja melalui dashbord dan menilai area kinerja yang suboptimal, menciptakan dashboard kinerja organisasi, unit-level, dan individual; memungkinkan dokter untuk menampilkan data; menilai kepatuhan terhadap pedoman klinis; mengidentifikasi kesenjangan perawatan untuk populasi pasien tertentu; menghasilkan laporan untuk menginformasikan perencanaan strategis; mendukung proses perbaikan terus-menerus; memantau keamanan pasien; dan mengidentifikasi pasien berisiko tinggi untuk perawatan lanjutan. Sedangkan domain pasien memastikan bahwa pasien dapat menjadi peserta aktif dalam perawatan mereka dan memfasilitasi keterlibatan dalam pengelolaan mandiri: memungkinkan pasien untuk melihat, mendownload, dan mengirim informasi kesehatan secara online; meminta perbaikan catatan medis mereka; meminta peresepan ulang, menjadwalkan jadwal konsultasi, dan membayar tagihan secara online; menyerahkan data pasien; menggunakan pesan aman dengan penyedia layanan; dan menunjuk anggota keluarga atau pengasuh untuk mengakses informasi atas nama mereka.

Selanjutnya manfaat dari penggunaan RME yaitu memungkinkan akses informasi pasien yang sama (berbagi data) bagi penyedia layanan kesehatan, dimana pasien bergerak bebas di seluruh propinsi suatu negara. Berbagi data sangat diperlukan dalam praktik yang memerlukan lebih dari 1 dokter, yang memungkinkan dokter untuk melihat catatan perawatan pasien dari dokter lainnya, serta sebagai dukungan untuk melakukan keputusan klinis. Dengan adanya RME ini dipercaya membantu penyedia layanan kesehatan memberikan perawatan yang lebih aman dan lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan kualitas perawatan dan kesehatan komunitas.Namun manfaat dari penggunaan RME ini, harus didukung oleh penyampaian data yang lengkap dan benar. Misalnya, RME perlu memberikan gambaran lengkap tentang komorbiditas, intoleransi, obat-obatan yang terkait, dan alergi pasien. Sehingga diperlukan kemampuan para  penyedia data untuk menampilkan kualitas data yang sama, terutama pada penyedia layanan primer.

Besarnya manfaat dari penggunaan RME didalam meningkatkan keselamatan pasien, hendaknya menjadi bahan masukan bagi layanan kesehatan di Indonesia. Dengan adanya informasi pasien yang dapat diakses secara online oleh seluruh fasilitas layanan kesehatan baik primer ataupun layanan kesehatan rujukan kiranya membantu layanan kesehatan untuk meningkatkan keselamatan pasien yaitu dengan menyediakan informasi secara berkelanjutan serta memastikan adanya intervensi berkesinambungan bagi perjalanan penyakit pasien. Melibatkan pasien sebagai pengguna RME juga sebaiknya mulai diterapkan sebagai media promosi kesehatan dan mengurangi barier antara penyedia layanan kesehatan dengan pasien untuk memiliki komunikasi yang kontinu antara pasien dan pemberi layanan kesehatan.

 

Nama Lengkap Penulis : Marthalena Siahaan
Alamat email: [email protected]
Riwayat pendidikan:
• Saat ini Mahasiswa Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Peminatan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan
• Pendidikan S1 Ners di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Sumatera Utara lulus tahun 2010
• Pengalaman kerja di RS Martha Friska Brayan Medan September tahun 2010 – Februari 2011, RS Mitra Sejati Medan (Mei 2011 - Agustus 2017).

 

 

 


loading...


Fokus : RME


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 10 jam yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 2 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
2 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
2 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
2 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
2 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
2 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
3 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
3 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
3 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 3 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 3 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
4 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..

+Indeks