Mana Yang Lebih Baik? Kopi atau Teh

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 09 Pebruari 2018 | 12:11 WIB



Wartakesehatan.com - Kopi dan teh memberikan efek tersendiri bagi tubuh kita, namun tidak selalu dampak positif. Berikut penjelasan ilmiah mengenai mana yang lebih baik di antara keduanya, seperti dilansir BBC:
 

1. Wake-Up Call di Pagi Hari

Tak jarang kita mengawali hari dengan meminum segelas teh hangat atau kopi untuk mengembalikan kesadaran penuh , setelah terlelap dalam tidur di waktu malam. Dalam kondisi seperti ini, kopi atau teh bekerja sebagai wake-up call, yang memanfaatkan zat kafein yang terkandung pada kedua minuman tersebut.

Jika dibandingkan, kandungan kafein dalam kopi memang lebih banyak daripada teh. Diketahui dalam secangkir teh hanya terdapat sekitar 40 miligram kafein, sedangkan pada secangkir kopi bisa terkandung kafein sebanyak 80 hingga 115 miligram atau dua kali lipat dari teh.

Namun tingkat kafein yang tinggi dalam sebuah minuman, tidak selalu menyebabkan seseorang yang meminumnya menjadi lebih sadar dan terjaga.

Sebuah penelitian berjudul The Acute Physiological and Mood Effects of Tea and Coffee: The Role of Caffeine Level oleh Paul T. Quinlan, seorang ahli di bidang nutrisi dan dietetic, menunjukkan bahwa teh dan kopisama-sama memiliki kemampuan untuk membuat orang yang meminumnya merasa siaga di pagi hari.

Penelitian ini didasarkan pada laporan pribadi dari setiap individu tentang perasaan mereka setelah meminum kedua minuman tersebut. Namun, jika anda meminum teh dengan takaran yang setara dengan kopi, ini terbukti bisa lebih menajamkan pemikiran anda dibandingkan kopi.

Para ilmuan menyatakan bahwa kafein bukanlah satu-satunya yang meningkatkan kewaspadaan kita di pagi hari. Bisa jadi, rasa dan aroma dari teh dan kopi itu sendiri yang membangunkan kita sepenuhnya di pagi hari.

Namun keinginan kita sendiri untuk merasa siaga di pagi hari juga bisa menjadi pemicu wake-up call.

2. Kualitas tidur

Perbedaan mencolok antara kopi dan teh terlihat ketika anda akan kembali tidur.

Dengan membandingkan orang-orang yang meminum kopi atau teh dengan takaran yang sama, para peneliti di University of Surrey di Inggris menemukan bahwa walaupun keduanya sama-sama membuat orang-orang tersebut terjaga di pagi hari, tetapi para peminum kopi cenderung mengalami kesulitan tidur pada malam harinya.

Sedangkan para peminum teh justru merasakan tidur yang lebih tenang dan lebih lama. Dalam hal ini, teh bisa dikatakan lebih baik dari kopi.

3. Noda di Gigi

Dari segi noda yang dihasilkan di gigi, teh ternyata lebih buruk. Hal ini mengingat pigmen alami teh yang lebih cenderung dapat menempel pada enamel gigi daripada kopi.

Pigmen alami teh tersebut dapat menyebabkan gigi anda menguning atau bahkan coklat.

Apalagi jika anda menggunakan obat kumur yang mengandung klorheksidin yang dapat menarik dan mengikat partikel kecil, maka ini akan membuat noda di gigi semakin susah hilang.

4. Sebagai Obat bagi Jiwa yang Bermasalah

Meminum teh telah dibuktikan dapat menenangkan saraf anda. Orang-orang yang meminum teh secara rutin terbukti dapat menghadapi situasi yang meresahkan. Misalnya ketika mereka harus berbicara di depan umum, mereka cenderung lebih tenang dibandingkan dengan mereka yang meminum asupan herbal.

Secara keseluruhan, orang-orang yang meminum teh setidaknya tiga cangkir sehari, memiliki tingkat kemungkinan depresi 37% lebih rendah daripada mereka yang tidak meminumnya. 

Sebaliknya, kopi memiliki penilaian yang berbeda. Memang ada beberapa orang yang mengatakan bahwa meminum kopi membuat saraf mereka terasa berdegup kencang. Tetapi kopi juga terbukti dapat melindungi anda dari gangguan kesehatan mental seperti halnya teh.

Sebuah ‘analisis meta’ yang merangkum hasil penelitian, yang melibatkan lebih dari 300 ribu peserta, menunjukkan bahwa secangkir kopi sehari dapat menurunkan resiko anda terkena depresi sebanyak 8%.

5. Sebagai Obat bagi Tubuh

Selain dapat meningkatkan kemungkinan terhindar dari resiko depresi, meminum teh dan kopi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Misalnya, dengan beberapa cangkir teh atau kopi tanpa kafein dalam sehari, anda bisa lebih terhindar dari masalah kesehatan seperti diabetes. Walaupun peluangnya hanya berkisar antara 5 hingga 40%.

Alasan ilmiah dari manfaatnya ini, mengingat bahwa nutrisi dalam teh dan kopi tanpa kafein ini dapat melancarkan proses metabolisme. Sehingga tubuh masih dapat memroses glukosa darah dengan efisien, tanpa membuatnya tidak peka terhadap insulin yang adalah penyebab diabetes.

Kopi juga dapat menjaga kesehatan jantung, sedangkan teh dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Hal ini karena kandungan antioksidan dari kedua minuman tersebut.

Penjelasan mengenai kedua minuman tersebut sebenarnya telah menggambarkan bahwa kopi dan teh sama-sama memiliki dampak positif bagi tubuh. Namun teh nampaknya lebih unggul, mengingat bahwa kopi dapat membuat para peminumnya kesulitan untuk beristirahat di malam hari. 


loading...


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Ketumbar Bisa Turunkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Gaya hidup alami menjadi salah satu alternatif yang dilakukan banyak pihak agar tubuh bisa tetap fit...
Mamin - 23 jam yang lalu

Gudeg memiliki Banyak Kandungan Gizi bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Bagi warga Yogyakarta, gudeg seperti sudah mendarah-daging dalam kehidupan. Eksistensi gudeg sudah..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Perlunya Memahami Permasalahan Voice & Dysphagia

Wartakesehatan.com - Batuk merupakan mekanisme yang terpenting diantara fungsi proteksi jalan napas lainnya untuk mengeluarkan..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Memahami Kaitan Suara & Kesehatan di JakVodic 2018

Wartakesehatan.com – Saat berbicara ataupun bernyanyi, tentu setiap orang pernah mengalami permasalahan-permasalahan,..
1 hari yang lalu

Sirup Jagung Ternyata Berefek Buruk

Wartakesehatan.com - Penelitian mengungkap bahaya konsumsi sirup jagung dalam jangka panjang, bukan cuma menyebabkan kegemukan..
1 hari yang lalu

Makanan yang Membahayakan Kesehatan Rambutmu

Wartakesehatan.com - Padahal, merawat kesehatan rambut tidak sesulit yang kamu pikirkan, lho. Cukup dengan keramas teratur..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Penyebab Munculnya Bau Badan

Wartakesehatan.com - Terkadang mandi dan menggunakan deodoran tak serta merta membebaskan seseorang dari bau..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jaga Kadar Kolesterol dengan Beras Hitam

Wartakesehatan.com - Meskipun beras merah dan beras hitam selalu dijadikan alternatif makanan untuk diet, beras hitam..
1 hari yang lalu

Bahaya Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D

Wartakesehatan.com - Vitamin D memainkan peran kunci dalam memastikan berfungsinya otot, jantung, paru-paru dan fungsi otak...
1 hari yang lalu

Buah Kiwi Tingkqtkan Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Dikutip dari Boldsky, Sabtu (17/2/2018), selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, kiwi juga mengurangi..
1 hari yang lalu

Efek Samping Minum Teh Hijau

Wartakesehatan.com - Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi..
1 hari yang lalu

Sebagian Besar Nilai Gizi Buah Kiwi

Wartakesehatan.com - Terlepas dari tekstur lembut, kiwi memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti membantu memperbaiki..
1 hari yang lalu

Ini Dia Hal yang Membuat Wanita Susah Hamil

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa seorang wanita..
2 hari yang lalu

Manfaat Kesehatan Dibalik Tidur Siang

Wartakesehatan.com - Tidur siang memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh..
2 hari yang lalu

Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Rusak

Wartakesehatan.com - Bila Anda sudah memastikan waktu Anda untuk tidur tercukupi, Anda juga harus memperhatikan berbagai..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Wow, Tidur Siang Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Awas!! Jangan Sepelekan Penyakit Maag

Wartakesehatan - Penyakit asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita,..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

Waspada, Sering Bermain Smartphone picu Kanker Otak

Wartakesehatan - Smartphone pada saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas keseharian sebagian..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Kenali Perbedaan Flu dan Pilek

Wartakesehatan - Common cold atau biasa diebut pilek dan flu memang memiliki gejala yang sangat mirip. Sehingga..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Manfaat Sehat Olahraga Bulu Tangkis

Wartakesehatan - Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini karena sejumlah atlet..
Mamin - 2 hari yang lalu

Minum Air Hangat Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Meminum air hangat juga dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya yakni..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Anggur Bermanfaat atasi Berbagai Penyakit

Wartakesehatan.com - Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

5 Tips Kontrol Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun,..
3 hari yang lalu

Bahaya Bermain Gadget Hanya Satu Tangan

Wartakesehatan.com - Sebagai alat untuk memudahkan semua orang mengakses berbagai informasi dan melakukan komunikasi, tak heran..
3 hari yang lalu

Ini Dia Menu Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com -Sarapan bergizi modal untuk menjalankan segudang aktivitas. Berbagai manfaat yang bisa dirasakan, mulai..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Sembelit Sering Menyerang ini Penyebabnya!

Wartakesehatan.com - Sembelit atau susah buang air besar (BAB) tentu dapat membuat perut terasa sangat tidak nyaman. Tak..
Mamin - 3 hari yang lalu

Terung bisa bantu Turunkan Kolesterol

Wartakesehatan.com - Selain vitamin kompleks, terung adalah sayur yang tinggi akan zat antioksidan seperti cafeeic, asam..
Ibu & Anak - 3 hari yang lalu

Wanita Alami Keguguran ini Ciri-cirinya!

Wartakesehatan.com - Usia satu hingga empat bulan pertama, wanita hamil rawan terjadi keguguran. Setidaknya dalam kurun..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Makan Sekali Sehari miliki Dampak Buruk

Wartakesehatan.com - Ungkapan makan sehari sekali akan membuat berat badan menurun dan tubuh menjadi sehat merupakan sebuah..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Wow, Ternyata Stres Jangka Pendek miliki Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Seseorang yang mengalami stres dalam jangka pendek justru merasakan manfaat yang baik. Seperti..

+Indeks