Keefektifan Implementasi E - Stetoskop Dalam Analisis Bunyi Jantung

Oleh : ibrahim romending | Minggu, 24 Desember 2017 | 20:30 WIB



Wartakesehatan.com - Stetoskop elektrik merupakan sebuah teknologi di bidang kesehatan yang berfungsi menggantikan stetoskop konvensional dalam mengukur bunyi jantung dan paru – paru. Penulis melakukan studi terhadap beberapa artikel terkait dalam 5 tahun terakhir dengan maksud untuk mengetahui keefektifan implementasi elektronik stetoskop dalam kaitannya dengan analisa bunyi jantung. Hasil yang didapat berupa kemungkinan peningkatan keefektifan dan keefisienan pelayanan perawat.

Keperawatan adalah kegiatan pemberian asuhan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik dalam keadaan sakit maupun sehat. Pelayanan keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan dimana dalam pelaksanaannya terdapat 4 implementasi yang dapat dilakukan oleh perawat, antara lain : implementasi mandiri keperawatan, observasi, promosi kesehatan, serta kolaborasi dengan tenaga kesehatan lain. (UU RI no. 38, 2014)

Stetoskop adalah suatu alat kedokteran dengan berbagai bentuk, ukuran,dan bahan, untuk melakukan auskultasi, yaitu tindakan mendengarkan bunyi-bunyi di dalam tubuh. Stetoskop elektronik merupakan pengembangan dari stetoskop akustik dimana stetoskop elektronik menggunakan rangkaian-rangkaian elektronik, yaitu penguat dan filter. Penguat (amplifier) berfungsi untuk menghasilkan amplitudo suara atau bunyi yang lebih keras, dan rangkaian filter berfungsi untuk menghasilkan suara atau bunyi yang lebih jelas dengan mem-filter frekuensi- frekuensi tertentu, disertai adanya pengaturan level penguatan amplitudo suara.

Berdasarkan data riset kesehatan dasar ri tahun 2013, penyakit jantung koroner dan gagal jantung menempati 12 penyakit tidak menular terbanyak di indonesia. Penyakit jantung coroner dan gagal jantung merupakan 2 masalah yang sering terjadi pada kasus pasien – pasien dewasa. Data tahun 2013 menunjukkan bahwa sekitar 1.5% (± 3.750.000 jiwa) penduduk indonesia terdiagnosa penyakit jantung coroner dan 0.3% (± 750.000 jiwa) terkena gagal jantung, jika digabungkan dengan angka kejadian stroke yang mencapai 12.1% (± 30.250.000 jiwa) dari total penduduk (estimasi jumlah penduduk 250 juta jiwa) (Kemenkes, 2013). Kasus – kasus penyakit terkait jantung dapat dicegah dan diminimalisir melalui 2 cara, antara lain : (1) pemeriksaan kesehatan (medical checkup) secara rutin minimal 1 tahun sekali, dan (2) penentuan diagnosis yang tepat saat terjadi masalah jantung.

Peneliti melakukan kajian literature kepada beberapa jurnal yang berhubungan dengan pengembangan dan pengimplementasian stetoskop elektronik. Hasil penelitian pengembangan stetoskop elektronik, beberapa hasil terkait pengembangan stetoskop elektrik diantaranya :

1. Penelitian yang dilakukan Abdurezak Tahir Husein pada tahun 2017 dengan judul Design and implementation of low cost wireless stethoscope yang bertujuan merancang sebuah stetoskop elektronik berbasis PC yang memiliki kemampuan mendengarkan suara lebih jelas dibanding stetoskop konvensional mendapatkan kesimpulan bahwa stetoskop elektrik yang murah dan mampu memperdengarkan suara jantung lebih baik dibanding konvensional (Hussein, 2017).

2. Penelitian yang dilakukan I Dewa Gede Hari Wisana dkk pada tahun 2013 dengan judul design electronic stethoscope for cardiac auscultation analyzed using wavelet decomposition yang bertujuan merancang sebuah stetoskop elektrik yang dapat dipakai untuk menganalisa bunyi jantung dengan cara mengkomposisi ulang bunyi jantung yang muncul melalui alat wavelet mendapatkan kesimpulan bahwa stetoskop elektrik dengan menggunakan analisa wavelet 85% terbukti mampu menunjukkan hasil denyut jantung nomal sesuai perkiraan. (I Dewa Gede Hari Wisana & Department, 2013)
Secara garis besar, konsep elektronik stetoskop yang terintegrasi dengan server / personal computer (PC) memiliki bagian – bagian yang meliputi : (1) Alat ukur (yang dapat mengukur suara respirasi dan jantung), (2) alat pengolah data (berfungsi mengubah suara yang didengar menjadi arus listrik) dan alat pengeras suara (amplifier), (3) Peredam suara (jika dibutuhkan), (4) fasilitas LAN atau WLAN (modem router / WIFI) dan (5) personal computer unit (CPU) yang berfungsi sebagai server / penyimpan hasil.

Alur proses perekaman suara :

1. Stetoskop dipergunakan untuk mengukur auskultasi jantung, paru, dan usus.
2. Suara yang diterima stetoskop diperbesar melalui amplifier yang dipasang.
3. Peredam suara bekerja untuk memfilter suara yang masuk selain suara jantung dan paru.
4. Suara kemudian masuk ke dalam alat pengolah untuk diubah menjadi file yang dapat tersimpan.
5. Suara yang telah diubah kemudian disimpan ke dalam server.

Beberapa hasil penelitian menggunakan stetoskop elektronik antara lain :

1. Penelitian yang dilakukan S. Ching & Y, Tan pada tahun 2012 dengan judul Spectral analysis of bowel sounds in intestinal obstruction using an electronic stethoscope yang bertujuan untuk mengetahui hasil analisis bising usus menggunakan elektronik stetoskop dalam kasus obstruksi usus, dimana alat yang digunakan adalah elektronik stetoskop 3m littmann model 4100 mendapatkan kesimpulan tidak adanya perbedaan suara yang terdengar antara kasus obstruksi di kolon dan usus halus, demikian juga tidak ada perbedaan antara kasus obstruksi nyata dan yang pseudo akan tetapi suara bising usus yang terdengar jauh lebih jelas dibanding stetoskop konvensional. (Ching & Tan, 2012)

2. Penelitian yang dilakukan oleh Makaryus dkk pada tahun 2013 dengan judul Utility of an advanced digital electronic stethoscope in the diagnosis of coronary artery disease compared with coronary computed tomographic angiography yang bertujuan untuk menguji keakuratan stetoskop digital dalam diagnosis coronary artery disease (CAD) mendapatkan kesimpulan teknologi stetoskop digital mampu mendeteksi kemunculan CAD secara akurat (Makaryus et al., 2013)

3. Penelitian yang dilakukan Kelmenson dkk pada tahun 2014 dengan judul prototype electronic stethoscope vs conventional stethoscope for auscultation of heart sounds dengan tujuan membandingkan keefetifan dan keakuratan antara stetoskop digital dengan konvensional mendapatkan kesimpulan bahwa penggunaan stetoskop digital menunjukkan hasil yang jauh lebih akurat secara signifikan dalam mendengarkan suara jantung dibanding stetoskop konvensional (Kelmenson et al., 2014)

Berdasarkan hasil analisa beberapa artikel yang penulis dapat, berikut beberapa keuntungan dan kerugian dalam proses implementasi stetoskop elektrik :

Keuntungan : (1) penggunaan stetoskop digital terbukti mampu menghemat waktu implementasi dalam mengukur bunyi jantung, (2) bunyi yang dihasilkan lebih jelas dibanding stetoskop konvensional, (3) mampu membantu proses diagnosa suatu penyakit (khususnya jantung).

Kerugian : (1) relatif mahal dan jarang,(2) membutuhkan lokasi yang lebih luas dibanding stetoskop konvensional, (3) membutuhkan perawatan dan kalibrasi yang lebih sering dibanding stetoskop konvensional, (4) tidak dapat dipergunakan jika tidak ada arus listrik.

 

Penulis : Marina
Program Magister Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia
Email: [email protected]


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 10 jam yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 2 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 2 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
2 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
2 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
2 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
2 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
2 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
3 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
3 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
3 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 3 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 3 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
4 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..

+Indeks