Pelantikan DPK PPNI RSKO Jakarta Sekaligus Edukasi Adiksi Terkini

Oleh : ibrahim romending | Sabtu, 23 Desember 2017 | 19:05 WIB


Foto bersama, Pelantikan DPK PPNI RSKO Jakarta Periode 2017-2022. (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com - Dalam sebuah organisasi profesi yang memiliki jumlah anggota banyak diperlukan kepengurusan yang terarah dan dapat memberikan kontribusi manfaat terutama kepada para anggotanya. Berdasarkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) perlu adanya komisariat yang merupakan perwakilan pengurus kabupaten/kota yang berdiri pada institusi tertentu yang mewakili jumlah perawat sebagai anggota PPNI minimal berjumlah 25 (dua puluh lima) orang. Pelantikan pengurus dilakukan oleh ketua atau yang mewakili pengurus PPNI kabupaten/kota di wilayah komisariat tersebut berada. Pelantikan dilakukan dengan mengundang pengurus PPNI kabupaten/kota.

Pengurus komisariat berwenang dalam melaksanakan kebijakan organisasi dalam wilayah kerjanya berdasarkan pengarahan dari pengurus kabupaten/kota. Kewajiban pengurus Komisariat adalah menyampaikan laporan secara berkala kepada pengurus Kabupaten/kota dalam melaksanakan segala ketentuan dan kebijakan organisasi.

Untuk menjalankan kepengurusan PPNI yang selama ini sudah berjalan dengan baik dan masa periode kepengurusan telah berakhir, diperlukan pembentukan pengurus yang baru kembali. Melalui keputusan bersama, maka Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Jakarta Timur melakukan pelantikan Dewan Pengurus Komisariat (DPK) PPNI RSKO Jakarta untuk periode 2017-2022. Diharapkan dengan kepengurusan yang baru dapat melanjutkan program yang terdahulu dan membuat terobosan terbaru dengan tetap menjalin hubungan baik dan bersinergi dengan pihak rumah sakit sekaligus sebagai tempat pelayanan bagi para anggotanya.

 

“DPK adalah suatu organisasi paling terdepan untuk mengurus perawat yang ada. Semua perawat memang harus masuk kedalam komisariat. Peran kami disini adalah satu syarat yang menentukan bagi suatu legalitas baik itu pengurusan STR maupun SIP. Jadi kalau tidak ada DPK untuk tandatangan legalitasnya sebagai ahli profesi tidak jadi STR atau SIPnya. Kami pengurus yang sekarang  sama dengan yang lalu, jadi akan berusaha melayani anggota dengan baik. Perlu diketahui untuk tahun kedepannya bahwa pengurusan STR lebih berubah lagi, STR telah dicanangkan melalui One Day Care,” ucap Okta Mustikallah, S.Kep pada saat memberikan sambutan di Ruang Conferensi RSKO Jakarta, Sabtu (23/12/2017).

Ketua DPK PPNI RSKO Jakarta ini yang telah terpilih kembali mengatakan selama ini pihak RSKO Jakarta peduli dengan kebutuhan untuk meningkatkan pelayanan maupun keperluan perawat. “Untuk selanjutnya program-program yang ada di DPK RSKO Jakarta ini adalah program yang dimana dapat memberikan potensi seorang perawat yang ada di RSKO dan juga perawat yang ada di Jakarta. Kami bersyukur bahwa RSKO Jakarta, segenap direksinya sangat peduli memberikan kesempatan kepada perawat untuk sekolah/pendidikan untuk meningkatkan kompetensi kami. Pada tahun ini saja 16 orang perawat disekolahkan oleh RSKO Jakarta untuk melaksanakan program profesinya. Pada hari ini pula akan dilaksanakan seminar mengenai NAPZA. Pelatihan-pelatihan seperti ini akan kami lakukan secara kontinyu. Diharapkan kedepannya akan lebih banyak lagi  seminar maupun pelatihan-pelatihan dengan pembicara-pembicara berkualitas yang akan dihadirkan disini,” ungkapnya.

Pada pelantikan DPK PPNI RSKO Jakarta dilantik langsung Ns. Muzamil, S.Kep Ketua DPD PPNI Jakarta Timur, yang sebelumnya dibacakan oleh Ns. Harwina Widya Astuti, M.Kep mengenai SK DPD PPNI Jakarta Timur mengenai pelantikan.

Dalam acara pelantikan ini dihadiri dr. Yuniar Sukmawati, M.Epid, MARS Plh. Direktur RSKO Jakarta, Kepala Bidang Keperawatan Ns. Elly Hotmida Gultom, S.Kep, Ketua Komite Keperawatan Ns. Ibnu Hajar, S.Kep Ketua Komite Keperawatan RSKO Jakarta dan Pengurus DPD PPNI Jakarta Timur.

Setelah acara pelantikan, dilanjutkan dengan kegiatan seminar NAPZA dengan tema Addiction Nursing, Now and Future. 

Seminar kali ini menghadirkan pembicara yang berkompeten diantaranya dr. Carlamia Henriette Lusikooy, Sp.KJ materi Trends and Current Issue of Addiction, Ns. Muzamil, S.Kep materi Legal Aspects of Addiction Nursing, Ice Yulia Wardani, Skp, M.Kep.Sp.Kep.J materi The Deveplopment of Addiction Nursing Education, Elly Hotnida Gultom materi Role of Nurses Strengthening Families dan materi Emergency Nursing of Addiction disampaikan Ibnu Hajar, S.Kep, Ners.

Adiksi merupakan suatu kondisi ketergantungan fisik dan mental terhadap hal-hal tertentu yang menimbulkan perubahan perilaku bagi orang yang mengalaminya. Dalam adiksi, terdapat tuntutan dalam diri penyalahguna narkoba untuk menggunakan secara terus menerus dengan disertai peningkatan dosis terutama setelah terjadinya ketergantungan secara fisik dan psikis serta terdapat pula ketidak mampuan untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi narkoba meskipun sudah berusaha keras.

Peserta seminar yang berasal dari dan luar perawat RSKO Jakarta. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu mengetahui tentang perkembangan keperawatan adiksi.

Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta sebagai pusat pelayanan gangguan yang berhubungan dengan NAPZA berupaya untuk memberikan pelayanan yang komprehensif baik di bidang pelayanan pasien maupun di bidang penunjang lainnya. Layanan unggul di RSKO Jakarta adalah rehabilitasi NAPZA yang komprehensif, dimana ada pelayanan Rawat Inap Komplikasi (Fisik dan Psikiatri), Rehabilitasi Psikososial dan Rehabilitasi Medik.

Pelayananan Keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan di RSKO Jakarta. Dalam kegiatan pemberian asuhan dan pelayanan keperawatan diperlukan pengembangan kapasitas dari perawat baik melalui pendidikan maupun pelatihan. Seiring dengan makin berkembangnya zat-zat NAPZA baru.

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 6 jam yang lalu

Atasi Masalah Pencernaan dengan Sayur Nangka

Wartakesehatan.com - Pernahkah Anda mencoba mengkonsumsi sayur nangka . Tentunya pernah dan sebagian orang juga menyukai..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hindari 8 Hal ini jika ingin Tidur Nyenyak

Wartakesehatan - Banyak orang yang mengatakan ketika ingin mendapatkan energi dan stamina di pagi hari, Anda hrus..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ubah Jam Makan Malam Bermanfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kegemukan bisa saja terjadi jika Anda salah dalam memilih menu makan malam yang biasanya didominasi..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Wanita Wajib Melakukan Tes Kesehatan

Wartakesehatan.com - Bagi wanita, ada empat tes kesehatan yang wajib dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Agency for..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Bersepeda

Wartakesehatan - Bersepeda adalah salah satu olahraga sederhana yang menyenangkan bagi sebagian besar manusia. Selain..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Diabetes Tipe 2 muncul Akibat Stres

Wartakesehatan.com -   Bila depresi menyerang, penderita diabetes akan kehilangan motivasi mempertahankan kadar gula..
Mamin - 12 jam yang lalu

Ternyata Konsumsi Daging bagi Wanita, Penting!

Wartakesehatan.com - Diet tanpa daging dapat merugikan kesehatan khususnya wanita. Mengapa demikian?Lebih dari 27 persen..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Teratur Tidur Siang bisa Cegah Anemia

Wartakesehatan.com - Perlu kita ketahui bahwa tidur siang juga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, akan tetapi..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

5 Cara Menaikkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Ada beberapa cara mudah menaikkan berat badan ke posisi ideal dengan aman dan sehat, tanpa..
Tekhnologi - 16 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Sauna

Wartakesehatan.com - Sauna merupakan ruangan yang biasanya didominasi kayu, untuk mandi uap atau memanaskan tubuh. Sauna..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Ketahui, Manfaat Sehat dari Sunat

Wartakesehatan.com - Sunat adalah sebuah tindakan untuk membuang kulup, bagian kulit yang menutupi kepala..
18 jam yang lalu

Minum Kopi di Pagi Hari inilah Manfaatnya!

Wartakesehatan - Dibalik kenikmatannya, minum kopi di pagi hari  kopi juga menguntungkan dan bermanfaat..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

7 Menu Sarapan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Menurut jurnal Today's Dietian, mereka yang terbiasa makan pagi lebih sehat daripada yang tidak..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Buah Salak

Wartakesehatan.com - Hampir seluruh pulau Indonesia bisa djadikan lahan pertumbuhan buah salak. Ada beberapa varian salak..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

5 Jenis Teh yang Ampuh bikin Tubuh Langsing

Wartakesehatan.com - Minum secangkir teh saja mampu menangkal mencegah stroke, arthritis, kanker, hingga kematian..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Cegah dan Atasi Bau Badan dengan Konsumsi Lemon

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang betah dengan orang yang bau badannya tak enak? Dipastikan bahwa hampir semua orang tak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kayu manis bisa membunuh Bakteri dan Virus

Wartakesehatan.com - Orang Indonesia mungkin seharunya bersyukur, karena banyak jenis kayu manis banyak tumbuh di..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Atasi Mimisan dengan Es Batu

Wartakesehatan.com - Panik sebenarnya tak akan membuat mimisan cepat reda Ladies. Alangkah baiknya untuk tetap tenang dan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, Kandungan Gizi dari Kacang Hijau

Wartakesehatan.com - Kacang hijau ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah yang biasa dimanfaatkan banyak..
Mamin - 1 hari yang lalu

8 Makanan alami bisa Sehatkan Tubuh Perempuan

Wartakesehatan.com - Perempuan cenderung lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit yang erat kaitannya dengan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Akibat Buruknya Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Buruknya sirkulasi darah dapat memengaruhi berbagai organ tubuh, mulai dari jantung hingga otak. Bila..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Dampak Nagatif Mengunyah Permen Karet

Wartakesehatan.com - Meski dinilai dapat membantu kebersihan gigi, ternyata sering mengunyah permen karet justru berdampak..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tips Atasi Gigi Berlubang dan Bau Busuk

Wartakesehatan.com - Infeksi yang terjadi di rongga mulut akibat gigi berlubang dapat menyebabkan beberapa masalah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

8 Alasan Alpukat Penting bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang enak dan creamy, alpukat mengandung vitamin, folat, dan nutrisi yang penting..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Penggunaan AC Ternyata Memiliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - AC sekarang telah menjadi sebuah alat rumah yang sangat diperlukan, terutama untuk mengalahkan hawa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Coba 6 Cara ini untuk Hidup Sehat

Wartakesehatan.com - Definisi sehat setiap orang, pada intinya adalah semua orang selalu mendambakan hidup yang sehat dan jauh..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Sayuran Hijau Baik bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - wortel sangat baik untuk kesehatan mata dan melindungi penglihatan. Sebab wortel mengandung..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Tidur Nyenyak di Malam Hari dengan Cara ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

5 Alasan Olahraga Malam Hari dianjurkan

Wartakesehatan - Sibuk bekerja kerap kali menjadi alasan yang membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk..
Seks - 2 hari yang lalu

Orgasme bisa bikin Pria tetap Awet Muda

Wartakesehatan - Ternyata selain mencapai tuntutan seksual, manfaat orgasme bagi pria cukup baik bagi kesehatan...

+Indeks