Pemberdayaan Perawat Jakarta Utara Ditingkatkan, Kesejahteraannya Jadi Perhatian

Oleh : ibrahim romending | Kamis, 18 Januari 2018 | 14:30 WIB


Ketua Umum DPP PPNI, Ketua DPW PPNI DKI Jakarta berfoto dengan Pengurus DPD PPNI Jakarta Utara di Balai Yos Sudarso Jakarta. (ibrahim romending)

Wartakesehatan.com - Pelantikan Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Jakarta Utara periode 2017-2022 telah dilaksanakan di Balai Sudirman, komplek Perkantoran Pemda Jakarta Utara pada Rabu, 17 Januari 2018. Berbagai harapan dan keinginan yang perlu dicapai secara bersama-sama untuk mewujukan organisasi profesi yang dapat memberikan manfaat terbaik bagi anggota, pemerintah maupun masyarakat.

Melalui kepengurusan yang baru dilantik, dapat meneruskan program kerja yang sudah ada, disamping masih banyak masalah yang perlu diambil solusinya secara cepat. Keberadaan pun sudah mulai dikenal masyarakat. Namun perlu adanya terobosan program baru untuk lebih mendekatkan ke masyarakat. Disamping peningkatan kemampuan perawat menjadi sorotan untuk memberikan pelayanan terbaiknya.  Berbagai komponen masyarakat menghadiri acara pelantikan, menandakan keberadaan PPNI perlu diperhitungkan dengan organisasi profesi lainnya.

 “Bagus, Organisasi ini yang bersentuhan langsung dengan kesehatan masyarakat. Perawat itu pahlawan loh,  anda bayangkan dengan segala kesulitan yang ada di rumahnya, dia tetap tersenyum ketika sedang melaksanakan tugasnya. DPRD akan mendorong terus supaya organisasi ini jauh lebih bagus. Harusnya perawat meningkatkan profesional dan kompetensinya itu yang paling penting. Disamping  organisasi itu dapat bermanfaat di lingkungan masyarakat. Kehadiran perawat di lingkungannya harus menjadi solusi atas problem kesehatan di masyarakat,” ungkap Mohamad Taufik, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta kepada awak media setelah menghadiri dan memberikan pengarahan usai pelantikan pengurus DPD PPNI Jakrta Utara pada Rabu (17/01/2018).

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umun DPP (Pusat) PPNI Harif Fadhillah menyatakan pentingnya kesejahteraan perawat diutamakan serta berbagai program kerja yang sudah dilakukan maupun yang sedang direncanakan.

“Kalau perawat disamakan dengan UMP bahkan dibawahnya itu sudah tidak wajar lagi. Ini Sudah diluar seharusnya, maka kami rumuskan kisaran tiga kali UMP, untuk dapat menjalankan profesi dengan baik, berpenampilan profesional karena mereka harus pelatihan terus menerus,” ucap Harif.

Dia menambahkan ada beberapa langkah yang diambil untuk mengatasi masalah kesejahteraan perawat termasuk di wilayah Jakarta. “Setelah ditetapkan, akan advokasi, kami sekarang dibidang kesejahteraan, sedang menyusun pedoman didalam penggajian perawat. Dengan melihat perbedaan bobot penggajian dilihat dari perawat yang mahir maupun yang baru seharusnya berbeda termasuk tingkat pendidikan perawat. Kalau gaji perawat di Jakarta yang PNS sudah baik, kalau di RS swasta masih ada yang UMP sesuai UU Ketenagakerjaan, tapi di klinik swasta masih ada yang di bawah UMP. Kita akan tetapkan formulasi dan pedoman dalam penggajian ini dengan melibatkan teman ditingkat DPK, DPD, DPW untuk membawa masalah ini ke pemerintah daerah maupun ketenagakerjaan. Kami juga ingin mendapatkan informasi dari masyarakat dimana saja fasilitas kesehatan yang menggaji perawat kurang layak. Kita akan datangi bersama pemerintah dan DPRD untuk diberikan tindakan,” terangnya.

“Ada 513 Kabupaten/kota di Indonesia, hampir  99 % sudah ada pengurus, jadi sudah ada 502 pengurus PPNI kabupaten/kota.  Sedangkan baru 39 yang kita kunjungi. Kita ada program pada tahun 2018 yaitu TOT terintegrasi, mulai dari DPW, DPD dan DPK, mereka berkumpul untuk diberikan informasi dan diskusi tentang berbagai aspek, masalah pelayanan anggota termasuk aspek kesejahteraan kemudian pembelaan hukum, dengan akan dibentuknya  badan bantuan hukum dan advokasi perawat, tutup Harif yang berlatar belakang bidang hukum.

Sedangkan Ketua DPD PPNI Jakarta Utara periode 2017-2022 Maryanto menambahkan kesejahteraan perawat bagi anggotanya menjadi salah satu prioritas program kerjanya selain memberdayakan anggotanya.  

“Kalau di Jakarta Utara masalah kesejahteraan pada saat ini berbeda dengan daerah lain. jika di daerah lain ketuanya dikejar sama angotanya untuk mengatasi masalah penggajian tetapi kalau kami mencari dan meminta data dari anggota yang merasa digaji karena belas kasian atau dibawah UMP,” ujarnya.

Setelah terbentuk pengurus baru ini ada beberapa harapan Maryanto yang akan diperjuangkannya pada visi dan misi PPNI Jakarta Utara ke depan, “Jangka panjang, lebih harmonis lagi  dengan segala komponen, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan maupun lainnya termasuk pemerintah dan legislatif lebih intens untuk sama-sama memberikan solusi masalah di wilayah Jakarta Utara,” harapnya.

Mantan HMI itu akan menerapkan pesan yang disampaikan M.Taufik (anggota DPRD) mengenai pemberdayaan tenaga perawat saat memberikan sambutannya. "Kami akan menggarap daerah pesisir menjadi sorotan utama masalah kesehatan untuk digarap oleh perawat RW dan bidang pelayanan. Sedangkan untuk internal, kami akan meningkatkan kemampuan anggotanya diantaranya knowledge, attitude dan wawasan termasuk kebangsaan, karena kita pernah pendalaman wawasan bekerjasama dengan MPR RI melalui Sosialiasi 4 Pilar Kebangsaan,” katanya.

“Untuk masalah kesejahteraan, kita perlu menggandeng wilayah kota administrasi lainnya untuk saling bersinergi, dengan berkoordinasi ke tingkat provinsi/DPW terlebih dahulu, jadi tidak bisa langsung memberikan catatan kepada gubernur. Kita akan lakukan pendataan dari masing DPK (komisariat) tentang gaji yang diterima pada angka berapa dan angka yang menjadi nilai kesejahteraan bagi perawat, sampai hari ini belum ada datanya. Tentunya untuk periode kepengurusan ini, kita akan selesaikan masalah ini. Setelah nanti datanya sudah didapat baru kita dapat berkoordinasi dengan sudin kesehatan maupun ketenagakerjaan. Bilamana ada RS yang memberikan gaji yang tidak layak atau dibawah UMP, akan diberikan tindakan pencabutan izinnya sesuai arahan atau lampu hijau dari anggota DPRD tadi,” tutup Maryanto.

 

 

 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 16 jam yang lalu

Kampanye Greek Yogurt Pertama di Indonesia

Wartakesehatan.com – Produsen makanan dan minuman berbasis yogurt resmi meluncurkan kampanye Heavenly Blush Greek Secret..
Liputan Khusus - 17 jam yang lalu

Usia 39 UBL Sasar Kesehatan Masyarakat Sekitar Kampus

Wartakesehatan.com – Kadang seseorangmenganggap remeh arti sehat pada dirinya. Mereka akan menilai kesehatan menjadi amat..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

4 Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Untuk dapat tidur dengan nyenyak tentunya kita harus menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Posisi..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Dampak Buruk Menahan Bersin bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang memilih untuk menahan bersin saat berada di dekat orang banyak demi kesopanan dan..
2 hari yang lalu

Jaga Metabolisme Tubuh dengan Kacang Kedelei

Wartakesehatan.com - Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia..
2 hari yang lalu

Biji Semangka Meningkatkan Kesuburan Pria

Wartakesehatan.com - Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi yang penuh nutrisi dan antioksidan. Biji..
2 hari yang lalu

Bijih Nangka Dapat Mencegah Anemia

Wartakesehatan.com - biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi...
2 hari yang lalu

Kandungan Buah Anggur yang Tak Kalah Penting

Wartakesehatan.com- Setiap jenis anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi buah anggur..
2 hari yang lalu

Coklat Dapat Mengurangi Resiko Hipertensi

Wartakesehatan.com - Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi..
2 hari yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
2 hari yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
2 hari yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 3 hari yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 3 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 6 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
6 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..

+Indeks