Posisi Tidur yang Baik Bagi Ibu Hamil

Oleh : nurul kinanti
Sabtu, 10 Pebruari 2018 | 13:21 WIB


loading...

Wartakesehatan.com - Posisi tidur bagi ibu hami tidak boleh dianggap perkara sepele. Pasalnya poisisi yang salah bagi ibu hamil dapat mengundang berbagai masalah kesehatan, seperti pembengkaan kaki, nyeri otot, mendengkur, penurunan tekanan darah atau meningkatkan tekanan darah.

Dirangkum dari berbagai sumber Sabtu (3/2/2018), berikut seputar posisi tidur ibu hamil yang direkomendasikan baik untuk kesehatan.

Menghindari Tidur Telentang

Dari awal atau setelah memasuki usia kehamilan pada pada trimester ke dua terutama setelah bulan ke lima, ibu hamil dianjurkan untuk tidak tidur telentang. Hal itu sebabkan karena posisi telentang pada saat hamil dapat membuat punggung ibu merasa tidak nyaman karena mengalami tekanan dari perut ibu. Selain itu, posisi ini juga dapat menghambat peredaran darah dan menghambat asupan oksigen untuk janin.

 

Tidur Menyamping ke Kiri

Tidur dengan menyamping ke kiri bertujuan memperlancar sirkulasi darah baik yang menuju ke jantung maupun yang menuju ke rahim, janin dan memperlancar cairan pada ginjal sehingga dapat mengurangi dampak pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, dan tangan. Bila ginjal menahan cairan dan zat sisa, ibu hamil bisa mengalami edema.

Selain itu, posisi tidur miring ke kiri juga dapat membuat bagian perut menjadi lebih nyaman.

 

Menggunakan Banyak Bantal

Menggunakan banyak bantal dapat membantu menjadikan posisi tidur ibu hamil terasa lebih nyaman. Bila ibu hamil merasa sesak napas atau bernapas pendek, letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada.

Bila ibu hamil merasakan sakit pada ulu hati, letakkan beberapa bantal di bagian kepala agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi.

Ibu hamil bisa tidur dalam posisi setengah duduk untuk membantu asam lambung tidak naik.

Sementara itu, untuk menyangga tubuh tetap dalam posisi menyamping ke kiri, Anda dapat mengganjal dengan bantal di bagian perut dan punggung.

Nah, itulah beberapa posisi tidur yang perlu diketahui ibu hamil supaya selama masa kehamilan dapat nyaman tanpa harus mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan

loading...
loading...

Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Terkini

loading...