Telehealth Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Pasien Cardiovascular

Oleh : ibrahim romending | Minggu, 24 Desember 2017 | 10:30 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Jantung merupakan organ vital yang memiliki peranan penting untuk kelangsungan hidup. Penyakit jantung menempati urutan pertama penyebab kematian di Indonesia maupun dunia. Pada tahun 2014 di Indonesia, tercatat 35 % atau sekitar 1,8 juta kasus kematian akibat penyakit jantung. Diperkirakan akan terus meningkat mencapai 23,3 juta kematian pada tahun 2030 untuk itu di butuhkan upaya preventif  baik pencegahan primer ataupun sekunder di bidang kesehatan yang dapat memberikan konsultasi, motivasi dan mendeteksi dengan cepat kondisi pasien, melakukan  edukasi baik terhadap ketaatan minum obat ataupun perubahan prilaku yang dapat mengurangi morbiditas dan meningkatkan kualitas hidup pasien dengan penyakit jantung. Berbagai telehealth mampu mendukung pengelolaan pasien dengan kondisi kesehatan tersebut, dimana ini akan mengurangi jumlah pasien yang datang membanjiri kapasitas layanan perawatan konvensional. Telehealth akan mengacu pada penggunaan elektronik dan suatu teknologi telekomunikasi untuk mendukung perawatan kesehatan pasien dari jauh. Perlunya   memberikan gambaran tentang beberapa upaya peningkatan pelayanan pasien dengan masalah kardiovaskular yang menggunakan telehealth dan penerapannya dalam keperawatan.

Telehealth merupakan pemberian pelayanan  perawatan kesehatan kepada orang-orang dengan jarak yang berbeda-beda melalui teknologi dan modalitas sistem telekomunikasi dan  dianggap sebagai remote penyampaian layanan kesehatan dengan menggunakan teknologi dan komunikasi digital untuk melakukan penilaian, pertukaran informasi, pengambilan keputusan klinis,kolaborasi interdisipliner dan / atau memberikan intervensi perawatan kesehatan untuk individu. Kegiatan keperawatan yang menggunakan telehealth seperti monitoring pasien jarak jauh (RPM), videoconference (VC), dan komunikasi yang dimediasi komputer lainnya (CMC). Mobile health (mHealth) merupakan salah satu bentuk telehealth yang relatif baru dalam area perawatan kesehatan. Mobile health didefinisikan sebagai praktik medis dan kesehatan masyarakat yang didukung oleh perangkat mobile seperti telepon genggam, perangkat pemantauan pasien dan asisten digital pribadi dan perangkat nirkabel lainnya. Dua mode yang paling umum untuk pengiriman mHealth pada penyakit kardiovaskular mencakup pesan teks dimana aplikasi membutuhkan penggunaan 'tablet' atau ponsel pintar.

Aplikasi mHealth di bidang kardiovaskular seperti  deteksi adanya atrial fibrillation menggunakan  sistem elektrokardiogram (EKG) iPhone, penggunaan teknologi sensor pada pasien dengan alat pacu jantung yang dipulangkan dengan menggunakan monitoring di  rumah sehingga dapat mengirim data harian ke pusat untuk melakukan pemeriksaan alat pacu jantung di rumah. Hal ini akan  mengurangi kebutuhan kunjungan klinik, membantu mendeteksi kejadian  gagal  jantung, mengurangi keadaan darurat, angka kunjungan kesehatan umum dan peningkatan kualitas hidup.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menilai efektifitas penggunaan teknologi sisitim informasi dalam bidang kesehatan. Di Australia telah dilakukan uji klinis dengan menggunakan pesan terhadap kebiasaan merokok, latihan dan diet dengan hasil bahwa pasien dengan program intervensi menggunakan pesan memiliki kolesterol LDL, tekanan darah sistolik, indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dan  proporsi yang lebih besar dalam aktifitas fisik serta pasien  telah berhenti merokok dibandingkan dengan kontrol.

Penggunaan smartphone juga di kembangkan untuk   pencegahan sekunder pada pasien miokard infark dalam  mencegah kematian dan mengurangi angka morbiditas yang berfokus pada pendidikan tentang  manfaat peningkatan  kepatuhan terhadap pengobatan  medis terhadap modifikasi atau peningkatan  perubahan gaya hidup yang merupakan komponen utama dalam mengurangi risiko rekuren kejadian dan peningkatan kualitas hidup setelah Miokard Infark.

Di Indonesia jumlah perawat yang menggunakan  teknologi digital, menerapkan  telehealth dalam praktek kedokteran dan komunitas semakin meningkat dan penggunaannya meluas di bidang kardiologi. Pasien jantung mendapat manfaat dari beragamnya perangkat pemantauan jantung yang terhubung dengan ponsel cerdas dengan aplikasi kesehatan yang ditujukan untuk diagnosis dan pencegahan penyakit kardiovaskular.

Menurut Dewan Perawat Internasional(ICN), keperawatan memiliki peran dalam "promosi kesehatan, pencegahan sakit, perawatan orang sakit, cacat dan orang-orang dengan sakit berat. ICN juga menggaris bawahi bahwa ruang lingkup praktik keperawatan adalah "dinamis dan responsif untuk kebutuhan kesehatan, pengembangan pengetahuan dan kemajuan teknologi.

Dalam memberikan pelayanan keperawatan ataupun layanan kesehatan dengan menggunakan telehealth perawat harus tetap memandang pasien sebagai manusia yang memiliki keunikan sehingga perlu dilakukan pengkajian di awal dan penerapan suatu informed consent sesuai kebutuhan. Pengembangan telehealth juga tidak lepas dari aspek legal sehingga dokumentasi, rekaman  hasil dan informasi edukasi juga harus di perhatikan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Keperawatan pasal 37 (b) memberikan Pelayanan Keperawatan sesuai dengan kode etik, Standar Pelayanan Keperawatan, standar profesi, standar prosedur operasional dan ketentuan perundang-undangan, serta pasal 37 (d) mendokumentasikan Asuhan Keperawalan sesuai dengan standar peraturan perundang-undangan. Dalam suatu sistim aplikasi  adanya kesalahan atau masalah dalam sistim bisa saja terjadi sehingga perlu dipertimbangkan backup data dalam pengembangan teleheath dengan tetap menjaga keamanan dan kerahasian data.

Telehealth memiliki pengaruh yang sigfnificant dalam upaya peningkatan pelayanan pasien dengan masalah kardiovaskular ataupun penyakit kronis lainnya. Pelayanan telehealth lebih di fokuskan pada upaya preventif dan rehabilitatif untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas. Yang bertanggung jawab dalam pemberian pelayanan teleHealth didasarkan pada peran dan fungsi dan kompetensi dari petugas kesehatan yang ada. Penerapan telehealth program telegrafi rumahan,  dibuktikan dengan berkurangnya jumlah rawat inap, rata-rata lama tinggal di rumah sakit, jumlah kunjungan ruang gawat darurat pada tingkat yang lebih rendah. Namun, jumlah kunjungan rumah oleh perawat (homecare) meningkat baik selama dan setelah intervensi telemonitoring. Dalam analisis keuangan, program telehomecare menghasilkan penghematan yang signifikan.

Kendala dalam penerapan telehealth adalah masalah pembiayaan yang sangat berhubungan dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia, kondisi geografis, kemampuan menggunakan teknologi,  dan masalah  perilaku ataupun kebiasaan masyarakat. Pada beberapa kondisi masyarakat lebih menyukai untuk konsultasi secara lansung dengan petugas kesehatan.

Penerapan teleHealth di Indonesia agar lebih dioptimalkan mengingat banyaknya keuntungan yang diperoleh dan tetap mempertimbangkan aspek etik, safety dan legal. Telehealth merupakan transaksi elektronik, sebaiknya didukung  pula dengan Elektronik Medical Record (EMR) dan Electronik Health Information yang akan mempermudah dalam penerapannya. (Tri Nurani).

 

 

Nama Lengkap Penulis  :   Tri Nurani Orienti

Email                               :   [email protected]

Riwayat Pendidikan        :

•  Mahasiswa Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Keperawatan UI, Peminatan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan

 

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 10 jam yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 2 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
2 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
2 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
2 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
2 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
2 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
3 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
3 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
3 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 3 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 3 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
4 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..

+Indeks