Sarapan Sangat Penting bagi Buah Hati Anda

Oleh : Dirk/Okezone | Jumat, 05 Januari 2018 | 09:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Demi memenuhi nutrisi seimbang yang dibutuhkan anak, Pedoman Gizi Seimbang 2014 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan orangtua untuk memberikan anak berbagai jenis makanan bergizi dari mulai sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Sayangnya, sarapan justru seringkali terlewatkan karena keterbatasan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 20-40 persen anak sekolah tidak sarapan sebelum beraktivitas atau berangkat sekolah. Tilik saja hasil survei yang dilakukan pakar nutrisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Hardinsyah pada 2012 terhadap 35.000 anak usia sekolah (6-12 tahun). Diketahui, 26,1 persen anak hanya sarapan dengan minuman. Akibatnya jumlah energi yang diperlukan untuk belajar kurang mencukupi dan hasil belajar menjadi kurang memuaskan.

Padahal ibarat membangun rumah, sarapan bisa dianggap sebagai pondasi, terutama untuk energi anak beraktivitas di sekolah. Penelitian dari Cardiff University terhadap 5.000 anak berusia 9-11 tahun pada November 2015, menunjukkan bahwa anak-anak mendapatkan nilai dua kali lebih tinggi daripada nilai rata-rata jika mereka memulai hari dengan sarapan. Studi juga menunjukkan bahwa anak-anak yang sarapan memiliki konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, dan koordinasi tangan-mata yang lebih baik daripada mereka yang berangkat sekolah dengan perut kosong.

Cukupi Protein

Selain karbohidrat, anak juga harus menyantap sarapan sarat protein agar tetap bertenaga dan fokus hingga jam istirahat tiba. Pilihan jenis makanan seperti telur, daging ayam, daging sapi, keju, yogurt, ikan, tahu, tempe, dan susu adalah alternatif tepat sebagai sumber protein.

Buah dan Sayuran Segar

Untuk nutrisi seimbang, buah dan sayur juga jangan ketinggalan. Jeruk, apel, pepaya, pisang, kiwi, mangga, dan melon adalah beberapa jenis buah-buahan yang dapat dipilih untuk menemani sarapan pagi. Untuk sayur, bayam, asparagus, wortel, brokoli, dan sawi bisa menjadi alternatif.

Pilih Menu

Anak akan cenderung menyantap makanan yang disukainya. Berikan pilihan sarapan anak sehari sebelumnya. Siasati dengan membatasi pilihan dengan sarapan bernutrisi. Tanyakan misalnya, “Kamu ingin nasi goreng telur atau mi goreng sosis buat sarapan besok?”

Perhatikan Jam

Makan pagi pada anak sekolah sebaiknya dilakukan pada pukul 06.00 atau sebelum pukul 07.00. Sarapan di waktu ini dapat mengantisipasi terjadinya hipoglikemia atau kadar gula darah sangat rendah, yang biasa dialami setelah bangun pagi.

Sarapan Bersama Si Kecil

Anak selalu meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Jadi jika Anda ingin anak menyantap sarapannya, berikan contoh. Duduklah bersama untuk mendampinginya sarapan.

Karbohidrat yang Tepat

Bekali anak dengan energi di pagi hari. Salah satu sumber energi terbaik adalah karbohidrat, misalnya roti, nasi, mi, atau kentang. Alternatif lain adalah sereal dari biji-bijian utuh seperti oatmeal.

Susu

Konsumsi susu bagi kelompok anak usia sekolah sangat disarankan agar tumbuh kembang optimal. Terutama bagi anak yang aktif bergerak. Susu dan hasil olahannya memiliki kandungan zat gizi cukup lengkap yang setara dengan telur.

Salah satu susu yang bisa disajikan sebagai pelengkap sarapan Si Juara Anda adalah MILO. Minuman cokelat lezat dengan nutrisi lengkap ini dapat membantu memberikan anak-anak energi untuk menjalani aktivitas sepanjang hari. Susu dari gandum jelai dan cokelat ini terbuat dari bahan-bahan organik dan mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang diperlukan oleh anak.

MILO mengandung nutrisi yang didasarkan pada studi ilmiah, yakni Activ-Go™ dengan Protomalt yang merupakan sumber energi penting bagi tubuh maupun otak. Selain itu juga diperkaya beberapa zat gizi, yaitu vitamin B dan C, kalsium, magnesium serta beberapa mineral penting lain untuk membantu menghasilkan energi secara optimal dari karbohidrat, lemak dan protein pada proses metabolisme energi dalam tubuh. Protomalt merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan pelepasan energi yang lebih panjang, sehingga cocok sebagai pelengkap sarapan di pagi hari.


loading...


Fokus : Sarapan


#Sarapan #Buah hati
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

4 Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Untuk dapat tidur dengan nyenyak tentunya kita harus menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Posisi..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Dampak Buruk Menahan Bersin bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang memilih untuk menahan bersin saat berada di dekat orang banyak demi kesopanan dan..
6 jam yang lalu

Jaga Metabolisme Tubuh dengan Kacang Kedelei

Wartakesehatan.com - Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia..
8 jam yang lalu

Biji Semangka Meningkatkan Kesuburan Pria

Wartakesehatan.com - Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi yang penuh nutrisi dan antioksidan. Biji..
8 jam yang lalu

Bijih Nangka Dapat Mencegah Anemia

Wartakesehatan.com - biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi...
9 jam yang lalu

Kandungan Buah Anggur yang Tak Kalah Penting

Wartakesehatan.com- Setiap jenis anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi buah anggur..
11 jam yang lalu

Coklat Dapat Mengurangi Resiko Hipertensi

Wartakesehatan.com - Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi..
12 jam yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
13 jam yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
14 jam yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 1 hari yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 1 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 4 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
4 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
4 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..

+Indeks