Melalui Aksi Nasional BPOM RI Perkuat Pengamanan untuk Masyarakat

Oleh : Irawan Mohamad | Minggu, 28 Januari 2018 | 13:33 WIB


Pada Hari Jumat, 26 Januari 2018, Badan POM RI secara khusus mengudang Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Kesehatan, Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kepolisian, Kejaksaan Agung, Badan Narkotika Nasional dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta Kementrian dan Lembaga terkait lainnya membahas program dan Kegiatan Aksi Nasional tahun 2018. (wartakesehatan.com)

Wartakesehatan.com – Kasus penyalahgunaan obat dan makanan dalam tahun ke tahun selalu timbul. Walaupun jumlah dari setiap kasus cenderung naik dan turun, namun masyarakat sebagai konsumen cenderung dirugikan dengan adanya praktek-preketk illegal yang dilakukan oleh para pengusaha yang tidak bertanggung jawab.

Sejak beberapa tahun belakangan, puncaknya di tahun 2017, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) atas intruksi Presiden, membangun kerjasama strategis lintas sektor dalam mempersempit peredaran dan masuknya Obat dan bahan obat ilegal serta pangan. Beberapa kasus telah mampu dipecahkan oleh kerjasama lintas sektor ini. Berbagai produk ilegal baik yang berasal dari dalam negeri, luar negeri, baik yang masuk dari pelabuhan legal maupun illegal, pabrik ilegal berhasil dibekuk hasil kerjasasama dari BPOM, Bea Cukai, Kepolisian, Kejaksaan dan peran Pengusaha dan Masyarakat.

Ditemui saat pembahasan program dan kegiatan Aksi Nasional, beberapa waktu lalu Kepala Badan POM RI Penny K. Lukito, menyampaikan pencanangan aksi nasional pemberantasan, peredaran obat ilegal dan penyalahgunaan obat, terutama untuk obat-obat keras tertentu yang ilegal dan banyak disalahgunakan.

“Forum ini adalah aksi nasional yang sifatnya lintas sektor karena dimulai dari recycle dari produk ilegal sampai dengan konsumsi penyalahgunaan. Jadi ada masuknya bahanbaku, ada produksinya, produksi illegal tentunya, atau bisa jadi masuk dalam bentuk barang jadi, tetapi produksinya dan bahan bakunya illegal,” terang Penny, di Jakarta, Jumat (26/1/18).

Pencanangan Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat merupakan intruksi presiden yang dicanangkan pada 3 Oktober 2017 lalu. Dimana, hal ini menunjukkan bahwa perlindungan masyarakat dari obat illegal dan penyalahgunaan obat lebih efektif jika dilakukan secara bersama.

Bergerak Strategis

Penny, menjelaskan dalam program Aksi Nasional ini, dilakukan dalam lintas sektor yang tentunya melibatkan banyak pihak, salah satunya dengan Bea Cukai.ukai hadir berperan penting terkait dengan masuknya peredaran dari wilayah lain. Masing-masing akan ada perannya. Dimana, ada tiga strategi, yaitu Strategi Pencegahan, Strategi Deteksi dan Strategi Respon.

“Kita bergeraknya harus strategis, konsisten dan persisten. Karena, kita melawan kejahatan yang memiliki strategi dan daya tahan mereka yang cukup kuat. Begitu juga kita memiliki strategi dan bergerak secara bersama-sama. Kita pun juga bergeraknya strategis dan bersama-sama,” terangnya.

Lebih jauh menjelaskan strategi Aksi Nasional tersebut, Penny, menerangkan lingkup pencegahan adalah mendeteksi pencegahan dan responnya adalah penindakan penegakan hukum. “Untuk aspek pencegahan kita bersama-sama dengan masyarakat dan pelaku usaha perusahaan obat juga mempunyai peran, jangan sampai ada bahan bakunya yang ada di mereka tetapi keluar. Masuk ke operasi ilegal itu juga peran dari para pelaku usaha distributor. Jadi dalam pencegahan itu juga ada aspek edukasi, dimana kami menghadirkan Sekjen PGRI, Sekolah-sekolah, Kementerian Pendidikan, perlu kita membangun satu matrikulasi untuk mengedukasi remaja dan para pelajar,” kata Penny.

Penny, menambahkan bagi para pelaku usaha dari aspek pencegahan mereka harus melakukan pengawaswan, dimana BPOM RI juga melakukan pengawasan terhadap jalur dari distribusi bahan baku. Misalnya, untuk memastikan masuk ke industri legal. Kemudian industri itu juga juga harus menggunakan bahan bakunya sesuai dengan aturan ketentuan yang ada dan tidak diedarkan lagi ke usaha-usaha yang ilegal dan memastikan juga pengawasan pada produksinya, distribusi produk akhir.

“Kami juga lakukan edukasi dan mereka secara bersama-sama memperkuat aspek pengawasan terhadap produksi dan distribusi mereka,” tambah Penny.

Evaluasi Lintas Sektor

Memperkuat evaluasi lintas sektor yang menurutnya dilakukan per tiga bulan, Penny, menambahkan secara koordinasi bentuknya berupa proses. Misalnya, perubahan tatacara, strategi, kegiatan. Tetapi juga proses maupun hasil, mungkin bisa dilihat dalam, 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun dan beberapa tahun secara terus menerus.

“Tentunya tujuan akhir adalah semakin memperkecil atau justru menghilangkan segala perkara, kejadian yang ada di wilayah Indonesia terkait dengan penyalahgunaan obat seperti penyalahgunaan PCC. Sampai sekarang juga obat obat bebas terbatas yang diperjualbelikan secara bebas itu disalahgunakan dan kita sudah ada upaya yang segara dilakukan dalam kendali dan fungsi BPOM meregulasi sehingga penyalahgunaan obat yang sifatnya obat terbatas kita naikkan golongannya menjadi obat keras karena sduah disalahgunakan sehingga pengendalian kita monitoring lebih kuat lagi,” pungkas Penny.


loading...


#BPOM #Bea Cukai #Lintas Sektor #Obat ilegal #Pangan aman
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 23 jam yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
1 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
1 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
1 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
1 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
1 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
1 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
1 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
2 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
2 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 2 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
3 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..
3 hari yang lalu

Ini Dia Menu Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com -Sarapan bergizi modal untuk menjalankan segudang aktivitas. Berbagai manfaat yang bisa dirasakan, mulai..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Sembelit Sering Menyerang ini Penyebabnya!

Wartakesehatan.com - Sembelit atau susah buang air besar (BAB) tentu dapat membuat perut terasa sangat tidak nyaman. Tak..
Mamin - 3 hari yang lalu

Terung bisa bantu Turunkan Kolesterol

Wartakesehatan.com - Selain vitamin kompleks, terung adalah sayur yang tinggi akan zat antioksidan seperti cafeeic, asam..
Ibu & Anak - 3 hari yang lalu

Wanita Alami Keguguran ini Ciri-cirinya!

Wartakesehatan.com - Usia satu hingga empat bulan pertama, wanita hamil rawan terjadi keguguran. Setidaknya dalam kurun..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Makan Sekali Sehari miliki Dampak Buruk

Wartakesehatan.com - Ungkapan makan sehari sekali akan membuat berat badan menurun dan tubuh menjadi sehat merupakan sebuah..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Ternyata Stres Jangka Pendek miliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Seseorang yang mengalami stres dalam jangka pendek justru merasakan manfaat yang baik. Seperti..

+Indeks