Sistem Pengkajian dan Pengambilan Keputusan Menggunakan Aplikasi Manajemen Penyakit Berbasis IT

Oleh : ibrahim romending | Senin, 25 Desember 2017 | 19:00 WIB


(IST)

Wartakesehatan.com - Dewasa ini, membentuk sebuah layanan yang terampil, konsisten, dan berkualitas adalah salah satu tantangan terbesar pada ranah kesehatan, khususnya dalam bidang keperawatan. Karena itu, dibutuhkan sebuah solusi yang komprehensif, jelas, akurat, dinamis, dan up-to-date sebagai sarana pendukung pelayanan. (Jackson, 2013).

Penelitan yang dilakukan oleh The American Academy of Nursing Technology berkerjasama dengan The Robert Wood Johnson Foundation menyatakan bahwa perawat kecewa dengan banyak teknologi menarik yang dapat menuntun mereka untuk bekerja secara komperhensif, akan tetapi pada kenyataannya teknologi ini tidak mudah untuk digunakan dan tidak menyediakan fungsi yang seharusnya. Disisi lain, lembar kerja seorang registered nurse untuk medikal bedah begitu kompleks. Lingkungan kerja menjadi kacau balau karena adanya keharusan dalam kecepatan transaksi dan komunikasi, sementara setiap perawat harus beradaptasi dengan banyak teknologi. Kombinasi dari lembar kerja dan sisem elektronik malah semakin membuat sebuah kebingungan (Bolton, 2008).

Pengelolaan sistem informasi kesehatan yang terorganisir dengan baik membantu dalam pemerataan informasi kesehatan ke seluruh daerah, terutama daerah-daerah yang sulit untuk dijangkau atau daerah tepencil. Sistem informasi kesehatan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pelayanan data dan informasi dengan lebih produktif, transparan, tertib, cepat, mudah, akurat, terpadu, aman dan efisien, khususnya membantu dalam memperlancar dan mempermudah pembentukan kebijakan dalam meningkatkan sistem pelayanan kesehatan khususnya dalam bidang penyelenggaraan Rumah Sakit di Indonesia (Sumitro, 2016).

Studi yang dilakukan oleh The American Academy of Nursing Workforce Comission menunjukkan indikasi dari adanya kebutuhan perawat untuk sebuah perangkat yang pintar, cepat, mudah dibawa kemana saja, mudah digunakan, kompeten, mengurangi pemborosan lembar kerja, dan memudahkan perawat untuk menyediakan pelayanan yang aman, dapat dipercaya dan berkualitas. (Linda et al., 2008). Merupakan kewajiban bagi industri sistem informasi teknologi untuk mendukung kebutuhan akan adanya kecepatan dalam pelaksanan perawatan baik di rumah sakit maupun home care (Murphy, 2014). HER membuktikan peningkatan kepuasan pasien dengan menurunkan pemborosan biaya untuk kembali ke rumah sakit setelah pulang ke rumah, memperbaiki kualitas perawatan dan mengurangi kesalahan pengobatan. (AHIMA, 2011).

Pada tahun 2014, American Health-tech (AHT) menyedikan sembilan aplikasi berbasis online, salah satunya disease management application. Aplikasi ini dikatakan mampu menjawab kebutuhan perawat akan sebuah sistem informasi manajemen yang lengkap, efektif, dan efisien sehingga kompatibel untuk digunakan dalam ranah pelayanan keperawatan yang profesional. AHT menawarkan berbagai program aplikasi untuk menunjang pelayanan kesehatan untuk dunia internasional. AHT menyedikan sembilan aplikasi berbasis online, salah satunya disease management application yang didukung oleh COMS Daylight IQ™ untuk membantu tenaga keperawatan dalam pemantauan kondisi pasien selama di rumah sakit dan perawatan pasien dirumah. Daylight IQ™ menyimpan dokumentasi terintegrasi dari mulai pasien masuk sampai dengan pasien pulang dan pemantauan data kesehatan pasien dalam perawatan di rumah. Aplikasi ini memungkinkan perawat dan tenaga keehatan lainnya untuk berkomunikasi dan melakukan konsultasi dengan pasien dan keluarga pasien.

Secara spesifik, COMS Daylight IQ™ menampilkan guidelines mengenai penyakit-penyakit secara otomatis, termasuk definisi penyakit, 24 kategori penyakit pada geriatri, intervensi kedokteran dan keperawatan berdasarkan penyakit, dan target yang harus dicapai selama perawatan. Software ini menampilkan kumpulan observasi yang dilakukan oleh penyedia pelayanan kesehatan. Selain itu, Daylight IQ™ mudah dan fleksibel untuk pembuatan dan pengeditan, serta memudahkan dalam penambahan intervensi sesuai dengan kondisi yang dialami pasien saat itu. Dalam aplikasi ini, terdapat analisa dan saran yang untuk nursing care plan berdasarkan standar yang berlaku dalam praktek keperawatan profesional, menampilkan informasi statistik yang up-to-date, serta menampilkan diagnosa penyakit yang bervariasi. Data-data pasien terhubung dengan profil pasien memudahkan summary atau perekapan data setiap bulannya.

Aaron Baker dari Anna Maria Campus Aurora mengatakan pendapat tentang penggunaan Daylight IQ ™ di dalam perusahaannya, yakni aplikasi ini menyediakan kemudahan akses informasi untuk tim keperawatan sehingga memungkinkan setiap perawat untuk mengidentifikasi perubahan kondisi awal, mencegah masalah kesehatan baru, dan memberikan perawatan terbaik kepada pasien. Daylight IQ ™ meningkatkan hasil keuangan sehingga berperan sebagai alat pemasaran dan generator penunjang pendapatan (Mittal, 2014). Disease management application mendukung perubahan pelayanan kesehatan dewasa ini, dari penyedia layanan yang berpusat pada pasien dan berbasis rumah sakit menjadi pelayanan yang berbasis masyarakat. Point-of-care dapat secara fleksibel dilakukan dimana saja dan kapan saja. Disease management diberikan pada tenaga kesehatan professional yang berlisensi, termasuk diantaranya adalah dokter, perawat, pekerja sosial, psikolog, ahli gizi dan dipakai di berbagai tempat perawatan seperti rumah sakit, sekolah kesehatan, dan area kesehatan masyarakat. Disease management lebih ditujukan untuk klien dengan penyakit kronis untuk memantau perkembangan pasien agar mencegah terjadinya penyakit sekunder dan mempertahankan kesehatan dengan cara perawatan berkelanjutan. Hal ini diharapkan dapat menekan biaya, meningkatkan kenyamanan dan peningkatan perawatan diri (Currell, Urquhart, Wainwright, & Lewis, 2005). Sistem praktik manajemen penyakit disarankan untuk dilakukan, akan tetapi dibutuhkan perawat yang berkompeten dan mempunyai keahlian khusus di bidang IT. Perawat bersama-sama dengan keluarga mengkoordinasikan dan memfasilitasi perawatan pasien dengan penyakit kronis.

Sistem pengawasan 24 jam ini memungkinkan pasien dengan kondisi kronis untuk tinggal di rumah, sehingga mengurangi kecemasan pasien dan perawat (Berendt et. al, 2001). Kegiatan pengelolaan kasus menggunakan sistem ini menjamin keamanan dan menjaga kerahasiaan status pasien. Pasien bertugas untuk mengukur tanda-tanda vital mereka dan tanda fisiologis lainnya, dan data klinis ini akan dikirim kepada pelayanan rumah sakit untuk kebutuhan penilaian dan pemantauan status kesehatan pasien, dan pemantauan kepatuhan pasien terhadap perawatan diri yang dianjurkan serta pengobatannya.

Jennett, Watson, dan Watanabe (2000) menemukan efek positif dari telehealth karena profesional kesehatan di daerah terpencil dapat tercapai oleh perawat spesialis untuk konsultasi atau memperbaiki kondisi klinis mereka. Namun, beberapa perawat melaporkan ancaman terhadap keamanan kerja jika telehealth menjadi pengganti peran perawat dalam pelaksanaan asuhan. Selain itu, keahlian yang dibutuhkan manajer kasus untuk menggunakan teknologi secara efektif perlu dibentuk. Manajer kasus harus mempunyai keterampilan interpersonal diantaranya komunikasi, kolaborasi, negosiasi, manajemen waktu, manajemen prioritas, pendelegasian, kreativitas, dan disiplin agar disease/case management dapat diterapkan secara positif di dalam pekerjaan.

Dalam mode disease management ini, penyedia perawatan berusaha untuk menyesuaikan tradisi, peran, dan keterampilan untuk menjadi kompeten dalam layanan berbasis elektronik ini. Manajer kasus berperan sebagai pengadopsi teknologi awal dan agen perubahan. Dalam perkembangannya, layanan case/disease management harus dipimpin oleh profesi kesehatan atau keperawatan yang profesional. Teknologi ini melengkapi kegiatan manajemen seperti menilai dan memantau secara jelas dan langsung pada perencanaan perawatan lebih lanjut, mengkoordinasikan, melaksanakan, dan melakukan evaluasi. Kelebihan dari disease management application adalah dapat memfasilitasi perawatan multidisipliner, termasuk keluarga, untuk perawatan kompleks dan kronis bahkan di daerah pedesaan dimana spesialis seringkali tidak tersedia. Selain itu, data pasien yang komprehensif tersedia untuk sumber analisis secara up-to-date.

Penulis:
Sancka Stella Ganiasnda Sihura
Program Magister Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan
Universitas Indonesia
[email protected]

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 21 jam yang lalu

4 Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Untuk dapat tidur dengan nyenyak tentunya kita harus menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Posisi..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Dampak Buruk Menahan Bersin bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang memilih untuk menahan bersin saat berada di dekat orang banyak demi kesopanan dan..
1 hari yang lalu

Jaga Metabolisme Tubuh dengan Kacang Kedelei

Wartakesehatan.com - Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia..
1 hari yang lalu

Biji Semangka Meningkatkan Kesuburan Pria

Wartakesehatan.com - Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi yang penuh nutrisi dan antioksidan. Biji..
1 hari yang lalu

Bijih Nangka Dapat Mencegah Anemia

Wartakesehatan.com - biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi...
1 hari yang lalu

Kandungan Buah Anggur yang Tak Kalah Penting

Wartakesehatan.com- Setiap jenis anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi buah anggur..
1 hari yang lalu

Coklat Dapat Mengurangi Resiko Hipertensi

Wartakesehatan.com - Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi..
1 hari yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
1 hari yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
1 hari yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 2 hari yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 2 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 5 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
5 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
5 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..

+Indeks