4 Penyakit yang sering Menyerang Wanita

Oleh : Dirk/bintang | Sabtu, 20 Januari 2018 | 17:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Kadang kamu suka heran kenapa kamu tak pernah bermasalah dengan makanan super pedas. Sementara, teman satu jurusanmu di kampus justru tak bisa sama sekali makan makanan pedas. Bukannya tak suka, tapi lambung dan sistem pencernaannya yang enggak kuat.

Berbedaan ini ternyata bukan cuma terlihat antar individu, tapi juga antar gender. Ada beberapa penyakit yang hanya menjangkit para cewek, ada juga gangguan yang cuma bisa diderita cowok-cowok. Misalnya, kanker leher rahim cuma bisa diderita para cewek. Sementara kanker prostat cuma diderita para cewek.

Nah, ternyata ada juga penyakit-penyakit umum yang bisa diderita baik cowok atau pun cewek. Tapi, lebih banyak menyerang kamu para cewek. Supaya kamu tahu lebih banyak, yuk simak pembahasan berikut ini, soal 4 penyakit yang lebih banyak menyerang cewek.

1. Anemia. Penyakit ini sering banget kamu dengar. Tapi, tak banyak orang tahu kalau anemia atau kekurangan darah lebih banyak diderita cewek. Dilasnir dari News Time, pada kebanyakan kasus, cewek yang punya anemia ternyata terbukti kekurangan zat besi. Kurangnya zat besi ini akhirnya mengakibatkan gangguan pembentukan hemoglobin dalam darah.

Selain itu, kamu para cewek juga mengalami menstruasi setiap bulan. Meskipun yang keluar normalnya adalah darah kotor, tapi kamu tetap saja kehilangan cukup banyak darah selama masa menstruasi. Nah, cewek yang menderita anemia bisa lebih parah pada masa-masa menstruasi kalau enggak dibarengi dengan diet yang tepat.

Ada juga faktor lain seperti fase-fase perubahan hormonal. Masa remaja seperti yang kamu alami sekarang, saat kamu mengandung nanti, menyusui, dan menopaus, ternyata merupakan fase yang harus kamu perhatikan dengan baik. Soalnya, pada masa-masa inilah tubuh kamu membutuhkan banyak zat besi. Nah, kalau kekurangan, kamu bisa terkena anemia. Makanya, makan makanan yang kaya zat besi mulai sekarang, ya!

2. Lupus. Kamu mungkin pernah mendengar beberapa artis papan atas yang menderita penyakit ini. Sebut saja Selena Gomez. Penyakit imun ini juga lebih banyak diderita para cewek ketimbang cowok. Dilansir dari Auto Immune Mom, ternyata faktor utamanya gara-gara gen cewek dan cowok berbeda.

Lupus ternyata bukan satu-satunya penyakit auto imun yang paling banyak menyerang cewek. Ada juga penyakit auto imun yang menyerang kelenjar gondok atau tiroid. Selain itu, radang sendi atau Rheumatoid Arthritis (RA) juga lebih banyak meyerang cewek dari pada cowok.

Tapi, ternyata nggak semua penyakit auto imun lebih banyak menyerang cewek lho. Ankylosing Spondilitis atau juga artritis yang menyerang tulang belakang, misalnya. Penyakit ini lebih banyak menyerang cowok dari pada cewek. Jadi, kamu tak bisa menyimpulkan penyakit auto imun cenderung menyerang satu jenis kelamin saja.

3. Sclerosis Ganda. Penyakit ini muncul karena sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang selaput pelindung saraf (atau juga disebut mielin) dalam otak dan saraf tulang belakang seseorang. Penyakit imun ini juga lebih banyak menyerang cewek. Mungkin, tak banyak orang yang tahu soal penyakit ini.

Jadi, Sclerosis Ganda ini, dilansir dari Alo Dokter, cukup bahaya, lho. Soalnya, kerusakan mielin ini nggak main-main dalam menghambat sinyal-sinyal yang diberikan saraf tubuh ke otak. Nah, gara-gara hal ini komunikasi antara otak dengan organ-organ tubuhmu lainnya jadi terganggu.

Hal lain yang harus kamu tahu sebagai cewek, penyakit ini memang termasuk dalam kelompok auto imun. Berhubung kebanyakan penyakit auto imun lebih banyak menyerang cewek karena perbedaan gen, tapi faktor utama penyakit yang satu ini belum diketahui. Web MD menulis, kemungkinan besar gen dan juga lingkunganmu juga memengaruhi.

4. Sindrom kelelahan kronik. Setiap orang pasti lelah setiap hari. Apa lagi kalau kamu yang banyak kegiatan di kampus atau di sekolah. Tapi, sepertinya sudah nggak wajar kalau kamu merasa terus-terusan capek. Ini namanya sindrom kelelahan kronik. Kamu bukan cuma lelah selama seharian. Tapi bisa berlangsung selama 6 bulan.

Tanda-tandanya, menurut Hello Sehat, otot-ototmu sakit seperti habis lari seharian tanpa henti atau berolahraga terlalu banyak. Selain itu, kamu juga merasa susah tidur, demam, nyeri pada sendi serta tulang.

Meskipun kedengarannya penyakit ini spele, ternyata penyebabnya cukup kompleks, lho. Dilansir dari penelitian yang dipublikasi Phoenix Rising, salah satu penyebabnya karena jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akhirnya kamu mengalami stres oksidatif. Karena kamu stres, glutathione pada tubuhmu akan habis dan mendorong munculnya penyakit kekelahan kronik ini.


loading...


Fokus : Wanita


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

4 Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Untuk dapat tidur dengan nyenyak tentunya kita harus menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Posisi..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Dampak Buruk Menahan Bersin bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang memilih untuk menahan bersin saat berada di dekat orang banyak demi kesopanan dan..
6 jam yang lalu

Jaga Metabolisme Tubuh dengan Kacang Kedelei

Wartakesehatan.com - Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia..
8 jam yang lalu

Biji Semangka Meningkatkan Kesuburan Pria

Wartakesehatan.com - Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi yang penuh nutrisi dan antioksidan. Biji..
8 jam yang lalu

Bijih Nangka Dapat Mencegah Anemia

Wartakesehatan.com - biji nangka kaya akan nutrisi seperti riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi...
9 jam yang lalu

Kandungan Buah Anggur yang Tak Kalah Penting

Wartakesehatan.com- Setiap jenis anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi buah anggur..
11 jam yang lalu

Coklat Dapat Mengurangi Resiko Hipertensi

Wartakesehatan.com - Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata cokelat juga punya beberapa khasiat lainnya bagi..
11 jam yang lalu

Sayuran yang Baik untuk Jantungmu

Wartakesehatan.com - Jika kamu masih bertanya-tanya, jenis sayuran apa yang baik untuk kesehatan jantungmu, ini dia..
13 jam yang lalu

Gejala Penyakit Ini Jangan Pernah Kamu Abaikan

Wartakesehatan.com  - Kebanyakan orang tidak sadar dengan kondisi tubuhnya. Sehingga beragam penyakit tersebut sering kali..
14 jam yang lalu

Biji Labu Kuning Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Konsumsi biji labu secara rutin dengan porsi tepat, ini bisa membuat tubuh makin sehat. Ini juga bisa..
Mamin - 1 hari yang lalu

Coba ini Takaran Makan Siang yang Tepat

Wartakesehatan.com - Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.Anda mesti tahu..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Kurangi stres dan Cegah Serangan Jantung dengan Menjalin Asmara

Wartakesehatan - Menjalanin hubungan asmara tentunya terasa menyenangkan. Apalagi jika hubungan tersebut membahagiakan dan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Tubuhmu Tak Sehat dan Butuh Olahraga ini Tandanya!

Wartakesehatan.com - Meski sudah mencoba untuk hidup sehat dan minum air putih yang cukup, terkadang ada saja faktor..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Rajin Membaca bisa Cegah Alzheimer dan Kurangi depresi

Wartakesehatan.com - Dampak positif lain membaca juga ditemukan para peneliti kesehatan dunia. Para peneliti mengemukakan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menghilangkan Racun dalam Tubuh dengan Tips ini!

Wartakesehatan.com - Dengan usus yang bersih, maka gerakan pada organ usus Anda akan selalu baik, sistem kekebalan tubuh..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

Rajin Jalan Kaki bisa Cegah Diabetes dan Kurangi Stres

Wartakesehatan.com - Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih..
Mamin - 1 hari yang lalu

Bayam bisa jaga Kesehatan Tulang

Wartakesehatan.com -  Seorang ahli nutrisi bernama Megan Ware, dalam artileknya yang dimuat Medical News Today,..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

10 Tips Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Wartakesehatan.com - Apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan,..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Baik bagi Kesehatan Kulit

Wartakesehatan.com - Buah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.Kandungan vitamin..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Jarang Ganti CD Awas Berbahaya!

Wartakesehatan.com - CD berperan penting dalam menjaga kesehatan, kebersihan serta kenyamanan miss V atau organ intim. Tapi,..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Bahaya jika Duduk Terlalu Lama

Wartakesehatan.com - Duduk terlalu lama berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

5 Teh Ini bisa bikin Langsing

Wartakesehatan.com -  Teh merupakan minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya sebagai penangkal berbagai..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Kandungan Keju miliki Banyak Keajaiban

Wartakesehatan.com - Menurut penenlitian makan keju memiliki kebaikan pula. Sebuah studi dari University of Copenhagen..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 4 hari yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
4 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
4 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..

+Indeks